Apa Itu Title Tag? Fungsi dan Cara Menulisnya untuk SEO

Raniah Fatimah

Konten ini telah ditinjau oleh Fadhil Ghifari - Head of Content

27 May 2023

8728

Image Banner

Title tag atau meta title adalah salah satu landasan SEO yang memiliki fungsi untuk menampilkan judul halaman web kamu di hasil penelusuran mesin pencari.


Meskipun terlihat seperti elemen kecil, nyatanya title tag memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan visibilitas dan peringkat halaman web Sobat MinDi, loh!


Dengan menggunakan title tag yang tepat, Sobat MinDi dapat meningkatkan peluang halaman web kamu untuk muncul di hasil pencarian yang relevan dan menarik perhatian pengguna. Oleh karena itu, penting untuk kamu memahami apa itu title tag dan bagaimana cara kerjanya.


Dalam artikel ini, MinDi akan memberikan penjelasan mendalam tentang pengertian dan fungsi title tag, pentingnya dalam SEO, hingga tips praktis membuat title tag yang efektif. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya!


Apa Itu Title Tag?

Title tag atau meta title adalah elemen HTML yang menunjukkan judul halaman web.



Dalam dunia digital marketing khususnya di bidang SEO, title tag memainkan peran yang penting dalam meningkatkan peringkat halaman web kamu.


Title tag atau biasa dikenal dengan meta title adalah elemen HTML yang menunjukkan judul halaman web. Title tag menampilkan judul halaman pada tiga tempat utama ini: hasil pencarian, tab browser, dan media sosial.


Kalau dilihat dalam bentuk semulanya, title tag terlihat seperti contoh di bawah ini:

<title> Apa Itu Keyword Density: Panduan Lengkap untuk Pemula SEO <title>


Sementara itu, jika dilihat dari Search Engine Result Page (SERP), biasanya title tag muncul sebagai tautan berwarna biru seperti ini:

Dalam Search Engine Result Page (SERP), title tag muncul sebagai tautan berwarna biru.


Fungsi utama title tag adalah memberikan informasi singkat tentang konten halaman web kepada pengguna dan membantu mesin pencari memahami isi halaman tersebut.

Nah, dengan memilih judul yang relevan dan menarik, serta mengoptimalkan penggunaan kata kunci yang tepat, title tag dapat meningkatkan peringkat website Sobat MinDi dalam hasil pencarian dan menarik pengunjung potensial.


Fungsi Title Tag

Title tag atau meta title berfungsi sebagai judul yang meringkas isi konten dari halaman web kamu ketika masuk dalam daftar hasil pencarian.


Jika title tag yang Sobat MinDi pasang terkesan menarik dan informatif, judul kamu akan terlihat lebih menonjol daripada judul-judul serupa lainnya yang muncul di SERP.


Misalnya dalam contoh ini, title tag-nya adalah “5 Ras Kucing Lucu yang Paling Penyayang dan Suka Dipeluk”. Nah, judul ini akan membantu pengguna untuk mengetahui apa yang diharapkan ketika mengklik tautannya.


Title tag dalam hasil pencarian berfungsi sebagai judul yang meringkas isi konten.


Title tag juga muncul di bagian atas tab browser dengan menampilkan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Hal ini berfungsi untuk membantu pengguna ketika mereka sedang membuka banyak tab dan ingin kembali ke halaman situs yang sesuai.

Title tag dalam tab browser berfungsi untuk menavigasi pengguna.


Selain muncul di hasil pencarian dan tab browser, title tag juga muncul di media sosial. Judul memberikan konteks yang penting untuk unggahan media sosial. Kalau title tag hilang atau tidak sesuai, maka elemen lain dari kontennya bisa menjadi tidak relevan.


Title Tag dalam media sosial berfungsi untuk memberikan konteks dari konten.



Berapa Panjang Title Tag yang Optimal?



Panjang title tag yang disarankan berkisar 50 - 60 karakter.


Sama seperti keyword density, title tag juga tidak memiliki aturan pasti untuk panjang yang idealnya. Namun, sebagian besar browser desktop dan mobile dapat menampilan 50 – 60 karakter pertama dari judul.



Kalau Sobat MinDi memasang title tag lebih dari 60 karakter, kemungkinan mesin pencari akan memotongnya dan pengguna jadi tidak bisa melihat judul keseluruhannya. Maka dari itu, sebaiknya panjang title tag perlu dibatasi tidak lebih dari 60 karakter.



Kenapa Title Tag Penting untuk SEO?


Title tag berperan dalam menentukan relevansi dan peringkat halaman web.



Title tag menjadi penting untuk SEO karena berperan sebagai elemen penting dalam menentukan relevansi dan peringkat suatu halaman web dalam hasil pencarian.


Title tag juga memberikan informasi tentang judul atau deskripsi singkat halaman web pada mesin pencari dan pengguna.


Dengan memilih judul yang tepat dan mengoptimalkan penggunaan kata kunci yang relevan, title tag dapat membantu mesin pencari memahami isi halaman web dan meningkatkan kemungkinan halaman tersebut muncul dalam hasil pencarian terkait.


Oleh karena itu, title tag yang baik dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat halaman web, serta menarik pengunjung potensial ke situs kamu.



4 Langkah Membuat Title Tag yang Efektif


Buatlah title tag yang efektif dengan ringkas, menggunakan keyword utama, judul yang menarik, dan merujuk pada audiens.



Judul halaman kamu adalah kesan pertama yang akan dimiliki pengguna ketika halaman kamu muncul di hasil pencarian. Yuk, coba empat langkah ini untuk mulai membuat title tag yang efektif dan ramah SEO:


1. Buatlah secara singkat

Judul yang terlalu panjang dapat terpotong atau terganti ketika muncul di hasil pencarian. Oleh karena itu, sangat penting untuk membatasi panjang title tag sekitar 50 – 60 karakter saja. Hal ini akan membantu pengguna mendapatkan gambaran cepat tentang isi halaman kamu.


2. Gunakan kata kunci utama


Fokuskan pada penggunaan satu keyword utama yang paling relevan dengan konten halaman kamu. Hindari penggunaan kata kunci berlebihan atau mencoba memasukkan terlalu banyak kata kunci yang dapat terkesan tidak alami dan tidak menarik bagi pengguna.


3. Tulis judul yang unik


Buatlah judul yang unik dan bisa membedakan halaman kamu dari yang lainnya. Sobat MinDi bisa mencoba gunakan frasa atau penekanan yang menarik perhatian dan menggambarkan secara jelas konten halaman kamu.


4. Tulislah untuk audiens kamu


Cobalah berfokus pada menarik perhatian dan memberikan nilai bagi pengguna. Buatlah judul yang bisa membangkitkan rasa ingin tahu dan relevan dengan apa yang dicari oleh target audiens. Hal ini bisa membuat mereka merasa tertarik untuk mengklik dan memperoleh informasi yang mereka cari.



Dengan memahami apa itu title tag, sekarang Sobat MinDi sudah bisa membuat judul yang menarik dan relevan bagi pengguna serta membantu meningkatkan peringkat website kamu.


Nah, bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang SEO dan berbagai strategi digital marketing lainnya, yuk gabung di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id!


Segera daftarkan diri kamu sebelum kuota terpenuhi atau coba konsultasi gratis untuk pertanyaan lebih lanjut.


Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi!

bootcamp digital marketing

Share

Author Image

Raniah Fatimah

Dulu copywriter, sekarang content writer.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

07 June 2023

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Digital Marketing

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Cara mengatasi duplicate meta descriptions pada blog bisa kamu lakukan dengan mengedit template. Yu...

Image Author

Raniah Fatimah

23 June 2023

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Digital Marketing

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Bahas tuntas soal sepuluh tips dan strategi SEO untuk toko online e-commerce sebagai solusi untuk h...

Image Author

Nadia L Kamila

06 October 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

01 November 2023

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

27 April 2024