dibimbing.id - 7 Contoh Surat Lamaran Kerja Profesional & Tips Membuatnya!

7 Contoh Surat Lamaran Kerja Profesional & Tips Membuatnya!

Muthiatur Rohmah

•

26 April 2024

•

7508

Image Banner

Mau lamar kerja tapi bingung harus mulai dari mana? Hmm, pertama Anda bisa coba eksplor dulu berbagai macam contoh surat lamaran kerja profesional.


Dengan eskplorasi berbagai contoh surat lamaran kerja, Anda bakal tau bagaimana bentuk dan format yang tampak profesional. Nah, supaya Anda nggak pusing cari contohnya, kali ini, MinDi udah siapkan 7 surat lamaran kerja yang bisa ditiru.


Penasaran kayak gimana bentuk suratnya? Yuk, baca artikel ini sampai habis!



Apa itu Surat Lamaran Kerja?


Sebelum Sobat MinDi eksplor berbagai contoh surat lamaran kerja, yuk pertama kita pahami dulu apa yang dimasuksud dengan surat lamaran kerja.


Secara umum, surat lamaran kerja adalah dokumen tertulis yang dikirim ke rekruter atau perusahaan untuk mengajukan diri pada posisi yang ditawarkan. Surat ini berfungsi sebagai pengantar dari resume atau CV yang dilampirkan.


Umumnya, surat lamaran kerja itu mencakup gambaran singkat tentang diri pelamar, kualifikasi, pengalaman kerja, dan alsan ketertarikan mereka pada posisi yang dilamar. 


Dilansir dari GeeksforGeeks, surat lamaran kerja cenderung menjelaskan kualifikasi akademis dan keterampilan yang Anda miliki. 


Nah, bisa dikatakan surat lamaran ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang paling pas di antara pelamar lainnnya.


Bukan cuma menonjolkan keahlian teknis yang Anda punya, surat lamaran kerja juga mencerminkan kemampuan komunikasi dan profesionalisme Anda. Jadi, Anda harus bisa menulis surat lamaran yang baik, spesifik, dan sesuai posisi.



7 Contoh Surat Lamaran Kerja


Sobat MinDi sekarang udah paham pengertiannya kan? Nah, kalo udah paham artinya, mari kita eksplor contoh surat lamaran kerjanya bareng-bareng. Ini dia 7 contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda tiru:


1. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple


Biasanya, surat lamaran kerja mencakup tiga struktur. Ini termasuk pembuka, isi, dan penutup. Pembuka biasanya berisi perkenalan diri. Lalu, isi surat berisi kualifikasi pelamar. Terakhir, penutup berisi salam penutup.


Di dalam surat lamaran simple, Anda wajib cantumkan 3 struktur tersebut. Ini adalah contoh template-nya:



Sumber: academia.edu

Kalau Sobat MinDi pakai template ini, surat ini dijamin bakal membuat rekruter lebih paham isi surat. Sebab, isinya langsung ke poin dan hanya butuh waktu pembacaan yang singkat.


Baca Juga: 35 Contoh Keterampilan Dalam CV yang Bikin Kamu Dilihat HRD



2. Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris


Dalam perusahaan internasional biasanya recruiter menuntut untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris. Yuk perhatikan contohnya berikut ini.



Sumber: academia.edu


Kalau Sobat MinDi mau buat surat pakai Bahasa Inggris, jangan lupa juga buat perhatiin grammar-nya.



3. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


Dalam melamar pekerjaan, tak jarang pula institusi mengharuskan membuat surat lamaran kerja tulis tangan. Saat membuatnya pastikan tulisan Sobat MinDi terlihat rapi dan mudah dibaca.


Nah, untuk menulis surat yang ditulis tangan, Sobat MinDi bisa ikutin format ini:



Sumber: pinterest.com


Contoh di atas bisa Sobat MinDi tiru, tapi pas menulis pastikan tulisan Anda mudah dibaca dan rapi ya!



4. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate


Nah, contoh kali ini pas banget buat Sobat MinDi yang masih buat lulus. Seperti yang kita tau, fresh graduate cenderung kurang pengalaman kerja. Lalu, gimana sih isi surat menarik buat fresh graduate?


Ini dia contoh yang bisa Anda tiru:


Sumber: academia.edu


Itu dia template yang bisa Sobat MinDi ikuti. Untuk fresh grad, jang lupa cantumkan detail-detail terkait data pribadi ya!



5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Sobat MinDi tertarik untuk melamar kerja di bank? Nah, template surat ini pas banget buat Sobat MinDi tiru. Berikut template-nya:


Sumber: academia.edu


Dari contoh di atas, bisa dilihat bahwa surat lamaran bank cenderung lebih panjang dan detail. Jadi, pastikan Anda tidak melupakan salah satu informasi terkait yang harus dicantumkan.


Baca Juga: Personal Branding di CV? Yuk Simak Cara Membuat dan Contohnya



6. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


Contoh berikutnya cocok banget buat Anda yang mau bekerja jadi guru. Kalau Anda tertarik dengan profesi ini, pastikan untuk cek setiap detailnya:


Sumber: academia.edu


Nah, dari contoh di atas bisa dilihat bahwa posisi guru membutuhkan berbagai sertifikat tambahan. Jadi, jangan sampai lupa untuk cantumkan surat-surat pendukung seperti yang ada di template.



7. Contoh Surat Lamaran Kerja Freelance


Contoh selanjutnya cocok banget buat Sobat MinDi yang mau cari duit tambahan. Contoh di bawah ini pas untuk dipakai untuk posisi part-time atau freelance. Ini dia contohnya:



Sumber: academia.edu


Nah, kalau untuk posisi freelance, Sobat MinDi nggak perlu cantumkan detail terkait data pribadi. Sobat MinDi cukup fokus untuk jelaskan pengalaman dan keahlian yang relevan dengan posisi terlamar.



Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Efektif


1. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar


Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Gunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan surat lamaran, menunjukkan keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 


Sebutkan spesifik tentang posisi atau perusahaan tersebut untuk menunjukkan bahwa kamu tidak mengirimkan surat generik.



2. Gunakan Pembuka yang Menarik


Mulailah menulis surat lamaran dengan pembuka yang menarik untuk segera menarik perhatian pembaca. 


Hindari pembukaan standar seperti "Saya menulis untuk melamar...". Sebagai gantinya, mulailah dengan sesuatu yang menunjukkan antusiasme yang menghubungkan pengalaman dengan posisi yang dilamar.



3. Tunjukkan Keterampilan dan Pengalaman


Fokuskan pada keterampilan dan pengalaman yang paling relevan dengan posisi yang dilamar. 


Gunakan contoh spesifik dari pengalaman kerja atau pendidikan yang menunjukkan keberhasilan Sobat MinDi dalam mengatasi tantangan atau mencapai tujuan yang relevan dengan posisi yang ditawarkan.



4. Jelaskan Ketertarikan


Sampaikan mengapa kamu tertarik bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana nilai, misi, atau tujuan perusahaan selaras dengan aspirasi diri. 


Tunjukkan bahwa Sobat MinDi telah melakukan riset sehingga memiliki pemahaman yang kuat tentang perusahaan.



5. Penutup yang Persuasif


Tutup surat lamaran dengan pernyataan yang kuat tentang harapan dapat berkontribusi pada perusahaan.Jangan lupa untuk berterima kasih kepada pembaca atas pertimbangan dan waktunya.


Dengan mengikuti tips ini, Sobat MinDi dapat menciptakan kesan positif dan mendapatkan kesempatan untuk maju ke proses rekrutmen selanjutnya.



Itu dia contoh surat lamaran kerja yang bisa Sobat MinDi ikuti. Setelah Sobat MinDi eksplor contohnya, apakah Anda siap melamar pekerjaan?


Kalau sudah siap, pastikan juga Sobat MinDi menyiapkan hard skills atau soft skills yang dibutuhin. Hal ini terutama penting bagi Sobat MinDi yang masih kuliah atau baru lulus.


Nah, kalau Sobat MinDi ingin membuat mahasiswanya lebih siap untuk dunia kerja, career preparation Dibimbing.id adalah solusi terbaik!


Lewat program ini, Sobat MinDi bisa kasih pelatihan hard skill sampai soft skill yang dibutuhkan di industri kerja. Anda bisa sesuaikan program sesuai kebutuhan mahasiswa. Mulai dari digital marketing, data science, sampai basic skill seperti Excel.


Jadi, nggak perlu tunggu lama lagi! Ayo segera daftarkan universitas Anda di sini karena dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa.



Referensi :


How to Write Job Application Letter? Buka

Cover Letter: Must-Have or Has-Been? Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!