Blog

/

Digital Marketing

/

10+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly Biar Ranking 1 di Google

10+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly Biar Ranking 1 di Google

Raniah Fatimah

•

04 July 2023

•

4905

Image Banner

Dalam dunia digital yang terus berkembang, penting bagi setiap pemilik website atau blogger untuk memahami cara menulis artikel yang ramah SEO.

Dengan membuat artikel yang SEO-friendly, kamu akan semakin mudah mendapatkan peringkat satu di Google dan mengundang lebih banyak pengunjung.

Lalu, bagaimana cara membuat artikel SEO? Apa saja hal yang harus diperhatikan dan harus dihindari ketika menulis sebuah artikel?

Nah, pada artikel ini MinDi akan membagikan 10+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly supaya kamu bisa membuat artikel yang efektif dan masuk ke peringkat teratas di mesin pencari. Yuk, simak sampai akhir!


Apa itu Artikel SEO Friendly?

Apa itu Artikel SEO Friendly dan Cara Menulisnya

Artikel SEO-friendly adalah artikel yang dioptimalkan dengan menggunakan kaidah tertentu yang membantu mesin pencari seperti Google memahami, mengindeks, dan memeringkat konten tersebut.

Tujuan menulis artikel SEO-friendly adalah untuk meningkatkan visibilitas konten di halaman hasil pencarian dan memperoleh traffic yang lebih tinggi.

Artikel yang dioptimalkan secara SEO bisa membantu kamu mencapai beberapa tujuan, antara lain:

Dengan memahami pentingnya SEO dan mengetahui cara menulis artikel SEO-friendly, Sobat MinDi bisa meningkatkan efektivitas konten kamu dan mencapai hasil yang lebih baik dalam peringkat hasil pencarian. Nah sekarang, yuk kita pelajari cara menulis artikel SEO berikut ini!


Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Ada 11 cara terbaik menulis artikel SEO agar bisa mendapat peringkat tinggi di Google. Yuk, langsung saja kita bahas satu per satu!

1. Pemilihan Keyword yang Relevan

Langkah pertama dalam menulis artikel SEO adalah memilih kata kunci yang relevan dengan topik yang kamu bahas.

Sobat MinDi perlu melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci yang populer dan memiliki volume pencarian tinggi.

Setelah melakukan riset, kamu bisa menggunakan kata kunci tersebut dengan mencantumkannya di judul artikel, heading, dan paragraf konten Sobat MinDi.

Nah, supaya kata kuncinya bisa terintegrasi dalam teks secara natural dan nggak kelihatan maksa, saran MinDi sih sebaiknya tulis artikelnya secara keseluruhan terlebih dahulu. Nanti kalau artikelnya sudah selesai, baru deh Sobat MinDi bisa sisipkan keyword di bagian-bagian yang cocok.


2. Pahami Search Intent

Search intent adalah maksud atau tujuan pengguna ketika mengetikkan keyword tertentu di mesin pencari.

Search intent merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi ranking di Google. Makanya, hal ini menjadi penting banget nih untuk Sobat MinDi perhatikan saat menulis artikel SEO. 

Soalnya, ketika pengguna mencari sesuatu di Google dan mendapat informasi yang mereka butuhkan, mereka pasti akan menetap lebih lama di artikel kamu. Nah, hal inilah yang membuat Google menganggap artikel kamu relevan dan perlu diposisikan pada ranking teratas.


3. Buat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah kunci kesuksesan dalam menulis artikel yang ramah SEO. Jadi, pastikan konten kamu sudah cukup informatif, orisinal, dan memberikan nilai tambah bagi pembaca.

Untuk membuat artikel yang berkualitas, gunakan penelitian yang akurat dan sumber terpercaya untuk mendukung tulisan kamu. Setelah itu, tulis artikel kamu dengan gaya penulisan yang jelas, singkat, dan mudah dipahami. Kalau bisa, hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis, ya~


4. Perhatikan Struktur Artikel

Struktur artikel yang baik akan membantu pembaca dan juga mesin pencari dalam memahami konten kamu. Biasanya, struktur sebuah artikel dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut:

Dengan menerapkan struktur artikel seperti di atas, Sobat MinDi juga bisa mempermudah proses menulis dengan memilih apa yang harus disampaikan di setiap bagian.


5. Pakai Heading

Pakai Heading dalam Menulis Artikel SEO

Heading adalah judul dan sub-judul dalam artikel yang menjelaskan sebuah informasi tertentu. Penggunaan heading menjadi penting banget karena bisa membantu mesin pencari dalam memahami hierarki informasi konten kamu.

Selain itu, heading juga akan memudahkan pembaca artikel kamu, loh! Soalnya, mereka bisa langsung mengecek bagian heading supaya bisa lebih cepat menemukan informasi yang dicari.

Jadi, pastikan artikel kamu terdiri dari heading seperti H1, H2, H3, dan seterusnya untuk membedakan antara judul utama dan subjudul. Oh iya, jangan lupa tambahkan kata kunci yang relevan di setiap heading, ya! 


6. Ulangi Kata Kunci Sewajarnya

Masih banyak orang yang ngira kalau semakin banyak jumlah keyword dalam suatu artikel, berarti akan semakin bagus pula performanya dalam SEO. Padahal, penggunaan kata kunci yang berlebihan justru bisa dianggap spam dan dikenakan penalti oleh Google, loh!

Maka dari itu, Sobat MinDi perlu memperhatikan jumlah penggunaan kata kunci yang cukup. Nah, hal ini biasa dikenal dengan istilah keyword density alias kepadatan kata kunci.

Untuk mengetahui berapa jumlah keyword yang ideal dan rumus menghitungnya, Sobat MinDi bisa cek selengkapnya di artikel Apa Itu Keyword Density? Panduan Lengkap untuk Pemula SEO.


7. Sertakan Internal Link dan External Link

Internal link adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama.

Dalam sebuah artikel SEO, internal link bermanfaat untuk membantu Google memahami artikel kamu supaya bisa lebih cepat di-index. Nah, kalau artikel kamu sudah ter-index, otomatis performa SEO kamu juga akan lebih baik.

Sementara itu, external link adalah tautan yang merujuk ke halaman website lain. External link bisa kamu pakai sebagai sumber untuk memperkuat penjelasan. Contohnya, link hasil penelitian, berita, data, atau berita dari media lain.

Walaupun kedua link ini bermanfaat, pastikan tautannya tetap relevan dan tidak berlebihan, ya! Kalau terlalu banyak link, nanti artikel kamu bisa dianggap spam dan terkena penalti.


8. Tambahkan Gambar

Tambahkan Gambar atau Konten Visual dalam Menulis Artikel SEO

Selain bikin konten kamu kelihatan semakin menarik, ternyata menambahkan konten visual seperti gambar juga bisa membuat artikel kamu lebih ramah SEO, loh!

Sobat MinDi bisa menambahkan gambar atau foto yang relevan dengan topik artikel yang kamu buat. Lalu, isi bagian Alt Text (Teks Alternatif) gambar kamu dengan kata kunci yang relevan dan deskripsi singkat yang juga mengandung kata kunci tersebut.

Dengan menambahkan gambar, Google jadi bisa ‘melihat’ gambar kamu dari Alt Text yang kamu berikan dan lebih mudah memahami konteks artikel kamu.


9. Optimalkan Panjang Artikel

Menurut Yoast SEO, panjang artikel blog yang baik biasanya berisi 300 – 700 kata supaya Google bisa memahami topik konten kamu.

Tapi, kalau topik yang dibahas lumayan kompleks atau membutuhkan penjelasan mendalam, panjang artikelnya bisa mencapai 1000 – 2000 kata.

Selain memperhatikan panjang artikel, tetap tekankan kualitas konten kamu, ya! Soalnya, mesin pencari akan lebih memperhatikan relevansi dan manfaat konten daripada jumlah kata yang digunakan.


10. Perhatikan Elemen Blog

Perhatikan Elemen Blog dalam Menulis Artikel SEO

Membuat artikel yang SEO-friendly tuh nggak selalu tentang tulisan kamu, tapi juga elemen teknis blog. Tujuan memperhatikan elemen blog adalah agar artikel kamu terlihat unik dan bisa bersaing di hasil penelusuran Google.

Nah, berikut ini adalah beberapa elemen blog yang perlu diperhatikan:

Dengan memperhatikan elemen teknis di atas, performa SEO artikel kamu akan menjadi lebih baik dan otomatis lebih cepat mendapat ranking tinggi di hasil pencarian Google.


11. Promosikan dan Bagikan Artikel

Nah, setelah Sobat MinDi membuat artikel SEO-friendly yang berkualitas, jangan lupa untuk mempromosikannya dan share ke audiens kamu, ya!

Kamu bisa memakai media sosial, email marketing, atau platform lainnya untuk meningkatkan visibilitas konten kamu.

Semakin banyak orang yang membaca dan membagikan artikel kamu, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google.


Sudah Siap Menulis Artikel SEO Friendly?

Dengan memperhatikan penggunaan kata kunci yang relevan, struktur yang baik, konten berkualitas, serta pengoptimalan teknis blog, kita bisa membuat artikel yang lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan memberikan nilai lebih bagi pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Nah, kalau Sobat MinDi ingin mempelajari SEO secara lebih lengkap, yuk gabung di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id!

Kalau sobat MinDi sudah punya mempunyai bekal yang cukup di bidang digital marketing, sobat bisa juga gabung ke Sribu.com untuk mencoba menjadi freelancer dan mencari pengalaman di bidang digital marketing.


Selama 4 – 5 bulan belajar di bootcamp, kamu akan belajar berbagai strategi digital marketing secara keseluruhan sekaligus praktik membuat portofolio sendiri bersama mentor profesional.

Dapatkan panduan belajar digital marketing terlengkap dan raih karier impianmu sebagai Digital Marketer dengan klik di sini ✨

Oke deh, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi!

bootcamp digital-marketing

Share

Author Image

Raniah Fatimah

Dulu copywriter, sekarang content writer.

Artikel Terkait

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Digital Marketing

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, pasti udah tau deh kalau formula copywriting itu ada ban...

Image Author

Dibimbing.id

•

25 February 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Digital Marketing

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Siapa sih, yang gak tau Instagram? MinDi yakin deh, kalau 90% dari Sobat MinDi yang lagi baca artik...

Image Author

Dibimbing.id

•

25 February 2022

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing

Career Development

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus ...

Ada dua profesi tulis menulis yang sangat penting dalam dunia marketing. Yaitu, copywriting dan con...

Image Author

Dibimbing.id

•

17 June 2022

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Digital Marketing

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Keta...

TikTok Shop menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin melihat suatu produk dan langsung membelinya ...

Image Author

Aulia Putri Andrika

•

27 July 2022

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Digital Marketing

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Mau buat design thinking tapi bingung harus mulai dari mana? Sini MinDi bisikin 5 tahapan penting s...

Image Author

Dibimbing.id

•

29 July 2022

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Digital Marketing

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringka...

Image Author

Aulia Putri Andrika

•

10 August 2022