5 Bentuk Metode Pengembangan Karyawan Terbaik

Hudita A. R. Lubis

13 July 2023

5771

Image Banner

Pengembangan karyawan menjadi kunci utama dalam mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan. Metode pengembangan karyawan mencakup berbagai pendekatan dan strategi yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi karyawan.


Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan dan potensi karyawan, perusahaan sering mengadopsi berbagai bentuk metode pengembangan karyawan. Umumnya, metode pengembangan karyawan yang diadopsi perusahaan adalah Metode Outbond, Metode Career Planning, Metode 360-degree Feedback, dan Metode Pelatihan yang dibagi menjadi On-the-job dan Off-the-job training.


Metode Outbond untuk Pengembangan Karyawan


Metode Outbond melibatkan kegiatan di luar ruangan yang dirancang untuk memperkuat kerja tim, membangun keterampilan komunikasi, mengembangkan kepemimpinan, dan meningkatkan kolaborasi antar karyawan. Kegiatan outbond biasanya melibatkan tantangan fisik dan mental, seperti permainan tim, petualangan, dan kegiatan kolaboratif.


Dalam kegiatan outbond, karyawan dapat belajar tentang kerjasama, saling percaya, mengatasi hambatan, dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dalam tim. Kegiatan ini juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik antara karyawan, memperkuat ikatan tim, dan meningkatkan kepuasan kerja.


Metode Career Planning untuk Pengembangan Karyawan


Dengan adanya metode Career Planning, karyawan dapat memiliki visi dan tujuan yang jelas tentang perkembangan karier mereka di perusahaan. Proses perencanaan karier melibatkan identifikasi keinginan, minat, dan potensi karyawan, serta penentuan jalur pengembangan yang sesuai dengan tujuan mereka.


Career Planning biasanya melibatkan diskusi antara karyawan dan manajer. Karyawan dapat berbagi aspirasi dan tujuan karir mereka, sementara manajer dapat memberikan pandangan dan saran tentang peluang pengembangan yang tersedia di perusahaan. Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan program pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat karyawan.


Metode 360-degree Feedback untuk Pengembangan Karyawan


Metode 360-degree Feedback merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pengembangan karyawan. Metode ini melibatkan pengumpulan umpan balik dari berbagai pihak yang terlibat dalam pekerjaan karyawan, termasuk atasan, rekan kerja, dan bawahan. 


Tujuan dari metode ini adalah untuk memberikan informasi yang komprehensif dan obyektif tentang kinerja karyawan. Dengan adanya umpan balik dari berbagai perspektif, karyawan dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan mereka, serta area yang perlu ditingkatkan.


Metode On The Job Training & Off The Job Training untuk Pengembangan Karyawan



Metode On The Job Training untuk Pengembangan Karyawan


Metode On The Job Training merupakan bentuk pelatihan yang dilakukan di tempat kerja sehari-hari. Karyawan akan mendapatkan pengalaman langsung dalam menjalankan tugas-tugas mereka dengan bimbingan dan supervisi dari atasan atau rekan kerja yang lebih berpengalaman. 


Metode ini memungkinkan karyawan untuk belajar secara praktis, mengasah keterampilan kerja, dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari langsung dalam konteks pekerjaan sebenarnya. Metode ini efektif dalam mengembangkan keterampilan spesifik dan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dijalankan.


Terdapat 6 bentuk Metode On The Job Training yang umum diketahui, yaitu: 


1.Job Instruction Training

Job Instruction Training (JIT) adalah metode yang melibatkan instruktur atau mentor yang memberikan instruksi dan panduan kepada karyawan dalam menjalankan tugas-tugas spesifik. Metode JIT memungkinkan karyawan untuk belajar sambil bekerja, mengasah keterampilan praktis, dan mendapatkan pemahaman mendalam tentang tugas-tugas yang harus dilakukan. 


  1. Apprenticeship

Metode apprenticeship atau magang melibatkan karyawan yang lebih berpengalaman atau ahli sebagai mentor bagi karyawan yang baru. Karyawan yang baru akan bekerja di bawah bimbingan mentor, mempelajari tugas-tugas yang spesifik, dan mengamati cara kerja yang efektif dari mentor mereka. 


  1. Internship & Assistantships

Metode internship & assistantships melibatkan karyawan yang sedang berada di tingkat pendidikan atau pelatihan tertentu untuk bekerja di perusahaan sebagai bagian dari kurikulum mereka. Karyawan akan mendapatkan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang mereka pelajari di lingkungan kerja nyata dan bekerja sama dengan karyawan yang lebih berpengalaman. 


  1. Job Rotation & Transfer

Metode job rotation & transfer melibatkan perpindahan karyawan ke berbagai posisi atau departemen di perusahaan. Karyawan akan memiliki kesempatan untuk mengalami berbagai peran dan tanggung jawab, mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang operasi perusahaan, dan menguasai keterampilan yang berbeda. 


  1. Junior Boards & Committee Assignments

Metode junior boards & committee assignments melibatkan karyawan yang lebih muda atau berpotensi dalam proyek-proyek atau komite-komite yang ada di perusahaan. Metode ini memungkinkan karyawan untuk terlibat secara aktif dalam proses pengambilan keputusan, memperluas jaringan profesional, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek-aspek bisnis yang berbeda.


  1. Coaching & Mentoring

Metode coaching & mentoring melibatkan mentor yang berperan sebagai pembimbing dan pemimpin rohaniah bagi karyawan. Coaching & mentoring memungkinkan karyawan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pekerjaan mereka, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan merencanakan langkah-langkah pengembangan yang sesuai. 


Metode Off The Job Training untuk Pengembangan Karyawan


Sementara itu, metode Off The Job Training melibatkan pelatihan yang dilakukan di luar lingkungan kerja. Karyawan akan menghadiri program pelatihan di tempat yang telah ditentukan, seperti seminar, workshop, atau kursus. 


Metode ini memungkinkan karyawan untuk belajar dari instruktur yang ahli dalam bidangnya, berbagi pengalaman dengan peserta lain, dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep teoritis dan praktik terbaik dalam bidang yang relevan. 


Pelatihan off the job training dapat meliputi pembelajaran kelas, simulasi, atau pelatihan online. Metode ini efektif dalam mengembangkan pemahaman yang lebih luas, pemikiran kritis, dan keterampilan yang bersifat umum, seperti keterampilan komunikasi, kepemimpinan, atau pemecahan masalah.


Terdapat 13 bentuk metode Off The Job Training yang umum diketahui, yaitu:

  1. Vestibule Training

Vestibule Training melibatkan simulasi lingkungan kerja yang menyerupai kondisi nyata di dalam kelas atau laboratorium. Metode ini memungkinkan karyawan untuk belajar secara praktis dalam lingkungan yang terkontrol, memahami aplikasi praktis dari konsep teoritis, dan mengembangkan keterampilan yang spesifik sesuai dengan tuntutan pekerjaan. 


  1. Visual presentations

Metode Visual Presentations melibatkan penggunaan media visual, seperti slide presentasi, video, atau animasi, untuk menyampaikan informasi kepada karyawan. Metode ini dapat digunakan dalam berbagai konteks pelatihan, mulai dari pelatihan teknis hingga pelatihan terkait kebijakan atau prosedur.


  1. Conferences & discussion

Metode Conferences & Discussion melibatkan partisipasi karyawan dalam konferensi, seminar, atau diskusi kelompok yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan atau ahli di bidang terkait. Metode ini memungkinkan karyawan untuk belajar dari pengalaman orang lain, mengakses pengetahuan dan wawasan terbaru, dan mengembangkan jaringan profesional yang luas.


  1. Teleconferencing

Metode Teleconferencing ini memanfaatkan teknologi komunikasi jarak jauh, seperti video konferensi atau panggilan telepon, untuk memberikan pelatihan kepada karyawan yang berada di lokasi yang berbeda. Teleconferencing memungkinkan pertukaran informasi secara real-time, interaksi antara peserta, dan akses ke pelatihan yang disampaikan oleh instruktur atau ahli di berbagai lokasi. 


  1. Programmed group exercise

Metode Programmed Group Exercise melibatkan kelompok karyawan dalam serangkaian latihan atau tugas yang dirancang secara khusus untuk mengembangkan keterampilan, memecahkan masalah, atau meningkatkan kolaborasi tim. Karyawan akan interaksi dan kerjasama dengan anggota tim, menghadapi tantangan yang realistis, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. 


  1. Lecture

Metode Lecture melibatkan instruktur atau ahli yang memberikan ceramah atau kuliah kepada karyawan. Metode ini efektif dalam menyampaikan informasi yang kompleks, mengenalkan konsep baru, atau memberikan pemahaman mendalam tentang topik tertentu dan karyawan berkesempatan untuk mendengarkan, mencatat, dan bertanya untuk memperjelas pemahaman mereka.


  1. Independent self-study

Metode Independent Self-Study melibatkan karyawan untuk belajar secara mandiri dengan menggunakan berbagai sumber belajar, seperti buku, materi online, atau tutorial. Dalam Independent Self-Study, karyawan memiliki fleksibilitas dalam menentukan waktu dan tempat belajar sesuai dengan kebutuhan mereka.


  1. Programmed instruction

Metode Programmed Instruction melibatkan penggunaan materi instruksional yang telah diprogram sebelumnya. Programmed instruction memungkinkan karyawan untuk belajar secara mandiri dengan mengikuti langkah-langkah atau modul instruksional yang telah ditentukan dengan basis teknologi.


  1. E-Learning training

Metode E-Learning Training memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan pelatihan kepada karyawan secara online. Melalui platform e-learning, karyawan dapat mengakses modul pelatihan, video, atau konten interaktif lainnya. 


  1. Laboratory training

Metode Laboratory Training melibatkan karyawan untuk belajar melalui eksperimen atau latihan praktis dalam lingkungan laboratorium yang mencakup peralatan khusus atau simulasi yang mirip dengan situasi kerja nyata. Melalui latihan praktis ini, karyawan dapat mengembangkan keterampilan yang spesifik, memahami prosedur kerja yang lebih baik, dan menghadapi tantangan yang mungkin mereka hadapi di tempat kerja.


  1. Case studies

Metode Case Studies melibatkan karyawan dalam analisis kasus nyata yang terkait dengan pekerjaan mereka. Melalui studi kasus, karyawan dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek kritis dalam pekerjaan mereka, melatih kemampuan analitis, dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.


  1. Role playing

Metode Role-Playing melibatkan karyawan dalam simulasi peran atau permainan peran. Role-playing memungkinkan karyawan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan manajemen konflik. 


  1. Simulation

Metode simulation atau simulasi ini melibatkan karyawan dalam pengalaman yang mirip dengan situasi kerja nyata, namun dilakukan di lingkungan yang aman dan terkontrol. Dalam simulasi, karyawan akan menghadapi tantangan dan tugas yang meniru situasi kerja yang sebenarnya. 


Bentuk metode pengembangan karyawan merupakan langkah penting yang diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan guna mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. 


Dengan menggunakan berbagai metode pengembangan karyawan, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan yang relevan, motivasi yang tinggi, dan kemampuan untuk menghadapi tantangan yang muncul dalam lingkungan kerja yang berubah-ubah. 


Anda bisa mulai praktik metode pengembangan karyawan ini dengan mengikuti Corporate Training. Melalui pelatihan bersama mentor Dibimbing.id yang sudah expertise pada established company, Anda dapat memilih pelatihan secara online atau offline, dengan kurikulum yang up-to-date dan Learning Management System yang memudahkan Anda memantau progress pelatihan karyawan Anda.


Coba konsultasikan cara terbaik pelatihan untuk perusahaan Anda dan daftar pelatihan di Dibimbing.id dengan klik link di sini .

Share

Author Image

Hudita A. R. Lubis

Hudita merupakan penulis lepas di berbagai topik. Dengan pengalaman lebih dari 2 tahun, ia terkenal dengan tulisannya yang padat dan jelas di topik-topik Project Management dan UI/UX design. Hudita juga merupakan seseorang yang punya rasa ingin tahu yang tinggi dan hobi menulis.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!