Apa Itu Content Marketing? Pengertian, Contoh, dan Strateginya

Raniah Fatimah

•

28 July 2023

•

1327

Image Banner

Content marketing adalah strategi pemasaran yang sedang naik daun dan menjadi sorotan di era digital saat ini. Dengan semakin mudahnya akses ke internet, content marketing adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Tapi, sebenarnya content marketing itu apa, sih? Lalu, apa saja contoh, strategi, dan manfaat yang bisa didapatkan dari content marketing?

Nah, dalam artikel ini, MinDi akan menggali lebih dalam Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Strategi Content Marketing yang bisa membantu Sobat MinDi memahami konsep dasarnya. Yuk, simak tulisan ini sampai akhir!


Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan dan distribusi konten

Content marketing adalah strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan dan distribusi konten yang relevan, berharga, dan menarik bagi target audiens. Konten yang bisa digunakan untuk pemasaran pun ada berbagai jenisnya, entah itu video, gambar, tulisan, maupun suara.

Namun, content marketing itu bukan cuma tentang bikin konten yang menarik saja, loh! Memang sih, sekarang hampir segala hal bisa dijadikan konten, tapi Sobat MinDi juga nggak boleh lupa sama tujuan utama dari kontennya, ya~

Tujuan utama dari content marketing adalah untuk membangun hubungan yang kuat antara brand dan konsumen, serta meningkatkan brand awareness dan kepercayaan.

Makanya, konten yang dibuat harus tetap relevan dengan target audiens supaya bisa menimbulkan rasa membutuhkan yang akhirnya membuat mereka memiliki hubungan emosional dengan konten yang dibuat.

Nah, kalau sekarang Sobat MinDi sudah paham apa itu content marketing, yuk kita pelajari berbagai contoh content marketing berikut ini!


Contoh Content Marketing

Setelah memahami pengertian content marketing, sekarang Sobat MinDi mungkin sudah punya sedikit gambaran dasarnya. Nah, supaya kamu bisa lebih mengerti dengan lebih jelas lagi, MinDi akan menguraikan beberapa jenis content marketing yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnis.

Ini dia beberapa contoh content marketing yang bisa Sobat MinDi coba untuk menerapkan content marketing:


1.Website

Seperti yang Sobat MinDi ketahui, biasanya website adalah pintu gerbang utama yang menghubungkan bisnis dengan para pelanggannya di internet. Maka dari itu, penting untuk memiliki website supaya pelanggan bisa menemukan bisnismu dengan lebih mudah.

Dalam sebuah website, Sobat MinDi bisa menyajikan berbagai konten seperti panduan, ulasan, atau produk dan layanan yang relevan dengan bisnismu. Nah, biar pengunjung dan betah berlama-lama menjelajahi website kamu, coba deh pakai copywriting untuk tulisan yang lebih persuasif dan menyenangkan!

Dengan memiliki website yang memiliki konten berkualitas, bisnis kamu dapat menarik lebih banyak pengunjung dan memberikan informasi yang bermanfaat.


2. Blog

Content marketing di blog berisi konten yang lebih panjang dan informatif seperti artikel, tips, tutorial, dan cerita

Kalau tadi Sobat MinDi memakai copywriting untuk website, di blog kamu akan menggunakan content writing.

Dalam blog, kamu bisa menyanyikan konten yang lebih panjang dan informatif, misalnya artikel, tips, tutorial, atau cerita yang masih berkaitan dengan industri atau produk yang ditawarkan oleh bisnismu. Sobat MinDi juga dapat memperbarui atau memposting artikel pemasaran konten setiap hari.

Biar strategi content marketing kamu berhasil, coba deh pelajari lebih lanjut tentang Cara Menulis Artikel SEO untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung!


3. Video

Video juga merupakan media yang sangat efektif dalam content marketing. Kamu bisa memperkenalkan bisnismu dengan meng-upload video di berbagai platform yang paling banyak digunakan seperti YouTube, Reels Instagram, atau melakukan konten marketing di TikTok.

Melalui strategi pemasaran konten ini, Sobat MinDi bisa membuat video tutorial, ulasan produk, atau konten hiburan. Tapi, pastiin videonya masih relevan dan relatable dengan bisnismu, ya~

Nah, dengan membagikan konten video yang asyik dan berkualitas, MinDi yakin kamu bisa menarik lebih banyak perhatian audiens, deh!


4. Ebook

Contoh pemasaran konten yang bisa Sobat MinDi coba selanjutnya adalah eBook. eBook adalah salah satu bentuk pemasaran konten yang efektif untuk menarik minat audiens baru.

Kamu bisa menyusun eBook yang berisi informasi atau panduan yang berguna bagi audiens. Kemudian, pelanggan bisa mengklaim eBook tersebut dengan memasukkan alamat email mereka.

Email yang didapatkan tersebut bisa kamu tambahkan ke mailing list bisnis kamu untuk mengirimkan promosi lainnya melalui email marketing.

Dengan membagikan eBook melalui email, Sobat MinDi bisa mengumpulkan kontak audiens potensial dan memperluas daftar pelanggan. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan eBook dalam strategi content marketing kamu, ya!


5. Infografik

Infografik adalah bentuk pemasaran konten yang menggunakan visual untuk menyampaikan informasi

Biasanya, penyajian data atau informasi lainnya akan lebih mudah dipahami oleh audiens dengan menggunakan infografik. Infografik adalah bentuk konten visual yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara singkat, jelas, dan menarik.

Sobat MinDi bisa menggunakan infografik untuk menjelaskan konsep, statistik, atau pengetahuan yang berkaitan dengan industri bisnis kamu.

Untuk membuatnya, kamu perlu menampilkan gambar yang jelas, tulisan yang tidak terlalu panjang, dan pastinya gampang dipahami secara sekilas, seperti contoh yang MinDi tampilkan di atas.

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memposting infografik yang menarik untuk pemasaran konten, misalnya di Instagram, LinkedIn, atau Twitter.


6. Podcast

Hayo… Siapa nih yang hampir tiap hari hobinya dengerin podcast? Ternyata penggemar podcast di Indonesia itu cukup banyak, loh!

Seiring meningkatnya minat audiens terhadap konten berupa audio, podcast adalah bentuk pemasaran konten yang sangat efektif untuk berbagi informasi, menghibur, dan membangun keterlibatan dengan audiens.

Dengan podcast, Sobat MinDi bisa membuat konten seperti wawancara, diskusi santai, atau berbagi cerita dengan topik yang menarik bagi audiens.

Sobat MinDi bisa mempublikasikan podcast melalui platform seperti Spotify, YouTube, atau SoundCloud. Tapi, jangan lupa sesuaikan gaya pembawaan podcast kamu dengan target audiens, ya~


7. Media Sosial

Bentuk pemasaran konten yang satu ini bisa dibilang cukup fleksibel, nih!

Melalui media social, Sobat MinDi bisa membagikan konten berupa gambar, video pendek, audio, kutipan pendek, maupun informasi menarik lainnya. Channel yang bisa digunakan pun ada banyak variasinya, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.

Dengan strategi yang tepat, Sobat MinDi bisa membangun keterlibatan yang tinggi, meningkatkan jumlah pengikut, dan mengarahkan audiens ke konten utama di platform lain, seperti blog atau video.


8. Partnership Influencer

Jenis content marketing kali ini adalah gabungan dari berbagai hal yang baru saja MinDi jelaskan sebelumnya. Kamu bisa menggunakan konten audio, video, copywriting, maupun content writing untuk melakukan partnership influencer.

Melalui kerja sama dengan influencer yang memiliki banyak pengikut dan pengaruh yang kuat, kamu dapat memperluas jangkauan bisnismu dan meningkatkan brand awareness dengan lebih efektif.

Tapi, ada berbagai hal yang perlu Sobat MinDi pertimbangkan sebelum melakukan strategi pemasaran konten yang satu ini.

Nah, biar nggak salah pilih, kamu bisa mempelajarinya di cara memilih influencer marketing yang tepat dan sesuai untuk bisnis kamu.


9. Email

Contoh pemasaran konten yang paling populer selanjutnya adalah email marketing. Email marketing dapat membantu membangun hubungan yang kuat, meningkatkan konversi, dan memperluas jangkauan kontenmu.

Sobat MinDi dapat menggunakan email untuk mengirimkan konten-konten seperti penawaran khusus, newsletter, reminder, dan informasi terbaru untuk pelanggan potensial maupun pelanggan yang sudah ada.

Kamu bisa mengumpulkan email audiens melalui formulir di website atau strategi lainnya seperti eBook yang sudah MinDi jelaskan sebelumnya. Setelah itu, kamu dapat membuat daftar subscriber dan mengirimkan konten yang menarik kepada mereka secara teratur.


Manfaat Content Marketing

Content marketing adalah salah satu cara strategi pemasaran yang bisa menjadi sangat efektif kalau kamu mengelolanya dengan baik. Content marketing juga memiliki beragam manfaat yang dapat mendukung pertumbuhan dan keberhasilan bisnis.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari content marketing:


1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menyediakan konten yang relevan dan menarik, kamu dapat membangun brand awareness yang lebih luas di kalangan audiens. Melalui content marketing, kamu bisa menarik perhatian audiens potensial dan memperkenalkan nilai-nilai serta produk atau layanan yang ditawarkan.


2. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Konten yang berfokus pada memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis di mata audiens. Dengan menjadi sumber yang dapat diandalkan dan memberikan nilai tambah, bisnis kamu bisa memperoleh kepercayaan dari mereka.


3. Meningkatkan Engagement Audiens

Konten yang bermanfaat dan juga menghibur bisa membangun keterlibatan yang kuat antara bisnis dan audiens. Dengan memberikan informasi yang berguna dan menarik, konten yang disajikan bisa mengundang interaksi dengan audiens dan otomatis menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan mereka.


4. Membangun Hubungan yang Kuat dengan Pelanggan

Melalui pemasaran konten yang edukatif dan persuasif, Sobat MinDi dapat membantu mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian. Dengan menyediakan informasi yang relevan dan menarik, kamu dapat meningkatkan tingkat konversi dari prospek hingga menjadi pelanggan.


Strategi Content Marketing untuk Bisnis

Dalam menjalankan content marketing, ada beberapa strategi yang dapat Sobat MinDi terapkan, antara lain:

  • Menentukan tujuan dan target audiens: Pertama-tama, penting untuk memiliki tujuan yang jelas dan mengetahui siapa audiens yang kamu targetkan untuk menghasilkan konten yang tepat sasaran.

  • Menyusun content plan: Merencanakan jenis konten, topik, dan jadwal publikasi dapat membantu dalam pengelolaan konten secara efektif.

  • Optimalisasi SEO: Mengoptimalkan konten untuk mesin pencari juga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat konten kamu di halaman hasil pencarian.

  • Mengevaluasi performa: Terakhir, lakukan analisis terhadap kinerja konten yang telah kamu buat untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari kontenmu serta membuat perbaikan yang diperlukan.

Nah, dalam mengimplementasikan strategi content marketing, jangan lupa untuk menjalaninya dengan konsisten, mengikuti tren, dan beradaptasilah dengan perubahan kebutuhan atau preferensi audiens, ya!


Kuasai Content Marketing Selengkapnya Hanya di Bootcamp dibimbing.id!

Jadi, itu dia beberapa hal yang perlu Sobat MinDi pahami tentang apa itu content marketing! Dengan memahami pengertian, contoh, manfaat, dan strategi di balik content marketing, kamu dapat memanfaatkan strategi ini secara efektif untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran online.

Artikel ini hanyalah gambaran dasar seputar content marketing yang dapat kamu jadikan referensi. Tapi, untuk menguasai strategi content marketing secara lebih dalam, kamu bisa bergabung di Bootcamp Social Media Marketing dibimbing.id!

Di bootcamp ini, kamu akan menguasai strategi media sosial organik mulai dari content marketing, channel media sosial, copywriting, tools analytics, dan AI bersama mentor profesional hanya dalam 12 minggu!

Kalau begitu, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi~


Share

Author Image

Raniah Fatimah

Raniah is a copywriter and content writer with 2 years experiences who thrives on crafting compelling messages. With a knack for weaving SEO magic into blogs, social media copy, and beyond, she's a dedicated wordsmith who's always eager to learn and grow.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!