dibimbing.id - Contoh Portofolio SEO Specialist & Tips Membuatnya!

Contoh Portofolio SEO Specialist & Tips Membuatnya!

Muthiatur Rohmah

•

14 March 2024

•

1188

Image Banner

Portofolio adalah dokumen berisi karya atau hasil kerja terbaik seseorang yang berfungsi sebagai bukti konkrit kemampuan diri.

Portofolio umumnya digunakan saat melamar pekerjaan di bidang kreatif, salah satunya adalah SEO Specialist. Saat melamar kerja sebagai SEO, Sobat MinDi memerlukan portofolio SEO specialist agar memiliki nilai tambah di mata recruiter.

Portofolio SEO Specialist merupakan dokumen yang berisi hasil kerja atau pencapaian diri di bidang SEO. Lantas bagaimana gambaran contoh portofolio SEO Specialist yang lengkap?

Yuk pelajari selengkapnya di artikel ini.


Pengertian Portofolio SEO

Portofolio SEO Specialist merupakan kumpulan pekerjaan dan proyek yang telah dilakukan untuk menunjukkan keahliannya dalam meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di mesin pencari. 

Ini termasuk berbagai elemen seperti studi kasus yang mendetail, analisis keyword, optimasi on-page dan off-page, strategi pembuatan konten, dan hasil yang dicapai seperti peningkatan trafik organik atau peringkat keyword. 

Portofolio ini digunakan sebagai alat untuk membuktikan pengalaman dan kemampuan kepada klien atau recruiter. 

Selain itu, portofolio SEO Specialist bisa mencakup sertifikasi profesional, pendidikan, dan pelatihan yang relevan, serta testimoni dari klien sebelumnya yang menegaskan efektivitas dan profesionalisme.


Skill yang ditampilkan dalam Portofolio SEO Specialist

Saat menulis portofolio SEO specialist, Sobat MinDi harus mencantumkan keahlian teknis dalam optimasi SEO pada beberapa pekerjaan atau project sebelumnya.

Berikut adalah beberapa skill atau keahlian teknis bidang SEO yang dapat dicantumkan pada portofolio SEO Specialist.

  1. Analisis Keyword
  2. Optimasi On-Page
  3. Pembuatan Konten SEO-Friendly
  4. Optimasi Off-Page dan Backlinking
  5. Analisis Kompetitor
  6. Pemahaman dan Implementasi SEO Teknikal
  7. Penggunaan dan Analisis Data dari Google Analytics dan Google Search Console
  8. Pemahaman terhadap Algoritma Mesin Pencari
  9. Pengalaman dengan Alat SEO (seperti SEMrush, Ahrefs, Moz)
  10. Optimasi Kecepatan Situs dan Mobile-Friendly
  11. Strategi Local SEO
  12. Manajemen Reputasi Online
  13. Pemahaman UX/UI terkait SEO
  14. Strategi Konten dan Pemasaran Konten
  15. Pelaporan dan Analisis Kinerja SEO


Pastikan Sobat MinDi mencantumkan sebagian besar skill di atas, agar portofolio SEO specialist Anda semakin menarik di mata recruiter.


Apa saja Hal yang Harus ditulis pada Portofolio SEO Specialist?

Dalam menyusun portofolio sebagai SEO Specialist, penting untuk memperhatikan detail dan struktur informasi agar mencerminkan profesionalisme dan keahlian Anda secara komprehensif. 

Berikut adalah elemen penting yang harus dimasukkan dalam portofolio SEO Specialist:


1. Deskripsi Diri

Deskripsi diri adalah kesempatan pertama untuk membuat kesan yang baik. Sertakan ringkasan singkat tentang diri sendiri, fokus pada latar belakang profesional di bidang SEO, dan proyek-proyek SEO yang telah dikerjakan. 


2. Riwayat Pekerjaan

Saat menulis portofolio SEO, detailkan pengalaman kerja dalam bidang SEO, termasuk peran yang dijalankan, nama perusahaan, dan periode bekerja. Sorot tanggung jawab utama dan pencapaian signifikan dalam setiap posisi. 

Hal ini akan memberikan gambaran tentang seberapa luas pengalaman dan keahlian Anda di bidang SEO.


3. Riwayat Pendidikan

Cantumkan pendidikan yang relevan dengan bidang SEO atau digital marketing, termasuk gelar, institusi, dan tahun kelulusan. 

Jika Sobat MinDi mengikuti kursus SEO specialist, pastikan untuk menyertakannya. 


4. Skill dan Keterampilan

Tulis pada portofolio, daftar kemampuan teknis yang relevan dengan SEO, seperti analisis kata kunci, optimasi on-page dan off-page, pemahaman SEO teknikal, dan penggunaan alat SEO tertentu. 

Jelaskan dengan detail skill dan keterampilan yang menunjukkan keahlian spesifik Sobat MinDi di bidang SEO Specialist.


5. Case Study SEO

Salah satu bagian paling penting dari portofolio SEO Specialist adalah studi kasus yang menunjukkan proyek yang telah Anda kerjakan. 

Untuk setiap studi kasus, jelaskan tantangan yang dihadapi, strategi yang diterapkan, dan hasil yang dicapai. Soroti keterampilan khusus dan pendekatan kreatif yang digunakan untuk mengatasi masalah. 


6. Informasi Kontak

Terakhir, pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang jelas dan lengkap pada portofolio SEO Anda. Sertakan alamat email profesional, nomor telepon, dan tautan ke profil LinkedIn atau website pribadi. 

Hal ini akan memudahkan orang lain untuk menghubungi Anda sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan proyek atau peluang kerja baru.

Baca Juga: Apa saja Perbedaan CV dan Portofolio? Yuk pelajari Selengkapnya!


Tips Membuat Portofolio SEO Specialist yang Menarik

Membuat portofolio yang menarik sebagai SEO Specialist harus menunjukkan hasil yang telah dicapai dan proses untuk mendapatkannya.

Berikut adalah beberapa tips membuat portofolio SEO Specialist yang dapat menarik perhatian recruiter!


1. Mulailah dengan Pengantar yang Kuat

Pengantar pada portofolio harus menarik perhatian pembaca. Sertakan ringkasan singkat tentang diri Anda, pengalaman SEO, dan apa yang membedakan Anda dari SEO Specialist lainnya. Gunakan narasi pribadi dapat membuat lebih relate dan menarik.


2. Tunjukkan Diversifikasi Skill Anda

SEO mencakup berbagai aspek, dari analisis kata kunci, optimasi konten, hingga SEO teknikal. 

Pastikan untuk menunjukkan berbagai skill yang dimiliki dan bagaimana skill tersebut telah dapat diterapkan dalam proyek-proyek sebelumnya. Ini menunjukkan kepada calon klien atau pemberi kerja bahwa Sobat MinDi memiliki pengetahuan SEO yang komprehensif.


3. Sertakan Studi Kasus yang Mendetail

Studi kasus adalah bagian penting dari portofolio SEO karena menunjukkan kemampuan untuk menerapkan keahlian SEO dalam situasi nyata dan menghasilkan hasil yang nyata. 

Untuk setiap studi kasus, jelaskan tantangan yang dihadapi, strategi yang digunakan, dan hasil yang tercapai. Pastikan untuk menyertakan data dan metrik yang mendukung narasi tersebut.


4. Gunakan Visual yang Menarik

Visual dapat membantu menghidupkan portofolio, gunakan grafik, tangkapan layar hasil SEO, dan infografis agar portofolio menarik sehingga lebih mudah dipahami dan diingat.


5. Buatlah Portofolio yang Mudah Diakses

Portofolio sebaiknya mudah diakses secara online dan mudah dinavigasi, oleh sebab itu, gunakan platform pembuatan portofolio profesional atau website pribadi dengan desain yang bersih dan intuitif.

Dengan mengikuti tips ini, Sobat MinDi dapat menciptakan portofolio SEO Specialist yang memikat recruiter dengan presentasi yang profesional dan menarik.


Contoh Portofolio SEO Specialist

Nah, setelah memahami berbagai penjelasan portofolio SEO specialist, MinDi akan memberikan contoh portofolio SEO Specialist yang baik dan benar.

Yuk pahami contoh portofolio SEO specialist berikut ini.

Sobat MinDi dapat melihat secara lengkap contoh portofolio SEO Specialist pada tautan berikut ini, KLIK DI SINI !!!

Nah, itulah beberapa penjelasan dan contoh portofolio SEO specialist, yang dapat Sobat MinDi terapkan dalam menulis portofolio.

Portofolio adalah dokumen penting yang menunjukkan hasil kerja Anda secara profesional, oleh sebab itu, buatlah secara menarik dan memiliki penjelasan yang informatif.

Baca Juga: Tips Membangun Portofolio Web Developer yang Menarik

Ingin berkarir sebagai SEO specialist? Bingung harus mulai dari mana?

Langkah awal, yuk ikuti career development dibimbing.id, dengan didampingi para mentor profesional dan berpengalaman, dibimbing.id siap bantu wujudkan karirmu sebagai SEO specialist sukses.

Tunggu apalagi? segera daftarkan diri Anda di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.


Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!