Strategi Pemasaran Media Sosial: Dari Definisi Hingga Cara

Anisa Fitri Maulida

01 November 2023

1972

Image Banner

Seiring berkembang teknologi, media sosial berubah menjadi platform multifungsi. Salah satunya, sebagai ladang berbisnis di seluruh dunia. Untuk menyukseskannya, dibutuhkan strategi pemasaran media sosial yang tepat.


Pertanyaannya, bagaimana cara membuat strategi pemasaran yang efisien? Apa yang harus kita diperhatikan, sebelum menyusun strategi tersebut? Kita akan ulas sama-sama, lewat artikel ini!


Definisi Strategi Pemasaran Media Sosial


Sebelum melihat artikel ini, mungkin Sobat MinDi sudah sering melihat brand kesukaanmu berseliweran di media sosial. Nah, semua foto atau video yang mereka bagian, merupakan bagian dari strategi pemasaran media sosial.

Bisa kita katakan bahwa strategi media sosial adalah rencana terperinci, untuk mengelola dan memanfaatkan platform media sosial guna mencapai tujuan bisnis tertentu. 

Dalam menjalankan strategi, mereka tidak boleh hanya memahami produk atau layanan yang dipasarkan, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen online.


Tujuan Dibuatnya Strategi Pemasaran Media Sosial


Sebuah strategi tentu dibuat dengan tujuan masing-masing, mau bagaimanapun media yang digunakan. Lantas, apa tujuan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran?


Meningkatkan Kesadaran Merek


Strategi media sosial dirancang untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek atau produk (Brand Awareness). Hal tersebut dilakukan, dengan menggunakan konten kreatif dan interaktif. 

Strategi ini bisa membantu perusahaan, untuk membangun identitas merek yang kuat.


Meningkatkan Keterlibatan Konsumen


Strategi pemasaran media sosial digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan yang kuat antara merek dan pelanggan. Hal tersebut dilakukan, melalui interaksi secara langsung dengan konsumen.


Meningkatkan Konversi


Strategi ini mengarah pada peningkatan konversi penjualan melalui penggunaan teknik promosi yang tepat dan penargetan yang akurat.


Meningkatkan Traffic ke Situs Web


Strategi media sosial yang efektif dapat mengarahkan lalu lintas yang signifikan ke situs web bisnis. Dengan menempatkan tautan ke situs web dalam posting atau profil media sosial, bisnis dapat meningkatkan kunjungan ke situsnya. Hal tersebut tentu akan membuka peluang untuk konversi lebih lanjut.


Mengukur Kinerja dan Pengembangan Strategi


Mengukur kinerja strategi pemasaran media sosial adalah langkah penting, dalam memahami dampak kampanye online yang kamu buat sebelumnya. 


Dengan melihat jumlah pengikut, tingkat interaksi, konversi, dan analisis sentimen dari pengguna, kamu bisa mengidentifikasi sejauh mana pengaruh media sosial terhadap audiens yang kamu miliki.


Dari sana juga, kamu bisa melihat media sosial mana yang sekiranya memiliki pengaruh besar terhadap brand.


Berikut di atas merupakan tujuan penggunaan strategi pemasaran sosial media yang paling umum. Maknanya, setiap perusahaan bisa menjalankan strategi ini dengan tujuan yang berbeda-beda pula.


Hal tersebut bisa bergantung dengan jenis strategi yang digunakan.


Jenis Strategi Pemasaran Media Sosial


Ada beberapa jenis strategi yang hingga saat ini sering digunakan, untuk mempromosikan brand-nya. Apa saja?


Strategi Konten Kreatif

Mengandalkan konten yang menarik seperti artikel, gambar, dan video adalah pondasi strategi pemasaran media sosial. Konten yang kreatif dan relevan membantu membangun kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan memicu interaksi positif.


Strategi Pengiklanan Berbayar


Strategi ini melibatkan penggunaan iklan berbayar di platform media sosial. Dengan menargetkan audiens yang spesifik, iklan berbayar membantu meningkatkan visibilitas dan dapat menghasilkan konversi yang tinggi jika disusun dengan tepat.


Strategi Influencer Marketing


Kerjasama dengan influencer terkenal dalam industri tertentu dapat membantu mencapai audiens yang lebih luas. Endorsement dari para influencer dapat memberikan 'rasa aman dan percaya'  audiens kepada merek dan memperkuat hubungan dengan konsumen.


Strategi Interaksi Sosial


Strategi ini digunakan, dengan melibatkan interaksi aktif dengan pengguna melalui tanggapan terhadap komentar, berbagi cerita pengguna, dan menyelenggarakan kontes atau kuis. 


Interaksi langsung seperti ini, bisa membangun kedekatan dengan konsumen dan memperkuat loyalitas terhadap merek.


Strategi Edukasi dan Informasi

Salah satu cara terbaik untuk memenangkan hati konsumen di media sosial adalah dengan memberikan informasi bermanfaat. Caranya bisa membuat konten berupa tips, panduan, atau artikel tentang topik terkait dengan produk atau layanan perusahaan.


Strategi Ulasan dan Testimoni


Minta pelanggan yang puas untuk memberikan ulasan atau testimoni positif tentang produk atau layanan di media sosial. Ulasan positif dari pelanggan sebelumnya memberikan keyakinan kepada calon pelanggan bahwa mereka membuat pilihan yang tepat. 

Dengan cara Ini, kamu baru saja menciptakan kepercayaan diri dan meningkatkan reputasi bisnis di mata orang lain.


Baca Juga: Bagaimana Contoh Social Media Plan? Ayo Ketahui!


Walau ada begitu banyak strategi yang bisa diterapkan, tapi tidak jarang orang merasa bingung bagaimana memulainya. Apakah kamu juga berpikir hal yang sama? Tenang, Sobat MinDi! Kamu bisa pelajari cara ini sebagai referensi.



Cara Menyusun Strategi Pemasaran Media Sosial

Untuk membuat satu strategi pemasaran, kamu perlu mengerjakan beberapa hal agar strategi tersebut bisa berjalan dengan lancar. Cara-cara yang akan MinDi berikan, merupakan cara umum yang bisa kamu pelajari sebagai dasar menyusun strategi.

Seterusnya, kamu bisa pelajari dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Selain mempelajari cara menyusun strategi, kamu juga akan belajar lebih banyak tentang penggunaan sosial media demi keuntungan bisnis dengan para mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Nah, kira-kira apa aja ya cara menyusun strategi pemasaran media sosial?


Pahami Tujuan Konten

Mulailah dengan memahami tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini bisa berupa meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan merek, atau meningkatkan interaksi pengguna. Tujuan yang jelas, bisa membimbing kamu menuju langkah-langkah selanjutnya.


Kenali Sasaran Audiens




Pahami dengan baik siapa audiens target perusahaan. Apa kebutuhan, minat, dan preferensi mereka? Dengan pemahaman yang baik, kamu dapat membuat konten yang sesuai dan menarik bagi mereka.


Pilih Platform yang Tepat

Tidak semua platform media sosial cocok untuk setiap jenis bisnis. Identifikasi platform yang digunakan secara aktif oleh audiens kamu, apakah itu Facebook, Instagram, Twitter, atau platform lainnya. Pilih platform yang sesuai dengan demografi target yang ada.


Buat Konten Berkualitas

Kembangkan konten yang relevan dan menarik. Konten ini bisa berupa artikel informatif, gambar menarik, atau video pendek. Pastikan konten yang kamu bagikan memberikan nilai tambah kepada audiens.


Jadwalkan Posting secara Teratur





Konsistensi adalah kunci dalam media sosial. Tetapkan jadwal posting yang teratur untuk menjaga kehadiran dan mempertahankan keterlibatan dengan audiens.


Aktif dalam Interaksi dengan Pengguna



Tanggapi komentar, pertanyaan, dan umpan balik pengguna secara aktif. Interaksi langsung ini membantu membangun hubungan yang kuat dan memperkuat keterlibatan pengguna dengan merekmu.


Lakukan Analisis dan Evaluasi




Manfaatkan alat analisis media sosial untuk mengevaluasi performa postingmu. Analisis ini memberikan wawasan tentang konten mana yang paling efektif. Gunakan hasil analisis ini untuk mengoptimalkan strategi pemasaranmu ke depan.


Baca Juga: Cara Membuat Akun Facebook Bisnis, Ini Langkah-langkahnya


Dengan mengikuti langkah-langkah umum di atas, kamu dapat membuat strategi pemasaran media sosial yang efektif dan menghasilkan cuan lebih.


Untuk kamu yang baru mengenal dunia media sosial untuk bisnis, membuat strategi pemasaran media sosial mungkin akan terasa membingungkan untuk kamu. Bila demikian, jangan pernah ragu meminta bantuan ahli seperti mentor seperti di Bootcamp Digital Marketing, untuk mengawasi belajarmu dan menghindari dari kesalahan. Semangat, Sobat MinDi!











Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!