Cara Membuat CV Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate

Anisa Fitri Maulida

30 November 2023

597

Image Banner

Memasuki kerja setelah lulus kuliah merupakan salah satu impian banyak fresh graduate. Untuk mendapatkan pekerjaan, tentu kamu perlu menyiapkan dokumen penting dan salah satunya adalah Curriculum Vitae dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Lalu, bagaimana cara membuat CV Bahasa Inggris? Mari merapat, MinDi kasih tahu caranya!


Apa Bedanya CV Dengan Resume?


Sebelum kamu mengetahui cara membuat CV Bahasa Inggris, penting untuk mengenal terlebih dahulu perbedaan antara CV dengan Resume. Ternyata, masih banyak juga yang belum mengetahui perbedaannya.


1. Panjang dan Detail


CV biasanya lebih panjang dan detail dibandingkan resume. CV mencakup seluruh riwayat hidupmu, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, prestasi, publikasi, dan lain-lain.


Resume, di sisi lain, lebih ringkas dan biasanya tidak lebih dari satu atau dua halaman. Resume fokus pada pengalaman dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.


2. Tujuan Penggunaan


CV umumnya digunakan untuk keperluan akademis, seperti melamar posisi di universitas, beasiswa atau penelitian. CV memberikan gambaran menyeluruh tentang perjalanan akademis dan profesional seseorang.


Resume lebih sering digunakan untuk melamar pekerjaan di sektor swasta atau industri. Resume dirancang untuk menyoroti pengalaman dan keterampilan spesifik yang sesuai dengan pekerjaan yang dituju.


3. Kustomisasi


CV cenderung bersifat statis dan tidak banyak berubah ketika dikirimkan ke berbagai pemberi kerja, karena mencakup informasi umum dan lengkap tentang dirimu.

Resume sering disesuaikan untuk setiap lamaran pekerjaan. Kamu mungkin mengubah urutan atau menonjolkan aspek tertentu yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar.


4. Format


Format CV cenderung lebih fleksibel, memungkinkan kamu untuk menyertakan berbagai jenis informasi.


Resume memiliki format yang lebih terstruktur dan biasanya lebih fokus pada pengalaman kerja dan keterampilan.


Jika kita perhatikan sekilas, memang terlihat bahwa CV dan Resume memiliki kesamaan. Bahkan, tidak jarang juga HRD menyebutkan Resume sebagai CV. Jadi, kalau kamu diminta untuk mengirimkan Resume, harus dipastikan seperti apa format yang diinginkan, ya! Apakah format yang diinginkan berbentuk CV atau Resume sebenarnya.


Karena, CV memiliki format atau idealnya sendiri. Semakin sesuai, akan semakin disukai oleh HRD. Seperti apa CV yang ideal?


Baca Juga: Kenali Teknik Membaca CV Format F dan Z! - dibimbing.id


Apa Saja Isi CV Bahasa Inggris?


Jawabannya adalah, benar! CV ideal yang kita baca sebelumnya juga berlaku untuk CV Bahasa Inggris. Cara membuat CV Bahasa Inggris adalah bisa mengisi apa saja yang perlu diisi agar HRD bisa membacanya dengan jelas. Seperti apa isinya?


1. Informasi Pribadi


Berisi nama lengkap, alamat kontak termasuk nomor telepon, dan alamat email. Jangan lupa juga untuk memasukan media sosial profesional seperti LinkedIn dan masukan portofolio jika ada. 


2. Ringkasan Profesional


Singkat dan jelas, ringkasan ini berisi tentang latar belakang profesionalmu dan apa yang kamu tawarkan.


3. Pendidikan


Daftar pendidikanmu mulai dari yang terbaru, termasuk nama lembaga, lokasi, tahun, dan gelar yang diperoleh. Masukan juga tambahan seperti nilai, penghargaan akademik atau kegiatan ekstrakurikuler relevan juga bisa dimasukkan.


4. Pengalaman Kerja


Urutkan pengalaman kerjamu dari yang terbaru. Sertakan nama perusahaan, lokasi, tanggal bekerja, dan jabatan. Untuk setiap posisi, buat bullet points yang menjelaskan tanggung jawab dan pencapaianmu.


5. Keahlian dan Keterampilan


Daftar keahlian spesifik yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, seperti keahlian teknis, bahasa asing dan keahlian lainnya.


6. Pencapaian dan Penghargaan


Sertakan penghargaan atau pencapaian khusus, baik di lingkungan kerja maupun di luar pekerjaan.


Berikut di atas adalah komponen yang perlu kamu masukan, supaya CV terlihat informatif dan juga profesional. Kali ini, kita juga akan mempelajari bagaimana cara membuat CV Bahasa Inggris.


Baca Juga: Wajib Tau Website Gratis Untuk Membuat CV Lamaran Kerja!


Cara Membuat CV Bahasa Inggris


Membuat CV dalam Bahasa Inggris bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu belum terbiasa. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat CV Bahasa Inggris yang efektif:


1. Pilih Format yang Tepat


Tentukan apakah CV-mu akan berformat kronologis, fungsional, atau kombinasi keduanya. Format kronologis menekankan pada riwayat pekerjaanmu, sedangkan format fungsional lebih fokus pada keahlian dan pengalamanmu.


2. Pilih Media yang Tepat Untuk Membuat CV


Kamu bisa memilih media atau platform yang tepat untuk membuat CV-mu. Dua aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Canva dan Microsoft Word.


3. Tuliskan Informasi yang Sesuai Dengan Bahasan di Atas


Sobat MinDi! Ayo baca lagi pembahasan di atas. MinDi sudah memberitahu apa saja informasi yang bisa kamu masukan ke dalam CV, sesuaikan dengan pengalaman yang ada. Kalau kamu belum punya pengalaman magang atau kerja, kamu bisa masukan pengalaman organisasi sebagai gantinya.


4. Sesuaikan Grammar


Perlu diketahui bahwa salah satu kesulitan dalam menggunakan Bahasa Inggris adalah memperhatikan grammar atau kosa katanya. Supaya terlihat profesional, cobalah untuk memperhatikan tata katanya.


Nah, supaya CV kamu jadi lebih keren lagi. MinDi ingin menyarankan kamu untuk mengikuti kelas Career Preparation dari dibimbing.id. Di sana, kamu bisa belajar skill baru dan juga mengikuti kelas review CV dan LinkedIn, lho! Review yang diberikan dijamin akurat! Sebab, yang akan melakukannya adalah mentor yang sudah ahli di dunia perekrutan karyawan.


Namun, untuk sekarang ini. MinDi akan memberikan kamu contoh agar kamu tidak hilang arah pada saat mengaplikasikan cara membuat CV Bahasa Inggris.


Contoh CV Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate


Berikut adalah contoh struktur CV Bahasa Inggris untuk seorang fresh graduate:


[Nama Lengkap]


[Alamat Lengkap]

[Nomor Telepon] | [Alamat Email] | [LinkedIn/Portofolio Online (jika ada)]


Professional Summary

Baru lulus dengan [Gelar] dari [Nama Universitas], memiliki keahlian di [bidang keahlian]. Terampil dalam [keahlian spesifik], [keahlian spesifik lainnya], dan memiliki minat yang kuat dalam [bidang terkait]. Terbukti memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik secara tim maupun individu.


Education

[Nama Universitas]

[Gelar], [Jurusan]

[Tahun Masuk] - [Tahun Lulus]

[Capaian khusus, misalnya: Cum Laude, skripsi terpilih, dll.]


Academic Projects

Judul Proyek

[Tahun]


Deskripsikan proyek ini dan hasil yang dicapai.

Sorotan khusus pada keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Skills


[Keahlian Teknis]

[Keahlian Bahasa (jika ada)]

[Keahlian Lunak, misalnya: kemampuan komunikasi, kerja tim, dll.]

Internship Experience

[Nama Perusahaan/Institusi]

[Posisi Internship]

[Bulan dan Tahun Pemagangan]


Deskripsikan tugas dan tanggung jawab utama.

Sorot pencapaian atau proyek khusus selama magang.

Additional Experience and Activities


[Kegiatan Ekstrakurikuler]

[Sukarelawan/Pengalaman Organisasi]

[Hobi atau Minat khusus yang relevan]

Languages


Bahasa Indonesia: Native

English: [Tingkat Kemahiran, misalnya: Fluent]


Aplikasi yang Bisa Digunakan Untuk Membenarkan Ejaan Bahasa Inggris


Ada beberapa aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk membenarkan ejaan Bahasa Inggris, baik itu untuk keperluan menulis CV, dokumen lain, atau bahkan untuk keseharian. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Grammarly


Aplikasi ini sangat populer untuk memeriksa ejaan dan gramatika. Grammarly menawarkan ekstensi browser yang bisa langsung terintegrasi dengan berbagai platform penulisan online, seperti email dan media sosial. Versi gratisnya sudah cukup baik untuk kebutuhan dasar.


2. QuillBot


Selain sebagai alat parafrase, QuillBot juga memiliki fitur pemeriksaan gramatika. Kamu bisa menggunakan QuillBot untuk menulis atau mengedit teks dalam Bahasa Inggris dan aplikasi ini akan membantu mengidentifikasi serta memperbaiki kesalahan ejaan atau gramatikal.


3. Hemingway Editor


Aplikasi ini lebih fokus pada gaya penulisan. Hemingway Editor membantu membuat tulisanmu lebih jelas dan mudah dipahami. Aplikasi ini menunjukkan kalimat yang sulit dibaca, menggunakan kata-kata yang kompleks, dan memberikan saran untuk perbaikan.


Berikut di atas adalah cara membuat CV Bahasa Inggris yang bisa Sobat MinDi terapkan. Membuat CV bahasa asing memang tidak selalu mudah, maka dari itu jika kamu merasa membutuhkan penilaian dari mentor, maka mentor dari Career Preparation siap membantu menilai dan membantu membuat CV yang ideal. Semoga kamu cepat dapat kerja!


Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!