dibimbing.id - Fungsi Search Engine Marketing dalam Pemasaran Digital

Fungsi Search Engine Marketing dalam Pemasaran Digital

Nadia L Kamila

•

09 October 2023

•

1783

Image Banner

Apa sih fungsi search engine marketing? 

Apakah hanya sekedar mengiklankan produk yang kita jual saja? Atau ada fungsi lainnya? 

Dalam artikel kali ini MinDi akan menjelaskan tentang search engine marketing dan fungsinya dalam pemasaran digital. Jadi simak hingga akhir ya!


Pengertian SEM dan Perbedaannya dengan SEO


SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi pemasaran digital untuk menampilkan iklan di mesin pencari. Dengan SEM, bisnismu bisa tampil di halaman pertama saat orang mencari produk atau jasa tertentu.

SEM tidak selalu berbayar. Meski SEM sering dikaitkan dengan iklan berbayar seperti PPC (Pay-Per-Click), akan tetapi SEM sebenarnya mencakup dua komponen utama yaitu: 

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah upaya mengoptimalkan website agar muncul di peringkat teratas hasil pencarian organik atau tanpa biaya di mesin pencari. Upaya ini memerlukan cukup lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Proses ini melibatkan penyesuaian konten, struktur website, dan banyak aspek lain untuk meningkatkan relevansi dan otoritas website di mata mesin pencari.

  1. PPC (Pay-Per-Click)

PPC seringkali disebut sebagai iklan berbayar. PPC adalah model pemasaran dimana pengiklan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna. 

Sebagai contoh, ketika kamu menggunakan Google Ads untuk mempromosikan bisnis, kamu hanya membayar ketika ada seseorang mengklik iklanmu, bukan berdasarkan berapa kali iklan itu tampil. 

Dengan demikian, maka SEM merupakan gabungan dari strategi berbayar (iklan PPC) dan tidak berbayar (SEO) untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencari.


Fungsi Search Engine Marketing


Setelah memahami apa itu SEM dan perbedaannya dengan SEO, saatnya kita bahas yuk mengenai apa saja fungsi dari search engine marketing ini.


1. Meningkatkan Brand Awareness


Brand awareness adalah seberapa sering orang mengenali dan ingat suatu merek saat mereka memikirkan produk atau jasa tertentu. Semakin dikenal, semakin kuat mereknya.

Saat seseorang mencari keyword yang relevan dengan bisnismu dan iklanmu muncul, meski mereka tidak mengklik iklan tersebut, mereka tetap melihatnya. Semakin banyak orang melihat iklanmu, maka bisnismu menjadi lebih dikenal. 

Dalam jangka panjang, ini bisa meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan. Seorang konsumen yang familiar dengan merek produkmu lebih mungkin untuk memilih produk atau jasamu dibandingkan pesaing.


2. Meningkatkan Kualitas Trafik Website


Fungsi search engine marketing yang kedua adalah meningkatkan kualitas trafik dari websitemu. Saat seseorang mencari kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasamu, maka iklan website kamu akan muncul di posisi teratas. 

Iklan yang berada di posisi atas bisa meningkatkan visibilitas dan memotivasi pengguna untuk mengklik dan mengunjungi websitemu. Dengan demikian, SEM secara efektif menaikkan trafik ke website dengan menarik pengunjung yang sudah tertarik dengan apa yang ditawarkan.


3. Mengontrol Penuh Kampanye yang Sedang Berjalan


Mengontrol kampanye SEM bukan hanya tentang menjalankannya, tetapi juga mengoptimalkannya untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan SEM kamu bisa mengontrol penuh hal-hal di bawah ini untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Tujuan Kampanye

Sebelum memulai, pastikan kamu telah mengeset tujuan yang jelas mengenai apa tujuan dari kampanye ini. Apakah untuk meningkatkan trafik, konversi, atau kesadaran merek?

  1. Keyword yang Dibutuhkan

Gunakan alat seperti Google Keyword Planner untuk menemukan keyword yang relevan dengan bisnismu. Perhatikan juga LSI keyword yang mungkin memiliki persaingan lebih rendah.

  1. Atur Anggaran

Kamu bisa mengatur sendiri anggaran harian atau bulanan untuk kampanye. Monitor biaya per klik (CPC) untuk memastikan kamu tidak menghabiskan terlalu banyak untuk satu klik.

  1. Desain Iklan 

Kamu wajib memastikan judul dan deskripsi iklan relevan serta menarik. Gunakan call to action yang jelas untuk mendorong pengguna mengklik iklan.

  1. Segmentasi Audiens

Kamu bisa memilih audiens seperti apa yang akan mendapatkan iklanmu. Sesuaikan berdasarkan lokasi, perangkat, waktu, buyer persona, hingga demografi untuk menjangkau audiens yang tepat.

  1. Kinerja Iklan

Kamu bisa memanfaatkan alat analitik yang disediakan oleh Google Ads untuk memantau kinerja iklan Anda. Periksa selalu metrik seperti klik, CTR (click-through rate), konversi, hingga ROI.

  1. A/B Testing

Coba versi iklan yang berbeda untuk melihat mana yang paling efektif. Kamu bisa langsung berhenti jika ada iklan yang tidak peform dan melanjutkan iklan yang lainnya yang lebih efektif.

Agar dapat mengontrol penuh terhadap kampanye atau iklan bisnis yang kamu jalani, kamu harus selalu up to date dengan perkembangan SEM dan digital marketing secara keseluruhan.

Dibimbing memiliki Bootcamp Digital Marketing untuk membantu Sobat MinDi selalu update dengan perkembangan dunia pemasaran digital. Kamu bakal belajar dengan mentor berpengalaman selama live session dan juga mengerjakan berbagai project.


4. Meningkatkan Conversion Rate


Fungsi search engine marketing yang terakhir dan yang paling penting adalah mampu meningkatkan conversion rate. Search Engine Marketing mampu meningkatkan rate konversi dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Targeting yang Tepat

Setelah kamu menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan kata kunci, lokasi, perangkat, dan bahkan waktu. SEM akan memastikan iklanmu hanya muncul di depan orang-orang yang tertarik dengan produk atau layananmu.

  1. Trafik Berkualitas

Karena iklan ditampilkan berdasarkan pencarian yang relevan, pengunjung yang datang melalui SEM biasanya sudah memiliki niat atau kebutuhan. Mereka lebih mungkin untuk melakukan tindakan, seperti membeli produk atau mendaftar.

  1. Optimasi Berkelanjutan

SEM mampu memberikan analisis mendalam tentang bagaimana proforma iklanmu. Dengan data ini, bisnis dapat menyesuaikan iklan atau landing page mana yang efektif untuk meningkatkan konversi.

  1. Pesan yang Relevan

SEM menyesuaikan pesan iklan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Hal ini membuat iklan lebih relevan dan meningkatkan peluang konversi dari.

Gabungan dari target yang tepat, trafik berkualitas, optimasi, hingga pesan yang relevan, SEM efektif mampu meningkatkan rate konversi situs website.

Nah, itulah beberapa fungsi search engine marketing untuk bisnis online. Memahami teori mungkin SEM terdengar sederhana, tapi praktek di lapangan tidak semudah teori dalam artikel ini.

Sehingga jika ingin menguasai search engine marketing, MinDi sarankan untuk join Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing. Kamu akan dapat practical exercise setiap pertemuan dan terlibat langsung dalam real case project hingga magang!

Pastinya ilmu yang kamu dapatkan sembari praktek akan lebih mudah diaplikasikan baik dalam dunia kerja ataupun untuk kelangsungan bisnis onlinemu sendiri. So, segera daftar di sini ya sebelum kehabisan kuota!

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!