Cara Menanyakan Hasil Interview Via Whatsapp dan Email, Dijamin Dibalas HRD

Muthiatur Rohmah

18 January 2024

14604

Image Banner

Sobat MinDi sudah menyelesaikan tahapan interview? namun belum ada kejelasan dari pihak perusahaan?


Menunggu hasil interview kerja merupakan hal yang menegangkan, Sobat MinDi harus senantiasa bersabar dan meyakinkan diri telah melakukan interview yang terbaik sesuai kemampuan yang dimiliki.


Selama masa menunggu hasil interview, Sobat MinDi diperbolehkan untuk menanyakan hasil interview kepada recruiter atau HRD loh.


Ingin menanyakan hasil interview kerja namun bingung bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan MinDi berikut ini mengenai cara menanyakan hasil interview dengan baik dan tepat!



Cara Menanyakan Hasil Interview dengan Baik dan Direspon HRD



Menanyakan hasil wawancara kepada HRD atau perekrut, memerlukan bahasa yang santun dan profesional. Berikut adalah penjelasan yang lebih mendalam untuk cara menanyakan hasil interview dengan baik.


1. Menunggu Hasil Interview dengan Durasi yang Wajar



Penting untuk memberikan waktu yang cukup bagi HRD atau rekruiter untuk membuat keputusan. Biasanya, di akhir wawancara, perekrut akan memberitahu kapan Sobat MinDi akan mendapatkan kabar hasil interview.


Jika tidak, menunggu sekitar satu hingga dua minggu setelah wawancara adalah hal yang wajar. Hal Ini memberikan cukup waktu bagi rekruiter untuk mengevaluasi semua kandidat dan membuat keputusan dengan tepat


Terlalu cepat menanyakan hasil bisa menimbulkan kesan tidak sabar atau tidak menghormati proses internal perusahaan. Namun menunggu terlalu lama, dan tidak menanyakan hasil interview, dapat membuat Sobat MinDi terlihat tidak tertarik dengan perusahaan.


2. Gunakan Email sebagai Sarana Utama untuk Menanyakan Hasil Interview




Email adalah sarana komunikasi yang paling tepat dalam konteks profesional ini karena memberikan kesempatan kepada recruiter atau HRD untuk merespons pada waktu yang mereka anggap sesuai.


Dalam email, Sobat MinDi bisa merinci dengan jelas pertanyaan dan memberikan konteks yang cukup tentang siapa Sobat MinDi dan posisi yang dilamar. Hal ini membantu perekrut mengingat calon kandidat dengan lebih mudah.


Namun jika Sobat MinDi memiliki nomor whatsapp recruiter atau HRD, sangat diperbolehkan untuk menanyakan hasil interview via whatsapp. Hal ini dapat disesuaikan dengan kenyamanan Sobat MinDi.


3. Saat Menanyakan Hasil Interview, Tulislah dengan Sopan dan Profesional



Mulailah menulis  dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara dan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan. Gunakan kalimat yang menunjukkan bahwa Sobat MinDi memahami mereka mungkin memerlukan waktu untuk membuat keputusan. 


Sebagai contoh, "Saya menghargai waktu dan pertimbangan yang Anda berikan untuk aplikasi saya dan ingin mengetahui perkembangan terkini mengenai proses rekrutmen untuk posisi [Nama Posisi]."


4. Sampaikan Rasa Antusias terhadap Posisi yang Dilamar



Menunjukkan antusiasme Sobat MinDi terhadap posisi dan perusahaan menunjukkan komitmen dan bisa membantu Sobat MinDi menarik dibanding kandidat lain.


Sampaikan bahwa Sobat MinDi tetap tertarik dan bersemangat tentang peluang tersebut dan berikan alasan singkat mengapa Sobat MinDi merasa cocok untuk posisi itu.


Baca Juga:  Cara Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik, Simak 7 Tipsnya Berikut ini!


5. Jangan Terlalu Sering Menghubungi HRD untuk Menanyakan Hasil Interview



Menanyakan hasil interview satu kali merupakan hal yang cukup dan tepat, namun jika Sobat MinDi mengirimkan lebih dari satu dan tidak mendapatkan respons, akan terlihat memaksa dan menimbulkan kesan negatif.


Jika Sobat MinDi belum mendapatkan balasan setelah menanyakan hasil interview, tunggulah sekitar seminggu sebelum mengirimkan pesan berikutnya.


Contohnya, "Saya hanya ingin mengirimkan pengingat lembut mengenai email sebelumnya dan bertanya apakah ada perkembangan terbaru mengenai posisi [Nama Posisi]."


Menyampaikan pertanyaan hasil interview dengan cara yang sopan dan profesional menunjukkan bahwa Sobat MinDi menghargai proses rekrutmen perusahaan dan juga menghormati waktu rekruiter. 


Hal ini juga menunjukkan kesabaran dan sisi profesionalisme diri. Selalu ingat untuk menjaga komunikasi Sobat MinDi tetap terfokus dan jelas. Hindari menanyakan hasil interview dengan bahasa yang terlalu informal atau kasual.


Gimana nih? Sobat MinDi sudah paham mengenai cara menanyakan hasil interview kepada recruiter atau HRD? untuk selanjutnya yuk simak pemaparan MinDi mengenai contoh cara menanyakan hasil interview berikut ini!


Contoh Menanyakan Hasil Interview Via Email



Subjek: Permintaan Status Pembaruan untuk Wawancara Posisi [Nama Posisi]


Yth. [Nama Perekrut atau HRD],


Saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi atas kesempatan untuk wawancara untuk posisi [Nama Posisi] yang diadakan pada [Tanggal]. Saya sangat menghargai kesempatan untuk berbicara dengan Anda dan tim, dan untuk mempelajari


 lebih lanjut tentang [aspek tertentu dari perusahaan atau pekerjaan yang dibahas selama wawancara].


Karena saya sangat antusias dan tertarik dengan peluang untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan], saya ingin menanyakan apakah ada pembaruan mengenai status aplikasi saya. Saya mengerti bahwa proses seleksi bisa memakan waktu, dan saya menghargai pertimbangan cermat yang Anda berikan pada setiap kandidat.


Jika ada informasi tambahan yang diperlukan dari saya, atau jika ada langkah selanjutnya yang saya bisa persiapkan, mohon jangan ragu untuk memberitahukan saya.


Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya menantikan kabar dari Anda dan berharap bisa berkontribusi pada tim [Nama Perusahaan].


Hormat saya,


[Nama Anda]



Contoh Menanyakan Hasil Interview Via Whatsapp



Selamat Pagi [Nama Perekrut/HRD], Saya [Nama Anda] yang baru-baru ini mengikuti wawancara untuk posisi [Nama Posisi] pada [Tanggal Wawancara].


Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya sekali lagi atas kesempatan yang diberikan untuk wawancara dan sangat antusias terhadap kemungkinan bergabung dengan tim [Nama Perusahaan]. Saya ingin menanyakan apakah sudah ada pembaruan terkait status aplikasi saya?


Saya mengerti bahwa Anda memiliki banyak pertimbangan dalam proses seleksi ini, dan saya menghargai waktu serta usaha yang Anda dedikasikan. 

Terima kasih banyak atas perhatian dan waktu Anda. Saya menantikan kabar selanjutnya dari Anda dan berharap ada kesempatan untuk berkontribusi pada [Nama Perusahaan].


Contoh Menanyakan Hasil Interview Berbahasa Inggris



Dear [Recruiter's/HR Representative's Name],


I hope this message finds you well.


I am writing to express my gratitude once again for the opportunity to interview for the [Job Title] position at [Company Name] on [Date of Interview]. It was a pleasure to discuss the role and learn more about the exciting prospects at [Company Name].


As I am very enthusiastic and keenly interested in the opportunity to join your team, I would like to inquire if there have been any updates regarding the status of my application. I understand that the selection process is thorough and involves careful consideration, and I appreciate the time you are taking to evaluate each candidate.


Please let me know if there is any additional information I can provide at this stage. I am very excited about the possibility of contributing to [Company Name] and eagerly await your decision.


Thank you once again for considering my application. I look forward to hearing from you soon.


Best regards,


[Your Name]


---

Nah, itulah contoh kalimat yang bisa Anda gunakan untuk menanyakan hasil interview via Whatsapp. Jika Anda lolos, maka tahap berikutnya adalah negosiasi tentang penawaran offering letter dari perusahaan ke kamu. 


Offering letter merupakan dokumen yang memberitahukan bahwa kamu telah menjadi kandidat yang dipilih perusahaan di posisi yang Anda lamar. Offering letter ini berisi gaji yang akan didapat serta benefit lainnya.

 

Nah, sebelum menerima offering letter, ada baiknya kamu melakukan riset soal gaji dan berlatih bagaimana melakukan negosiasi dalam offering letter. Baca artikel lengkap kami disini.


Sobat MinDi, ingin menemukan karir yang sukses di masa depan? Yuk persiapkan karir Sobat MinDi mulai dari sekarang dengan mengikuti Bimbingan Pelatihan Karir dibimbing.id. Dengan didampingi oleh mentor profesional, siap membantu kamu mencapai karir yang sukses dan cemerlang.


Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga di sini! dan Nikmati diskon menariknya khusus untuk hari ini!





Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!