Ingin Mengecek CV Kamu ATS Friendly atau Tidak? Simak Caranya Berikut ini!

Muthiatur Rohmah

•

17 January 2024

•

2828

Image Banner

CV ATS Friendly adalah CV yang ramah terhadap Sistem Pelacakan Aplikasi (Applicant Tracking System - ATS). CV ATS penting untuk diperhatikan, sebab bertujuan agar dapat dibaca dengan mudah dan diinterpretasi oleh sistem ATS yang digunakan oleh banyak perusahaan dalam proses perekrutannya.


Sebagai seorang pelamar kerja, Sobat MinDi perlu memastikan dan mengecek apakah CV yang telah dibuat ATS Friendly atau tidak. Hal ini merupakan langkah awal agar CV Sobat MinDi masuk dan dapat dibaca oleh recruiter.


Namun bagaimana jika Sobat MinDi belum mengetahui cara mengecek CV ATS Friendly? Yuk simak penjelasan MinDi mengenai cara mengecek CV ATS friendly berikut ini!


Cara Mengecek CV ATS Friendly


Memastikan CV dapat terbaca terhadap Sistem Pelacakan Aplikasi (Applicant Tracking System - ATS) adalah hal yang penting dalam proses lamaran kerja. 


Berikut akan MinDi jelaskan mengenai cara-cara untuk mengecek apakah CV Sobat MinDi ATS friendly atau tidak.


1. Gunakan Tools Pemeriksaan CV ATS friendly


Tools pemeriksaan CV ATS dirancang untuk meniru cara kerja ATS dalam memindai dan mengevaluasi CV.  Beberapa tools dapat menganalisis sejauh mana CV Sobat MinDi menggunakan kata kunci yang relevan dengan deskripsi pekerjaan. Kemudian tools juga dapat memberikan skor berdasarkan kesesuaian beberapa poin tersebut.


Tools pemeriksaan ATS ini juga dapat memberikan feedback tentang format dan struktur CV Sobat MinDi, serta memberikan saran tentang perbaikan CV untuk mencapai tingkat ATS friendly.


Salah satu contoh dari tools pemeriksaan CV ATS adalah kinobi.tech dan resumeworded.com. Dua tools ini menawarkan layanan pemeriksaan gratis dengan fitur terbatas, namun cukup worth it digunakan untuk pemeriksaan CV ATS friendly.


2. Perhatikan Format dan Desain CV ATS Friendly


ATS lebih efisien dalam membaca dan menginterpretasi CV yang memiliki format sederhana dan struktur yang jelas. Hindari penggunaan elemen grafis yang kompleks, seperti gambar, tabel, dan kolom, yang bisa menyulitkan ATS dalam memproses informasi dengan benar dalam CV Sobat MinDi.


Format teks biasa (.txt) bisa digunakan untuk menguji bagaimana teks CV akan dilihat oleh ATS. Jika CV terlihat berantakan atau tidak terorganisir dalam format .txt, ada kemungkinan ATS juga akan kesulitan membaca CV. Gunakan font standar dan hindari penggunaan ukuran font yang terlalu kecil atau besar.




3. Cocokkan Keyword dengan Deskripsi Pekerjaan pada CV


Mencocokkan keyword dalam CV Anda dengan deskripsi pekerjaan adalah teknik penting untuk memastikan CV ATS friendly. Baca deskripsi pekerjaan dengan teliti dan identifikasi kata kunci keterampilan, kualifikasi, dan pengalaman yang diperlukan.


Gunakan kata kunci tersebut dalam CV secara alami dan kontekstual. Hindari penggunaan kata kunci berlebihan untuk manipulasi ATS, hal ini akan dapat berdampak negatif.


Dengan memperhatikan setiap aspek ini, Sobat MinDi dapat meningkatkan peluang CV ATS friendly dan memastikan bahwa informasi penting dalam CV dapat dengan mudah diakses oleh recruiter.


Baca Juga: Simak Tips Cara Menambah Pengalaman di Linkedin


Tools yang Digunakan untuk Mengecek Skor CV ATS


Saat ini, ada banyak aplikasi atau tools yang bisa digunakan untuk mengecek apakah CV ATS friendly atau tidak. Pada tools ini juga akan ditampilkan skor untuk menunjukkan sisi ATS pada CV Sobat MinDi.


Yuk simak penjelasan mengenai 2 tools pilihan MinDi yang dapat digunakan untuk mengecek apakah CV Sobat MinDi ATS Friendly atau tidak. Yuk simak selengkapnya.


1. Kinobi Tech


Langkah yang pertama dilakukan adalah kunjungi laman kinobi.tech pada browser Sobat MinDi. Kemudian pilih icon buat CV, lalu masukan section-section sesuai data diri dalam CV Sobat MinDi.

Data- data tersebut dapat meliputi profile, education, skill, experience dll. Saat sobat MinDi menulis CV pada Kinobi, otomatis akan muncul skor CV yang dibuat, semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin tinggi pula tingkat ATSnya.


2. Resumeworded.com


Tools yang kedua adalah resumeworded.com, langkah awal yang dilakukan adalah login menggunakan email kemudian konfirmasi akun. Setelah proses registrasi, klik score myresume, kemudian upload CV Sobat MinDi.


Setelah menunggu beberapa saat, akan muncul skor dari CV ATS yang telah Sobat MinDi buat. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin baik tingkat ATS nya. Kemudian akan muncul beberapa highlight warna merah yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas CV ATS mu.


Itulah beberapa cara mengecek CV ATS friendly dan tools yang digunakan untuk menunjangnya. Selalu perbaiki CV Sobat MinDi secara berkala, perhatikan keyword dan deskripsi pekerjaan, agar saat melamar pekerjaan CV Sobat MinDi terbaca oleh sistem dan diterima oleh recruiter.


Ingin menambah pengalaman dan pendidikan pada CV Sobat MinDi? Yuk ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id. Dengan didampingi mentor profesional dan telah diikuti oleh beberapa universitas negeri di Indonesia, menjadikan kelas persiapan karir dibimbing.id merupakan pilihan yang tepat untuk Sobat MinDi.


Ayo segera ikuti pelatihannya di sini, dan Buat persiapan karir yang sukses di masa depan

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!