8 Rekomendasi Pelatihan SEO Gratis Bersertifikat & Terbaik

Muthiatur Rohmah

•

18 April 2024

•

231

Image Banner

Dalam dunia digital marketing yang terus berkembang, keahlian Search Engine Optimization (SEO) menjadi sangat penting untuk meningkatkan visibilitas online perusahaan. 


SEO merupakan ilmu yang melibatkan optimasi konten, pemahaman algoritma pencarian, dan pembuatan strategi link yang efektif. 


Seseorang yang memiliki keahlian di bidang SEO, dapat berkarir sebagai SEO Specialist hingga SEO Content Writer, yang memiliki jenjang karir yang cukup memuaskan.


Gimana nih, tertarik switch career di bidang SEO? Sebagai langkah awal, Sobat MinDi bisa mengikuti kursus atau pelatihan SEO untuk meningkatkan skill dan potensi di bidang SEO.


Pada kesempatan kali ini, MinDi akan memberikan rekomendasi pelatihan SEO gratis dan bersertifikat dan cocok bagi pemula. Yuk simak selengkapnya.



Pelatihan SEO Gratis dan Bersertifikat, Cocok Bagi Pemula



Pelatihan SEO gratis merupakan sumber pembelajaran yang berharga bagi seseorang yang ingin memahami dan menguasai dasar-dasar optimasi mesin pencari. 


Kursus SEO biasanya mengajarkan peserta tentang berbagai aspek SEO, termasuk penelitian kata kunci, optimasi konten, SEO teknis, dan membangun backlinks. 


Pengajaran biasanya meliputi teori yang dibutuhkan untuk memahami cara kerja mesin pencari serta praktik langsung yang mengajarkan bagaimana menerapkan teknik SEO pada situs web nyata. 


Daripada penasaran, yuk langsung saja simak rekomendasi pelatihan SEO gratis dan bersertifikat terbaik versi MinDi.


1. Digital Skill Fair Dibimbing.id


Source: instagram.com/dibimbing.id/


Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang menyediakan pelatihan skill untuk menyiapkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan industri pada saat ini. 


Melalui program digital skill fair, dibimbing.id secara rutin memberikan kesempatan kalian untuk belajar digital skill secara gratis melalui zoom. Program ini memiliki banyak spesifikasi kursus, salah satunya adalah digital marketing yang mencakup berbagai keahlian seperti SEO.


Lalu apa saja yang dipelajari dalam kursus digital marketing gratis dibimbing.id?


Dalam program digital skill fair, dibimbing.id kembali membuka kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti siapa saja, dengan berbagai materi sebagai berikut!


  • Career class and introduction relevant career

  • Digital marketing fundamental material

  • Content research and SEO planning

  • Content writing and copywriting

  • Alumni sharing: The Journey of Portfolio Building

  • Assignment study case for portfolio building

  • Dive deep into your CV + Linkedin Profile and portfolio review


Yuk segera daftarkan diri kamu di sini, jangan sampai kelewatan mengikuti pelatihan SEO gratis dibimbing.id.



2. Moz SEO Training Course


Source: https://www.udemy.com/course/whiteboard-seo/


Moz adalah memberikan kursus pelatihan SEO gratis yang tersedia di Udemy, kursus ini cocok bagi pemula SEO. 


Pelatihan  ini mengeksplorasi semua aspek penting SEO, mulai dari dasar-dasar SEO hingga strategi lanjutan seperti link building dan analisis SEO. 


Instruksi video yang mudah diikuti, dipadukan dengan studi kasus nyata dan kuis interaktif, menjadikan ini sumber yang sangat baik untuk belajar secara mandiri. 


Kursus ini cocok untuk para marketer, web developer, UMKM, dan blogger yang ingin meningkatkan visibilitas online.


Daftar sekarang juga di sini.



3. Google SEO Fundamentals Course by University of California, Davis


Source: https://www.coursera.org/learn/seo-fundamentals


Diselenggarakan oleh Coursera, kursus ini menawarkan panduan komprehensif yang dibuat oleh pakar dari University of California, Davis. 


Pelatihan mengajarkan dasar-dasar SEO, termasuk cara mesin pencari bekerja, pengembangan konten SEO friendly, dan teknik peningkatan engagement pengguna. 


Meskipun Coursera umumnya adalah platform berbayar, mereka menawarkan opsi untuk mengikuti kursus ini secara gratis melalui uji coba.


Yuk daftar sekarang di sini



4. HubSpot SEO Academy


Source: https://www.hubspot.com/resources/courses/seo


HubSpot menawarkan pelatihan SEO gratis yang mendalam. Melalui serangkaian video pelajaran dan alat interaktif.


pelatihan ini mengajarkan tentang pengintegrasiannya SEO dalam strategi pemasaran digital yang lebih besar, termasuk penggunaan kata kunci, pembuatan backlink, analisis SEO, dan optimasi halaman. 


Materi tersebut dirancang untuk digital marketer di semua tingkat keahlian dan berguna untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengarahkan lalu lintas organik ke situs web.


Yuk buruan daftar di sini


Baca Juga: Contoh Portofolio SEO Specialist & Tips Membuatnya!




5. Semrush Academy


Source: https://dibimbing-cdn.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com/1713419148453-Semrush-Academy.webp


Semrush adalah tools digital marketing yang terkenal, semrush menawarkan pelatihan SEO gratis yang sangat informatif. 


Dengan pelatihan yang diarahkan oleh beberapa ahli SEO, kursus-kursus ini mencakup berbagai topik dari dasar-dasar SEO hingga taktik lanjutan. 


Peserta akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang penggunaan Semrush untuk analisis kompetitor, penelitian kata kunci, dan audit SEO, serta teknik praktis lainnya. 


Setiap kursus SEO yang diselesaikan tepat waktu, akan mendapatkan sertifikat yang dapat menambah nilai bagi profesional dalam bidang digital marketing.


Daftar Sekarang di sini.



6. Yoast SEO Training


Source: https://yoast.com/academy/free-seo-training-seo-for-beginners/


Yoast, menyediakan kursus pelatihan yang menjangkau dari pengguna awal hingga pakar SEO. 


Pelatihan SEO gratis ini memberikan pengetahuan mendalam tentang optimasi mesin pencari, dengan fokus khusus pada platform WordPress. 


Pembelajarannya termasuk, pembuatan konten yang dioptimalkan untuk SEO, pemahaman struktur situs yang baik, dan optimasi teknis. 


Kursus ini sangat cocok untuk pemilik situs web, developer, dan content marketing yang ingin memaksimalkan potensi SEO situs mereka di WordPress.


Yuk buruan daftar di sini.



7. SEO Today: Strategies to Earn Trust, Rank High, and Stand Out oleh Rand Fishkin oleh Skillshare


Source: https://www.skillshare.com/en/classes/seo-today-strategies-to-earn-trust-rank-high-and-stand-out/423483018


Pelatihan SEO gratis di Skillshare ini bertujuan memberikan pandangan terkini tentang strategi SEO yang efektif. 


Dalam kursus ini, Fishkin membahas bagaimana mesin pencari berfungsi hari ini dan apa yang dicari algoritma dalam menentukan peringkat situs web. 


Peserta akan belajar tentang pentingnya membangun kepercayaan dan otoritas, serta cara meningkatkan visibilitas dan menonjol di antara pesaing. 


Kursus ini mencakup teknik praktis untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, memperbaiki struktur situs, dan memanfaatkan data untuk memaksimalkan efektivitas SEO. 


Pada kursus ini, mereka menawarkan uji coba gratis bagi para pengguna baru untuk mengakses semua kursus termasuk kursus ini secara gratis selama periode uji coba tersebut.


Yuk buruan daftar sekarang di sini.



8. SEO Training Course by Ahrefs


Source: https://ahrefs.com/academy/seo-training-course


Ahrefs menawarkan  kursus pelatihan SEO gratis yang sangat berguna bagi mereka yang ingin memperdalam pemahaman tentang SEO teknis dan off-page. 


Kursus ini mencakup pelajaran tentang penelitian kata kunci, analisis backlink, dan strategi konten. Selain itu, peserta juga akan mempelajari cara menggunakan berbagai fitur Ahrefs untuk melakukan audit situs web dan memantau peringkat mereka. 


Kursus ini dilengkapi dengan video instruksional yang jelas dan tugas praktik yang membantu memperkuat konsep yang diajarkan, menjadikannya pilihan yang sempurna bagi baik pemula maupun praktisi SEO yang ingin meningkatkan keterampilan analitis mereka.


Yik daftar sekarang juga di sini.



Pelatihan SEO gratis memberikan wawasan berharga tentang dunia SEO, membekali peserta dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan agar berhasil dalam optimasi mesin pencari.


Baca Juga: Memahami Apa Itu SEO Friendly dan Cara Menerapkannya!



Jika Sobat MinDi ingin mengikuti pelatihan SEO yang lebih intensif dan profesional, kamu dapat memilih dibimbing.id sebagai bootcamp digital marketing terbaik.


Yuk ikuti bootcamp digital marketing dibimbing.id, dengan pembelajaran intensif dan inovatif, dibimbing.id siap bantu wujudkan mimpimu sebagai SEO specialist yang sukses dan profesional.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.