Apa itu Human Resources? Definisi, Tugas & Bidang Kerjanya

Muthiatur Rohmah

13 May 2024

3847

Image Banner

Sobat MinDi pasti sering melihat lowongan pekerjaan sebagai Human Resources, sebenarnya apa itu Human Resources?


Human Resources (HR) adalah departemen dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas pengelolaan, perekrutan, dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan kinerja dan memenuhi tujuan perusahaan.


Singkatnya, seorang Human Resources bertanggung jawab atas people development sebuah perusahaan. Tugas yang terlihat mudah, namun sebenarnya sangat kompleks.


Gimana nih? Sobat MinDi tertarik bekerja sebagai Human Resources perusahaan? sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pahami dulu apa dan siapa human resources pada artikel ini.



Apa itu Human Resources?



Sebelum kita membahas lebih jauh, pertama-tama yuk pahami apa itu Human Resources pada pengertian berikut ini.


Menurut investopedia, Human resources adalah divisi dalam sebuah perusahaan yang bertugas mencari, merekrut, memeriksa, mengadakan pelatihan serta mengelola karyawan. 


Human Resource (HR)  berperan penting dalam membantu perusahaan menghadapi lingkungan bisnis yang cepat berubah melalui terciptanya karyawan perusahaan yang berkualitas dan inovatif.


Human Resource juga menangani kompensasi, manfaat, dan pemutusan hubungan kerja karyawan. Tugas seorang HR berfokus pada kemajuan dan peningkatan tenaga kerja perusahaan dengan tujuan untuk kesuksesan perusahaan itu sendiri. 


HR harus selalu mengikuti peraturan hukum yang dapat mempengaruhi perusahaan dan karyawannya. Secara singkatnya, Human Resource adalah divisi yang mengurusi pemberdayaan karyawan dalam suatu perusahaan. 


Tertarik menjadi HR? Yuk pelajari dulu penjelasannya berikut ini.



Apa Saja Tugas Human Resources?



Setelah memahami apa itu Human Resources, selanjutnya yuk baca tugas-tugas Human Resources pada penjelasan berikut ini.


Human Resources bertugas mengelola dan mengatur pemberdayaan karyawan suatu perusahaan. Lantas apa saja tugas mereka? Yuk pahami bersama- sama.



1. Recruitment


Recruitment adalah salah tugas utama seorang HR, yang melibatkan proses mencari dan memilih kandidat yang paling sesuai untuk mengisi posisi yang tersedia dalam perusahaan.


Proses ini dimulai dari pengidentifikasian kebutuhan pekerjaan, menciptakan dan mempublikasikan iklan lowongan pekerjaan, menyaring CV, mengadakan wawancara, dan akhirnya memilih kandidat terbaik. 


Human Resources harus memastikan bahwa proses perekrutan dilakukan secara efisien dan efektif, mengikuti standar etika dan hukum yang berlaku.



2. Administrasi


Fungsi administratif HR mencakup pengelolaan dokumen-dokumen dan data karyawan yang meliputi kontrak kerja, data pribadi, catatan absensi, dan histori pekerjaan. 


Human Resources bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua data ini dikelola dengan rapi dan sesuai dengan peraturan perlindungan data. Selain itu, HR juga menangani kepatuhan terhadap kebijakan internal dan regulasi eksternal yang mempengaruhi kondisi kerja.



3. Kompensasi dan Benefit


Human Resources bertanggung jawab dalam merancang dan mengimplementasikan sistem kompensasi dan manfaat yang adil dan kompetitif. Hal ini termasuk gaji pokok, insentif, bonus, dan manfaat lain seperti asuransi kesehatan, tunjangan pensiun, dan fasilitas lainnya. 


Tujuannya untuk menarik, memotivasi, dan mempertahankan karyawan, serta memastikan bahwa paket kompensasi selaras dengan standar industri dan kebijakan perusahaan.



4. Pelatihan dan Pengembangan


Human Resources berperan penting dalam mengidentifikasi kebutuhan pelatihan karyawan dan menyusun program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi karyawan. 


Pelatihan dan pengembangan ini penting untuk menjaga karyawan tetap relevan dengan tuntutan pekerjaan serta mendukung pertumbuhan karir mereka. Program ini bisa berupa pelatihan internal, workshop, seminar, atau bahkan studi lanjutan.



5. Employee Relations dan Performance Management


Human Resources berperan penting dalam menjaga hubungan kerja yang sehat antara karyawan dan manajemen. Hal ini termasuk menangani keluhan, menyelesaikan konflik, dan memastikan lingkungan kerja yang adil dan etis.


HR juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen kinerja yang efektif, yang melibatkan penilaian kinerja reguler, memberikan umpan balik konstruktif, dan merencanakan jalur karir karyawan berdasarkan penilaian tersebut.


Secara keseluruhan, beberapa tugas Human Resources tersebut sangat penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan. 


Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, Human Resources berkontribusi langsung terhadap pencapaian tujuan strategis dan operasional perusahaan.


Baca Juga: Perbedaan Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Wajib Kamu Pahami




Apa Saja Bidang Kerja Human Resources?



Saat Sobat MinDi bekerja sebagai HR, akan ada beberapa divisi atau bidang kerja yang perlu dipahami. Lantas apa saja bidang kerja Human Resources?


Tenang saja, Simak pembahasan MinDi mengenai beberapa bidang kerja Human Resources berikut ini.





1. Recruitment Staff


Recruitment staff bertanggung jawab pada proses mencari dan mendapatkan talenta baru untuk perusahaan. 


Apa saja tugas recruitment staff? Tugasnya termasuk menyiapkan iklan pekerjaan, mengelola aplikasi, menyaring kandidat, mengatur dan melaksanakan wawancara, serta terlibat dalam proses seleksi akhir. 


Recruitment staff juga sering berinteraksi dengan agen-agen perekrutan dan menghadiri job fair untuk menarik kandidat. 


Mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan perusahaan dan kemampuan untuk mengidentifikasi kandidat yang sesuai dengan kebudayaan dan kebutuhan spesifik perusahaan.



2. Payroll Staff


Staff payroll fokus pada pengelolaan pembayaran gaji karyawan. Tugas mereka mencakup penghitungan gaji, pemotongan pajak, dan kontribusi asuransi, serta memastikan semua pembayaran dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 


Payroll staff juga menangani pertanyaan dan masalah yang berkaitan dengan gaji dari karyawan, mereka biasanya menggunakan software payroll untuk membantu dalam mengelola data secara efisien.



3. Training and Development Specialist


Training and Development staff bertugas merancang, mengkoordinasikan, dan melaksanakan program pelatihan yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan efektivitas karyawan. 


Mereka melakukan analisis kebutuhan pelatihan, mengembangkan materi pelatihan, dan mengelola logistik untuk workshop atau sesi pelatihan. 


Training and development staff juga bertanggung jawab dalam evaluasi efektivitas pelatihan yang diberikan dan mengadaptasinya berdasarkan feedback dan perubahan kebutuhan perusahaan.



4. Employee Relations


Employee relations mengelola hubungan antara manajemen dan karyawan. Tugas mereka mencakup menangani keluhan dan konflik, memastikan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan dan peraturan ketenagakerjaan, serta memperkuat keterlibatan karyawan. 


Mereka juga bisa terlibat dalam negosiasi dengan serikat pekerja dan mengelola program seperti kesejahteraan karyawan dan kesetaraan di tempat kerja.



5. HR Manager


HR manager  memiliki peran kepemimpinan dalam mengatur semua fungsi HR dalam sebuah organisasi. 


Mereka merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan aktivitas yang terkait dengan administrasi, perekrutan, kompensasi, pelatihan, dan hubungan karyawan. 


HR manager juga membantu dalam pengembangan strategi kebijakan SDM yang mendukung tujuan perusahaan, serta bertanggung jawab atas pengelolaan anggota tim HR dan sumber daya departemen. 


Setiap bidang kerja Human Resources ini memiliki perannya masing-masing dalam memastikan perusahaan memiliki tenaga kerja yang kompeten, terpelihara, dan termotivasi, yang penting untuk kesuksesan jangka panjang sebuah perusahaan.



Skill yang dibutuhkan Seorang Human Resources



Sudah semakin yakin ingin jadi HR perusahaan? Yuk pelajari apa saja skill yang dibutuhkan seorang Human Resources berikut ini.


Berikut adalah skill penting yang dibutuhkan oleh seseorang yang bekerja di bidang Human Resources.


  • Komunikasi: Kemampuan untuk menyampaikan informasi secara jelas dan efektif kepada semua tingkat organisasi.

  • Pengambilan Keputusan: Keterampilan untuk membuat pilihan strategis dan operasional yang tepat berdasarkan analisis situasi dan informasi yang tersedia.

  • Pelatihan dan Pengembangan: Keterampilan dalam merancang dan melaksanakan program pelatihan yang meningkatkan kinerja dan kompetensi karyawan.

  • Empati: Kemampuan untuk memahami dan berempati dengan masalah pribadi atau profesional karyawan.

  • Keuangan: Pemahaman dasar tentang pengelolaan keuangan, penting untuk mengelola anggaran dan kompensasi karyawan.

  • Organizer: Kemampuan untuk mengatur sumber daya, waktu, dan tugas dengan efisien.

  • Manajemen Bisnis: Memahami prinsip-prinsip bisnis untuk membuat keputusan yang mendukung tujuan perusahaan.

  • Kepemimpinan: Keterampilan dalam memimpin tim, menginspirasi karyawan, dan mengarahkan perubahan.

  • Berpikir Strategis: Kemampuan untuk merencanakan strategi jangka panjang yang sesuai dengan tujuan dan misi perusahaan.

  • Multitasking: Kemampuan untuk menangani beberapa tugas atau proyek secara simultan dengan efektif.

  • Hubungan: Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan baik dengan semua tingkat karyawan dan manajemen.

  • Kerja Tim dan Kolaborasi: Bekerja dengan efektif dalam tim dan mendorong kerjasama antar departemen.

  • Onboarding: Kemampuan untuk mengintegrasikan karyawan baru ke dalam organisasi secara efisien dan efektif.

  • Manajemen Risiko: Keterampilan dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang bisa mempengaruhi organisasi.

  • Sensitivitas Budaya dan Bahasa: Kesadaran dan penghargaan terhadap keragaman budaya dan kemampuan berkomunikasi dalam lebih dari satu bahasa untuk berinteraksi dengan berbagai kelompok karyawan. 


Menguasai skill-skill tersebut sangat penting untuk mendukung peran HR dalam berkontribusi terhadap suksesnya perusahaan.


Baca Juga: Ini Dia Manfaat Pelatihan Human Resources Bagi Perusahaan



Bagaimana Cara Menjadi HR Profesional secara Otodidak?



Ingin menjadi Human Resources sebuah perusahaan? Belum ada pengalaman sama sekali? Bingung harus mulai dari mana?


Tenang Sobat MinDi, mempersiapkan diri menjadi Human Resources perusahaan bisa dilakukan secara otodidak lho. Lantas bagaimana cara menjadi HR professional? Yuk simak tipsnya berikut ini.




Tertarik untuk jadi Human Resources (HR) secara otodidak? berikut beberapa langkah yang bisa Sobat MinDi terapkan.



1. Pelajari Basic Skill HR


Mulailah dengan memahami dasar-dasar kerja HR. Sobat MinDi bisa cari materi belajar dari internet, baca buku tentang manajemen sumber daya manusia, atau ikut kursus online gratis. 


Jangan lupa pahami tentang recruitment, manajemen kinerja, kompensasi dan benefit, serta hukum ketenagakerjaan. Gak kalah penting, asah juga soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan analisis.



2. Ikuti Bootcamp Human Resources


Bootcamp HR itu semacam program intensif yang bisa bantu Sobat MinDi mendapatkan skill praktis dalam waktu singkat. 


Pada bootcamp ini Sobat MinDi akan didampingi oleh praktisi HR yang sudah pengalaman, jadi ilmunya langsung applicable buat dunia kerja. 


Selain itu, mengikuti bootcamp juga bagus buat membangun jaringan dengan sesama peserta atau mentor yang bisa membuka lebih banyak peluang kerja nantinya.


Cari bootcamp Human Resources terbaik dan profesional? Bootcamp Human Resources dibimbing.id solusinya!



3. Nyari Magang sebagai HR di Perusahaan


Cari kesempatan magang di perusahaan. Magang bisa jadi cara efektif buat nambah pengalaman dan mempraktekkan teori yang telah dipelajari. 


Selama magang, usahakan untuk terlibat dalam berbagai proyek HR dan belajar dari setiap tugas yang kamu kerjakan. Ini merupakan kesempatan baik untuk memperlihatkan kemampuanmu yang mungkin saja bisa berlanjut ke tawaran kerja permanen.


Yang paling penting, jangan lupa untuk terus belajar dan tetap update dengan perkembangan terbaru di bidang Human Resources.



Ingin Jadi Human Resources Professional? Yuk ikut Bootcamp Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai human resources, mulai dari pengertian, tugas dan peran mereka, bidang kerja hingga skill yang dibutuhkan. Informasi ini sangat penting bagi kamu yang ingin memulai karir di bidang human resources.


Ingin jadi HR professional? Bingung harus mulai dari mana?


Yuk ikuti bootcamp Human Resources dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Kuasai tools HRIS dan seluruh aspek Human Resources yang akan diajarkan pada bootcamp ini.


Bootcamp HR dibimbing.id didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi Human Resources sukses.


Belum memiliki pengalaman di bidang human resources sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly


Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.


Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



FAQ Human Resources



  • Mengapa manajemen HR penting bagi perusahaan?


Manajemen HR penting karena membantu perusahaan dalam mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan talenta yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis. Selain itu, HR memastikan bahwa perusahaan beroperasi sesuai dengan hukum ketenagakerjaan, mengurangi risiko hukum, dan memperkuat budaya kerja yang positif.


  • Bagaimana HR bisa mendukung karyawan?


HR mendukung karyawan melalui berbagai program seperti pelatihan dan pengembangan karir, penyediaan manfaat kesehatan dan kesejahteraan, serta memfasilitasi sistem penilaian kinerja yang adil. 


HR juga menjadi tempat karyawan mengajukan keluhan dan menyelesaikan konflik, membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan mendukung.


  • Apa itu strategi HR?


Strategi HR adalah rencana jangka panjang yang menguraikan bagaimana departemen HR akan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya melalui manajemen sumber daya manusia. Strategi ini bisa mencakup rencana untuk perekrutan, retensi, pengembangan keterampilan, dan inisiatif budaya perusahaan.


  • Bagaimana HR mengukur keberhasilannya?


HR mengukur keberhasilan melalui berbagai metrik seperti tingkat retensi karyawan, kepuasan karyawan, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi posisi yang kosong, dan efektivitas program pelatihan. HR juga bisa menggunakan survei keterlibatan karyawan dan analisis kinerja untuk menilai dampak kebijakan dan programnya.


  • Apa perbedaan antara HR dan Personalia?


Meskipun sering kali dianggap serupa, HR lebih fokus pada strategi dan pengembangan sumber daya manusia, sedangkan personel lebih terkait dengan tugas administratif seperti penggajian dan kepatuhan hukum. HR berupaya mengintegrasikan kebutuhan SDM dengan tujuan strategis perusahaan, sedangkan Personalia cenderung lebih operasional.


Reference:

  • Human Resources (HR): Meaning and Responsibilities - Buka

  • Top HR Skills and Activities - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!