Rekomendasi 10 Tools SEO GRATIS Terbaik 2022 - dibimbing.id

Kezia Margaretha

02 November 2022

4202

Image Banner


Sebagai seorang content writer, memiliki skill SEO dan memahami trend merupakan dua hal yang sangat penting. Kamu harus bisa meningkatkan jumlah visitor dari website perusahaan serta menaikkan peringkatnya di Search Engine Result Page (SERP) melalui hasil tulisanmu. Meskipun demikian, skill SEO ini masih belum banyak dimiliki oleh sebagian orang. Namun, tenang! Saat ini telah banyak tools SEO gratis yang dapat membantu kamu dalam mengoptimalisasi website-mu. 

Tools-tools gratis tersebut performanya juga tidak kalah saing dengan tools sejenis yang berbayar. Bukan hanya itu, tools-tools ini direkomendasikan oleh komunitas SEO. Berikut 10 Tools SEO gratis yang wajib kamu tau:


Rank Math


Tools SEO gratis Rank Math

Tools SEO gratis Rank Math/ Sumber: RankMath


Rank Math merupakan salah satu plugin dari WordPress yang dapat membantu dalam mengoptimalkan website-mu. Tools SEO gratis satu ini akan membantumu dalam menambahkan meta titles, description, dan juga membuat website lebih terstruktur. 

Bukan hanya itu, Rank Math juga memiliki fitur yang sangat canggih, dimana tools tersebut akan memberikan skor pada hasil website-mu serta memberikan saran-saran untuk meningkatkan peringkat website-mu. 

Dalam sebuah website, seringkali terdapat tautan-tautan yang error di dalamnya. Namun, dengan menggunakan Rank Math, kamu dapat melacaknya serta memperbaikinya.

Cara menggunakan Tools SEO gratis ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu menginstall-nya pada wordpress-mu dan langsung dapat digunakan. 


Google Analytics 

Tools SEO  Google Analytics

Tools SEO gratis Google Analytics/ Sumber: buzzup.id


Siapa disini yang gak kenal dengan perusahaan teknologi raksasa Google? Semuanya pasti tau dan menggunakan salah satu produk dari perusahaan tersebut. Nah, Google sendiri juga memiliki produk tools SEO gratis yang dapat kamu gunakan. 

Tools satu ini dapat disebut sebagai tools SEO gratis sejuta umat. Hampir semua orang terutama pemula pasti pernah menggunakan tools yang satu ini. 

Hal tersebut dikarenakan tools ini sangatlah bagus dan mudah digunakan seperti produk-produk Google lainnya. Meskipun demikian, beberapa orang memutuskan untuk tidak menggunakan tools yang satu ini dikarenakan masalah privasi. Mereka takut data yang ada di dalam website mereka akan digunakan oleh Google. 


Google Trends

Tools SEO Google Trends
Tools SEO Google Trends


Tidak berbeda jauh dengan tools SEO gratis sebelumnya, tools satu ini juga merupakan produk dari Google. Tools yang satu ini dapat membantu kamu dalam mengetahui tren dan topik apa yang sedang populer saat ini. Dengan adanya informasi tersebut, kamu dapat menggunakannya untuk menentukan strategi-strategi konten yang akan meningkatkan peringkat website-mu. 

Cara menggunakan tools SEO gratis ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu menulis kata kunci. Setelah itu, kamu dapat secara langsung melihat bagaimana minat orang-orang terhadap kata kunci tersebut, wilayah yang paling tertarik terhadap kata kunci tersebut, serta kata-kata lain yang masih berkaitan erat dengan kata kunci. Kamu juga dapat membandingkan tren-tren berdasarkan periode waktunya. 


Screaming Frog

Tools SEO gratis Screaming Frog

Tools SEO gratis Screaming Frog/Sumber: Screaming Frog


Dalam membahas tools SEO gratis yang paling tepat untuk akun twitter, kamu tentunya tidak bisa melupakan Screaming Frog. Tools satu ini merupakan salah satu yang crawler berbasis dekstop yang paling populer saat ini. 

Meskipun demikian, banyak orang hanya mengetahui bahwa Screaming Frog merupakan tools SEO yang berbayar. Hal tersebut tidaklah salah dan juga tidaklah benar. Screaming Frog memang memiliki versi yang berbayar, namun kamu juga dapat menggunakannya secara gratis apabila hanya menggunakan 500 URL per crawl. 

Namun, tentunya kamu tidak dapat berharap banyak ketika membandingkan kedua versi tersebut. Dengan menggunakan versi yang berbayar, kamu pastinya dapat menggunakan semua jenis fiturnya tidak seperti versi yang gratis. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan Screaming Frog hanya untuk proyek-proyek kecil serta website yang lebih kecil. 


Yoast SEO 


Tools SEO gratis Yoast SEO
Tools SEO gratis Yoast SEO/Sumber: Kinsta


Ketika membahas plugin di Wordpress, tools SEO gratis yang satu ini tentunya ga boleh ketinggalan. Dengan menggunakan tools ini, kamu dapat mengidentifikasi gap-gap yang tertinggal dalam website-mu. 

Fitur-fitur yang dimiliki juga sangat banyak dimana kamu dapat mengatur meta description, judul, canonical URL, dan pengaturan-pengaturan back-end lainnya. Selain itu, Yoast SEO juga dapat meningkatkan konten website-mu melalui skor readability. Plugin satu ini akan memberikan skor berdasarkan pada panjang website-mu serta kriteria-kriteria lainnya. Yoast juga dapat membantu meningkatkan shareability konten-mu di sosial media. 


Ubersuggest 


Tools SEO Ubersuggest


Tools SEO gratis satu ini berfokus dalam membantu kamu untuk menemukan ide-ide konten serta kata-kata kunci baru. Tools ini berfokus pada fitur-fitur yang memberikan kamu gambaran umum terhadap kata-kata kunci tertentu. 

Ketika melakukan pencarian kata kunci, kamu akan disuguhkan jumlah pencarian kata kunci dalam sebulan dan bagaimana peringkatnya oleh tools satu ini. Untuk menjuarai peringkat kata kunci, tools ini juga akan merekomendasikan jumlah backlink yang perlu kamu miliki dalam website. 

Sangat berfokus pada kata kunci dan ide konten, tools ini sangat disarankan untuk digunakan dalam mengisi konten sosial media serta kalender konten milikmu. 


Google Search Console 

Tools SEO Google Search Console

Tools SEO Google Search Console/Sumber: Search Engine Land


Ketika membicarakan produk dari google yang merupakan tools SEO gratis, tentunya tidak akan ada habisnya. Tools satu ini juga merupakan produk dari google yang sebelumnya dikenal dengan Google Webmasters. 

Tools ini akan membantumu memahami cara kerja dari Google dalam mengindeks website-mu. Google Search Console juga dapat membantumu mendiagnosa kesalahan-kesalahan teknis yang ada dalam website-mu. Hal ini juga akan membantumu dalam memahami kata kunci dan konten peringkat. 

Penggunaanya sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu membuat akun dan memasukkan website-mu ke dalam akun tersebut. Setelah itu, kamu hanya perlu memverifikasi kepemilikan terhadap website tersebut dan kamu dapat langsung menggunakannya.


SEM Rush 

Tools SEO SEMRush/Sumber: Digidop



Tools SEO gratis satu ini sangat direkomendasikan untuk link building. Bukan hanya itu, SEM Rush juga dapat membantu dalam mengoptimalkan kata kunci, konten, serta melacak peringkat websitemu. 

Namun, tools ini memiliki keterbatasan apabila kamu menggunakan versi gratisnya. Kamu dibatasi hanya dapat menggunakannya sampai dengan 100 domain saja. Jika kamu ingin menggunakan tools satu ini, yuk segera buat akun gratis dan akses fitur-fitur tersebut. 


Bing Webmaster 

Tools Bing Webmaster

Tools Bing Webmaster/Sumber: Create


Tools satu ini merupakan tools SEO gratis yang sangat underrated di kalangan pengguna. Padahal tools ini memiliki rangkaian analitik yang lengkap untuk membantumu menganalisis web. Tools satu ini juga akan membantumu dalam meneliti kata kunci dan mengidentifikasi masalah yang ada pada web-mu. 

Cara penggunaannya sendiri sangat mudah seperti tools-tools lainnya. Kamu hanya perlu membuat akun, menambahkan website milikmu, verifikasi kepemilikan, dan mengunggah sitemaps-mu. Setelah mengikuti tahapan tersebut, kamu langsung bisa menggunakannya untuk mengoptimalkan website-mu.


 Xenu 

Tools SEO Xenu
Tools SEO Xenu/Sumber: German Cabello



Tools satu ini tentunya udah ga asing di dalam list tools SEO gratis yang pernah kamu baca. Berada di urutan paling akhir list artikel ini, Xenu merupakan tools yang banyak digunakan oleh content writer sejak 10 tahun yang lalu. 

Tools Crawler desktop berbasis Windows ini juga tidak banyak berubah sejak awal kemunculannya. Hal itu membuatnya masih banyak disukai untuk digunakan dalam proyek-proyek kecil. Salah satu fitur tools satu ini yaitu mengidentifikasi tautan-tautan yang error juga menjadi favorit para penggunanya. 

Berikut 10 tools SEO gratis yang dapat kamu gunakan. Sekarang, kamu dapat mengoptimalisasi website-mu tanpa perlu skill-skill khusus. Namun, akan lebih baik apabila kamu sendiri juga belajar skill tersebut. 

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai SEO dan Content Writing, kamu dapat mengikuti layanan bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id. 

Disana kamu akan diajarkan secara lengkap mengenai digital marketing bersama dengan mentor-mentor berpengalaman. 

Yuk, segera daftarkan dirimu! Hope to see you soon!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024