10 Persyaratan Lamaran Kerja Paling Dibutuhkan, Simak!

Muthiatur Rohmah

•

07 March 2024

•

18891

Image Banner

Saat melamar pekerjaan, pasti kita akan dihadapi dengan beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk melengkapinya.


Tiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda, syarat loker perusahaan X tidak akan sama dengan syarat loker perusahaan Y, meskipun sama-sama membuka lowongan kerja dengan posisi yang sama.


Oleh sebab itu, saat melamar kerja, kita harus memahami persyaratan lamaran kerja secara umum, jadi setidaknya kita dapat mempersiapkan syarat-syarat tersebut sejak dini.


Lalu apa saja persyaratan lamaran kerja secara umum? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini.


10 Persyaratan Lamaran Kerja secara Umum


Persyaratan lamaran kerja umumnya mencakup beberapa dokumen dan informasi penting yang harus disiapkan oleh pelamar untuk memenuhi kriteria rekrutmen sebuah perusahaan. 


Penting bagi pelamar untuk memeriksa dengan teliti persyaratan yang diminta dan memastikan semua dokumen lengkap dan sesuai dengan kebutuhan sebelum mengirimkan lamaran kerja.


Oleh sebab itu, yuk pahami persyaratan lamaran kerja secara umum berikut ini.


1. Surat Lamaran Kerja


Salah satu persyaratan lamaran kerja adalah surat lamaran kerja. Surat tersebut adalah dokumen penting yang perlu kamu kirimkan ketika melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja juga jadi dokumen pertama yang dibaca oleh HRD dalam proses perekrutan.


Surat lamaran kerja harus ditulis dengan baik, yang berisi penjelasan posisi yang dilamar, ketertarikan pada perusahaan.


Surat lamaran kerja yang efektif akan menonjolkan pencapaian yang relevan yang penting digunakan sebagai kesan awal yang positif.


Berikut merupakan hal yang wajib ada dalam surat lamaran pekerjaan: 



Contoh Surat Lamaran Pekerjaan



Dengan hormat,


Perkenalkan nama saya Ayu Utami. Saya sangat tertarik dengan posisi staff HR yang saat ini tersedia di PT. Maju Nusantara. Saya memiliki pengalaman selama 4 tahun di industri pemasaran dan merasa bahwa keterampilan dan latar belakang saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan Anda.


Selama karier saya, saya telah berhasil mengembangkan dan melaksanakan strategi recruitment yang sukses. mengurangi retention rate sebanyak 20%, dan menciptakan sistem recruitment yang lebih simple. Saya juga memiliki keterampilan dalam analisis data dan penguasaan platform Microsoft Office.


Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan PT. Maju Nusantara. Saya yakin bahwa saya dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan dengan semangat dan komitmen yang tinggi.


Terlampir adalah CV dan portofolio saya. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk berbicara lebih lanjut mengenai bagaimana saya dapat membantu PT. Maju Nusantara mencapai kesuksesan lebih lanjut.


Terima kasih atas perhatian Anda. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim  PT. Maju Nusantara  dan berkontribusi dalam mengembangkan bisnis Anda. Saya dapat dihubungi melalui email ayuutami@gmail atau telepon (Nomor Telepon).


Hormat saya,


(Tanda Tangan Pelamar)


Ayu Utami


Untuk kamu yang ingin tau lebih lanjut tentang cara membuat surat lamaran kamu bisa membaca artikel kami di struktur surat lamaran yang baik dan benar.



2. Curriculum Vitae (CV) atau Resume


Persyaratan lamaran kerja yang paling umum adalah mencantumkan CV atau Resume pribadi.


CV atau resume adalah ringkasan dari pengalaman profesional, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian diri. 


Dokumen ini harus disusun dengan rapi dan mudah dibaca, serta mencantumkan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. 


Penting untuk memasukkan kata kunci yang relevan pada CV sehingga dapat terlacak oleh sistem ATS (Applicant Tracking System) dan perekrut.


Berikut adalah beberapa elemen penting yang harus ada dalam CV (Curriculum Vitae) kamu untuk memberikan gambaran lengkap tentang kualifikasi dan pengalaman kamu:


Informasi Pribadi


  • Nama lengkap

  • Alamat kontak (bisa berupa alamat email dan nomor telepon)

  • Profil LinkedIn (opsional)


Profil Profesional


Deskripsi singkat tentang latar belakang profesional kamu dan apa yang kamu tawarkan. Ini bisa berupa pernyataan objektif atau ringkasan kualifikasi.


Pengalaman Kerja


  • Daftar pekerjaan sebelumnya, mulai dari yang terbaru. Untuk setiap pekerjaan, sertakan:

  • Nama perusahaan

  • Lokasi perusahaan

  • Jabatan yang dipegang

  • Tanggal mulai dan selesai bekerja

  • Deskripsi singkat tanggung jawab dan pencapaian utama


Pendidikan


Daftar institusi pendidikan yang kamu hadiri, mulai dari yang terbaru. Sertakan:


  • Nama institusi

  • Lokasi institusi

  • Tingkat/degree yang diperoleh

  • Tahun kelulusan

  • Kualifikasi dan Sertifikasi


Skill


  • Daftar keahlian khusus yang relevan dengan pekerjaan, seperti:

  • Keahlian teknis (misalnya, pemrograman, analisis data)

  • Keahlian komunikasi

  • Keahlian manajemen proyek

  • Keahlian bahasa (sebutkan tingkat kefasihan)



3. Ijazah dan Transkrip Nilai


Persyaratan umum lainnya adalah Ijazah dan transkrip nilai yang merupakan bukti kualifikasi akademik. 


Pada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan spesialisasi tertentu, ijazah dapat menjadi persyaratan minimum. Pastikan untuk menyertakan salinan yang telah dilegalisir untuk menunjukkan keasliannya.

Jangan sampai kamu menggunakan ijazah yang asli yah. Gunakan saja fotokopiannya ketika melamar kerja baik offline maupun online.


4. Identitas Diri


Persyaratan untuk melamar kerja lainnya adalah Dokumen identitas, seperti KTP, diperlukan untuk memverifikasi identitas diri. 


Persyaratan ini merupakan prosedur standar dalam proses perekrutan untuk memastikan keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.


Melansir dari Kompas.com, menurut Sekretaris Jendral Kementrian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, KTP adalah salah satu dokumen yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan.


Namun, perlu diketahui bahwa ada juga risiko, seperti penyalahgunaan hal-hal yang berbau pribadi. Maka dari itu, kamu perlu juga melihat reputasi perusahaan sebelum mengirimkan identitas diri seperti KTP.


Kamu bisa mengecek sosial media mereka, reviewnya dll.



Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa CV Penting Banget Untuk Melamar Kerja




5. Pas Foto Terbaru


Persyaratan lainnya adalah melampirkan Pas foto yang dapat memberikan kesan pertama tentang diri Anda. 


Foto harus bersifat profesional, dengan latar belakang yang netral, hal ini penting untuk memberikan gambaran positif kepada perekrut.


Pas Foto biasanya dibutuhkan untuk posisi-posisi yang mengedepankan penampilan, seperti customer service, sales, frontliner, hingga pembawa acara.


6. Sertifikat Pelatihan atau Kursus


Persyaratan lamaran kerja yang mungkin dibutuhkan adalah Sertifikat dari pelatihan atau kursus.


Sertifikat ini menunjukkan inisiatif diri dalam pengembangan profesional dan pembelajaran yang penting untuk meningkatkan keterampilan tertentu.


Setiap posisi pekerjaan memiliki sertifikatnya masing-masing. Misalnya, sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP yang umumnya digunakan untuk meningkatkakn jenjang karir.


7. Portofolio


Portofolio merupakan persyaratan lamaran kerja yang penting, jika Sobat MinDi mendaftar pada bidang kreatif seperti desain grafis atau content creator.


Portofolio merupakan wadah yang menunjukkan karya terbaik atau pencapaian terbaik diri yang  memberikan bukti langsung.


Berikut beberapa pekerjaan yang umumnya membutuhkan portofolio: 



8. Surat Rekomendasi


Saat melamar kerja, banyak perusahaan yang meminta lampiran Surat rekomendasi dari atasan atau kolega sebelumnya sebagai persyaratan lamaran kerja.


Surat rekomendasi merupakan  bukti karakter dan kinerja kerja diri. Surat ini harus menyoroti kekuatan dan kontribusi Anda pada perusahaan sebelumnya.


9. Surat Keterangan Sehat


Pada beberapa industri, kesehatan fisik dan mental merupakan persyaratan lamaran kerja. 


Surat keterangan sehat dari dokter menunjukkan bahwa kamu mampu melakukan tugas-tugas yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.


10. SKCK


Untuk beberapa perusahaan atau industri tertentu, SKCK diperlukan untuk memastikan integritas dan keandalan kandidat. Ini menunjukkan komitmen diri terhadap standar etika dan hukum.


Nah, Sobat MinDi, itulah beberapa persyaratan lamaran kerja secara umum, beberapa perusahaan mungkin memiliki persyaratan yang lebih singkat maupun lebih rinci sesuai dengan prosedur atau aturan yang ada di dalamnya.


Sebelum melamar kerja, sebaiknya Sobat MinDi mempersiapkan persyaratan lamaran kerja secara matang terlebih dahulu. Kesiapan ini akan membuka jalan kamu menuju karir yang cemerlang kedepannya.


Baca Juga: 5 Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan



Untuk kamu yang ingin mempelajari tentang Human Resource, kamu bisa mempelajari materi-materi yang berkaitan di internet secara otodidak. Namun ada juga tempat untuk mempelajari Human Resource secara intensif ditemani oleh mentor yang berpengalaman.


Salah satu caranya adalah mengikuti bimbingan human resource dibimbing.id. Sebuah pelatihan intensif dan inovatif yang bertujuan untuk mempelajari seputar Human Resource serta membuka kesempatan untuk bekerja di bidang tersebut, Menarik bukan?


Kelas dibimbing.id di dampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional, disertai pembelajaran inovatif dan efektif bagi. Jangan khawatir apapun tujuanmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi.


Referensi:

[1] https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/how-to-write-an-application-letter

[2] https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/14/173000865/ktp-dan-kk-jadi-syarat-melamar-kerja-apakah-patut-dicurigai-?page=all#google_vignette

Bootcamp human resource

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Artikel Terkait

Cara Mengirim CV Lewat WA  yang  Ampuh Dipanggil HRD

Human Resources

Cara Mengirim CV Lewat WA yang Ampuh Dipanggil HRD

Apakah CV bisa dikirim lewat WhatsApp? Bisa, dong! Asalkan kamu tahu cara mengirim CV lewat WhatsAp...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

02 May 2024

Payroll Officer: Job Description, Gaji & Skill Pentingnya

Human Resources

Payroll Officer: Job Description, Gaji & Skill Pentingnya

Payroll officer adalah profesi yang bertanggung jawab mengelola gaji karyawan beserta hal administr...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

29 April 2024

6 Contoh Goal Setting SMART Inspiratif & Tips Membuatnya

Human Resources

6 Contoh Goal Setting SMART Inspiratif & Tips Membuatnya

Ingin tahu bagaimana contoh goal setting SMART yang inspiratif? Yuk simak pada artikel ini.

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

03 May 2024

Penilaian Kinerja Karyawan: Pengertian, Indikator & Caranya

Human Resources

Penilaian Kinerja Karyawan: Pengertian, Indikator & Caranya

Penilaian kinerja karyawan adalah evaluasi terhadap bagaimana seorang karyawan bekerja untuk mencap...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

08 May 2024

Aspek Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Human Resources

Aspek Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Yuk ketahui perbedaan human capital dan human resource melalui penjelasan MinDi berikut ini.

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

15 May 2024

Apa itu Program CSR? Pengertian, Jenis, Manfaat & Pentingnya

Human Resources

Apa itu Program CSR? Pengertian, Jenis, Manfaat & Pentingnya

Program CSR adalah inisiatif perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan sosial, lingkungan, da...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

16 May 2024