6 Macam Library Python yang Digunakan Untuk Web Scraping

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

01 March 2024

•

493

Image Banner

Web scraping adalah salah satu teknik data ekstraksi data otomatis yang telah menjadi solusi untuk berbagai keperluan di analisis data hingga pengembangan produk. Lebih lanjut, ada berbagai macam library Python yang digunakan untuk web scraping.


Sehingga, praktisi ahli memiliki beragam opsi mengenai library yang bisa digunakan untuk web scraping. Untuk melihat pilihannya, baca artikel ini sampai habis ya!


Apa yang Dimaksud dengan Library Python?


Library Python adalah kumpulan modul dan paket yang sudah ditulis sebelumnya. Ini menyediakan berbagai fungsi dan kelas untuk memudahkan pengembangan perangkat lunak.


Dengan library, pengembang dapat menghindari penulisan ulang kode untuk tugas-tugas yang sudah umum dan sering dipakai. Oleh sebab itu, library bisa meningkatkan efisiensi dan kecepatan pengembangan.


Di samping itu, Python memiliki sebuah repositori resmi yang dikenal sebagai Python Package Index (PyPI). Repositori ini menyediakan ribuan library untuk berbagai tujuan. Mulai dari pengolahan data, matematika, pengujian software, hingga web development.


Library Python untuk Apa?


Library Python tersedia untuk berbagai keperluan dan bidang aplikasi. Ini mencakup hampir semua aspek pengembangan software dan analisis data. Berikut adalah beberapa fungsi dan contoh library Python:


Pengembangan Web: Django, Flask, dan Pyramid.

Analisis dan Ilmu Data: Pandas, NumPy, dan Scikit-learn.

Visualisasi Data: Matplotlib, Seaborn, Plotly.

Pengembangan Game: Pygame dan Panda3D.

Komputasi Ilmiah dan Matematika: SciPy dan SymPy.

Otomasi dan Scripting: Selenium dan PyAutoGUI.

Pengolahan Gambar dan Grafik: Pillow dan OpenCV.

Keamanan dan Kripotografi: PyCrypto dan Paramiko.

Pengembangan Aplikasi Desktop: Tkinter dan PyQt/PySide.


Baca Juga: Apa itu Data Integration: Definisi, Manfaat, serta Prosesnya


Apa Saja Library Python yang Digunakan untuk Web Scraping?


Secara umum, web scraping adalah teknik untuk mengumpulkan data dari web secara otomatis. Dalam Python, ada beberapa library populer yang digunakan untuk web scraping. Berikut adalah beberapa library Python yang digunakan untuk web scraping:


1. Beautiful Soup


Library Python yang digunakan untuk web scraping pertama adalah Beautiful Soup. Pustaka ini sangat populer untuk parsing HTML dan XML.


Selain itu, Beautiful Soup membuat struktur dokumen navigable dan dapat dicari. Hal ini memudahkan pengambilan data dari halaman web. Oleh karena itu, ini cocok untuk scraping data dari halaman web yang strukturnya kompleks.


2. Scrapy


Berikutnya, library Python yang digunakan untuk web scraping adalah Scrapy. Ini merupakan framework aplikasi open-source yang digunakan untuk crawling websites dan ekstraksi data terstruktur dari halaman web. 


Lebih lanjut, Scrapy dirancang untuk scraping skala besar dan pengambilan data otomatis dari website. Ini lebih cepat dan dapat menangani request secara asinkron.


3. Selenium


Kemudian, library Python yang digunakan untuk web scraping adalah Selenium. Ini merupakan alat untuk automasi browser yang sering digunakan untuk testing web. Akan tetapi, ini juga bisa digunakan untuk web scraping


Selenium memungkinkan penggunanya untuk mengotomatisasi interaksi browser, seperti mengklik tombol atau mengisi formulir. Hal ini berguna untuk scraping data dari halaman web yang memerlukan interaksi pengguna atau memiliki JavaScript kompleks.


4. Requests


Library Python yang digunakan untuk web scraping selanjutnya adalah Requests. Ini merupakan library HTTP untuk Python yang sederhana dan mudah digunakan. 


Requests juga sangat berguna untuk membuat request HTTP ke server web untuk mengunduh halaman. Biasanya digunakan bersama dengan Beautiful Soup untuk parsing HTML yang didapatkan dari Requests.


5. LXML


Library Python yang digunakan untuk web scraping berikutnya adalah LXML. Ini merupakan library yang sangat cepat dan fleksibel untuk parsing XML dan HTML di Python, menggunakan libxml2 dan libxslt. 


Oleh sebab itu, LXML cocok untuk scraping data dari dokumen XML/HTML dengan kecepatan tinggi.


Baca Juga: Memahami Pemrograman Python untuk Data Science, Yuk Simak!


6. Pandas


Terakhir, library Python yang digunakan untuk web scraping adalah Pandas. Ini bisa digunakan untuk mengolah dan membersihkan data yang di-scrape dari web.


Selain itu, Pandas dapat membaca data dari berbagai format seperti CSV, Excel, atau JSON. Oleh sebab itu, Pandas sangat berguna untuk analisis data dan preprocessing sebelum analisis lebih lanjut.


Itulah beberapa daftar library Python yang digunakan untuk web scraping. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap library memiliki kasus penggunaan yang optimalnya sendiri. Hal ini tentu bergantung pada kebutuhan spesifik proyek web scraping yang dijalankan.


Selain untuk web scraping, library Python juga bisa digunakan untuk berbagai tujuan, lho! Tertarik untuk mempelajarinya? Jika iya, MinDi rekomendasikanmu untuk ikut Bootcamp Data Science Dibimbing.id


Program ini cocok buat kamu yang mau belajar hal-hal berkaitan data science. Mulai dari teori, aplikasi, tools, scope of work, hingga praktik dengan real-case project. Selain itu, ini juga cocok buat kamu yang mau belajar dari nol.


Sebab, pembelajarannya dilengkapi oleh silabus beginner-friendly dan panduan praktisi ahli. So, nggak perlu tunggu lama lagi! Segera gabung dan kembangkan keahlianmu di data science bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!