14 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Contohnya

Raniah Fatimah

•

29 July 2023

•

12324

Image Banner

Sebagai seorang penulis konten, pastinya kamu wajib banget memahami cara membuat judul artikel yang menarik. Seperti yang kita ketahui, judul artikel punya peran yang sangat penting dalam menarik minat pembaca. Nggak cuma itu, ternyata judul artikel juga cukup berpengaruh terhadap SEO, loh!

Tapi, tahukah kamu bahwa di balik judul artikel yang menarik terdapat teknik-teknik tertentu yang membuatnya begitu efektif?

Nah, dalam artikel ini, MinDi akan mengungkap 14 tips & tricks untuk membuat judul yang menarik beserta contoh-contoh yang bisa kamu jadikan inspirasi. Yuk, simak tulisan ini selengkapnya sampai akhir, ya!


14 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik

Cara membuat judul artikel yang menarik

Memiliki judul artikel yang menarik adalah salah satu kunci dalam membuat artikel SEO Friendly yang bisa mengundang minat pembaca sekaligus meningkatkan visibilitas konten kamu di hasil mesin pencari.

Maka dari itu, MinDi akan menguraikan 14 cara membuat judul artikel yang menarik dalam panduan berikut ini:


1. Awali dengan Membuat Draft Judul

Sebelum mulai menulis artikel, langkah pertama yang perlu Sobat MinDi lakukan adalah membuat draft judul. Draft judul ini nantinya akan menjadi panduan kamu dalam menulis konten.

Misalnya, Sobat MinDi mau menulis artikel dengan topik “digital marketing”. Kamu bisa menuliskan beberapa judul yang sesuai dengan topik tersebut:

  • Panduan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

  • Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Terbaik

  • Rahasia Sukses dalam Belajar Digital Marketing

Nah, dengan menuliskan beberapa contoh judul yang sesuai dengan pokok bahasan artikelmu, kamu bisa membuat artikel yang pembahasannya tidak terlalu luas dan terfokus ke beberapa hal tertentu saja.

Jadi, artikel kamu nggak bakalan ngalor-ngidul alias bertele-tele~


2. Perhatikan Panjang Judul

Sebaik-baiknya judul artikel adalah judul yang singkat, jelas, dan padat. Judul artikel yang singkat biasanya akan terkesan lebih to-the-point dan membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya.

Kalau judul artikel Sobat MinDi terlalu panjang, biasanya judul tersebut akan terpotong di hasil pencarian dan membuat pembaca tidak bisa membaca judul sepenuhnya. Jadi, usahakan buat judul dengan maksimal 60 karakter.

Menulis judul artikel yang terlalu panjang dapat mengurangi minat pembaca dan terpotong di hasil pencarian

Nah, MinDi sendiri sih biasanya suka pakai bantuan alat preview Title Tag seperti MOZ seperti gambar di atas. Dengan alat gratisan ini, Sobat MinDi bisa melihat bagaimana tampilan judul artikel kamu ketika muncul di hasil pencarian. Jadi, kamu bisa mencegah penulisan judul yang kepanjangan dan terpotong.


3. Fokus ke Pembaca, bukan Mesin Pencari

Memang sih, memperhatikan optimasi mesin pencari (SEO) itu penting banget. Tapi, jangan sampai lupa kalau Sobat MinDi menulis konten yang ditujukan untuk pembaca manusia, loh~

Judul artikel yang menarik harus tetap relevan dan bermanfaat bagi pembaca. Jadi, ketika menulis judul, coba pikirkan apa yang ingin diketahui atau dicari oleh pembaca dan buatlah judul yang bisa membuat mereka penasaran.


4. Tambahkan Angka dalam Judul

Menggunakan angka dalam judul

Sobat MinDi juga bisa menggunakan angka dalam judul artikel untuk membuatnya kelihatan lebih spesifik dan terstruktur. Contohnya:

  • 7 Tips Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja

  • 10 Destinasi Liburan Tersembunyi di Indonesia

Berdasarkan penelitian Content Marketing Institute, judul artikel blog yang menggunakan angka mampu menghasilkan performa 45% lebih baik daripada judul artikel biasa. Nah, itulah kenapa kamu bisa memanfaatkan angka sebagai salah satu cara membuat judul artikel yang menarik!


5. Posisikan Keyword dengan Tepat

Ketika menulis artikel SEO, biasanya Sobat MinDi diharuskan untuk memasukkan keyword dalam judul. Tapi, penempatan kata kuncinya juga ada strateginya, nih~

Sebaiknya, tempatkan kata kunci di bagian awal judul dan akhir judul. Namun, nggak masalah juga kok kalau keyword-mu agak sulit untuk diposisikan pada kedua bagian tersebut.

Sobat MinDi boleh saja menempatkan keyword di tengah, tapi kamu harus bisa membuat kata-kata yang menarik di awal judul supaya minat pembaca tidak teralihkan pada judul tulisan yang disediakan.

Misalnya keyword kamu adalah “makanan kucing”, maka contohnya seperti ini:

  • Bikin Gemuk, Makanan Kucing Ini Tinggi Nutrisi!

  • 10+ Makanan Kucing yang Direkomendasi Dokter Hewan

  • Hebatnya! Makanan Kucing Ini Bikin Si Meong Makin Sehat


6. Bangkitkan Emosi Pembaca

Sobat MinDi juga bisa membuat judul artikel yang menarik dengan melibatkan perasaan pembaca. Tapi, bagaimana cara melakukannya?

Caranya, kamu bisa menggunakan kata-kata yang bisa menarik perhatian atau menggunakan pertanyaan untuk membangkitkan rasa penasaran pembaca. Nah, contohnya kira-kira seperti ini:

  • Sering Overthinking? Atasi dengan Teknik Meditasi Ini!

  • Mengharukan, Mahasiswa Ini Wisuda di Rumah Sakit

  • Malesin Banget! 4 Zodiak Ini Paling Sering Bikin Kesal


7. Manfaatkan Kejutan atau Kontroversi

Nggak bisa dipungkiri lagi, kabar kontroversial atau drama pastinya bisa mengundang minat pembaca yang tinggi. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk digunakan dalam judul artikel.

Eits tapi… pastikan untuk menggunakan teknik ini dengan bijak tanpa mengorbankan kredibilitas dan integritas kontenmu, ya~

Sobat MinDi bisa menambahkan kata-kata yang mengejutkan atau kontroversi dalam judul artikel dengan contoh seperti berikut ini:

  • Mitos Terbesar tentang Diet yang Ternyata Salah

  • Terungkap! Fakta Gelap di Balik Kisah Cinta Hollywood


8. Coba Metode "How-to"

Cara efektif selanjutnya dalam membuat judul yang menarik adalah dengan menggunakan metode "How-to". Metode ini mengacu pada pendekatan yang menjelaskan tentang cara melakukan sesuatu atau mengatasi suatu masalah.

Dengan menggunakan metode ini, judul artikelmu bisa memberikan janji kepada pembaca bahwa mereka akan mendapatkan panduan langkah demi langkah untuk mencapai sesuatu. Contohnya seperti ini:

  • Cara Membuat Kue Coklat Lezat dalam 5 Langkah Mudah

  • Tips & Trik Merawat Tanaman Hias agar Tetap Cantik


9. Gabungkan Kata-kata yang Kontras

Menggabungkan kata-kata yang bertolak belakang dalam judul artikel juga bisa menimbulkan ketertarikan pembaca, loh!

Dengan menggunakan kata-kata yang memiliki makna bertentangan, Sobat MinDi dapat membangkitkan rasa penasaran pembaca dan membuat judul jadi lebih berkesan. Misalnya seperti ini:

  • Soal Keuangan Pribadi: Mending Hemat atau Nikmati Hidup?

  • Kesuksesan vs Kegagalan: Cara Membangun Karier yang Sukses


10. Tunjukkan Kesan Urgensi

Judul yang memberikan kesan urgensi dapat mendorong pembaca untuk segera membaca artikel tersebut. Untuk itu, Sobat MinDi bisa menggunakan kata-kata atau yang mengindikasikan waktu atau desakan yang sangat penting, 

Kamu bisa menambahkan unsur urgensi dengan kata-kata seperti “sekarang juga”, “bahaya”, atau “waspada” untuk mendorong pembaca untuk segera membacanya. Nah, contohnya seperti ini:

  • Terapkan Sekarang! 7 Langkah untuk Menghemat Pengeluaran

  • Waspada! Bahaya Kecanduan Media Sosial pada Anak-anak


11. Berikan Manfaat Bagi Pembaca

Ketika Sobat MinDi membuat artikel, bukan cuma topik atau judul saja yang harus diperhatikan. Tapi, manfaat atau solusinya juga harus kamu berikan.

Soalnya, pembaca nggak akan mau membuang-buang waktunya untuk membaca artikel yang kelihatannya tidak bermanfaat.

Jadi, kamu perlu memikirkan masalah atau kebutuhan yang ingin diselesaikan oleh pembaca dan menampilkan solusinya di dalam judul. Contohnya:

  • Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan 5 Tips Sederhana

  • 10 Resep Makanan Sehat untuk Diet Sukses


12. Sisipkan Kata Sifat atau Kata Keterangan

Penambahan kata sifat atau kata keterangan dalam judul juga bisa membuatnya jadi lebih menarik dan kreatif, loh~

Caranya, gunakan kata-kata yang menggambarkan kualitas atau karakteristik unik dari konten kamu. Misalnya “terbaik”, “paling populer”, “terpercaya”, dan kata-kata sifat lainnya yang bisa menarik perhatian orang, namun tetap mewakili artikelmu. Contohnya sebagai berikut:

  • 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung

  • 7 Destinasi Liburan Paling Populer di Indonesia

  • Cara Memilih Agensi Pemasaran Digital Terpercaya


13. Pakai Istilah yang Populer atau Terkini

Di zaman sekarang, ada banyak banget istilah-istilah baru yang menjadi populer terutama di kalangan Gen Z.

Nah, kamu bisa menambahkan istilah populer tersebut dalam judul agar artikel kamu tetap up-to-date dengan tren anak-anak muda atau perkembangan terbaru saat ini.

Tapi, pastikan istilah tersebut masih relevan dengan topik bahasanmu dan tetap mengedepankan nilai konten yang informatif, ya! Misalnya seperti ini:

  • Cara Mengoptimalkan Bisnis dengan Bantuan AI 

  • Apa Itu Cryptocurrency? Panduan Lengkap untuk Pemula


14. Patuhi Penulisan PUEBI yang Benar

Langkah terakhir dalam menulis judul artikel yang menarik dan juga efektif adalah dengan mengikuti PUEBI. Kalau di judulnya ada typo atau kesalahan lainnya, bisa jadi pembaca akan menilai artikelmu kurang profesional, loh!

Jadi, sebaiknya hindari kesalahan ejaan, tanda baca yang salah, atau penggunaan kata-kata yang ambigu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kredibilitas konten kamu dan meningkatkan daya minat pembaca.


Sudah Paham Caranya Bikin Judul Artikel yang Menarik?

Dalam artikel ini, kita telah membahas 14 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik beserta contohnya. Dengan mengikuti panduan yang telah disampaikan, sekarang Sobat MinDi bisa membuat judul yang singkat, informatif, dan memikat bagi pembaca.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam membuat artikel yang menarik dan berpengaruh, ya!

Nah, kalau Sobat MinDi ingin belajar lebih dalam tentang cara membuat konten yang efektif, tips & trik SEO, dan berbagai strategi marketing lainnya, yuk gabung di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id!

Selama 4 – 5 bulan di bootcamp, kamu tidak hanya belajar teori digital marketing secara keseluruhan, tapi juga praktik langsung bersama mentor profesional.

Okay , sampai ketemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi~

Share

Author Image

Raniah Fatimah

Dulu copywriter, sekarang content writer.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved