7 Pelatihan Social Media Marketing Gratis & Bersertifikat

Muthiatur Rohmah

•

18 April 2024

•

147

Image Banner

Seiring berkembangnya teknologi, digital marketing menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan di berbagai industri.


Dalam ranah marketing, social media merupakan kunci pemasaran online yang efektif dan banyak menjangkau target audiens. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan peran social media marketing yang profesional dan efektif.


Profesi social media marketing memiliki jenjang karir yang cukup baik, bahkan di beberapa industri khusus, profesi ini memiliki gaji yang cukup tinggi. Gimana tertarik switch career sebagai social media marketing?


Sebagai langkah awal, kamu bisa mengikuti bootcamp atau pelatihan social media marketing untuk meningkatkan skill dan kemampuanmu. 


Nah, pada kesempatan kali ini, Sobat MinDi akan merekomendasikan pelatihan social media marketing gratis dan bersertifikat. Yuk pelajari selengkapnya.



Rekomendasi Pelatihan Social Media Marketing Gratis



Pelatihan social media marketing gratis merupakan program yang dirancang untuk mengajarkan strategi dan teknik pemasaran efektif melalui platform media sosial. 


Bootcamp social media marketing mencakup berbagai modul yang meliputi dasar-dasar media sosial, cara membuat konten menarik, teknik optimasi untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi, serta analisis data untuk mengukur efektivitas kampanye. 


Yuk simak rekomendasi pelatihan social media marketing gratis dan bersertifikat yang cocok buat kamu!


1. Digital Skill Fair Dibimbing.id


Source: instagram.com/dibimbing.id/


Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang menyediakan pelatihan skill untuk menyiapkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan industri pada saat ini. 


Melalui program digital skill fair, dibimbing.id secara rutin memberikan kesempatan kalian untuk belajar digital skill secara gratis melalui zoom. Program ini memiliki banyak spesifikasi kursus, salah satunya adalah digital marketing yang mencakup keahlian social media marketing.


Lalu apa saja yang dipelajari dalam pelatihan social media marketing gratis dibimbing.id?


Dalam program digital skill fair, dibimbing.id membuka kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti siapa saja, dengan berbagai materi sebagai berikut!


  • Career class and introduction relevant career

  • Digital marketing fundamental material

  • Content research and planning

  • Content writing and copywriting

  • Alumni sharing: The Journey of Portfolio Building

  • Assignment study case for portfolio building

  • Dive deep into your CV + Linkedin Profile and portfolio review


Buruan, nggak usah banyak mikir lagi, segera daftarkan diri kamu disini! jangan lewatkan kesempatan pelatihan social media marketing gratis dari dibimbing.id



2. Google Digital Garage (Fundamentals of Digital Marketing)


Source: https://skillshop.exceedlms.com/student/collection/654330-digital-marketing?locale=en-GB


Google Digital Garage memberikan kursus "Fundamentals of Digital Marketing," yang mencakup modul tentang social media marketing. 


Kursus ini mencakup semua aspek dasar pemasaran digital, termasuk strategi media sosial, cara membuat konten yang menarik, dan cara mengukur keberhasilan kampanye. 


Pelatihan social media marketing ini, disertai dengan sertifikat yang diakui dan cocok bagi pemula yang ingin berkarir di dunia digital marketing.


Yuk pelajari selengkapnya di sini.



3. HubSpot Social Media Certification


Source: https://www.hubspot.com/resources/courses/social-media


HubSpot Academy menyediakan kursus sertifikasi media sosial yang lengkap dan gratis. Kursus ini mengajarkan bagaimana mengembangkan strategi media sosial, membangun brand awareness, dan menghasilkan leads serta penjualan dari media sosial. 


Pelatihan social media marketing gratis ini meliputi video pembelajaran yang interaktif dan kasus studi yang mendalam, serta tes untuk mendapatkan sertifikat resmi dari HubSpot.


Yuk buruan daftar di sini


Baca Juga: Pelajari Contoh Social Media Marketing Beserta Strateginya, Berikut Ini!




4. Hootsuite Social Media Marketing Training


Source: https://education.hootsuite.com/courses/social-marketing-certification



Hootsuite Academy menawarkan pelatihan social media marketing gratis yang meliputi dasar-dasar pemasaran media sosial, cara mengoptimalkan profil media sosial, dan teknik untuk meningkatkan engagement


Kursus ini juga menawarkan sertifikat jika peserta telah menyelesaikan kursus dengan baik, sertifikat ini membantu peserta menunjukkan keahlian di bidang social media marketing.


Yuk daftar sekarang di sini



5. Facebook Blueprint


Source: https://id-id.facebook.com/business/learn


Facebook menyediakan serangkaian pelatihan social media marketing gratis melalui platform Blueprint yang membantu mempelajari cara terbaik menggunakan sosmed untuk pemasaran. 


Kursus-kursus ini meliputi berbagai topik, dari pengenalan dasar Facebook dan Instagram ads, hingga strategi content creation dan optimasi kampanye. Akses ke materi pembelajaran pada kursus ini gratis, namun sertifikat pelatihan memerlukan biaya khusus.


Yuk daftar sekarang di sini.



6. LinkedIn Learning (Becoming an Online Marketing Manager)


Source: https://www.linkedin.com/learning/paths/growing-as-a-marketing-manager


LinkedIn Learning menawarkan kursus yang berfokus pada berbagai aspek pemasaran online, termasuk social media marketing. 


Kursus social media marketing ini mencakup penggunaan LinkedIn dan platform lain untuk tujuan pemasaran. Meskipun LinkedIn Learning umumnya berbayar, namun terdapat uji coba gratis yang dapat memberikan akses ke semua kursus selama periode tersebut.


Yuk buruan daftar sekarang di sini.



7. Buffer's Social Media Week of Webinars


Source: https://buffer.com/webinars


Buffer secara rutin menyelenggarakan "Social Media Week of Webinars" yang merupakan serangkaian webinar gratis. 


Topik-topik ini meliputi tren terbaru dalam social media marketing, strategi konten, dan analisis data. Ini merupakan pelatihan yang bagus agar tetap update dengan strategi terbaru dalam social media marketing.


Yuk buruan daftar di sini! jangan sampai kelewatan.


Pelatihan social media marketing gratis, berguna untuk memperkuat keterampilan pemasaran media sosial, baik untuk pemula maupun profesional yang ingin memperdalam pengetahuan tanpa biaya.



Manfaat Mengikuti Kursus Digital Marketing



Sekarang ada banyak penyedia kursus digital marketing yang menawarkan pemula dan profesional yang ingin meningkatkan kemampuan mereka. Banyak orang tertarik untuk belajar tentang pemasaran digital atau digital marketing karena memiliki banyak manfaat.


Ini karena digital marketing adalah pemasaran barang dan jasa dengan menggunakan berbagai media atau platform digital. Dengan menguasai digital marketing, seseorang dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka di banyak bidang.


Selain itu, berikut ini beberapa manfaat kelas digital marketing, yaitu:



Berbagai manfaat tersebut hanya dapat diperoleh ketika Anda memanfaatkan semua fasilitas maupun fitur dalam kursus atau pelatihan di platform e-learning secara optimal dan serius mengikuti kursus tersebut.


Baca Juga: 20 Istilah dalam Social Media Marketing, Marketer Wajib Tau!



Jika Sobat MinDi ingin mengikuti bootcamp social media marketing yang lebih intensif dan profesional, kamu dapat memilih dibimbing.id sebagai bootcamp social media marketing  terbaik.


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, dengan pembelajaran intensif dan inovatif, dibimbing.id siap bantu wujudkan mimpimu sebagai social media marketing yang sukses dan profesional.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi Anda.


Referensi : 

1. Digital Skill Fair Dibimbing.id - Buka 

2. Google Digital Garage (Fundamentals of Digital Marketing) - Buka

3. HubSpot Social Media Certification - Buka

4. Hootsuite Social Media Marketing Training - Buka

5. Facebook Blueprint - Buka

6. LinkedIn Learning (Becoming an Online Marketing Manager) - Buka

7. Buffer's Social Media Week of Webinars - Buka

Konsultasi social media specialist

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Digital Marketing

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Cara mengatasi duplicate meta descriptions pada blog bisa kamu lakukan dengan mengedit template. Yu...

Image Author

Raniah Fatimah

•

23 June 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Digital Marketing

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Pekerjaan afliator adalah bagian dari model bisnis di mana individu mendaptkan komisi lewat promosi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 January 2024

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024