Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Admin Lengkap & Tipsnya

Muthiatur Rohmah

29 May 2024

277

Image Banner

Sobat MinDi, untuk menjaga operasional dan sistem administrasi, perusahaan pasti membutuhkan seorang profesional Admin untuk menanganinya.


Oleh sebab itu, staff admin banyak dicari perusahaan saat ini, dengan tingkat persaingan yang cukup kompetitif. Jika Sobat MinDi ingin lolos menjadi staff Admin, Sobat MinDi harus menarik dan menonjol di mata recruiter. Lantas bagaimana caranya?


Salah satu cara menarik perhatian recruiter adalah membuat surat lamaran kerja administrasi yang lengkap dan profesional. Ini akan menjadi kesan pertama yang sangat bermakna bagi recruiter.


Penasaran bagaimana cara membuat surat lamaran kerja administrasi yang lengkap? Apa saja strukturnya? Bagaimana contoh surat lamaran kerja administrasi yang benar?


Yuk temukan jawabannya pada artikel ini.



Pentingnya Surat Lamaran Kerja Staff Admin



Surat lamaran kerja merupakan komponen penting dalam proses melamar pekerjaan, terutama untuk posisi seperti staff admin. Surat lamaran kerja berfungsi untuk membuat kesan yang baik kepada recruiter. 


Sebagai staff admin, seorang kandidat harus menunjukkan keahlian organisasi, perhatian terhadap detail, dan kemampuan komunikasi yang luar biasa. Surat lamaran kerja merupakan peluang bagi Sobat MinDi untuk menjelaskan secara detail pengalaman dan kualifikasi yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. 


Dalam surat lamaran kerja administrasi, Sobat MinDi  dapat menulis beberapa keterampilan penting seperti pengelolaan dokumen, koordinasi jadwal, dan pengalaman kerja yang relevan sebelumnya.


Surat lamaran kerja juga menunjukkan kemampuan Sobat MinDi dalam menyusun dokumen secara profesional, yang merupakan keahlian penting di bidang administrasi. 


Dengan demikian, surat lamaran kerja staff administrasi yang ditulis dengan baik tidak hanya memperkuat resume, tapi juga meningkatkan peluang pelamar untuk dipanggil untuk wawancara.



Apa yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja Staff Admin?



Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, Sobat MinDi harus pahami dulu komponen yang harus ada dalam surat lamaran kerja. Lantas apa saja komponen tersebut?


Dalam menulis surat lamaran kerja untuk posisi staff administrasi, penting untuk memastikan bahwa surat tersebut memuat semua informasi yang relevan untuk menunjukkan bahwa Sobat MinDi adalah kandidat yang ideal. 


Surat lamaran kerja tidak hanya merupakan dokumen yang menyertai resume, tetapi juga kesempatan untuk menunjukkan kemampuan komunikasi dan memperkenalkan diri secara profesional kepada recruiter. 


Dikutip dari Indeed, komponen utama yang harus ada dalam surat lamaran kerja staff administrasi mencakup:

  • Nama Lengkap dan Informasi Kontak Utama

  • Judul Pekerjaan yang Anda Inginkan

  • Alasan Anda Melamar Posisi Tersebut

  • Keterampilan dan Kualifikasi yang Relevan

  • Sertifikasi Asisten Administratif

  • Pengalaman Kerja Sebelumnya

  • Contoh Spesifik dan Prestasi


Dengan menyiapkan surat lamaran kerja yang mencakup komponen-komponen di atas, Sobat MinDi akan menyediakan informasi yang jelas tentang kemampuan dan keahlian yang  berharga untuk perusahaan.



Struktur Surat Lamaran Kerja Staff Administrasi



Sobat MinDi, sebelum menulis surat lamaran kerja administrasi yang baik, kamu harus memahami terlebih dahulu struktur surat lamaran kerja dengan benar. Struktur ini harus ditulis secara urut dan profesional.


Lantas bagaimana struktur surat lamaran kerja administrasi yang baik? Yuk pahami selengkapnya!


struktur surat lamaran kerja staff admin



1. Header Surat Lamaran Kerja


Bagian header berisi informasi pribadi pelamar serta tanggal surat ditulis. Informasi ini umumnya meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email pelamar. Header surat lamaran kerja bisa mencakup informasi kontak penerima surat, seperti nama, posisi, dan alamat perusahaan.



2. Salam Pembuka


Salam pembuka adalah cara pelamar untuk menyapa penerima surat. Idealnya, pelamar mengetahui nama penerima surat sehingga dapat menyapa dengan nama, seperti "Yth. Ibu Anita" atau "Bapak Ahmad." Jika nama tidak diketahui, pelamar dapat menggunakan salam umum seperti "Kepada Yth. Pimpinan HRD."



3. Pendahuluan Surat


Di bagian pendahuluan, pelamar memperkenalkan diri dan menyatakan posisi yang dilamar serta dari mana mereka mengetahui informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Ini adalah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik dan menarik perhatian recruiter.



4. Isi Surat Lamaran Kerja


Bagian isi surat adalah inti dari surat lamaran kerja, berisi penjelasan lebih rinci tentang kualifikasi, pengalaman kerja, dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sobat MinDi juga bisa menyertakan prestasi atau contoh spesifik yang menunjukkan keberhasilan mereka dalam peran-peran sebelumnya yang serupa.



5. Penutup Surat


Di bagian penutup surat lamaran kerja, Sobat MinDi bisa mengulangi minatnya terhadap posisi tersebut dan menyatakan keinginan untuk bertemu atau berdiskusi lebih lanjut dalam wawancara. Penutup harus menyampaikan apresiasi kepada penerima surat atas waktu dan pertimbangan mereka.



6. Tanda Tangan


Bagian akhir dari surat lamaran kerja adalah tanda tangan pelamar yang menandai penutupan surat. Jika surat dikirim secara digital, pelamar dapat menyertakan tanda tangan digital atau cukup mengetikkan nama lengkap mereka. Tanda tangan ini bertujuan untuk memberikan sentuhan personal dan profesionalisme.


Struktur surat lamaran kerja ini membantu menyampaikan informasi secara jelas dan sistematis, menunjukkan profesionalitas pelamar, dan meningkatkan peluang untuk dipertimbangkan dalam proses seleksi.


Baca Juga: CV Beasiswa yang Inovatif dan Menarik Beserta Cara Membuatnya!




Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Staff Admin yang Efektif



Ingin mulai menulis surat lamaran kerja staff administrasi? Namun bingung harus mulai dari mana? Yuk pahami caranya berikut ini.



1. Buat Salam Pembuka yang Tepat


Langkah awal dalam menulis surat lamaran kerja adalah menulis salam pembuka. Sebaiknya, selalu berusaha untuk mencari tahu nama kontak yang akan membaca surat lamaran kerja. 


Hal ini menunjukkan bahwa Sobat MinDi telah melakukan usaha tambahan dan membuat surat lamaran kerja lebih personal.


Contoh:


Yth. Bapak Andi Setiawan,

Manajer HRD PT Maju Bersama



2. Sertakan Pernyataan Menarik di Pembukaan Surat


Langkah selanjutnya adalah menulis pembukaan surat lamaran kerja. Pembukaan surat harus langsung menarik perhatian pembaca. Sebutkan dengan jelas posisi yang dilamar dan sedikit highlight mengapa kamu adalah kandidat yang tepat.


Contoh:



Dengan ini saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar posisi Staf Administrasi yang diiklankan di website perusahaan Anda. Saya memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam pengelolaan administratif dan manajemen dokumen, yang saya yakin dapat memberikan kontribusi signifikan kepada PT Maju Bersama.



3. Jabarkan Pengalaman Relevan


Langkah selanjutnya adalah menulis isi surat lamaran kerja, dalam paragraf ini, berikan detail tentang pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. 


Jelaskan keterampilan yang dimiliki dan bagaimana keahlian tersebut relevan dengan posisi tersebut.


Contoh:


Di posisi terakhir saya sebagai Asisten Administrasi di PT Karya Indah, saya bertanggung jawab atas pengelolaan jadwal, koordinasi antar departemen, dan pemeliharaan database karyawan, yang berhasil meningkatkan efisiensi operasional sebesar 30%.



4. Sebutkan Kualifikasi atau Sertifikasi Khusus


Langkah selanjutnya adalah menulis kualifikasi atau sertifikat khusus. Jika Sobat MinDi  memiliki kualifikasi atau sertifikasi yang dapat menambah nilai pada posisi yang dilamar, tulis secara spesifik dalam surat lamaran kerja.


Contoh:


Saya juga telah mengikuti pelatihan profesional dalam Pengelolaan Arsip dan Administrasi Perkantoran, dan memiliki sertifikasi Master Microsoft Office, yang memperkuat kemampuan saya dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi yang efektif.



5. Tutup dengan Ajakan untuk Wawancara


Akhiri surat lamaran kerja dengan mengundang pihak perusahaan untuk berdiskusi lebih lanjut dalam sebuah wawancara. Tawarkan untuk memberikan informasi tambahan dan sampaikan rasa terima kasih atas pertimbangan lamaran Sobat MinDi.


Contoh:



Saya sangat berharap untuk berkesempatan membahas lebih lanjut tentang kontribusi yang bisa saya berikan di PT Maju Bersama. Saya bersedia datang untuk wawancara pada waktu yang paling sesuai bagi Anda. Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran saya.



Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Sobat MinDi akan dapat menyusun surat lamaran kerja yang menonjolkan keterampilan administratif serta menunjukkan profesionalisme dan kemampuan komunikasi yang efektif.



Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Administrasi



Ingin mengetahui bagaimana gambaran surat lamaran kerja administrasi yang baik dan benar? Yuk simak beberapa contoh surat lamaran kerja administrasi yang efektif berikut ini.



1. Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Admin Bahasa Indonesia


Nurul Aini

Jalan Melati No. 45, Surabaya, Jawa Timur  

+62-812-3456-7890  

nurul.aini@email.com  


26 Mei 2024


Yth. Ibu Putri Mahardika  

Manajer HRD  

PT Solusi Data Maju  

Jalan HR Rasuna Said Kav. B-12, Jakarta  


Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Nurul Aini  

Tempat, Tanggal Lahir: Surabaya, 12 Januari 1998  

Pendidikan: Sarjana Sistem Informasi, Universitas Airlangga, Surabaya  


Melalui surat lamaran ini, saya ingin menyatakan ketertarikan untuk bergabung dengan PT Solusi Data Maju sebagai Staff Admin. Informasi mengenai lowongan ini saya peroleh dari situs JobStreet pada tanggal 23 Mei 2024. Dengan latar belakang pendidikan saya di bidang Sistem Informasi dan pengalaman kerja selama dua tahun sebagai Asisten Administratif di PT Karya Indah, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik untuk tim administrasi di perusahaan Bapak/Ibu.


Selama bekerja di PT Karya Indah, saya mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman, seperti pengelolaan data, penyusunan laporan bulanan, dan penjadwalan rapat. Keterampilan ini telah membantu meningkatkan efisiensi administratif hingga 25%. Saya juga memiliki keahlian dalam penggunaan berbagai perangkat lunak manajemen seperti Microsoft Office Suite dan Google Workspace, serta sistem manajemen database seperti MySQL.


Saya berharap dapat membawa kemampuan ini ke PT Solusi Data Maju, serta mengembangkan keterampilan baru yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Saya sangat antusias dengan peluang untuk berkontribusi di perusahaan yang terkemuka dan dinamis seperti PT Solusi Data Maju.


Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Ibu. Saya berharap dapat mendiskusikan lebih lanjut tentang bagaimana kualifikasi saya sejalan dengan kebutuhan PT Solusi Data Maju. Saya dengan senang hati akan datang untuk wawancara pada waktu yang Ibu tentukan.


Hormat saya,


Nurul Aini



2. Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Admin Bahasa Inggris


Linda Hartono

Jalan Sakura No. 20, Bandung, West Java  

+62-813-4567-8901  

linda.hartono@email.com  


May 27, 2024


Mr. James Robertson  

Human Resources Manager  

Innovative Solutions Ltd.  

123 Business Rd., Jakarta  


Dear Mr. Robertson,


With this letter, I am applying for the position of Administrative Assistant at Innovative Solutions Ltd., as advertised on LinkedIn on May 25, 2024. I am a graduate of Business Administration from Bandung Institute of Technology and have accumulated over three years of experience in administrative roles that I believe will contribute to the effectiveness and efficiency of your team.


During my tenure as an Administrative Coordinator at Fast Logistics Co., I managed multiple administrative tasks including document handling, scheduling, and data entry. My role involved coordinating between departments to ensure smooth operational flow, which I understand is paramount at Innovative Solutions Ltd. My efforts led to a 20% improvement in scheduling efficiency and reduced the time needed for data processing by 30%.


I am proficient in a range of software applications including Microsoft Office Suite, Google Workspace, and Asana, and have a strong foundation in database management using Oracle and SQL Server. My ability to adapt to new technologies and tools has always been one of my strengths, allowing me to improve the productivity of my department significantly.


I am excited about the opportunity to bring my unique skills to your esteemed company and am eager to contribute to your team. I believe that my proactive approach and strong organizational skills would make me a valuable asset to Innovative Solutions Ltd. 


Thanks in advance for considering my application. I look forward to the possibility of discussing my application in more detail and am available for an interview at your earliest convenience.


Warm regards,


Linda Hartono



3. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Magang Administrasi


Rafi Ahmad

Jalan Anggrek No. 15, Yogyakarta  

+62-812-3456-7890  

rafi.ahmad@email.com  


28 Mei 2024


Bapak/Ibu Pimpinan  

PT Dinamika Progresif  

Jalan Sultan Agung No. 88, Jakarta  


Yth. Bapak/Ibu di tempat,


Dengan hormat,


Perkenalkan, nama saya Rafi Ahmad, mahasiswa semester empat jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Gadjah Mada. Saya menulis surat ini untuk mengajukan diri sebagai peserta magang di departemen administrasi PT Dinamika Progresif. Informasi tentang program magang ini saya peroleh melalui website resmi perusahaan.


Selama masa studi, saya telah memperoleh pengetahuan teoretis dalam bidang manajemen organisasi, keuangan, dan operasional. Saya ingin menerapkan serta memperdalam pengetahuan tersebut dalam setting profesional, khususnya di PT Dinamika Progresif yang terkenal dengan inovasi dan pengembangan profesional pegawainya. Saya percaya bahwa pengalaman magang ini akan sangat berarti untuk pengembangan karir saya di masa depan.


Selain itu, saya memiliki kemampuan dalam menggunakan berbagai software manajemen seperti Microsoft Office dan Google Workspace, yang saya yakin dapat mendukung pekerjaan saya dalam tim administrasi. Di universitas, saya juga aktif dalam kegiatan organisasi, dimana saya sering terlibat dalam penyelenggaraan acara dan pengelolaan logistik, kemampuan yang akan sangat berguna untuk posisi magang ini.


Saya sangat berharap dapat memberikan kontribusi kepada PT Dinamika Progresif serta belajar dari tim terbaik di industri. Saya bersedia untuk mengikuti seluruh proses seleksi yang Bapak/Ibu tentukan. Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kesempatan untuk dapat bergabung dengan PT Dinamika Progresif.


Hormat saya,


Rafi Ahmad


Baca Juga: Contoh CV Freelance Lengkap dengan Cara Menulis & Tipsnya



Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Staff Admin yang Efektif



Tunggu dulu, sebelum Sobat MinDi mulai menulis surat lamaran kerja administrasi, yuk simak beberapa tips dari MinDi agar surat lamaran kerja jadi lebih efektif berikut ini.



1. Fokus pada Detail dan Organisasi


Surat lamaran kerja administratif harus mencerminkan kemampuan dalam hal detail dan organisasi, karena ini adalah aspek kunci dari pekerjaan admin. 


Pastikan surat lamaran kerja bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Gunakan format yang rapi dan mudah dibaca, dengan jelas memisahkan paragraf-paragraf dan gunakan bullet points jika perlu untuk menyoroti keterampilan atau pengalaman penting. 


Penampilan surat lamaran kerja yang terorganisir baik tidak hanya meningkatkan kelayakan tapi juga menunjukkan keterampilan organisasi secara tidak langsung.



2. Highlight Pengalaman dan Keterampilan yang Relevan


Tunjukkan dengan jelas bagaimana latar belakang cocok dengan kebutuhan posisi tersebut. Sebutkan pengalaman spesifik yang menunjukkan keterampilan admin, seperti pengelolaan jadwal, penanganan komunikasi, atau pengelolaan data dan file. 


Gunakan contoh konkret yang menunjukkan hasil kerja, seperti "Meningkatkan efisiensi pengarsipan dokumen di kantor sebelumnya dengan 30%, melalui penerapan sistem pengelolaan file yang lebih efektif."



3. Tunjukkan Kesesuaian dengan Budaya Perusahaan


Pahami nilai-nilai dan budaya perusahaan tempat melamar dan tunjukkan dalam surat lamaran kerja bahwa Sobat MinDi bukan hanya memiliki keterampilan yang diperlukan, tapi juga sikap dan nilai yang sesuai dengan perusahaan tersebut. 


Hal ini bisa meliputi komitmen terhadap kerja tim, inovasi, atau integritas, tergantung pada apa yang paling diutamakan oleh perusahaan. Misalnya, "Saya sangat terinspirasi oleh inisiatif berkelanjutan perusahaan Anda dan berharap dapat mendukung misi ini melalui peran admin yang efisien."


Gunakan tips tersebut dalam menulis surat lamaran kerja administrasi, hal ini akan membantu memperkuat kesan pertama dan meningkatkan peluang untuk wawancara. 



Ingin Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional? Yuk Ikuti Career Preparation Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai contoh surat lamaran kerja administrasi, informasi ini sangat berguna Jika Sobat MinDi hendak melamar pekerjaan sebagai staff admin, dan harus menulis surat lamaran kerja yang efektif.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, mempelajari surat lamaran kerja ini merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan diri demi karir yang baik di masa depan.


Menulis surat lamaran kerja merupakan hal yang tidak diajarkan dalam perkuliahan pada umumnya. Namun Sobat MinDi bisa mengikuti career preparation dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.


Reference:

  • 12 Administrative Assistant Cover Letter Examples - Buka

  • Administrative Assistant Cover Letter Example and Template for 2024 - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved