5+ Contoh Digital Marketing yang Sukses di Indonesia

Raniah Fatimah

•

21 June 2023

•

32733

Image Banner

Contoh digital marketing yang sukses bisa Sobat MinDi jadikan sebagai referensi untuk mengembangkan sebuah bisnis atau perusahaan.

Sekarang ini, digital marketing menjadi kunci sukses bagi berbagai perusahaan dalam menghadapi era digital yang terus berkembang. Di Indonesia, ada berbagai contoh digital marketing yang berhasil diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Mulai dari pemanfaatan media sosial yang kreatif hingga kampanye iklan yang inovatif, digital marketing telah membuktikan kekuatannya dalam mencapai tujuan pemasaran dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Yuk, pelajari lebih lanjut tentang apa itu digital marketing, mulai dari jenis-jenis, strategi, manfaat, hingga contoh digital marketing yang sukses dalam artikel kali ini!


Apa Itu Digital Marketing?



Pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform digital seperti internet dan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan.

Tujuan digital marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau audiens yang lebih luas, dan mendorong konsumen agar melakukan tindakan seperti pembelian atau pendaftaran.

Contoh digital marketing meliputi penggunaan iklan online, media sosial, email marketing, optimisasi mesin pencari (SEO), dan pemasaran konten. Dengan memanfaatkan berbagai strategi ini, sebuah perusahaan dapat membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mencapai keberhasilan pemasaran yang lebih besar.

Digital marketing melibatkan penerapan prinsip dan konsep yang dipelajari dalam materi digital marketing . Jika kamu ingin mempelajari dan menguasai materi-materi tersebut, saat ini ada beragam pilihan kursus berbayar atau bootcamp online digital marketing yang bisa Sobat MinDi coba untuk memperdalam skill kamu.



Jenis-jenis Digital Marketing




Berdasarkan jenisnya, berikut adalah 10 contoh digital marketing yang bisa Sobat MinDi manfaatkan untuk mengembangkan bisnis:


  1. Search Engine Optimization (SEO)

Optimisasi situs web dan konten untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian organik mesin pencari. Untuk mensukseskan strategi digital marketing melalui SEO, sobat MinDi harus memperhatikan ranking faktor dari Google, mulai dari Technical SEO, On-page, dan juga Off-page yang bisa didapatkan dari penyedia jasa backlink berkualitas seperti Backlink.co.id.


  1. Search Engine Marketing (SEM)

Menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas melalui hasil pencarian mesin pencari.

  1. Pay-Per-Click (PPC) Ads

Menampilkan iklan seperti FB Ads atau IG Ads dan membayar hanya ketika pengguna mengklik iklan tersebut.

  1. Social Media Marketing

Memanfaatkan platform media sosial untuk membangun merek, berinteraksi dengan audiens, dan mempromosikan produk atau layanan. Dalam hal ini, sobat MinDi bisa juga menggunakan jasa sosial media marketing terpercaya seperti di Sribu.com untuk mengoptimalkan pemasaran di sosmed

  1. Content Marketing

Membuat dan membagikan konten yang berharga dan relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens.

  1. Video Marketing

Menggunakan video yang menarik untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan.

  1. Email Marketing

Email marketing dilakukan dengan mengirim pesan pemasaran melalui email untuk berinteraksi dengan pelanggan, mengirim penawaran, atau memberikan informasi. Dorong ROI Anda dengan email marketing service terpercaya di Indonesia. MTARGET siap membantu Anda untuk membuat email campaign Anda lebih baik, cepat, dan cantik dengan bantuan AI.

  1. Influencer Marketing

Bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan merek atau produk kepada audiens mereka.

  1. KOL Marketing

Menggunakan Key Opinion Leaders (KOL) atau tokoh terkenal yang lebih kredibel di platform digital untuk mempengaruhi dan mempromosikan merek atau produk.

  1. Affiliate Marketing

Memperoleh komisi dengan mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan atau tindakan yang dilakukan melalui tautan afiliasi.


Strategi Digital Marketing

Dilihat dari strateginya, digital marketing terbagi menjadi dua macam, yaitu Push Digital Marketing dan Pull Digital Marketing. Yuk, simak penjelasan keduanya berikut ini!


1. Push Digital Marketing

Push Digital Marketing adalah strategi menawarkan produk langsung ke pelanggan untuk mencapai hasil penjualan yang cepat. Metode ini biasanya dipakai untuk produk baru yang masih belum terkenal dan tujuan utamanya adalah untuk mendapat exposure. Contoh Push Digital Marketing yaitu endorsement produk ke influencer, email promosi, atau broadcast WhatsApp.


2. Pull Digital Marketing

Kebalikan dari strategi sebelumnya, Pull Digital Marketing adalah metode promosi yang tidak terlalu terang-terangan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan awareness serta loyalitas pelanggan. Contoh Pull Digital Marketing yaitu konten SEO dalam sebuah website, iklan digital, pemasaran di media sosial, atau giveaway , atau pemberian diskon.


Manfaat Digital Marketing

Kalau dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional, digital marketing memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

1. Jangkauan Audiens Luas

Digital marketing memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens yang lebih luas secara global melalui internet. Dengan adanya platform online, Sobat MinDi bisa mempromosikan produk atau layanan kamu ke jutaan pengguna di berbagai belahan dunia. Hal ini juga bisa membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan ekspansi.

2. Bisa Mendongkrak Penjualan

Digital marketing memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa menargetkan audiens yang akurat, mengirim pesan yang menarik, dan memanfaatkan kekuatan pengaruh platform online. Hal ini akan membuat pelanggan potensial lebih tertarik untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Lebih Hemat Biaya

Dengan digital marketing, Sobat MinDi bisa mengatur budget yang sesuai dan memilih berbagai opsi dengan biaya yang lebih terjangkau, seperti iklan online yang fleksibel dan efektif. Selain itu, digital marketing juga memungkinkan kamu untuk mengukur kinerja kampanye secara real-time dan melakukan penyesuaian yang diperlukan agar tidak boros.


Contoh Digital Marketing yang Sukses di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, yuk kita pelajari 5+ contoh penerapan digital marketing yang sukses di Indonesia!


1. Netflix



Pernah dengar istilah meme marketing?

Netflix adalah salah satu contoh digital marketing yang sukses di media sosial dengan menerapkan strategi meme marketing. Meme marketing adalah strategi promosi yang memanfaatkan meme atau gambar-gambar lucu dan disebar secara viral di media sosial.

Netflix memahami daya tarik meme di internet dan menggunakan hal ini sebagai cara untuk berinteraksi dengan audiens mereka secara santai dan lebih seru. Khususnya di Twitter, Netflix seringkali menyebarkan meme yang relevan dengan acara atau film yang sedang populer di platform mereka.

Contohnya, saat serial populer seperti Stranger Things merilis season baru, Netflix sering memposting meme lucu yang berkaitan dengan karakter atau momen ikonik dari serial tersebut.

Nah, meme ini dapat menciptakan interaksi dan keterlibatan tinggi dengan audiens karena mereka jadi bisa merespons meme tersebut dengan komentar atau meme yang mereka buat sendiri.

Hal ini menciptakan efek viral yang membantu meningkatkan kesadaran merek Netflix, memperluas jangkauan konten mereka, dan mendorong penonton potensial untuk mengikuti atau berlangganan layanan mereka. Btw, media sosialnya dibimbing.id juga suka pake strategi meme loh, hehehe~


2. Pocari Sweat


Siapa sih yang nggak tau film Kimi no Na wa?

Kalau kamu adalah pecinta anime, pasti kamu sudah tidak asing dengan Makoto Shinkai. Makoto Shinkai adalah seorang animator yang telah menciptakan berbagai film animasi dan selalu sukses menarik hati banyak orang, salah satunya Kimi no Na wa. Keindahan sinematografi dan jalan cerita yang selalu heart-warming adalah ciri khas dari Makoto.

Nah, pada tahun 2019 yang lalu, Pocari Sweat sempat membuat heboh seluruh media sosial dengan iklannya yang berjudul “Bintang SMA”. Iklan ini mengisahkan dua anak SMA bernama Reza dan Ayu yang meraih mimpi mereka di Bintang SMA.

Tapi, bukan kisahnya yang bikin heboh, malahan konsep video tersebut yang bikin orang-orang terkagum. Iklan tersebut memiliki style animasi yang serupa dengan film Kimi no Na Wa.

Kekaguman netizen akan tayangan iklan tersebut akhirnya menjadi rasa penasaran bagi mereka dan sekarang sudah ditonton sebanyak lebih dari 16 juta kali di YouTube.

Strategi video marketing yang dilakukan Pocari Sweat ini sukses membantu mereka membangun citra merek yang positif dan terkait dengan gaya hidup sehat serta semangat juang generasi muda di Indonesia.


3. Gojek


Salah satu contoh digital marketing yang sukses dilakukan Gojek adalah campaign yang berjudul "Tata Cara Pemilihan Umum, Bersama Jo & Jek!". Video ini dirilis dalam rangka mempromosikan pilihan GoVote, yaitu fitur aplikasi Gojek yang mengajak pengguna untuk menggunakan layanan Gojek saat pergi tempat pemilu.

Dalam iklan tersebut, Gojek menghadirkan dua karakter, Jo dan Jek, yang menggambarkan pengalaman unik dalam proses memilih. Melalui script dan skenario yang kocak serta dialog yang menghibur, iklan ini menggunakan humor sebagai cara mengedukasi dan mengajak audiens agar aktif dalam berdemokrasi dengan menggunakan layanan Gojek.

Dengan pendekatan humor dalam iklan mereka, Gojek berhasil mengikuti perkembangan zaman dan menciptakan interaksi positif dengan audiens mereka.

Iklan ini menjadi viral di media sosial dan mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat Indonesia, serta berhasil memperkuat citra merek Gojek sebagai perusahaan yang peduli terhadap isu sosial dan mampu menghadirkan pesan-pesan penting dengan cara yang menghibur.


4. Tokopedia


Tokopedia adalah salah satu perusahaan Indonesia yang sukses luar biasa di bidang marketplace. Dengan memanfaatkan berbagai strategi digital marketing, perusahaan ini menjadi semakin berkembang dan berhasil meraih gelar Unicorn.

Contoh digital marketing yang sukses dijalankan oleh Tokopedia adalah dengan menjadikan boyband dan girlband asal Korea sebagai brand ambassador mereka. Seperti yang kita tau, K-POP adalah salah satu fenomena yang sudah lama mendunia dan memiliki jumlah penggemar yang fantastis termasuk di Indonesia.

Dengan menggunakan brand ambassador ini, Tokopedia menjadi aktif melakukan strategi social media marketing untuk menjangkau target pasar yang lebih luas karena rata-rata target pasar mereka lebih aktif di media sosial. Selain itu, Tokopedia juga sering bagi-bagi info promo menarik yang membuat audiens mereka semakin bergantung pada e-commerce ini.


5. Jenius BTPN


Bank BTPN adalah perusahaan yang telah menggunakan berbagai strategi digital marketing untuk memperkenalkan dan mempromosikan layanan perbankan digital mereka ke masyarakat.

Salah satu strategi yang berhasil adalah social media marketing yang kreatif dan interaktif. Jenius BTPN menggunakan konten yang menarik dan relevan, seperti video tutorial dan cerita pengguna, untuk mengedukasi dan menginspirasi audiens tentang manfaat layanan mereka.

Jenius BTPN juga melakukan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk mempromosikan brand mereka di Google. Jika Sobat MinDi melakukan pencarian tentang bank digital di Google, akan ada banyak artikel dari Jenius BTPN yang muncul untuk menjawab apa yang kamu cari.

Memaksimalkan SEO untuk website perusahaan adalah salah satu contoh digital marketing yang sukses karena dapat memberikan berbagai keuntungan. Melalui digital marketing, Jenius BTPN berhasil mendapatkan perhatian dan minat dari banyak konsumen serta memperkuat posisi mereka dalam industri perbankan digital di Indonesia.


6. Erigo



Erigo adalah salah satu contoh digital marketing brand lokal yang berhasil membawa produk mereka bersaing secara internasional. Pada tahun 2015, Erigo mampu meraih omzet sampai 22 miliar dan menjadi salah satu brand fashion terbaik karya anak bangsa. 

Dalam perjalanan keberhasilannya, Erigo menggunakan website buatan sendiri dan media sosial Instagram untuk memasarkan produk mereka. Di dalam Instagram, mereka berhasil bekerja sama dengan berbagai influencer dan artis untuk mengiklankan produk mereka. 

Sampai sekarang, Erigo jadi semakin dikenal oleh masyarakat bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Erigo juga sempat membuat iklan di billboard Time Square New York di tahun 2021 yang membuat brand ini pastinya lebih dikenal di pasar internasional.

Nggak tanggung-tanggung, Erigo juga berhasil memamerkan koleksi terbarunya dalam acara bergengsi New York Fashion Week 2022 yang memamerkan eksistensinya di pasar global. Wah, jadi semakin bangga deh sama karya anak bangsa yang satu ini!


Sudah Paham Contoh Digital Marketing?

Melalui berbagai contoh digital marketing di atas, Sobat MinDi bisa melihat bagaimana digital marketing memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas merek, mencapai audiens yang lebih luas, dan mengoptimalkan keterlibatan pelanggan.

Nah, kalau Sobat MinDi tertarik untuk mendalami ilmu digital marketing lebih lanjut, yuk bergabung di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id!

Selama 4 – 5 bulan belajar di bootcamp, Sobat MinDi nggak cuma belajar seputar teori saja, tetapi sekaligus praktik langsung bersama mentor-mentor profesional dan belajar cara membuat portofolio.

Yuk, raih karier impianmu sebagai Digital Marketer handal dan segera daftarkan diri kamu dengan klik di sini !








Share

Author Image

Raniah Fatimah

Raniah is a copywriter and content writer with 2 years experiences who thrives on crafting compelling messages. With a knack for weaving SEO magic into blogs, social media copy, and beyond, she's a dedicated wordsmith who's always eager to learn and grow.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!