Mengenal Apa itu Keyword, Fungsi, Jenis, & Implementasinya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 January 2024

296

Image Banner

Dalam pemasaran konten, keyword adalah komponen terpenting untuk capai kesuksesan promosi. Sebab, keyword adalah elemen yang mampu meningkatkan visibilitas dan peringkat suatu konten di pencarian online.


Oleh sebab itu, kalau mau melakukan pemasaran konten, kamu wajib memiliki pemahaman mendalam terhadap keyword dan implementasinya.


Untuk membantumu memahami apa itu keyword, kami telah siapkan uraian yang menjelaskan detail dari kata kunci dalam pemasaran konten. Simak lengkapnya di bawah ini!


Apa yang Dimaksud Keyword?


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keyword adalah kunci dari kesuksesan pemasaran konten. Secara garis besar, keyword adalah istilah atau frasa yang diasosiasikan sebagai elemen optimasi pemasaran konten.


Oleh sebab itu, keyword berperan penting untuk menghubungkan konten atau produk dengan audiens yang mencarinya di mesin pencari. Penggunaan keyword secara efektif bisa meningkatkan visibilitas online serta meningkatkan tujuan bisnis secara keseluruhan.


Fungsi Keyword dalam Pemasaran Konten


Keyword adalah komponen yang memainkan peran penting dalam pemasaran konten. Adapun fungsi keyword dalam pemasaran konten adalah sebagai berikut:


1. Meningkatkan Visibilitas dalam Pencarian


Pertama, fungsi keyword adalah visibilitas dalam pencarian. Pasalnya, konten yang dioptimalkan dengan keyword relevan bisa berpeluang untuk muncul di halaman hasil pencarian (SERP).


2. Menargetkan Audiens yang Tepat


Berikutnya adalah untuk menargetkan audiens yang tepat. Penggunaan keyword yang spesifik dan relevan akan mengantarkan konten ke target audiens


Keyword relevan memungkinkan konten sampai ke audiens yang mencari layanan atau produk tersebut.


Baca Juga: Strategi Keyword Stuffing SEO, Apakah Aman Diterapkan?


3. Meningkatkan Kualitas Traffic


Lalu, keyword juga berguna untuk meningkatkan kualitas traffic. Sebab, dengan keyword relevan, konten bisa sampai ke pengunjung yang benar-benar tertarik. Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan kualitas traffic secara keseluruhan.


4. Membantu Produksi Konten Sesuai Niche


Selain itu, keyword juga berfungsi untuk membantu produksi konten yang berfokus. Sebab, keyword bisa memberikan wawasan tentang apa yang dicari audiens. Hal ini tentu bermanfaat untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens.


5. Mendukung Strategi SEO


Terakhir, fungsi keyword adalah untuk mendukung strategi SEO. Di SEO, keyword adalah fondasi yang bisa mengoptimalkan elemen konten, seperti judul, deskripsi, tag, dan ranking.


Jenis Keyword Berdasarkan Panjang


Jenis Keyword yang pertama dikategorikan dari panjangnya. Berikut adalah kategori keyword berdasarkan panjang:


1. Keyword Pendek (Short-Tail Keywords)


Short-Tail Keywords adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata. Contohnya seperti ‘sepatu’ atau ‘Kopi Jakarta.’ Keyword dalam kategori ini memiliki volume pencarian tinggi tetapi sangat kompetitif dan kurang spesifik.


2. Keyword Panjang (Long-Tail Keywords)


Long-Tail Keywords adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Contohnya, ‘sepatu lari wanita murah’.’ Umumnya, mereka memiliki volume pencarian lebih rendah tetapi lebih spesifik dan biasanya memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi.


Jenis Keyword Berdasarkan User Intent


Berikutnya terdapat keyword berdasarkan user intent atau maksud pengguna. Berikut adalah jenisnya:


1. Informational Keyword


Pertama, informational keyword adalah kata kunci yang digunakan ketika pengguna mencari informasi. Contohnya adalah ‘cara membuat kopi.’


2. Navigational Keyword


Kedua, navigational keyword adalah kata kunci yang digunakan ketika pengguna ingin mengunjungi situs web tertentu atau halaman. Contohnya adalah ‘facebook login.’


3. Transactional Keyword


Terakhir, transactional keyword adalah kata kunci yang digunakan ketika pengguna ingin melakukan pembelian atau transaksi. Misalnya, ‘beli iPhone 12 online

Baca Juga: 10+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly Biar Ranking 1 di Google


Jenis Keyword Berdasarkan Frekuensi Penggunaan


Selanjutnya, terdapat keyword yang berada pada kategori frekuensi penggunaan. Berikut adalah kategorinya:


1. Primary Keywords


Keyword ini adalah kata kunci utama yang paling relevan dengan topuk atau konten dan biasanya memiliki volume pencarian tinggi.


2. Secondary Keywords


Keyword ini merupakan kata kunci tambahan yang juga relevan dengan konten tapi mungkin memiliki volume pencarian lebih rendah.


Cara Implementasi Keyword dalam Konten


Pertama adalah cara implementasi keyword dalam konten. Berikut langkah - langkahnya:


1. Judul dan Subjudul


Buat judul yang menarik serta gunakan keyword di judul dan subjudul konten. Pastikan judul tersebut menggambarkan isi konten secara keseluruhan.


2. Konten Utama


Gunakan keyword di isi konten dan sebarkan secara alami dalam teks. Pastikan penggunaanya alami, sesuai konteks, dan tidak memaksa.


3. Meta Description


Terakhir, gunakan keyword di dalam meta description untuk tingkatkan peluang klik melalui hasil pencarian.


Cara Implementasi Keyword Optimasi SEO


Kedua, kamu bisa implementasikan keyword sebagai optimasi SEO. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:


1. Perhatikan Keyword Density


Saat menggunakan kata kunci, kamu harus pastikan untuk jaga keyword density agar tidak berlebihan. Untuk primary keywords, kamu bisa gunakan 1-2% dari total word count. Lalu, untuk secondary keywords kamu bisa gunakan 1-2 kali saja.


2. Gunakan Keyword Variants


Berikutnya, untuk menghindari penggunaan primary keyword secara berlebihan, kamu bisa gunakan variasi kata kunci.


Baca Juga: 14 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Contohnya


Cara Implementasi Keyword dalam Iklan


Terakhir adalah implementasi keyword dalam iklan. Beberapa elemen yang harus kamu perhatikan saat menggunakan keyword dalam iklan adalah:


1. Judul Iklan


Dalam iklan, penggunaan keyword yang baik bisa dilakukan dengan memasukkan kata kunci utama dalam judul iklan untuk menarik perhatian audiens target.


2. Deskripsi Iklan


Berikutnya, kamu juga perlu memasukkan keyword di deskripsi iklan. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan penawaran merek dan meningkatkan relevansi dengan pencarian pengguna.


Itu dia penjelasan soal keyword di pemasaran konten. Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bawah keyword adalah kunci dari pemasaran konten yang efektif.


Selain memperhatikan keyword, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan untuk mencapai kesuksesan pemasaran digital. Seperti riset audiens, algoritma channel pemasaran, dan masih banyak lain.




Cara Mencari Keyword Tepat untuk Konten Anda



Membuat konten yang menarik dan bermanfaat memang penting, tapi tanpa optimasi keyword, konten Anda mungkin akan terkubur di lautan informasi internet. Berikut beberapa cara untuk mencari keyword yang akan meningkatkan visibilitas dan traffic ke konten Anda:




1. Pahami Kebutuhan Audiens Anda


Langkah pertama adalah memahami apa yang dicari audiens Anda. Apa pertanyaan mereka? Topik apa yang menarik minat mereka? Gunakan alat bantu seperti Google Trends dan Keywordtool.io untuk melihat kata kunci yang populer di niche Anda.



2. Buat Daftar Topik Relevan


Berdasarkan pemahaman Anda tentang audiens, buatlah daftar topik yang relevan dengan konten yang ingin Anda buat. Pastikan topik tersebut sesuai dengan niche Anda dan memiliki potensi menarik bagi audiens.



3. Temukan Keyword Potensial 


Gunakan tools seperti Ubersuggest, Ahrefs, dan SEMrush untuk menemukan keryword yang relevan dengan topik Anda. Perhatikan volume pencarian, tingkat kompetisi, dan relevansi keyword dengan konten Anda. 



4. Optimalkan Keyword Utama dan Turunan 


Pilih kata keyword yang paling relevan dan memiliki volume pencarian tinggi. Gunakan keyword turunan untuk mendukung keyword utama dan memperluas jangkauan konten Anda. 



5. Evaluasi dan Perbarui Keyword Anda


Riset keryword adalah proses yang berkelanjutan. Pantau performa keyword Anda secara berkala dan lakukan penyesuaian bila diperlukan. 



Cara Tambahan: 


Gunakan keyword secara alami dalam judul, subjudul, dan isi konten Anda. Manfaatkan fitur "related searches" di Google untuk menemukan ide keyword baru. Perhatikan intent pengguna saat memilih keyword.



Bagi Sobat MinDi yang mau belajar banyak tentang digital marketing atau berkarir di bidang ini, kamu bisa ikuti program Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id .


Lewat program ini Sobat MinDi bisa belajar digital marketing dengan materi ter-update dan mentor ahli. Disamping itu, kamu juga bisa dapatkan lifetime access untuk materinya.


Bukan hanya belajar, kamu juga bisa dapat pekerjaan lewat layanan job connection ke 500+ companies. Jadi, segera gabung di program ini dan kembangkan keahlianmu bersama Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved