Ini 5 Alasan Kenapa CV Penting Banget Untuk Melamar Kerja

Dibimbing.id

•

15 August 2022

•

7373

Image Banner

Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu hal penting yang sering menjadi persyaratan ketika kamu akan mendaftar kerja. Bahkan kadang kalau ada open recruitment di kepanitiaan atau organisasi kampus juga mulai sering ada persyaratan yang harus menyertakan CV. Nah kira-kira Sobat MinDi udah tau belum, sebenarnya apa sih CV itu dan seberapa pentingkah CV untuk melamar pekerjaan?

Yuk bahas bareng MinDi, scroll dan simak sampai selesai ya! 

Apa Itu CV?

Curriculum Vitae atau CV adalah sebuah dokumen yang menjelaskan kemampuan, keterampilan, hingga pencapaian kamu secara singkat. CV yang baik juga memuat data diri kamu termasuk informasi kontak kamu. Jadi kalau kamu lolos ke tahap selanjutnya, perusahaan bakal mudah buat menghubungi kamu.

Sebenarnya panjang CV itu gak ada batasannya, tapi Sobat MinDi harus ingat, bahwa recruiter hanya butuh waktu sepersekian detik untuk menyeleksi setiap CV yang masuk. Jadi kalau Sobat MinDi membuat CV berhalaman-halaman, malah jadi hal yang sia-sia. 

Sebaiknya, ketika Sobat MinDi akan menyusun sebuah CV, usahakan tampilannya sederhana dan ringkas. Sobat MinDi juga perlu untuk to the point dan menekankan keterampilan serta pencapaian kamu secara jelas. Dengan begitu CV yang kamu buat bisa menarik perhatian recruiter, jadi peluang lolos kamu jadi lebih besar. 

Tapi Sobat MinDi penasaran gak sih kenapa CV menjadi berkas yang penting banget untuk melamar kerja? Nah kali ini MinDi juga bakal bahas nih, alasan kenapa CV menjadi hal yang begitu penting . Simak baik-baik ya, Sobat MinDi!

Alasan CV Menjadi Berkas Penting Ketika Melamar Kerja

  1. Menunjukkan kesan pertama

Penting untuk memberikan informasi detail di dalam CV

Seperti yang udah MinDi bahas sebelumnya nih, sebisa mungkin Sobat MinDi menyusun CV dengan ringkas dan menekankan poin-poin penting. Jadi waktu sepersekian detik yang dibutuhkan recruiter itu dapat digunakan untuk melihat informasi-informasi penting kamu. Hal itu juga bisa menentukan apakah kamu layak untuk mendapatkan posisi itu atau tidak. 

Jika kamu CV kamu berhasil lolos, secara tidak langsung kamu berhasil menunjukkan kesan pertama yang menarik bagi recruiter

  1. Memudahkan perusahaan mengetahui potensi pelamar

Ketika kamu akan menyusun CV, kamu pasti akan mencantumkan prestasi, kemampuan, dan keterampilan kamu, kan? Nah dari hal-hal tersebut, nantinya recruiter bisa dengan mudah nih mengenali potensi kamu. Dari situ, recruiter bakalan kasih penilaian apakah potensi kamu cocok untuk perusahaan mereka atau tidak.

Nah maka dari itu, Sobat MinDi sebisa mungkin harus memperhatikan pemilihan kata juga ya, agar terlihat lebih attractive.

  1. Melihat profesionalitas pelamar 

Cantumkan keterampilan yang dimiliki

Melalui CV yang udah kamu susun, nantinya perusahaan bisa melihat nih bagaimana profesionalitas kamu. Recruiter dapat melakukan penilaian dari keterampilan, bahkan kerapian susunan CV kamu. Maka dari itu, Sobat MinDi harus pastikan bahwa CV yang dibuat udah menarik dan memiliki value yang dapat mempresentasikan diri kamu dengan baik, ya!

  1. Melihat kedisiplinan pelamar

Sadar atau tidak, kedisiplinan dan kerapian kita juga bisa terlihat dari CV yang kita lihat lho. Mulai dari pemilihan font, warna, hingga diksi yang kita gunakan. Jadi, Sobat MinDi harus memberikan perhatian lebih mendetail ketika sedang menyusun sebuah CV. 

  1. Melihat keunikan pelamar

Setiap pelamar kerja kan pasti akan mencantumkan keterampilan dan pengalamannya masing-masing ke dalam CV. Maka dari itu recruiter dapat melihat keunikan setiap pelamar. Misalnya Sobat MinDi memiliki keterampilan yang gak dimiliki oleh pelamar lain, artinya Sobat MinDi lebih unik. Jadi kemungkinan besar recruiter akan memilih kamu. 

Maka dari itu, jangan lupa untuk cantumkan semua keterampilan yang kamu miliki yang masih relevan dengan posisi yang kamu daftar, ya! 

Nah itu dia pengertian mengenai CV dan alasan mengapa menjadi berkas penting ketika melamar pekerjaan. CV adalah hal mendasar yang harus selalu kamu miliki. Selain itu, Sobat MinDi juga harus ingat bahwa sebuah CV harus mampu merepresentasikan kemampuan, keterampilan, hingga pencapaian yang kamu miliki. 

Tapi nih, kalau misalnya Sobat MinDi masih ragu sama CV yang udah dibuat atau masih merasa gak percaya diri dan butuh saran serta masukan, kamu bisa cobain layanan CV dan Linkedin Review dari dibimbing.id loh! 

Melalui layanan ini, kamu bakalan diberikan saran dan masukan terkait CV yang udah kamu buat langsung dari ahlinya, loh! Gak hanya itu, kamu juga bisa konsultasi sekaligus belajar cara membuat CV yang lebih baik. Dengan begitu kamu gak perlu lagi deh merasa gak percaya diri sama CV kamu. Yuk, tunggu apa lagi, langsung aja daftar layanan CV dan Linkedin Review disini! Let’s gooo! 



Referensi:

5 Alasan Pentingnya Menyusun curriculum vitae Dengan Baik. (2020, November 2). fimela.com. https://www.fimela.com/lifestyle/read/3747770/5-alasan-pentingnya-menyusun-curriculum-vitae-dengan-baik

Assa, M. (2020, September 25). Sepenting APA sih CV untuk Lamaran Kerja? Cari Tahu Jawabannya Di Sini! Campuspedia News. https://campuspedia.id/news/sepenting-apa-sih-cv-untuk-lamaran-kerja-cari-tahu-jawabannya-di-sini/

Berita 5 Alasan Mengapa curriculum vitae (CV) ITU Penting Saat Melamar Pekerjaan. (n.d.). CDC UNSRI. https://cdc.unsri.ac.id/content/view/33/5-alasan-mengapa-curriculum-vitae-cv-itu-penting-saat-melamar-pekerjaan

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

 Tugas Web Developer Sesuai Posisinya, Panduan Lengkap!

Career Development

Tugas Web Developer Sesuai Posisinya, Panduan Lengkap!

Tugas web developer beragam mulai dari pengembangan situs web hingga pemeliharaannya. Ini bisa berb...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

16 August 2022

Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar [Template]

Career Development

Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar [Template]

Ingin membuat surat lamaran kerja? Berikut struktur lamaran kerja yang baik dan benar.

Image Author

Dibimbing.id

•

27 November 2023

Cara Membuat CV Tulis Tangan yang Benar Supaya Dilihat Oleh HRD

Career Development

Cara Membuat CV Tulis Tangan yang Benar Supaya Dilihat Oleh...

Simak cara membuat CV tulis tangan yang benar, supaya CV yang kamu tulis bisa dilihat oleh HRD.

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

05 December 2023

Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosial yang Menarik

Career Development

Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosi...

Tagline yang tepat merupakan tatanan dasar dalam membangun personal branding dan citra yang kuat, Y...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

11 January 2024

Personal Branding di CV?  Yuk Simak Cara Membuat dan Contohnya

Career Development

Personal Branding di CV? Yuk Simak Cara Membuat dan Contoh...

Berikut adalah ulasan lengkap membangun personal branding di CV. Yuk simak contoh personal branding...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

11 January 2024

Contoh Abstrak Karya Ilmiah Inovatif, Dijamin Lengkap & Sistematis!

Career Development

Contoh Abstrak Karya Ilmiah Inovatif, Dijamin Lengkap & Sis...

Yuk pelajari beberapa contoh abstrak karya ilmiah yang lengkap dan sistematis pada artikel ini!

Image Author

Dibimbing.id

•

14 March 2024