Jenjang Karir Data Analyst: Gaji hingga Skill yang Dimiliki

Muthiatur Rohmah

04 April 2024

11896

Image Banner

Dalam era digital saat ini, data berperan penting dalam mengambil keputusan strategis bagi perusahaan. 


Oleh sebab itu, kebutuhan terhadap profesi menginterpretasikan dan menganalisis data secara efektif semakin meningkat dan memiliki persaingan yang cukup ketat.


Salah satu profesi yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini adalah data analyst.

Dengan persaingan yang cukup ketat, data analyst memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan di masa depan. Gaji yang didapat juga cukup tinggi lho.


Gimana nih? Sobat MinDi tertarik menjadi seorang data analyst?


Yuk simak jenjang karir data analyst, gaji hingga skill yang harus dimiliki pada artikel ini.



Apa itu Profesi Data Analyst?


Source: narasi.tv


Profesi Data analyst bertanggung jawab atas pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan berbasis informasi. 


Seorang data analyst menggunakan kombinasi keterampilan statistik, pemahaman tentang algoritma analisis data, serta pengetahuan tentang alat dan teknologi pemrosesan data untuk menginterpretasikan kumpulan data yang kompleks.


Tugas data analyst meliputi membersihkan data dari kesalahan, melakukan analisis eksploratif untuk mengidentifikasi tren dan pola, serta mengkomunikasikan temuan mereka kepada pemangku kepentingan melalui visualisasi data dan laporan yang mudah dipahami. 


Profesi data analyst membutuhkan kemampuan analitis yang kuat, perhatian terhadap detail, dan kemampuan komunikasi yang efektif, karena hasil analisis data akan menjadi dasar untuk strategi dan keputusan penting dalam bisnis. 


Dengan meningkatnya volume dan kompleksitas data, peran data analyst menjadi semakin penting di berbagai sektor industri, sehingga profesi data analyst menjadi salah satu yang paling dicari di era digital saat ini.



Jenjang Karir Data Analyst


Source: sprintzeal.com


Tak hanya banyak dibutuhkan, data analyst juga memiliki jenjang karir yang cukup menarik untuk masa depan. Yuk simak selengkapnya.


Jenjang karir data analyst biasanya dimulai dari posisi entry-level dan berkembang melalui beberapa tingkat keahlian dan tanggung jawab sebelum mencapai posisi senior atau spesialisasi tertentu. 


Berikut ini adalah gambaran umum tentang jenjang karir data analyst:


1. Data Analyst Junior


Pada level ini, analis bekerja di bawah pengawasan lebih ketat dan fokus pada tugas-tugas dasar seperti pengumpulan data, pembersihan data, dan analisis eksploratif sederhana. 


Mereka belajar menerapkan teknik statistik dan alat analisis data sambil memahami dinamika bisnis perusahaan.



2. Data Analyst


Dengan pengalaman dan keahlian yang bertambah, data analyst mulai mengambil tanggung jawab yang lebih besar, termasuk desain dan implementasi model analisis kompleks, serta interpretasi dan penyampaian insight data kepada pemangku kepentingan. 


Seorang data analyst  mulai terlibat dalam pengambilan keputusan strategis berdasarkan analisis data.



3. Senior Data Analyst


Pada tingkat senior, analis memiliki keahlian mendalam dalam analisis data dan sering kali memimpin proyek analisis. 


Senior Data Analyst bertanggung jawab atas pengembangan strategi analisis data, mentorship terhadap analis yang lebih junior, dan mungkin terlibat dalam pengembangan kebijakan data perusahaan.



4. Lead Data Analyst/Data Scientist


Meskipun terkadang berbeda jalur, banyak data analyst yang berkembang menjadi data scientist atau lead analyst dengan spesialisasi dalam teknik analisis data yang lebih canggih, termasuk machine learning dan model prediktif. 


Posisi ini membutuhkan pemahaman yang kuat tentang matematika, statistik, dan pemrograman.



5. Manager atau Director of Analytics


Pada tingkat kepemimpinan, seorang Manager Analytics bertanggung jawab atas pengelolaan tim analis, strategi analitik secara keseluruhan, dan integrasi analisis data dalam keputusan bisnis strategis. 


Director Analytics berperan penting dalam menentukan arah dan kebijakan analisis data perusahaan.


Selama perjalanan karirnya, data analyst perlu terus mengembangkan hardskill  mereka, termasuk pemrograman, statistik, dan machine learning, serta soft skill seperti komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah.


Keberhasilan dalam jenjang karir data analyst bergantung pada kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru, memahami kebutuhan bisnis yang berkembang, dan menerjemahkan kompleksitas analisis data menjadi strategi bisnis yang efektif.


Baca Juga: Panduan Cara Belajar Data Analyst Pemula




Besaran Gaji Data Analyst



Gaji untuk profesi data analyst di Indonesia beragam tergantung pada level pengalaman. Berdasarkan informasi dari sumber terkait untuk tahun 2024, gaji data analyst pemula dengan pengalaman kurang dari 4 tahun berkisar antara Rp3,5 juta hingga Rp7 juta per bulan. 


Untuk data analyst dengan pengalaman kerja antara 5 hingga 8 tahun atau yang berada di level junior, gaji berkisar antara Rp9 juta hingga Rp15 juta per bulan. 


Sementara itu, data analyst senior dengan pengalaman lebih dari 10 tahun bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp30 juta ke atas per bulan. 


Gaji ini tentu bisa bervariasi tergantung perusahaan, lokasi kerja, dan kondisi spesifik lainnya.


Perbedaan gaji data analyst  mencerminkan tingkat keahlian, pengalaman, dan tanggung jawab yang diemban oleh data analyst pada masing-masing level. 


Profesi data analyst membutuhkan kemampuan analitis yang tinggi serta penguasaan alat dan metodologi analisis data modern, yang menjadi alasan mengapa gaji untuk posisi ini cukup kompetitif di pasaran.



Skill yang Harus Dimiliki Data Analyst



Seorang data analyst memerlukan berbagai keterampilan untuk menganalisis data secara efektif dan menghasilkan insight yang berguna bagi pengambilan keputusan. 


Berikut skill utama yang harus dimiliki seorang data analyst:


1. Statistik dan Matematika


Dasar yang kuat dalam statistik dan matematika adalah esensial, skill ini penting untuk menentukan metode analisis yang tepat dan memahami data dengan lebih mendalam.



2. Kemampuan Pemrograman


Keterampilan dalam bahasa pemrograman seperti Python atau R sangat penting bagi seorang data analyst, karena banyak digunakan dalam analisis data untuk otomatisasi, pengolahan data, dan visualisasi.



3. Penggunaan Alat Analisis Data


Penggunaan alat seperti SQL untuk manajemen database, Excel untuk analisis sederhana, serta software analisis data lanjutan seperti Tableau atau Power BI untuk visualisasi data sangat penting bagi seorang data analyst.



4. Kemampuan Analitis dan Detail


Kemampuan untuk menganalisis set data besar, mengidentifikasi pola dan tren, serta memperhatikan detail yang mungkin terlewat adalah kunci bagi data analyst untuk menghasilkan analisis yang akurat dan bermanfaat.



5. Keterampilan Komunikasi


Data analyst perlu dapat menyampaikan temuan dan insight dari data kepada stakeholder non-teknis dalam bentuk laporan dan presentasi yang jelas dan mudah dipahami.


Sobat MinDi itulah penjelasan mengenai profesi dan jenjang karir data analyst. Meskipun memiliki jenjang karir dan gaji yang cukup menjanjikan, seorang data analyst harus memiliki kemampuan yang profesional untuk bersaing di dunia karir.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Data Analyst 2024



Gimana nih, Sobat MinDi tertarik menjadi seorang data analyst profesional? Bingung harus mulai dari mana?


Sebagai langkah awal, yuk ikuti bootcamp data science dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran inovatif dan terbaik.


Bootcamp dibimbing.id didampingi oleh mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya. Kami siap mengantarkan Sobat MinDi menjadi data analyst sukses.


Gimana? tertarik mendaftar bootcamp? Yuk segera daftarkan diri kamu di sini! Jangan khawatir ngaggur setelah lulus bootcamp, karena dibimbing.id menyediakan job connect ke ratusan perusahaan ternama buat kamu! Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved