Surat Lamaran Kerja Staff HRD Lengkap serta Tips & Contohnya

Muthiatur Rohmah

29 May 2024

90

Image Banner

Sobat MinDi, perusahaan pasti memerlukan seorang profesional Human Resource untuk mengelola karyawan perusahan dengan baik. Oleh sebab itu, lowongan pekerjaan staff HRD pasti selalu ada yang makin bertambah.


Di tengah banyaknya peluang menjadi staff HRD, hal itu berarti pekerjaan ini memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. Jika Sobat MinDi ingin diterima kerja sebagai staff HRD, kamu harus terlihat menonjol di mata recruiter. Bagaimana caranya?


Salah satu cara menarik perhatian recruiter saat melamar kerja adalah membuat surat lamaran kerja yang baik dan efektif, sebab kesan pertama merupakan hal yang penting.


Lantas bagaimana cara menulis surat lamaran kerja staff HRD secara lengkap dan baik? Apa saja struktur surat lamaran kerja yang perlu dipahami? Bagaimana contoh surat lamaran kerja staff HRD yang baik dan benar?


Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.



Pentingnya Surat Lamaran Kerja Staff HRD



Surat lamaran kerja berperan penting, terutama untuk posisi staff HRD, surat lamaran kerja staff HRD dapat menjadi kesempatan pertama bagi pelamar untuk memberikan kesan yang baik. 


Keterampilan komunikasi yang efektif, sangat penting dalam Human Resources, hal ini dapat Sobat MinDi tunjukkan dalam isi surat lamaran kerja. Surat ini juga dapat berisi motivasi dan kecocokan individu dengan budaya perusahaan, serta menyoroti pengalaman relevan seperti perekrutan dan pengembangan karyawan. 


Surat lamaran kerja  membantu membedakan Sobat MinDi dari pelamar lain dengan menunjukkan pengetahuan tentang industri dan perusahaan, hal ini berarti, surat lamaran kerja yang baik akan menarik perhatian recruiter.



Apa Saja yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja HRD?



Sobat MinDi penasaran apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kerja HRD, agar calon pelamar dilirik recruiter? Yuk simak jawabannya berikut ini.


Dikutip dari Indeed, berikut adalah beberapa komponen penting yang harus ada dalam surat lamaran kerja Human Resources:



1. Latar Belakang Pendidikan


Surat lamaran kerja HRD harus menjelaskan secara singkat latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi Human Resources. Hal ini bisa termasuk gelar sarjana psikologi, administrasi bisnis, manajemen sumber daya manusia, atau bidang terkait lainnya.

 

Sebutkan kualifikasi atau sertifikasi khusus yang telah Sobat MinDi peroleh dan mendukung peran HRD, seperti sertifikat dalam hukum ketenagakerjaan atau manajemen SDM.



2. Pengalaman Kerja yang Relevan


Surat lamaran kerja untuk staff HRD harus menjelaskan mengenai  pengalaman kerja yang relevan dengan HRD, hal ini termasuk peran pencapaian Sobat MinDi dalam bekerja sebelumnya.



3. Aspirasi Karir


Surat lamaran kerja yang efektif biasanya berisi tujuan jangka panjang dalam karir HR dan kesesuaian karir dengan potensi diri. Hal ini akan menunjukkan bahwa Sobat MinDi memiliki visi dan semangat untuk berkembang bersama perusahaan.



Struktur Surat Lamaran Kerja Human Resources



Sebelum menulis surat lamaran kerja HRD yang efektif, Sobat MinDi harus memahami struktur surat lamaran kerja secara urut dan benar. Lantas apa saja strukturnya?


Yuk pahami struktur surat lamaran kerja HRD secara detail dan urut berikut ini.


struktur surat lamaran kerja HRD



1. Header


Header surat lamaran kerja berisi informasi pribadi pelamar dan informasi kontak penerima, yang memudahkan perusahaan untuk menghubungi pelamar dan memberikan kesan awal bahwa surat lamaran kerja bersifat profesional dan ditujukan secara spesifik.



2. Sapaan


Sapaan kepada penerima surat lamaran kerja dapat ditulis dengan  nama spesifik menunjukkan bahwa pelamar telah melakukan riset dan serius dalam melamar, sehingga menciptakan kesan pertama yang baik.



3. Pendahuluan


Pendahuluan dalam surat lamaran kerja berfungsi untuk menjelaskan tujuan dari surat tersebut, yaitu melamar posisi tertentu, dan menyebutkan tempat pelamar menemukan informasi lowongan. 


Pendahuluan yang baik memberikan konteks kepada perekrut tentang asal-usul lamaran dan keaktifan pelamar dalam mencari peluang.



4. Isi


Isi adalah bagian utama surat lamaran kerja, isi surat menjelaskan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja yang relevan, dan kompetensi yang menjadikan pelamar sebagai kandidat yang ideal. 


Bagian isi surat  digunakan untuk menjelaskan pengalaman sebelumnya telah mempersiapkan pelamar untuk peran yang ditawarkan dan untuk menonjolkan nilai tambah yang dapat mereka bawa ke perusahaan.



5. Penutup


Penutup merupakan kesimpulan dari surat lamaran kerja, di mana pelamar menyatakan keinginan untuk berdiskusi lebih lanjut dalam wawancara, menunjukkan inisiatif mereka, dan mengucapkan terima kasih atas pertimbangan aplikasi. 


Bagian kesimpulan penting untuk meninggalkan kesan akhir yang positif dan mengkonfirmasi minat pelamar pada posisi tersebut.


Baca Juga: Contoh CV Data Scientist Menarik, Dijamin HRD Terpikat!




Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Staff HRD secara Baik & Efektif



Ingin memulai membuat surat lamaran kerja untuk posisi HRD? Bingung harus mulai dari mana? Yuk simak cara menulis surat lamaran kerja HRD versi MinDi berikut ini.



1. Menulis Header dan Salam Pembuka


Langkah awal, Sobat MinDi bisa mulai menulis dengan menuliskan informasi pribadi Anda termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Setelah itu, cantumkan tanggal pengiriman surat dan informasi pribadi penerima, termasuk nama, jabatan, dan alamat perusahaan. 


Pastikan Sobat MinDi menggunakan salam yang sopan dan profesional, mengacu secara langsung kepada penerima jika nama mereka diketahui.


Contoh:



Budi Santoso

Jalan Merpati No. 12, Jakarta

081234567890

budi.santoso@email.com


27 Mei 2024


Ibu Sari Puspita

Manajer HRD

PT Maju Terus

Jalan Jenderal Sudirman No. 45, Jakarta


Yth. Ibu Sari Puspita,



2. Tambahkan Paragraf Pembuka yang Menarik


Langkah selanjutnya, dalam paragraf pembuka Sobat MinDi harus menyebutkan posisi yang dilamar serta dari mana mengetahui lowongan tersebut. 


Tulis juga alasan singkat mengapa Sobat MinDi tertarik dengan perusahaan tersebut. Cantumkan penelitian atau pengamatan tentang perusahaan yang menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.


Contoh:



Dengan hormat,


Saya ingin mengungkapkan minat saya pada posisi Staff HRD yang tertera di website Karir.com. Latar belakang saya dalam psikologi dan pengalaman kerja di bidang HR membuat saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi positif di PT Maju Terus. Kepentingan PT Maju Terus dalam inovasi dan komitmen terhadap pengembangan karyawan secara profesional sangat sesuai dengan visi karir saya.



3. Tulis Paragraf Isi yang Lengkap & Profesional


Isi adalah bagian terpenting dari surat lamaran kerja. Gunakan paragraf ini untuk memperinci keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar. 


Sertakan contoh spesifik yang menunjukkan keberhasilan Sobat MinDi dalam peran sebelumnya dan pengalaman yang dapat diterapkan pada posisi baru. Ini akan membantu recruiter melihat nilai nyata yang bisa Sobat MinDi bawa.


Contoh:



Pengalaman saya selama tiga tahun sebagai Asisten HRD di PT Bina Bangsa telah mempersiapkan saya dengan keterampilan manajerial dan operasional yang sangat baik. Beberapa tanggung jawab saya meliputi:

- Mengkoordinasikan proses rekrutmen, dari pengumuman lowongan kerja hingga penyeleksian akhir.

- Mengimplementasikan program pelatihan yang meningkatkan kinerja individu dan tim.

- Berkontribusi dalam pengembangan kebijakan HR yang mendukung kesejahteraan karyawan sekaligus memenuhi tujuan organisasi.


Keberhasilan program onboarding yang saya rancang di PT Bina Bangsa telah mengurangi waktu integrasi untuk karyawan baru sebesar 40%, sebuah prestasi yang menunjukkan komitmen saya terhadap efisiensi dan efektivitas proses HR.



4. Cantumkan Paragraf Penutup yang Sopan


Tutup surat lamaran kerja dengan mengajukan diri untuk interview atau pertemuan lebih lanjut. Nyatakan kesediaan Sobat MinDi untuk memberikan informasi tambahan atau dokumen yang mungkin diperlukan. 


Penutup surat lamaran kerja yang baik menunjukkan inisiatif dan antusiasme terhadap peluang yang ditawarkan.


Contoh:


Saya berharap dapat membawa keahlian dan pengalaman saya ke PT Maju Terus dan berkontribusi terhadap tujuan organisasi Anda. Saya dengan senang hati akan menyediakan informasi tambahan yang dibutuhkan dan sangat berharap dapat membahas kualifikasi saya lebih lanjut dalam sebuah wawancara.


Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran saya.


Hormat saya,


Budi Santoso


Dengan mengikuti cara menulis  surat lamaran kerja yang rapi dan profesional seperti ini, Sobat MinDi akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan perhatian dari recruiter dan mendapatkan kesempatan wawancara.



Contoh Surat Lamaran Kerja HRD



Ingin mengetahui bagaimana contoh surat lamaran kerja HRD yang baik dan profesional? Yuk simak beberapa contoh surat lamaran kerja HRD yang efektif berikut ini.



1. Contoh Surat Lamaran Kerja HRD Bahasa Indonesia


Budi Santoso

Jalan Merpati No. 12, Jakarta  

081234567890  

budi.santoso@email.com  


27 Mei 2024


Ibu Sari Puspita  

Manajer HRD  

PT Maju Terus  

Jalan Jenderal Sudirman No. 45, Jakarta  


Yth. Ibu Sari Puspita,


Dengan hormat,


Saya menulis surat ini untuk melamar posisi Staff HRD yang saya temukan iklannya di website Karir.com. Latar belakang pendidikan saya dalam bidang Psikologi dari Universitas Indonesia dan pengalaman kerja sebagai Asisten HRD di PT Bina Bangsa, membuat saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada tim HRD di PT Maju Terus.


Selama bekerja di PT Bina Bangsa selama 3 tahun, saya telah memperoleh banyak pengalaman dalam mengelola berbagai aspek kegiatan HR seperti rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan. Saya juga terlibat aktif dalam menyusun strategi HR yang tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja tapi juga meningkatkan kepuasan karyawan. Di antara kontribusi saya adalah pengembangan program onboarding yang telah berhasil mengurangi waktu adaptasi karyawan baru sebesar 30%.


Keahlian saya tidak terbatas pada aspek operasional HR saja, tetapi juga dalam membangun relasi yang baik dengan semua level organisasi dan mengimplementasikan kebijakan HR yang sejalan dengan visi perusahaan. Kepemimpinan saya dalam proyek-proyek HR telah menyediakan solusi kreatif yang efektif untuk berbagai tantangan dalam lingkungan kerja yang dinamis.


Saya sangat berharap untuk bisa membahas lebih lanjut tentang bagaimana kualifikasi dan pengalaman saya dapat memenuhi kebutuhan PT Maju Terus. Saya dengan senang hati akan datang untuk wawancara pada waktu yang paling sesuai dengan Ibu. Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Ibu dalam membaca lamaran ini. Saya menantikan kesempatan untuk menjadi bagian dari tim PT Maju Terus.


Hormat saya,


Budi Santoso



2. Contoh Surat Lamaran Kerja HRD Bahasa Inggris


Budi Santoso

Jalan Merpati No. 12, Jakarta  

+62-81234567890  

budi.santoso@email.com  


May 27, 2024


Mrs. Sari Puspita  

HR Manager  

PT Maju Terus  

Jalan Jenderal Sudirman No. 45, Jakarta  


Dear Mrs. Puspita,


I am writing to express my interest in the HRD Staff position advertised on Karir.com. With a degree in Psychology from the University of Indonesia and over three years of experience as an HR Assistant at PT Bina Bangsa, I am confident in my ability to contribute effectively to your team.


During my tenure at PT Bina Bangsa, I have gained extensive experience in managing diverse HR functions including recruitment, training, and employee development. I have played a pivotal role in implementing HR strategies that enhance operational efficiency and employee satisfaction. One of my key achievements includes the development of an onboarding program that reduced the adaptation period for new employees by 30%.


My skills are not limited to operational HR tasks; I also excel in building strong relationships across all organizational levels and implementing HR policies that align with the company's vision. My leadership in HR projects has provided creative and effective solutions to various workplace challenges.


I am eager to discuss how my background, skills, and enthusiasm align with the needs of PT Maju Terus. I would appreciate the opportunity to meet with you for an interview at your earliest convenience. Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of contributing to your esteemed company.


Warm regards,


Budi Santoso



3. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang Human Resources


Nadia Putri

Jalan Anggrek Bulan No. 8, Bandung  

+62-82234567890  

nadia.putri@email.com  


28 Mei 2024


Bapak/Ibu HRD  

PT Maju Bersama  

Jalan Asia Afrika No. 112, Bandung


Yth. Bapak/Ibu di tempat,


Dengan hormat,


Saya, Nadia Putri, mahasiswa semester enam jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia di Universitas Padjadjaran, ingin mengajukan diri untuk mengikuti program magang yang diselenggarakan oleh PT Maju Bersama, khususnya di departemen Human Resources.


Selama masa studi, saya telah memperoleh pengetahuan teoretis dalam bidang manajemen sumber daya manusia dan kini ingin memperdalam pemahaman praktis melalui pengalaman langsung di lapangan. Saya memiliki ketertarikan yang besar terhadap analisis kebutuhan pelatihan, pengembangan karyawan, serta proses rekrutmen dan seleksi. Keikutsertaan dalam beberapa organisasi kampus juga telah mengasah keterampilan saya dalam berkomunikasi, berkoordinasi, dan mengelola waktu yang saya yakin akan sangat bermanfaat dalam menjalankan tugas sebagai magang HR.


Pada semester lalu, saya terlibat dalam proyek penelitian mengenai efektivitas program pelatihan karyawan yang memberikan saya wawasan lebih dalam mengenai aplikasi strategis HR dalam meningkatkan kinerja karyawan. Keikutsertaan dalam proyek ini memperkuat pemahaman saya akan pentingnya pembinaan yang terstruktur serta evaluasi yang konstruktif dalam setiap program HR.


Melalui surat lamaran ini, saya ingin menawarkan dedikasi, kreativitas, dan keinginan belajar yang tinggi sebagai aset untuk PT Maju Bersama. Saya berharap dapat mengembangkan keahlian serta memberikan kontribusi positif bagi perusahaan selama masa magang. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti proses seleksi magang ini dan saya berharap dapat membahas lebih lanjut mengenai potensi saya dalam wawancara.


Terima kasih atas pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kesempatan untuk menjadi bagian dari tim PT Maju Bersama.


Hormat saya,


Nadia Putri


Baca Juga: Contoh CV Freelance Lengkap dengan Cara Menulis & Tipsnya



Tips Menulis Surat Lamaran Kerja HRD secara Profesional



Tunggu dulu Sobat MinDi, sebelum memulai menulis surat lamaran kerja, yuk perhatikan tips menulis surat lamaran kerja untuk posisi Human Resources secara profesional, berikut ini.



1. Tunjukkan Pemahaman Tentang Perusahaan dan Industri


Sebelum menulis surat lamaran kerja, lakukan riset mendalam tentang perusahaan dan sektor industrinya. Pahami nilai, misi, dan visi perusahaan serta tantangan-tantangan khusus yang mungkin dihadapi oleh industri tersebut. 


Gunakan informasi ini untuk menyesuaikan surat lamaran kerja, sehingga menunjukkan bahwa Sobat MinDi memiliki keterampilan yang diperlukan oleh perusahaan.



2. Tulis Kompetensi dan Pengalaman Relevan dengan Detail


Sebagai calon staff HRD, penting untuk menjelaskan dengan jelas kompetensi dan pengalaman Anda yang relevan. Fokuslah pada keterampilan khusus yang akan langsung berkontribusi pada peran tersebut, seperti manajemen konflik, pengembangan karyawan, atau analisis kebutuhan pelatihan. 


Gunakan contoh konkret yang menunjukkan pencapaian dan cara dalam mengatasi tantangan di tempat kerja sebelumnya.



3. Tunjukkan Keahlian Komunikasi


Dalam HR, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangat penting. Pastikan surat lamaran kerja tidak hanya bebas dari kesalahan gramatikal dan ejaan, tapi juga jelas, ringkas, dan langsung pada poinnya. 


Gunakan bahasa yang profesional dan hormat untuk mencerminkan kemampuan Sobat MinDi berkomunikasi dengan baik di semua tingkatan organisasi.


Mengikuti ketiga tips ini akan membantu Sobat MinDi menyusun surat lamaran kerja yang profesional dan menarik bagi recruiter, serta menjadikan Sobat MinDi sebagai kandidat yang ideal untuk posisi tersebut.



Ingin Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional? Yuk Ikuti Career Preparation Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai surat lamaran kerja HRD, informasi ini sangat berguna Jika Sobat MinDi hendak melamar pekerjaan sebagai HR perusahaan, dan harus menulis surat lamaran kerja yang efektif.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, mempelajari surat lamaran kerja ini merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan diri demi karir yang baik di masa depan.


Menulis surat lamaran kerja merupakan hal yang tidak diajarkan dalam perkuliahan pada umumnya. Namun Sobat MinDi bisa mengikuti career preparation dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.


Reference:

  • Human Resources Assistant Cover Letter Example and Template for 2024 - Buka

  • HR Assistant Cover Letter Example - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved