Blog

/

Web Development

/

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Dibimbing.id

•

28 September 2022

•

14999

Image Banner

Sobat MinDi, buat kamu yang tertarik sama data science dan berniat mempelajarinya, ada beberapa Bahasa pemrograman yang perlu kamu kuasai lho. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Python. Python menjadi bahasa pemrograman yang populer banget dikalangan bidang pengkodingan. 

Pernah kepikiran gak, gimana caranya Netflix kasih kamu rekomendasi film-film yang sesuai sama preferensi kamu? Ternyata itu hasil dari penggunaan bahasa pemrograman Python lho. Bahasa pemrograman ini emang digunakan untuk pengembangan aplikasi, software, website, dll. 

Buat kamu yang mau tau lebih lanjut tentang pemrograman Python, kamu mendarat di website yang tepat. Sini MinDi bisikin kamu tentang pemrograman Python secara lebih dalam. 

Apa Itu Python

Python adalah bahasa pemrograman dengan basis data tingkat tinggi, yang artinya lebih mudah buat dipahami manusia. Kalau kamu kenal dengan data science, Iot, machine learning, ketiga hal itu berhubungan erat sama Python. Menurut data dari Developer Economics – State of the Developer Nation, pada tahun 2019, udah ada 69% pengembang machine learning dan data scientist yang memanfaatkan Python untuk proses pekerjaannya. 

Nah kenapa sih banyak programmer menggunakan Python? Karena dengan menggunakan Python, biasanya programmer dapat membuat prototype, scripting untuk mengelola infrastruktur, dan fungsi utamanya adalah membuat website dengan skala besar. Bahasa pemrograman Python selain lebih mudah dipahami manusia, fungsinya juga beragam dan mudah diaplikasikan. Ini juga yang menjadikan Python sebagai bahasa pemrograman yang paling populer di tahun 2019 lalu. 

Sampai sekarang juga makin banyak programmer-programmer yang memanfaatkan bahasa pemrograman Python untuk layanan perusahaan-perusahaan besar. Kita sebut aja Google, Spotify, Netflix, dan bahkan NASA, lho! 

Netflix menjadi salah satu aplikasi yang menggunakan pemrograman Python

Nah karena memang bahasa Python ini mudah buat diaplikasikan, sekarang penggunanya juga merambah ke non-programmer lho. Sekarang ilmuwan dan akuntan juga udah mulai memanfaatkan Python buat mengatur keuangan dan kebutuhan pengolahan data mereka. 

Alasan Bahasa Pemrograman Python Sangat Populer

Menurut Index Tiobe, ada tiga bahasa pemrograman yang populer banget di seluruh dunia. Mungkin kamu juga gak asing sama nama-nama bahasa pemrograman ini. Yaitu, Java, C, dan Python. Nah kira-kira apa sih alasan Python bisa jadi populer?

Beberapa kemudahan dan fungsi dari Python menjadikannya sangat populer

  1. Konsep sederhana dan mudah digunakan

Sebelumnya MinDi udah menjelaskan bahwa Python sekarang juga digunakan oleh para non-programmer. Alasan mereka bisa menggunakan karena Python mengusung konsep yang sederhana, sintaksnya juga mudah dipahami karena lebih mirip bahasa inggris. Layoutnya juga sangat friendly buat kamu si pemula yang baru mau coba mengoperasikan pemrograman Python. 

  1. Fleksibel

Meski sederhana dan mudah digunakan, Python bisa digunakan untuk berbagai macam hal lho. Meskipun cocok untuk pemula, tapi Python memberikan fungsi yang profesional. Mulai dari visualisasi data, website, atau bahkan machine learning

  1. Dukungan dari berbagai sistem operasi dan pihak ketiga

Dari kemudahan dan fungsinya yang luar biasa keren, keunggulan Python gak sampai disitu aja. Python bisa dipakai diberbagai sistem operasi lho, mulai dari Mac OS X, Linux, dan Windows. Kamu gak perlu takut kalau bahasa pemrograman ini bakal nge-lag atau susah diaplikasikan. 

  1. Menghemat waktu

Nah dari beberapa keunggulan yang MinDi sebutkan di poin-poin sebelumnya menjadikan Python sangat membantu mengefisiensi waktu kerja para programmer. Dengan proses kerja yang membutuhkan waktu relatif lebih cepat, ini juga bakal memberikan keuntungan ke perusahaan karena dapat menekan biaya operasional mereka. 

Nah sekarang Sobat MinDi udah tau nih tentang bahasa pemrograman Python. Buat kamu yang ingin coba-coba mengembangkan website atau aplikasi mungkin bisa memulainya dengan Python. Selain memberikan fungsi yang beragam, bahasa pemrograman ini cocok banget buat para pemula. 

“Aku jadi pengen belajar Python lebih dalam deh, MinDi.”

Nah bagi kamu yang sedang ingin belajar lebih dalam tentang Python, MinDi saranin buat ikut bootcamp karena kamu biasanya akan mendapatkan materi yang lengkap banget. 

“Ah bootcamp mah mahal-mahal MinDi.”

Eitts, kata siapa? Coba cek Bootcamp Data Science dari dibimbing deh. Dijamin harganya terjangkau banget. Tapi tenang, walaupun harga terjangkau, kamu bakalan tetep dapat materi yang lengkap, konsultasi bareng mentor expert, dan bahkan mengikuti penyaluran kerja. 

Tunggu apalagi, buruan daftar sekarang. Klik disini ya! 

Platform Tepat untuk Menjadi Data Talent Profesional

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait