Digital Marketing Adalah: Mulai Definisi Hingga Gaji Perbulan

Anisa Fitri Maulida

•

18 December 2023

•

1562

Image Banner

Sobat MinDi, pernah dengan tentang Digital Marketing? Secara singkat, Digital Marketing adalah salah satu fokus marketing yang saat ini dibutuhkan banyak perusahaan. Bahkan, lowongan kerjanya pun beragam, lho! Kamu penasaran dengan Digital Marketing? Yuk, kita pelajari sama-sama!


Apa Itu Digital Marketing?


Digital Marketing adalah upaya pemasaran, yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk atau jasa. Mencakup berbagai aktivitas seperti penggunaan media sosial, email, mesin pencari, dan situs web untuk menjangkau konsumen potensial.


Berbeda dari pemasaran tradisional yang lebih mengandalkan media seperti cetak, televisi, dan radio, Digital Marketing fokus pada platform digital yang lebih interaktif dan dapat diakses melalui internet. Memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk berinteraksi langsung dengan target pasar mereka secara real-time.


Apakah Digital Marketing penting? Sangat! Hampir semua orang terkoneksi dengan internet, membuat Digital Marketing menjadi strategi yang efektif untuk mencapai dan berkomunikasi dengan audiens yang lebih luas. 


Digital Marketing memungkinkan bisnis untuk menjangkau target pasar yang spesifik, mengukur hasil dengan lebih akurat, dan menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan feedback yang diterima.


Secara umum, kita bisa tuliskan definisi Digital Marketing seperti itu. Tapi, rasanya agak kurang jika kita tidak mencantumkan definisi berdasarkan ahli, betul? Yuk, kita kenali definisinya berdasarkan ahli!


Definisi Digital Marketing Menurut Para Ahli


Di dunia yang terus berkembang, Digital Marketing telah menjadi topik penting dalam diskusi pemasaran. Para ahli dari berbagai latar belakang memberikan pandangan mereka mengenai apa itu Digital Marketing.


1. Philip Kotler


Philip Kotler, sering disebut sebagai “Bapak Pemasaran Modern,” mendefinisikan Digital Marketing sebagai pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau platform berbasis internet untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kotler menekankan pada penggunaan teknologi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih interaktif dan personal.


2. Ryan Deiss


Ryan Deiss seorang pakar dalam pemasaran digital, mengartikan Digital Marketing adalah proses pemasaran produk atau jasa menggunakan channel digital, terutama di internet. Deiss berpendapat bahwa DM mencakup tidak hanya pemasaran melalui email, media sosial, dan iklan berbayar, tetapi juga melalui teknologi seperti pesan teks dan aplikasi seluler.


3. Seth Godin


Seth Godin seorang penulis dan entrepreneur terkenal, mendefinisikan Digital Marketing sebagai cara berinteraksi dan terhubung dengan konsumen melalui media digital. Menurut Godin, inti dari DM adalah tentang menciptakan cerita dan pengalaman yang menarik yang bisa dibagikan dan menyebar secara viral melalui medium digital.


Setelah kita kenali definisinya, mari kita menjelajah lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan Digital Marketing. Sebab, tidak semua pekerjaan itu memiliki kelebihan saja, plus keberadaan kekurangan tersebut bisa membuat kamu lebih siaga, ketika akan mempelajarinya.


Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing


Walaupun digadang sebagai ilmu yang luar biasa membantu dunia bisnis, tapi Sobat MinDi juga harus tahu bahwa Digital Marketing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Seperti ini:


Kelebihan Digital Marketing


  1. Jangkauan yang Luas: Dengan internet, Digital Marketing memungkinkan bisnis menjangkau audiens global, melewati batasan geografis yang ada pada pemasaran tradisional.


  1. Targeting yang Akurat: Digital Marketing memberikan kemampuan untuk menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya, sehingga meningkatkan efektivitas pemasaran.


  1. Biaya yang Lebih Efisien: Secara umum, Digital Marketing menawarkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Tentunya ini sangat membantu, bagi bisnis kecil dan menengah.


  1. Pengukuran Hasil yang Mudah dan Akurat: Digital Marketing memungkinkan bisnis untuk melacak dan mengukur hasil pemasaran secara real-time, memudahkan dalam mengevaluasi efektivitas kampanye.


  1. Interaksi Langsung dengan Konsumen: Digital Marketing memfasilitasi interaksi dua arah dengan konsumen, yang membantu dalam membangun hubungan yang lebih baik dan mendapatkan feedback langsung.


  1. Personalisasi: Digital Marketing memungkinkan personalisasi pesan dan penawaran kepada pelanggan, meningkatkan engagement dan loyalitas pelanggan.


Kekurangan Digital Marketing


  1. Persaingan yang Tinggi: Karena aksesibilitasnya yang mudah, banyak bisnis yang menggunakan Digital Marketing, sehingga menciptakan persaingan yang sangat ketat.


  1. Ketergantungan pada Teknologi: Digital Marketing adalah pekerjaan yang sangat bergantung pada teknologi, yang berarti masalah teknis bisa sangat mempengaruhi keberhasilan pemasaran.


  1. Kebutuhan Keterampilan dan Sumber Daya Khusus: Untuk menjalankan Digital Marketing dengan efektif, dibutuhkan keterampilan dan sumber daya khusus seperti analisis data, pengetahuan SEO, dan pengelolaan media sosial.


  1. Masalah Keamanan dan Privasi: Karena melibatkan pengumpulan data pelanggan, Digital Marketing harus menangani masalah keamanan data dan privasi pelanggan dengan sangat hati-hati.


  1. Perubahan Cepat: Dunia digital terus berubah dengan cepat, sehingga strategi Digital Marketing harus terus diperbarui agar tetap relevan.


Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kelebihan yang ditawarkan oleh Digital Marketing membuatnya menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran bisnis masa kini. Penting bagi bisnis atau calon Digital Marketer, untuk menimbang baik kelebihan maupun kekurangan ini dalam merancang strategi pemasaran digital yang efektif.


Oh, ya Sobat MinDi! Kamu tahu tidak? Sebenarnya Digital Marketing adalah salah satu profesi yang luas. Beberapa perusahaan bahkan harus merekrut beberapa orang, untuk mengerjakan jenis Digital Marketing. Apa saja jenisnya?


Berapa Anggaran Digital Marketing?


Menentukan anggaran untuk Digital Marketing adalah aspek penting yang perlu kamu pertimbangkan dengan cermat. Anggaran yang diperlukan bisa beragam, tergantung pada berbagai faktor:


1. Bisnis Kecil dan Startup


Untuk bisnis kecil atau startup, kamu bisa memulai dengan anggaran minimal sekitar IDR 1 juta hingga IDR 5 juta per bulan. Ini bisa mencakup:


  • Media Sosial: Mengelola akun sendiri dengan konten organik.

  • SEO: Penerapan dasar SEO pada situs web kamu.

  • Konten Blog: Membuat konten sendiri atau outsourcing dengan biaya rendah.


2. Penggunaan Alat Digital


Untungnya saat ini, banyak website yang sudah menyediakan alat analitik gratis. Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa menggunakan Google Analytics dan Google Keyword Planner.


3. Iklan Berbayar


Untuk iklan berbayar seperti Google Ads atau Facebook Ads, kamu bisa memulai dengan anggaran kecil, misalnya Rp. 500.000 hingga Rp. 2 juta per bulan, tergantung pada industri dan persaingan kata kunci.


4. Email Marketing


Menggunakan platform email marketing gratis atau dengan biaya minimal, dengan anggaran sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 per bulan.


5. Content Marketing dan Social Media


Jika membuat konten sendiri, anggaran bisa diminimalkan. Tapi, untuk outsourcing atau pembelian konten berkualitas, anggaran bisa mulai dari Rp. 500.000 per artikel atau postingan.


Anggaran Digital Marketing mungkin terdengar mahal jika kita tulisan, tapi semua itu sangat wajar mengingat semua alat Digital Marketing sangat canggih dan bisa menjangkau banyak audiens yang menggunakan internet.


Namun, anggaran tersebut bisa saja semakin besar jika kita menggunakan cara yang salah. Berbicara soal kesalahan, Sobat MinDi juga perlu mengetahui kesalahan umum yang sering dilakukan Digital Marketer saat bekerja.


Kesimpulannya, Digital Marketing adalah strategi marketing yang membutuhkan ilmu luas untuk mengimplementasikannya. Kepopuleran Digital Marketing, membuat profesi ini bertebaran. Jika kamu tertarik mempelajarinya lebih dari ini, mengikuti Bootcamp Digital Marketing akan menjadi opsi yang luar biasa tepat.





Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved