5 Rekomendasi Bootcamp Performance Marketing Buat Mahasiswa!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

27 May 2024

•

332

Image Banner

Mau berkarier di performance marketing tapi bingung mulai dari mana? Bootcamp bisa jadi solusimu! Lewat bootcamp, kamu bisa belajar teori dasar, scope of work, hingga praktik dengan real-case project


Jadi, ini juga pas banget buat mahasiswa yang lagi bingung menentukan karier dan mulai dari mana. Nah, bagi yang tertarik untuk mulai, MinDi bakal kasih 5 rekomendasi bootcamp performance marketingyang cocok buat mahasiswa di artikel ini!


Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!



Apa yang Dimaksud dengan Performance Marketing?



Performance marketing adalah pendekatan pemasaran digital yang berfokus pada hasil. Istilah ini pertama kali muncul setelah hadirnya iklan pay-per-click. Ini bisa dimulai dengan iklan banner (display ads) dan Google AdWords (Google Search Ads).


Mengutip dari Shopify, di performance marketing pengiklan hanya perlu membayar ketika tindakan atau hasil spesifik tercapai.


Tindakan tersebut bisa berupa klik, lead, penjualan, atau perilaku pelanggan lain yang diinginkan. Performance marketing memanfaatkan berbagai saluran pemasaran. 


Salurannya bisa affiliate marketing, iklan pay-per-click (PPC), social media advertising, dan search engine marketing (SEM). Secara keseluruhan, pemasaran ini cocok dipilih untuk yang mau memastikan setiap pengeluaran iklan benar-benar berdampak.



Kenapa Harus Ikut Bootcamp Performance Marketing?



Kalau mau belajar strategi pemasaran ini, mengikuti bootcamp performance marketing adalah tahap yang paling penting. Penasaran kenapa ini penting? Yuk, kita bahas beberapa alasannya di bawah ini!


  • Keterampilan Praktis: Bootcamp fokus pada pelatihan langsung, jadi kamu bisa langsung menerapkan keterampilan yang dipelajari ke situasi dunia nyata.

  • Efisien Waktu: Pelatihan komprehensif dalam waktu singkat, sehingga cocok buat yang ingin cepat upgrade skill.

  • Relevansi Industri: Kamu bisa pelajari keterampilan yang langsung bisa diterapkan di industri, seperti optimalisasi kampanye dan analisis data.

  • Peningkatan Karier: Peluang karier dan potensi penghasilan meningkat karena permintaan tinggi untuk ahli performance marketing.

  • Peluang Networking: Kesempatan terhubung dengan profesional industri, mentor, dan teman-teman sebaya.

  • Fleksibilitas: Jadwal dan gaya belajar yang fleksibel, sehingga cocok buat yang punya tanggung jawab lain, seperti menyambi kuliah atau bekerja.

  • Sertifikasi: Dapat sertifikasi untuk validasi keterampilan dan pengetahuan kamu yang bisa jadi aset berharga bagi kariermu.


Baca Juga: 5 Strategi Performance Marketing untuk E-commerce Terbaik





5 Rekomendasi Bootcamp Performance Marketing



Dari penjelasan di atas, kamu bisa memperkirakan betapa pentingnya bootcamp untuk belajar ini dari awal, kan? Dengan ikut bootcamp, kamu yang baru mulai pun bisa tetap mengikuti kelasnya dan berkarier di industri ini.


Kalau mulai tertarik mengikutinya, MinDi ada lima rekomendasi bootcamp performance terbaik dan terpercaya. Berikut daftar rekomendasi MinDi:


Harvard Digital Marketing Strategy Course



Sumber: pll.harvard.edu


Rekomendasi pertama MinDi adalah Harvard Digital Marketing Strategy Course. Ini adalah program interaktif yang dirancang untuk membekali peserta dalam membuat strategi pemasaran digital yang sukses.


Programnya berjalan hanya dalam waktu tujuh hari. Kamu akan mendapatkan pembelajaran lewat kelas, video, studi kasus, artikel, latihan interaktif, dan kegiatan tim.


Di hari terakhir bootcamp, pesertanya akan diberikan kesempatan untuk presentasi strategi digital pada mentor dan mendapatkan feedback. Bootcamp ini cocok untuk para pemula yang mau lebih mahir di digital marketing.



Wordstream PPC University



Sumber: wordstream.com


Berikutnya adalah Wordstream PPC University. Ini merupakan platform pembelajaran online yang menawarkan kursus mendalam tentang pay-per-click (PPC) dan pemasaran digital.


Kursus ini menawarkan berbagai materi penting terkait PPC, termasuk alokasi anggaran iklan. Selain itu, bootcamp ini menawarkan tiga level pembelajaran yakni pemula, menengah, dan lanjutan.


Level pemula cocok banget bagi kamu yang masih minim pengetahuan tentang digital marketing. Sementara itu, dua level lanjutan tersebut cocok bagi pemasar digital yang sudah berpengalaman.


Dengan pendekatan ini, peserta bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola kampanye iklan secara efektif.



ASU’S Digital Marketing Bootcamp



Sumber: bootcamp.careercatalyst.asu.edu


Bootcamp Arizona State University (ASU) adalah kursus digital marketing paruh waktu yang bisa diselesaikan dalam lima bulan. Ini juga dilengkapi dengan kelas virtual tiga hari seminggu. 


Bootcamp ini menawarkan berbagai layanan karir dan bermitra dengan Meta. Kemitraan ini bertujuan  untuk memberikan voucher ujian sertifikasi Facebook kepada siswa setelah menyelesaikan kursus.



SEMRUSH Academy



Sumber: semrush.com


SEMRUSH Academy adalah platform pembelajaran yang berfokus pada penggunaan berbagai fitur dari alat SEMRUSH. Ini merupakan alat populer di kalangan digital marketer untuk riset kata kunci, analisis kompetitor, dan keperluan kampanye digital. 


Kursus ini menawarkan modul yang lengkap dan up-to-date dengan tren perkembangan digital. SEMRUSH Academy juga tersedia secara gratis dan mencakup berbagai level, mulai dari pemula hingga ahli. 


Jadi, ini cocok buat semua orang baik kamu yang baru memulai maupun yang sudah berpengalaman.



Studi Independen Performance Marketing



Sumber: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id


Terakhir adalah studi independen performance marketing kolaborasi Dibimbing dan Kampus Merdeka. Kursus ini adalah program online selama lima bulan yang berfokus pada pengembangan keterampilan dalam perencanaan menggunakan paid advertising.


Kamu bakal diajari setup, running, optimasi, dan analisis kampanye menggunakan Meta Ads dan Google Ads. Bukan cuma itu, kamu juga bakal diajari berbagai jenis kampanye iklan, teknik copywriting, dan desain konten.


Studi independen ini bisa diikuti oleh mahasiswa minimal semester 5 dari berbagai jurusan. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir bakal lulus telat dengan ikut studi independen ini. Sebab, program ini akan memberikan konversi 20 SKS.


Di samping itu, peserta studi independen ini akan diberikan sertifikat kelulusan dan digital marketing associate dari Meta.



Jadi Performance Marketer dengan Ikut Studi Independen Dibimbing.id!



Itulah beberapa rekomendasi bootcamp performance marketing yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu seorang mahasiswa yang mau belajar ini dari nol tanpa mengorbankan sks, studi independen Dibimbing.id adalah pilihan terbaik.


Dengan kerja sama bareng kemendikbud ristek, Dibimbing.id menawarkan pelatihan kemampuan digital kepada mahasiswa yang bisa dikonversi ke 20 sks. Pelatihan ini full gratis dan bersertifikat internasional. Jadi, udah pasti legit banget!


Tertarik untuk mulai kariermu di performance marketing? Yuk buruan daftar melalui laman kampus merdeka, atau KLIK DI SINI


Baca Juga: 7 Trend Terbaru Performance Marketing Untuk Strategi Pemasaran Anda



FAQ (Frequently Asked Questions)



1. Apa Itu Bootcamp Performance Marketing?


Bootcamp performance marketing adalah program pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang hingga mengoptimalkan kampanye pemasaran berbasis hasil. Fokusnya adalah pada metode pemasaran yang membayar berdasarkan hasil, seperti klik, lead, atau penjualan.



2. Apa Saja Topik dalam Bootcamp Performance Marketing?


Topik yang dibahas meliputi perencanaan dan strategi kampanye, penggunaan alat serta platform seperti Google Ads dan Meta Ads. Selain itu, kamu juga akan diajari teknik copywriting dan desain konten serta analisis data dan optimasi kampanye.


Di samping itu, kamu juga akan diberikan pengetahuan tentang praktik terbaik dalam mengelola anggaran iklan.



4. Berapa Lama Durasi Bootcamp Performance Marketing?


Durasi bootcamp bervariasi, biasanya berkisar antara beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada intensitas dan kurikulum yang ditawarkan. Ada bootcamp yang hanya berlangsung selama satu minggu dengan jadwal intensif.


Di samping itu, ada juga yang berlangsung beberapa bulan dengan jadwal yang lebih fleksibel.



Referensi


  1. What is Performance Marketing? Definition and Beginner’s Guide [Buka]

  2. 10 Reasons to Attend a Digital Marketing Bootcamp [Buka]

  3. The 8 Best Digital Marketing Bootcamps for 2024 [Buka]

  4. 9 Best Digital Marketing Bootcamps to Boost Your Skills (2024 Guide) [Buka]

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!