Karier Social Media Terpopuler 2022 di Indonesia - dibimbing.id

Kezia Margaretha

14 November 2022

930

Image Banner

Dengan semakin meningkatnya perkembangan di dunia sosial media, karier social media pun juga semakin dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Melihat dari data yang dikeluarkan oleh Sprout Social Index di tahun 2022, 88% dari marketers akan mempekerjakan seseorang yang ahli di sosial media dalam dua tahun kedepan. Sebanyak 62% juga menyatakan bahwa mereka akan merekrut lebih banyak orang untuk tim sosial media mereka.  


Di Indonesia, gaji dari orang yang berkarir di bidang sosial media dapat dikatakan juga cukup besar. Menurut glassdoor, rata-rata gaji pokok social media specialist di Jakarta saja mencapai Rp 6.069.583 per bulannya.


Melihat dari semakin menjanjikannya karier social media saat ini, anak-anak muda pun juga semakin tertarik untuk bekerja di bidang tersebut. 

Nah, namun karier social media sendiri sebenarnya tidak terlihat sesimple itu, banyak cabang-cabang pekerjaan yang sangat luas di dalamnya. Untuk tau lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai karier social media yang sangat lengkap. 

  1. Social Media Specialist 


karir social media specialist

Karir Social Media Specialist/ Sumber: CareerFoundry


Karier social media yang satu ini mungkin merupakan jenis pekerjaan yang paling familiar bagi kalian. Social media specialist biasanya bertanggung jawab dalam menganalisis engagement dari sosial media anda. Mereka juga harus membangun brand awareness dan meningkatkan audiens. 

Pekerjaan dari social media specialist sendiri sebenarnya memiliki fokus yang cukup beragam sesuai dengan industri dimana ia bekerja. Misalnya, apabila ia bekerja di industri perhotelan, maka ia akan berfokus pada layanan pelanggan. 


Nah, berikut untuk yang mau tau lebih lengkap apa saja tugas dari social media specialist: 

  • Mengatur dan mengisi kalender konten bulanan sosial media 

  • Menulis atau mengedit hasil dari tulisan copywriting untuk konten sosial media 

  • Bekerjasama dengan desainer grafis untuk membuat visualisasi dari konten 

  • Mengunggah postingan di berbagai platform sosial media 

  • Membalas pesan serta berinteraksi dengan para pengikut di sosial media

  • Membuat laporan mingguan dan bulanan mengenai performa sosial media 


2. Social Media Manager 


karir social media manager

Karir Social Media Manager/ Sumber: Kruse Control Inc


Setelah bertahun-tahun bekerja sebagai social media specialist, karier social mediamu tentunya akan berkembang dan meningkat menjadi social media manager. Sebagai seorang social media manager kamu akan bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi kinerja dari tim social media-mu.


Kamu nantinya tidak akan lagi bekerja dalam membuat konten, melainkan memberikan arahan, merevisi, memberikan feedback, dan memperkuat kerja sama dalam tim agar tercipta konten yang baik. 


Selain itu, kamu juga akan lebih banyak berkutat pada analisis dan membuat laporan. Hasil dari analisamu tersebut akan memainkan peranan yang sangat penting, karena nantinya dapat menghasilkan keputusan-keputusan strategis sosial media brand


3. Community Manager 

karir community manager

Karir Community Manager/ Sumber: Social BlaBla


Bukan hanya memiliki engagement sosial media yang baik, beberapa brand saat ini telah sadar bahwa dibutuhkan juga menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan melalui saluran-saluran yang bersifat lebih spesifik. Oleh karena itu, karier social media satu ini pun juga semakin meningkat dengan semakin banyaknya perusahaan yang membutuhkan. 


Community manager sendiri biasanya berfokus dalam membina hubungan di saluran-saluran seperti grup Facebook, Discord, dan saluran-saluran lainnya. Sebagai community manager, kamu juga bertanggung jawab untuk memelihara dan meningkatkan pertumbuhan dari komunitas sosial media. Kamu juga perlu terlibat aktif dalam komunitas tersebut agar dapat terhubung dengan anggota-anggota dari komunitas. 


Apabila kamu ingin bekerja sebagai community manager, kamu tentunya perlu memiliki skill komunikasi yang baik, suka dalam berinteraksi dengan orang lain, serta memiliki keinginan untuk berkontribusi pada sebuah komunitas. 


4. Influencer Marketing 


karir influencer marketing

Karir Influencer Marketing/ Sumber: ClearVoice 


Karier social media yang satu ini mungkin memiliki jenis yang cukup berbeda dibandingkan lainnya. Sebagai seorang influencer marketing, kamu perlu memahami dan mengidentifikasi influencer yang tepat untuk suatu brand. 


Kamu perlu mendukung program-program yang melibatkan influencer serta mengatur acara tersebut. Selain itu, karier social media yang satu ini juga mengharuskanmu untuk mengatur budget agar dapat mengundang influencer yang sesuai. 


Bagi kamu yang suka mengikuti perkembangan dari influencer serta memahami target audiens dari influencer, kamu mungkin dapat bekerja di karier social media yang satu ini. 


5. Content Creator 


karir content creator

Karir Content Creator/Sumber: Gramedia


Untuk kamu yang nyaman bekerja di depan kamera, karier social media yang satu ini dapat menjadi salah satu pertimbanganmu. Seorang content creator biasanya membuat konten dan mendistribusikan konten tersebut di berbagai platform sosial media. 


Biasanya, content creator membuat konten-konten yang berfokus pada video dibandingkan dengan teks dan gambar. Untuk itu, content creator perlu berkutat dalam membuat script, merekam, mengedit, dan memposting konten-konten yang telah mereka buat. 


Selain itu, content creator perlu memahami trend-trend terbaru dari social media agar konten yang dihasilkan tidak ketinggalan zaman dan relate dengan target audiens. Kreatifitas juga sangat diperlukan bagi kamu yang ingin bekerja sebagai content creator. 


6. Social Media Strategist 


karir social media strategist

Karir Social Media Strategist/ Sumber: Pameo


Salah satu karier social media yang mungkin sering kamu lihat di lowongan kerja adalah social media strategist. Karier social media ini merupakan salah satu kunci dari kelangsungan dan kesuksesan social media milikmu. 


Social media strategist biasanya bekerja dalam mengamati, merencanakan, mengembangkan, 

dan mengimplementasi strategi-strategi yang tepat untuk sosial media brand. Biasanya tugas mereka berkaitan erat dengan pembuatan campaign, strategi peningkatan engagement dari pelanggan, mengumpulkan data-data pengguna, serta melaporkan perkembangan dari campaign sosial media. 


Social media strategist biasanya menggunakan tools-tools seperti HubSpot, BuzzSumo, dan Google Analytics untuk mendukung pekerjaannya. 


7. Social Media Consultant 


karir social media consultant

Karir Social Media Consultant/ Sumber: Digital Vidya


Apabila kamu merasa telah menjadi expert di bidang sosial media, kamu mungkin dapat mempertimbangkan karier social media yang satu ini. Sebagai seorang social media consultant, kamu akan dihadapkan berbagai kerja sama dengan brand maupun client Independen. 


Tugasmu nantinya adalah membantu client tersebut untuk meningkatkan sosial media miliknya ataupun mencapai tujuan-tujuan lainnya sesuai dengan kebutuhan client. Untuk itu, kamu perlu memiliki skill untuk mengidentifikasi problem-problem yang dihadapi oleh clientmu serta memiliki solusi-solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.


Sebagai seorang social media consultant, kamu juga dapat bekerja dengan sangat fleksibel. Kamu dapat bekerja sendiri secara online ataupun bekerja dengan agensi-agensi sosial media yang sudah memiliki nama. 


Berikut beberapa karier social media yang dapat kamu pertimbangkan bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang tersebut. 


Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memiliki karier social media, skills Digital Marketing dapat menjadi salah satu yang perlu kamu kuasai. Dengan skills Digital Marketing, kamu dapat memahami audiens dan kebutuhannya. 


Bagi kamu yang belum mempunyai skills social media, tenang! Kamu dapat mengikuti bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id. 


Nantinya kamu akan diajari skills-skills UI untuk keperluan sosial media-mu. Bukan hanya itu, kamu juga akan diajarkan oleh mentor-mentor yang berpengalaman, lho!


Yuk, segera daftarkan dirimu di Dibimbing.id untuk upgrade karier social media-mu!




Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved