Contoh CV Fresh Graduate Minim Pengalaman & Tips Membuatnya!

Muthiatur Rohmah

•

08 March 2024

•

438

Image Banner

Fresh graduate adalah seseorang yang baru lulus dan menyelesaikan studi jenjang sarjana maupun diploma. 


Umumnya fresh graduate belum memiliki banyak pengalaman dalam dunia kerja, sehingga kesulitan untuk membuat CV atau resume diri.


Tenang saja, meskipun belum memiliki pengalaman kerja, fresh graduate dapat membuat CV menggunakan pengalaman magang/ kegiatan selama kuliah yang relevan dengan posisi yang dilamar.


Lalu bagaimana cara membuatnya? Yuk pahami selengkapnya beserta contoh CV fresh graduate yang dapat Sobat MinDi jadikan referensi.


Cara Membuat CV Fresh Graduate


Membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik sebagai fresh graduate memerlukan strategi yang cermat untuk menonjolkan kualitas dan potensi meskipun belum memiliki pengalaman kerja.


Berikut adalah tips dan cara membuat CV fresh graduate yang efektif:


1. Fokus pada Pendidikan


Jika belum memiliki pengalaman kerja, pendidikan merupakan bagian yang perlu ditonjolkan dalam CV fresh graduate.


Tuliskan gelar akademis, nama institusi, dan tahun kelulusan, cantumkan pula prestasi akademik yang membanggakan seperti IPK yang tinggi, sebagai bukti dedikasi dan kemampuan belajar. 


Selain itu, tulislah proyek akademik yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, hal ini akan memperlihatkan keterampilan praktis atau pengetahuan khusus yang diperoleh selama kuliah.


2. Sertakan Pengalaman Magang


Jika Sobat MinDi belum memiliki pengalaman kerja profesional jangan khawatir, cantumkan dalam CV pengalaman atau kegiatan non akademis yang menunjukkan kemampuan bekerja dalam tim, memimpin, atau mengelola proyek. 


Kegiatan tersebut seperti magang, kerja sukarela, UKM seperti klub atau BEM , serta proyek-proyek kampus yang signifikan. 


Deskripsikan tanggung jawab diri dan hasil yang dicapai, serta keterampilan khusus yang dikembangkan dalam kegiatan tersebut.


Menyertakan pengalaman non akademik pada CV fresh graduate dapat memberikan kesan awal yang positif bagi recruiter.


3. Tunjukkan Skill Anda


Keterampilan dan skill merupakan bagian penting dari CV fresh graduate yang dapat menarik perhatian recruiter. 


Identifikasi hardskill seperti kemahiran dalam penggunaan perangkat lunak, serta soft skill seperti kemampuan komunikasi, manajemen waktu, dan kerja sama tim. Berikan contoh spesifik dalam proyek atau penelitian yang telah dilakukan.


4. Buat Ringkasan Profesional


Sebuah ringkasan profesional di awal CV fresh graduate berfungsi sebagai elevator pitch diri. 


Ringkasan Profesional CV fresh graduate dapat berisi tujuan karir, keunggulan diri serta soft skill dan hard skill yang dimiliki. Buat ringkasan secara singkat, padat, menarik, dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar.


5. Rapi dan Profesional


Tampilan CV fresh graduate harus mencerminkan profesionalisme. Gunakan format yang konsisten, font yang jelas dan profesional. 


Saat menulis CV fresh graduate,periksa dengan teliti dan perbaiki kesalahan ketik atau grammatical yang ada saat penulisan.


Penting untuk memperhatikan cara membuat CV fresh graduate ini, jangan bingung jika belum memiliki pengalaman kerja, Sobat MinDi dapat menuliskan pengalaman dan skill yang berkualitas dan relevan dengan posisi yang dilamar.


Baca Juga: Personal Branding di CV? Yuk Simak Cara Membuat dan Contohnya




Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja


Setelah memahami tentang cara membuat CV fresh graduate, selanjutnya mari simak beberapa contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja yang dapat Sobat MinDi jadikan referensi dalam penulisan CV diri.


1. Contoh CV ATS Fresh Graduate Bahasa Indonesia


Source: sricbd.com


2. Contoh CV ATS Fresh Graduate Bahasa Inggris


Source: academia.edu


3. Contoh CV Kreatif Fresh Graduate Bahasa Indonesia


Source: pinterest


4. Contoh CV Kreatif Bahasa Inggris Fresh Graduate


Source: pinterest


Sobat MinDi, itulah beberapa tips dan contoh cv fresh graduate yang baik dan benar. Perhatikan dengan detail setiap tips dan contoh yang dipaparkan pada artikel ini, hal tersebut akan membantu kamu dalam menulis CV fresh graduate.


Baca Juga: Cara Membuat CV Social Media Specialist & Contohnya



Dalam CV fresh graduate kunci utamanya adalah menonjolkan skill dan potensi diri selama kuliah, jika mahasiswa memiliki pengalaman dan skill yang cukup tinggi, recruiter akan menganggapnya sebagai calon karyawan yang ideal.


Untuk menambah pengalaman dan skill selama kuliah, mahasiswa dapat mengikuti pelatihan atau kursus khusus. Salah satunya adalah mengikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id.


Pelatihan karir dibimbing.id, didukung oleh mentor terbaik dan berpengalaman di bidangnya, sehingga dapat menciptakan pembelajaran dan inovatif dan kreatif bagi mahasiswa. pelatihan ini juga didukung dengan LMS terbaik yang dapat diakses kapanpun dan di dimanapun.


Ayo segera daftarkan universitas Anda di sini! jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!