Apa itu job Fair? Simak Penjelasan & Tips Mudah Melamar di Job Fair

Muthiatur Rohmah

•

06 March 2024

•

214

Image Banner

Job fair atau bursa kerja dapat dijadikan sebagai kesempatan emas bagi para pencari kerja, khususnya para fresh graduate.


Job fair adalah tempat atau event sekelompok perusahaan yang dihadiri oleh para pelamar kerja, yang bertujuan memfasilitasi pencarian kerja.


Job fair merupakan langkah efektif bagi para pemula untuk melamar suatu pekerjaan, dengan mengikuti bursa kerja, kita juga dapat melihat kultur atau budaya perusahaan secara langsung lho!


Yuk simak penjelasan lengkap mengenai apa itu job fair dan tips mudah melamar kerja di job fair pada artikel ini.


Apa itu Job Fair?


Job fair adalah sebuah acara yang mengumpulkan berbagai perusahaan atau pemberi kerja dan calon pekerja dalam satu tempat dengan tujuan untuk memfasilitasi pencarian pekerjaan dan rekrutmen karyawan. 


Dalam job fair, para pencari kerja memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan perwakilan dari berbagai perusahaan, menyerahkan resume, dan dapat melakukan wawancara kerja di tempat. 


Job fair atau bursa kerja biasanya terbuka untuk umum dan dapat dihadiri oleh fresh graduate, profesional yang mencari peluang karir baru, atau individu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang peluang kerja di berbagai industri. 


Job fair sering diadakan di universitas, pusat konvensi, atau ruang publik lainnya dan bisa spesifik untuk industri tertentu atau lebih umum. 


Kegiatan job fair merupakan kesempatan baik bagi pencari kerja untuk menjaring banyak peluang dalam waktu yang singkat. 


Sedangkan bagi perusahaan, job fair memfasilitasi untuk bertemu dengan calon karyawan dari berbagai latar belakang dan keahlian.


Manfaat Job Fair


Source: digination.id


Job fair memiliki berbagai manfaat bagi pencari kerja maupun perusahaan. 


Berikut ini tiga manfaat job fair:


1. Akses Langsung ke Berbagai Perusahaan


Bagi pencari kerja, job fair menyediakan akses langsung ke banyak perusahaan dari berbagai industri dalam satu tempat. 


Job fair memfasilitasi mereka untuk mengeksplorasi berbagai peluang pekerjaan, mendapatkan informasi tentang perusahaan dan industri yang berbeda, serta mengetahui lebih lanjut tentang kebutuhan perusahaan secara langsung dari sumbernya.


2. Kesempatan Networking


Job fair memberikan kesempatan penting untuk membangun jaringan profesional. Pencari kerja dapat bertemu dan berinteraksi dengan perwakilan perusahaan dan pencari kerja lainnya. 


Membangun hubungan melalui job fair dapat membuka pintu untuk peluang masa depan dan mendapatkan rekomendasi pekerjaan atau kesempatan di lain waktu.


3. Peluang Wawancara Langsung


Banyak perusahaan yang hadir di job fair siap melakukan wawancara langsung di tempat. Hal ini memberikan kesempatan bagi pencari kerja untuk langsung membuat kesan yang baik kepada perusahaan.


Selain itu, pengalaman wawancara ini juga dapat menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan kemampuan interview mereka di masa depan.


Secara keseluruhan, job fair adalah kesempatan yang efisien dan efektif bagi pencari kerja untuk meningkatkan visibilitas mereka di pasar kerja.


Baca Juga: Memulai Langkah Pertama Dalam Karir Seorang Fresh Graduate




Tips Mudah Melamar Kerja di Job Fair


Untuk meningkatkan peluang sukses saat melamar pekerjaan di job fair, berikut adalah tips mudah yang bisa membantu Sobat MinDi melamar pekerjaan pada event job fair.


1. Riset Perusahaan


Sebelum menghadiri job fair, cari tahu perusahaan mana saja yang akan berpartisipasi dan pilih beberapa yang paling menarik bagi Sobat MinDi.


Lakukan riset tentang misi, budaya, dan posisi yang tersedia di perusahaan tersebut agar Anda bisa menyesuaikan komunikasi dengan apa yang mereka cari.


2. Siapkan CV dan Dokumen Pendukung


Bawa lebih dari cukup salinan CV, dan pastikan CV tersebut telah diperbarui dan disesuaikan untuk menonjolkan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda minati. 


Jangan lupa untuk bawa dokumen pendukung lain seperti sertifikat pelatihan atau portofolio kerja jika relevan dengan job desk yang akan didaftar.


3. Berlatih Elevator Pitch


Elevator pitch adalah ringkasan singkat dan menarik yang digunakan untuk menggambarkan diri seseorang.


Siapkan dan latih sebuah elevator pitch singkat yang memperkenalkan diri, latar belakang profesional, dan apa yang dicari dalam sebuah pekerjaan. Pastikan pitch Anda menarik dan langsung ke poin.


4. Datang Lebih Awal


Dengan datang lebih awal, kamu bisa mengunjungi stand perusahaan yang paling diminati sebelum terlalu ramai. 


Prioritaskan perusahaan yang paling diminati. Jika waktu terbatas, fokuskan energi pada stand-stand tersebut.


5. Penampilan Profesional

Kenakan pakaian profesional yang sesuai dengan industri yang dilamar. Penampilan pertama sangat penting dan menunjukkan kepada recruiter bahwa Anda serius dan profesional.


6. Aktif dan Berinisiatif


Jangan hanya menunggu di ujung barisan, ambil inisiatif untuk berinteraksi dengan perwakilan perusahaan. 


Gunakan elevator pitch Anda, ajukan pertanyaan yang menunjukkan minat dan pengetahuan tentang perusahaan, dan berikan contoh spesifik tentang cara kamu dapat memberikan kontribusi terhadap perusahaan.


7. Kumpulkan Informasi dan Kartu Nama


Saat berbicara dengan perwakilan perusahaan, kumpulkan kartu nama dan catat informasi penting. Hal ini akan berguna untuk referensi saat melakukan follow-up setelah job fair selesai.


8. Lakukan Follow Up


Kirim email atau surat terima kasih dalam 24-48 jam setelah job fair kepada setiap perwakilan perusahaan yang Anda ajak bicara. 


Sertakan detail spesifik dari percakapan untuk membantu mereka mengingat Anda, dan nyatakan lagi minat terhadap posisi yang dibuka.


Dengan mempersiapkan diri secara menyeluruh, menampilkan sikap profesional, dan aktif selama job fair, Sobat MinDi akan meningkatkan peluang untuk menarik perhatian recruiter dan membuka peluang karir yang baru.


Baca Juga: 8 Cara Mengembangkan Karir Khusus Kamu Fresh Graduate


Sebagai tahap awal, sebelum mengikuti job fair, sebaiknya mahasiswa dapat mempersiapkan beberapa pengalaman atau pelatihan khusus yang dapat meningkatkan sisi profesionalisme diri di mata recruiter.


Ini merupakan hal yang penting dan wajib diperhatikan bagi universitas atau institusi pendidikan terkait. Universitas dapat membuka kesempatan mahasiswanya untuk bertumbuh dengan mengikuti bimbingan pelatihan karir dibimbing.id.


Sebuah pelatihan khusus mahasiswa yang dirancang untuk mempersiapkan skill dan potensi mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja secara profesional. Dibimbing.id menyediakan pelatihan inovatif, terbaik dan efisien bagi mahasiswa Anda.


Tunggu apalagi? segera konsultasikan perusahaan Anda di sini! lalu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!