Apa saja Perbedaan CV dan Portofolio? Yuk pelajari Selengkapnya!

Muthiatur Rohmah

•

08 March 2024

•

186

Image Banner

CV dan Portofolio merupakan dua dokumen penting yang dilampirkan saat melamar pekerjaan. Dokumen ini harus diperhatikan dan dipahami oleh job seeker.


CV dan portofolio berfungsi untuk menjelaskan kepada recruiter mengenai skill dan potensi diri pelamar, serta keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.


Meskipun sering dijadikan persyaratan lamaran kerja secara bersamaan, sebenarnya CV dan portofolio memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan.


Apa saja perbedaan CV dan Portofolio? Yuk simak penjelasannya pada artikel ini!


Pengertian CV dan Portofolio


CV adalah dokumen yang merangkum pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, keterampilan, dan kualifikasi profesional seseorang secara detail. CV digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada recruiter dalam konteks mencari pekerjaan, atau lembaga akademik untuk mengajukan studi lanjutan atau beasiswa.


Portofolio adalah kumpulan karya atau dokumen yang secara komprehensif menunjukkan kemampuan, pencapaian, dan pengalaman seseorang dalam bidang tertentu. Portofolio dapat berisi berbagai bentuk karya seperti proyek, desain, tulisan, dan penelitian seseorang. 


Pada profesi pekerjaan tertentu, terutama di bidang kreatif seperti seni, desain grafis, arsitek, dan writer, portofolio merupakan alat penting untuk menunjukkan bukti visual dan konkret dari kemampuan kerja. 


Baca Juga: Ingin Mengecek CV Kamu ATS Friendly atau Tidak? Simak Caranya Berikut ini!


Perbedaaan CV dan Portofolio


Setelah memahami tentang pengertian CV dan Portofolio, kita telah memiliki gambaran singkat dan pemahaman antar dua dokumen tersebut.


Selanjutnya, yuk simak perbedaan CV dan Portofolio yang telah MinDi jelaskan pada pembahasan berikut.


1. Format dan Struktur


CV  merupakan dokumen teks yang terstruktur, berfokus pada riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pencapaian, dan keterampilan dalam format naratif atau daftar poin. CV cenderung mengikuti format yang lebih formal dan standar.


Sedangkan Portofolio adalah kumpulan karya atau proyek yang lebih kreatif dan praktis. Portofolio dapat berisi gambar, desain, tulisan, atau proyek lainnya yang menunjukkan kemampuan dan gaya kerja. 


Format portofolio terlihat lebih fleksibel, tergantung pada industri dan jenis karya yang ditampilkan.


2. Isi dan Fokus


CV fokus untuk menyajikan gambaran umum tentang latar belakang profesional dan akademik seseorang, termasuk pengalaman kerja, pendidikan, sertifikasi, dan keahlian spesifik.


Sedangkan portofolio fokus pada karya tertentu atau proyek yang telah selesai, menunjukkan kreativitas, teknik, dan hasil kerja. Isinya lebih khusus pada demonstrasi kemampuan praktis.


3. Penggunaan


CV digunakan untuk melamar pekerjaan, program akademik, beasiswa, atau kesempatan profesional lainnya, bertujuan untuk memberikan overview kualifikasi dan pencapaian.


Sedangkan portofolio digunakan untuk menunjukkan kemampuan kerja kreatif atau teknis kepada recruiter atau klien, pada bidang pekerjaan yang membutuhkan demonstrasi karya visual atau kreatif.


4. Keperluan


CV diperlukan di hampir semua bidang pekerjaan sebagai bagian standar dari aplikasi pekerjaan atau akademik.

 

Sedangkan portofolio lebih sering digunakan dalam industri kreatif seperti desain grafis, arsitektur, fotografi, seni, penulisan kreatif, dan bidang lain yang memerlukan hasil karya sebagai evaluasi profesional.


5. Tampilan


 CV biasanya dikirimkan sebagai dokumen terpisah atau bagian dari aplikasi pekerjaan dalam format PDF atau cetak.

 

Sedangkan Portofolio lebih fleksibel, Bisa dalam bentuk fisik (misalnya, album foto atau buku desain) atau digital (website, blog, atau platform khusus portofolio online).


Kesimpulan perbedaan CV dan portofolio terletak dari isinya, CV berisi latar belakang dan kemampuan diri secara profesional, sementara portofolio berisi bukti atau pengalaman dari kemampuan dan kreativitas.


Kedua dokumen ini, merupakan persyaratan lamaran kerja yang penting dan perlu diperhatikan.




Contoh CV dan Portofolio


Untuk menambah pemahaman Sobat MinDi, yuk simak contoh CV dan portofolio berikut ini.


Beberapa contoh CV dan portofolio ini juga dapat Sobat MinDi jadikan referensi untuk penulisan CV dan portofolio yang lebih tepat dan kreatif.


1. Contoh CV


Source: academia.edu


2. Contoh Portofolio


Source: pinterest


Sobat MinDi, itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan CV dan portofolio yang wajib dipahami oleh para jobseeker.


CV dan portofolio merupakan dokumen penting yang berfungsi menunjukkan kemampuan diri yang relevan dengan posisi yang dilamar. CV dan portofolio yang efektif dapat meningkatkan kesempatan pelamar untuk maju ke tahap seleksi interview.


Baca Juga: Tips Membangun Portofolio Web Developer yang Menarik



Untuk mempersiapkan karir yang efektif, selain membuat CV dan portofolio yang efektif mahasiswa harus mengikuti pelatihan atau sertifikasi khusus untuk mengisi CV dan portofolio agar terlihat lebih profesional.


Salah satu caranya adalah mengikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan khusus yang fokus meningkatkan skill dan potensi mahasiswa untuk menghadapi dunia karir secara profesional.


Pelatihan karir ini dibimbing oleh para mentor profesional dan berpengalaman, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran inovatif dan efisien. 


Ayo segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!