8 Tugas Admin Digital Marketing yang Utama, Yuk Simak!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

15 January 2024

863

Image Banner

Dalam pemasaran digital, peran seorang admin digital marketing cukup krusial bagi kesuksesan kampanye. Sebab, tugas admin digital marketing berkaitan dengan seluruh upaya yang mendukung pelaksanaan pemasaran online suatu bisnis.


Bagi Sobat MinDi yang tertarik untuk menjadi admin digital marketing, MinDi sudah siapkan 8 daftar tugasnya di bawah ini. Untuk tahu lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!


Tugas Admin Digital Marketing yang Utama


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang admin digital marketing memiliki peran krusial dalam membantu upaya pemasaran online suatu perusahaan atau merek. 


Tugas admin digital marketing mencakup sejumlah tanggung jawab untuk mendukung kesuksesan strategi pemasaran digital. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 8 tugas utamanya:


1. Mengelola Konten Online


Pertama, tugas admin digital marketing adalah mengelola konten online. Hal ini mencakup pembuatan, pengeditan, dan pengelolaan konten.


Konten yang mereka kelola bisa berupa posting blog, media sosial, email marketing, dan konten di situs web bisnis. Konten yang dibuat tidak hanya harus informatif dan relevan, tetapi juga menarik bagi target audiens.


Oleh sebab itu, seorang admin digital marketing perlu memiliki pemahaman yang baik tentang jenis konten efektif untuk tujuan pemasaran tertentu.


2. Manajemen Media Sosial


Berikutnya, seorang admin pemasaran digital juga bertanggung jawab untuk mengelola media sosial. Hal ini mencakup pengelolaan akun-akun media sosial perusahaan di platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.


Lebih lanjut, dalam tugas ini, mereka bertanggung jawab atas penjadwalan dan posting konten. Selain itu, mereka juga harus berinteraksi dengan audiens dan merespon komentar maupun pesan dari pengguna lain.


Untuk melaksanakan tugas tersebut, seorang admin pemasaran digital perlu memahami dan mengikuti tren media sosial.


Baca Juga: Strategi Pemasaran Media Sosial: Dari Definisi Hingga Cara


3. Mengelola Email Marketing


Setelah itu, tugas lainnya adalah untuk mengelola email marketing. Hal ini mencakup perencanaan, desain, dan pengiriman kampanye melalui email kepada konsumen atau calon pelanggan.


Dalam mengirimkan surel, mereka harus merancang email yang menarik dan informatif. Selain itu, mereka harus memastikan pesan yang disampaikan sesuai dengan tujuan pemasaran.


Disamping itu, seorang admin digital marketing juga bertanggung jawab untuk mengelola daftar email pelanggan, menjaga kepatuhan dalam regulasi privasi data, dan menganalisis tingkat responnya.


Untuk mengerjakan tanggung jawab ini, keahlian dalam membangun hubungan dengan pelanggan email serta optimasi konversi sangat dibutuhkan.


4. Melakukan Optimasi Mesin Pencari (SEO)


Lalu, tugas admin digital marketing berikutnya adalah melakukan optimasi mesin pencari. Untuk memenuhi tanggung jawab ini, seorang admin harus paham prinsip dasar SEO dan cara untuk meningkatkan peringkat web bisnis di hasil pencarian.


Hal ini mencakup penelitian kata kunci, optimasi konten, pengoptimalan struktur situs web, serta pemahaman yang mendalam tentang algoritma mesin pencari.


Selain itu, admin juga perlu memantau dan mengikuti perkembangan algoritma mesin pencari serta menyesuaikan strategi dengan pembaruan yang ada.


5. Manajemen Kampanye Online


Berikutnya adalah mengelola kampanye online. Hal ini mencakup optimasi kampanye iklan berbayar di berbagai platform online seperti Google Ads, Facebook Ads, atau media lainnya.


Untuk melakukan pengelolaan kampanye online, admin digital marketing harus memiliki pemahaman kuat tentang target audiens, alokasi anggaran, serta pengukuran dan analisis konversi.


6. Memantau dan Menganalisis Kinerja Kampanye


Selanjutnya, tugas admin digital marketing adalah memantau dan menganalisis kinerja kampanye. Hal ini melibatkan penggunaan alat analitik untuk melacak sejumlah metrik keberhasilan kampanye.


Metrik tersebut meliputi jumlah pengunjung situs web, konversi, klik, dan engagement. Dengan data tersebut, admin dapat mengidentifikasi tren, mengukur kesuksesan promosi, dan evaluasi kinerja kampanye.


Dengan memenuhi tanggung jawab tersebut, admin pemasaran digital bisa mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengalokasikan anggaran secara bijak.


7. Berkolaborasi dengan Tim


Berikutnya tugas admin pemasaran digital selanjutnya adalah berkolaborasi dengan tim. Sebab, untuk mencapai kesuksesan kampanye dibutuhkan kerjasama dengan beragam tim. Mulai dari tim pemasaran, kreatif, penjualan, hingga teknologi informasi.


Kolaborasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen pemasaran digital terintegrasi dengan strategi keseluruhan perusahaan.


Baca Juga: 7 Trend Terbaru Performance Marketing Untuk Strategi Pemasaran Anda


8. Memantau Perkembangan Industri


Terakhir adalah untuk memantau perkembangan industri. Hal ini dibutuhkan karena industri pemasaran digital cukup dinamis dan berkembang dengan cepat.


Oleh sebab itu, seorang admin digital marketing harus senantiasa memantau perkembangan industri. Hal ini mencakup pemahaman terhadap tren dalam media sosial, algoritma mesin pencari, teknologi periklanan, dan strategi pemasaran inovatif.


Ingin Berkarir di Digital Marketing? Pelajari Bersama Dibimbing


Demikian beberapa tugas admin digital marketing yang utama dan perlu kamu tahu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pekerjaan di pemasaran digital cukup beragam dan luas.


Oleh sebab itu, potensi karir di pemasaran digital sangatlah besar. Di samping pilihan pekerjaan yang beragam, pekerjaan di pemasaran digital cenderung menawarkan fleksibilitas. Salah satunya adalah remote working.


Apakah kamu tertarik untuk berkarir di digital marketing? Jika iya, pastikan bahwa kamu telah memiliki portofolio yang menunjukkan keahlianmu di bidang ini.


Tapi kalau kamu masih baru saja memulai dan bingung memulai dari mana, MinDi punya solusinya! Sobat MinDi bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id


Lewat program itu, Sobat MinDi bisa belajar dari awal dengan materi terupdate dan bimbingan mentor ahli, lho! Kamu juga bisa dapatkan hands-on experience untuk bangun portofolio lewat real-case project yang akan diberikan semasa pembelajaran.


Terlebih lagi, kamu juga bisa dapatkan pekerjaan lewat layanan job connection yang telah terhubung ke 500+ companies. So, jangan ragu dan segera gabung ke program ini! Yuk bangun karirmu bersama Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!