Cara Membuat Akun Facebook Bisnis, Ini Langkah-langkahnya

Muhammad Fazer Mileneo

07 August 2023

9061

Image Banner

Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam dunia pemasaran bisnis modern. Dalam era digital saat ini, Facebook jadi salah satu platform media sosial yang paling populer dan kuat adalah. Kalau Sobat MinDi ingin melakukan promosi bisnis di Facebook, tentu perlu juga untuk tahu cara membuat akun Facebook bisnis.

Dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif setiap bulannya, Facebook menawarkan potensi besar bagi bisnis untuk menjangkau target audience dan membangun kredibilitas merek.

Jadi, yuk ketahui bagaimana cara membuat akun bisnis Facebook!

Cara daftar Facebook Bisnis

Cara membuat akun facebook bisnis


Berbeda dengan akun pribadi, akun Facebook Bisnis dirancang khusus untuk keperluan bisnis dan promosi.

Akun ini memberikan banyak fitur dan alat yang tidak tersedia di akun pribadi, sehingga memungkinkan untuk mengelola dan mengoptimalkan kehadiran bisnis dengan lebih efisien.

Dengan akun Facebook Bisnis, Sobat MinDi dapat membuat iklan, melihat statistik kinerja postingan, berinteraksi dengan pelanggan dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya untuk mendukung keberlangsungan bisnis. 

Kalau Sobat MinDi sudah punya akun pribadi maupun belum dan mau tahu cara merubah Facebook biasa ke bisnis, ini dia caranya :

1.Pilih atau buat akun Facebook pribadi

Sebelum membuat Akun Bisnis Facebook, tentunya Sobat MinDi perlu profil Facebook pribadi. Jika tidak memilikinya, ada baiknya untuk mendaftar akun pribadi menggunakan alamat email kantor atau khusus untuk bisnis.

  1. Akses Pengelola Bisnis Facebook

Masuk ke akun Facebook pribadi dan kunjungi business.facebook.com/overview. Klik "Buat akun" untuk mulai menyiapkan Akun Bisnis Facebook.

  1. Masukkan informasi dasar

Isi nama bisnis, deskripsi, dan detail kontak di bidang yang tersedia. Informasi ini akan terlihat oleh audiens, jadi pastikan informasi tersebut mewakili bisnis secara akurat.

  1. Tambahkan foto profil dan sampul

Pilih foto profil yang mewakili bisnis, seperti logo perusahaan. Untuk foto sampul, pilih gambar toko, produk, atau kampanye pemasaran. Pastikan memiliki dimensi yang tepat untuk menampilkan gambar ini dengan benar.

  1. Tetapkan Call-to-action

Di bagian atas Halaman Bisnis Facebook kamu, tambahkan tombol call-to-action (CTA) yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi situs web atau menghubungi toko.

  1. Verifikasi domain 

Memverifikasi domain sangat penting untuk keamanan dan keaslian. Ini membantu melindungi bisnis dan pelanggan dari aktivitas penipuan.

  1. Tambahkan administrator tambahan (opsional)

Jika ingin berbagi tanggung jawab pengelolaan, bisa menambahkan administrator lain ke Akun Facebook Business. Ini sangat membantu ketika Sobat MinDi memiliki tim yang mengerjakan upaya media sosial kamu.


Cara buat halaman Facebook (fanpage)

Membuat fanpage Facebook memungkinkan Sobat MinDi terhubung dengan audiens, membangun komunitas, dan mempromosikan merek secara efektif.

Tapi, Sobat MinDi perlu tahu kalau Facebook berbeda dengan profil pribadi atau halaman bisnis.

Halaman penggemar atau fanpage ini adalah platform khusus untuk terlibat dengan audiens dan mempromosikan bisnis.

  • Akses opsi Buat Halaman/Create Fanpage: Klik ikon "Menu" di pojok kanan atas, lalu pilih "Buat Halaman" dari menu drop-down.

  • Pilih kategori Halaman: Pilih kategori yang sesuai untuk halaman penggemar. Sobat MinDi dapat memilih antara "Bisnis atau Brand" atau "Komunitas atau Tokoh Publik".

  • Masukkan detail Halaman: Berikan nama untuk halaman penggemar dan pilih kategori yang paling sesuai dengan tujuannya.

  • Unggah Gambar Profil dan Foto Sampul: Unggah gambar profil dan foto sampul untuk mewakili halaman penggemar secara visual.

  • Sesuaikan Halaman: Personalisasikan halaman penggemar dengan gambar berkualitas tinggi dan informasi yang relevan tentang brand atau komunitas,

  • Undang Orang untuk Menyukai Halaman: Setelah menyiapkan halaman penggemar, undang orang untuk menyukainya dan terlibat dengan konten-konten bisnis Sobat MinDi.

Setelah tahu cara membuat akun Facebook bisnis serta membuat fanpage, maka Sobat MinDi bisa menerapkan hal-hal ini supaya akun tersebut bisa lebih efektif untuk keberlangsungan bisnis :

1.Buat dan bagikan konten yang menarik

Mulailah memposting konten yang berharga dan menarik di Halaman Bisnis Facebook untuk menarik audiens target. Bagikan pembaruan, gambar, video, dan tautan yang selaras dengan merek dan sesuai dengan pelanggan.

  1. Terlibat dengan audiens

Berinteraksi dengan audiens dengan menanggapi komentar, pesan, dan ulasan. Terlibat dengan pengikut bisa tentunya dapat menciptakan komunitas tersendiri serta membangun loyalitas.

  1. Manfaatkan alat Facebook Business Manager

Manfaatkan fitur Facebook Business Manager untuk mengelola dan melacak aktivitas pemasaran secara efektif. Pantau wawasan, jadwalkan postingan, dan jelajahi opsi periklanan untuk mempromosikan bisnis lebih lanjut.

Memaksimalkan akun bisnis Facebook

Supaya akun bisnis Facebook Sobat MinDi bisa semakin menjangkau audiens dan meningkatkan penjualan bisnis, maka belajar social media marketing secara lebih mendalam adalah kuncinya.

Kalau ingin belajar lebih jauh, Sobat MinDi bisa ikut program Specialized Bootcamp Social Media Marketing dari dibimbing.id. 

Dengan bimbingan dari mentor berpengalaman dan berbagai tugas menarik, sobat Mindi dapat menguasai bidang social media marketing hanya dalam waktu 3 bulan. 

Selain itu, setelah menyelesaikan bootcamp, Sobat Mindi pasti akan bisa membuat akun bisnis Facebook semakin berkembang.

Sekian artikel dari MinDi untuk cara membuat akun Facebook bisnis.




Kalau ingin belajar lebih jauh, Sobat MinDi bisa ikut program Specialized Bootcamp Social Media Marketing dari dibimbing.id.

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024