Blog

/

Digital Marketing

/

Cara Menemukan Keyword Tanpa Tools Berbayar

Cara Menemukan Keyword Tanpa Tools Berbayar

Aulia Putri Andrika

12 August 2022

1669

Image Banner

Keyword merupakan hal penting dalam menulis blog SEO, tanpa keyword blog tersebut tidak akan terbaca oleh mesin pencarian pada Google. Tool berbayar untuk mencari keyword sangat berguna ketika anda ingin mendapatkan banyak detail untuk keyword. Namun dengan seiringnya perkembangan zaman banyak tools tidak berbayar yang dapat kamu gunakan untuk menunjang blog atau tulisan. 


Jika kamu ingin mencari keyword  atau mendapatkan referensi tentang sumber gratis yang tersedia secara online, yang mana ini biasanya banyak diabaikan oleh para blogger, tool mencari keyword gratis  ini tentu saja akan membantu kamu mendapatkan banyak keyword SEO yang menguntungkan dalam penulisan artikel maupun blog. satu satunya hal yang kamu butuh lakukan adalah carilah di sumber yang tepat.


Apa itu Keyword?

kata dan frasa yang diketik orang ke mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari . Misalnya, jika kamu  ingin membeli jenis makeup baru, Anda dapat mengetikkan sesuatu seperti "Makeup Wanita" ke Google. Meskipun frase itu terdiri dari lebih dari satu kata, itu tetap kata kunci atau satu keyword. 



Cara Mencari Keyword Tanpa Tools Berbayar

1. Auto Suggestion dari Google Suggestion

Google search adalah cara yang paling mudah untuk mulai menggali beberapa keyword populer karena mereka memang dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan untuk memberikan daftar antrian terbaik untuk siapapun. Hasil pencarian keyword ini akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kamu bisa mendapatkan banyak istilah baru yang berkaitan dengan niche anda karena hasil pencariannya bersifat dunia atau worldwide.


2. Menggunakan SEMRUSH


SEMRUSH sebagai salah satu tool luar biasa untuk menemukan keyword yang digunakan oleh para pesaing  dan beberapa alat yang bisa digunakan untuk memata matai situs kompetitor lainnya. apabila kamu mencari sebuah solusi gratis untuk menemukan keyword SEO yang ditarget oleh pesaing atau website yang berkaitan dengan milik kamu. SEMRUSH merupakan pilihan yang tepat, kamu akan memilih beberapa kategori, mungkin awalnya membingungkan juga bahwa kategori tersebut juga sudah dipilih oleh orang lain. 


3. Google search console untuk menemukan keyword yang masih eksis


Jika kamu memiliki sebuah blog, anda harus melampirkannya dengan google search console, kamu  akan menemukan banyak keyword yang bisa kamu gunakan dalam tulisan  Caranya dengan, pergilah menuju ke Google search console kamu dan pilih tulisan atau blok yang dimiliki. Kemudian, di bagian sidebar sebelah kiri klik menu atau pilihan Traffic dan di dalamnya kamu akan menemukan pilihan search queries. Klik menu tersebut dan kamu akan melihat beberapa antrian yang berhubungan dimana ini secara otomatis akan menolong kamu untuk meningkatkan SERP anda atau search engine ranking.


4. Menggunakan Tool untuk Google Keyword


Beberapa tool bahkan gratis untuk digunakan dimana kamu hanya perlu untuk menuju atau mengunjungi Google Keyword Tool. Dari sana anda akan melihat sebuah dashboard, masukkan aturan  atau frasa di dalamnya, kategori, dan semuanya yang diberikan lalu kemudian click pilihan search yang ada disana.


Nah, itu dia beberapa cara mendapatkan keyword secara gratis yang dapat kamu lakukan. Mencari keyword tentunya bukan hal yang mudah diterapkan, jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar nih untuk memilih tools yang sesuai  dengan kebutuhan kamu untuk menggunakan keyword pada tulisan maupun blog. 

Dalam menerapkan  keyword pastinya kamu tidak akan jauh-jauh dengan Digital Marketing, karena keyword adalah bagian dari Digital Marketing. MinDi mau kasih informasi menarik nih buat Sobat MinDi. Kamu udah tau belum kalau dibimbing.id menyediakan Bootcamp digital marketing? Buat kamu yang tertarik untuk menyelami dunia Digital Marketing lebih dalam khususnya untuk mempelajari mencari keyword, MinDi sarankan kamu untuk daftar program bootcamp ini. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 


Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini.


Referensi: 

https://twitter.com/saintvienna/status/1546375773187186688?t=2ODkTMSrFyRH5QF_elFOQQ&s=19 

https://ahrefs.com/blog/free-keyword-research-tools/

Share

Author Image

Aulia Putri Andrika

Hallo!! My name Aulia Putri Andrika. I am an active student at the Jakarta State Polytechnic majoring in journalism. Hardworking students looking for work. Extremely motivated to constantly develop my skills and grow professionally. Proficient in multiple social media platforms, office technology programs, and i can write on the web a well as articles. Committed to leveraging my skills to advance the company's mission. I am confident in my ability to come up with interesting ideas for unforgettable campaigns.

Artikel Terkait