10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Data Analyst 2024

Syaukha Ahmad Risyad

08 September 2023

17818

Image Banner

Kamu lagi nyari-nyari laptop yang cocok buat analisis data? Yuk, cek rekomendasi laptop-laptop terbaik untuk data analyst berikut ini!

Pekerjaan data analyst memang membutuhkan perangkat yang spesifik bisa memenuhi tuntutan-tuntutan analisis data, mulai dari menulis query di SQL, hingga visualisasi data. Makanya, MinDi mau ngasih sepuluh rekomendasi laptop yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. MinDi bakal mengulas laptop-laptop untuk kebutuhan yang berbeda-beda, jadi baca sampai habis, ya!

Apa itu Data Analyst?

Data analyst adalah seorang profesional yang memiliki keahlian dalam mengumpulkan, membersihkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan informasi penting yang dapat mendukung pengambilan keputusan bagi perusahaan.

Kalau kamu tertarik mempelajari profesi yang satu ini, Dibimbing.id punya program buat kamu dengan pelayanan yang responsif dan real-case project yang bisa langsung kamu coba!

Spesifikasi Memilih Laptop untuk Data Analyst

Memilih laptop yang sesuai untuk kebutuhan seorang data analyst melibatkan pertimbangan terhadap beberapa spesifikasi khusus. Berikut adalah beberapa spesifikasi yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop untuk analisis data.

  1. Prosesor yang kuat: Pilih laptop dengan prosesor yang tangguh, seperti Intel Core i7 atau AMD Ryzen seri tinggi. Ini memungkinkan kamu untuk bisa menangani komputasi berat dalam analisis data.

  2. Memori RAM yang cukup: Pastikan laptop memiliki minimal 8GB RAM. Ini biar memfasilitasi pengoperasian aplikasi analisis data seperti Python, R, atau MATLAB dengan lancar, bahkan saat menggunakan dataset besar.

  3. Penyimpanan SSD cepat: Zaman sekarang, baiknya kamu mencari laptop yang sudah terpasang SSD (Solid State Drive), ketimbang HDD (Hard disk). SSD mempercepat akses data dan waktu booting. Pilih kapasitas minimal 512GB untuk ruang penyimpanan yang cukup.

  4. Kartu grafis yang mumpuni: Data analyst tidak selalu membutuhkan kualitas grafis yang high-end, namun jika analisis data melibatkan visualisasi kompleks, kamu butuh laptop dengan kartu grafis baik, misalnya NVIDIA GeForce atau AMD Radeon dengan kapasitas VRAM memadai.

  5. Portabilitas yang Tetap: Portabilitas memang menjadi selera dan pilihan gaya bekerja masing-masing individu. Namun MinDi tetap menyarankan kamu untuk mempertimbangkan laptop yang ringkas dan ringan agar mudah dibawa bepergian. Ini memastikan kamu bisa tetap produktif seandainya kamu ingin bekerja secara work from anywhere (WFA).

  6. Baterai yang tahan lama: Sepaket dengan portabilitas, kamu juga disarankan untuk memilih laptop dengan baterai yang cukup awet biar tidak repot ketika bekerja di tempat-tempat publik.


Ketika kamu memilih laptop, tentunya kamu perlu mempertimbangkan prioritas kamu sendiri. Kamu mungkin membutuhkan laptop dengan grafis yang kuat, ataupun tidak. Kamu juga mungkin mempersoalkan budget ataupun tidak. Selanjutnya MinDi mau merekomendasikan laptop-laptop untuk berbagai pilihan kamu!


1. Lenovo ThinkPad T490

laptop untuk data analyst



Dengan CPU Intel Core i5-8265U mencapai 3.9 GHz dan 16GB DDR4 RAM, laptop ini adalah pilihan yang sangat cocok buat keperluan analisis data. Bahkan, laptop ini juga dapat menanggung kebutuhan kalau kamu ingin menginstal Linux Distro.

Yang menjadi kekurangan dari laptop ini adalah, tidak adanya dedicated GPU, sehingga kurang cocok kalau kamu ingin menjalankan komputasi machine learning.

2. ASUS ZenBook 14 Ultra Slim

laptop untuk data analyst


ASUS ZenBook 14 juga merupakan seri laptop yang cocok buat kamu melakukan analisis data. Seri ZenBook 14 hadir dengan beberapa jenis yang cukup berbeda, dengan seri Ultra Slim (atau Ultralight) menjadi sorotan. Dengan spesifikasi yang mirip dengan Lenovo ThinkPad, ZenBook 14 Ultra Slim punya berat di bawah satu kilogram! Jadi semakin cocok buat kamu yang ingin bekerja on-the-go.

Laptop ini juga tidak memiliki dedicated GPU, sehingga kurang cocok untuk kebutuhan machine learning. Namun, laptop ZenBook 14 lain ada yang punya dedicated GPU, namun dengan berat dua kali lipat dari seri Ultra Slim.

3. Lenovo IdeaPad320

Kalau kamu punya budget yang sangat terbatas, dan hanya membutuhkan level pemula, laptop ini sudah cukup buat kamu. Tapi jangan salah sangka, laptop ini sudah memenuhui semua kebutuhan analisis data kamu. Laptop ini punya spesifikasi yang cukup baik dengan prosesor Intel Core i5, portabilitas yang nyaman, dan desain yang cukup kokoh.

4. Acer Aspire 5 Slim

laptop untuk data analyst



Bisa dibilang, laptop ini adalah yang paling all rounded dari berbagai segi, ketimbang laptop-laptop lain di artikel ini. Aspire 5 slim punya harga yang cukup murah, desain yang cukup solid, dan spesifikasi yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan analisis data, dengan CPU Ryzen 3 3200U.

5. Dell XPS 13 9310


laptop untuk data analyst

XPS 13 9310 adalah pilihan lain buat analisis data kamu, dengan prosesor Intel Core i7-1165G7 dan 16GB DDR4 RAM. Yang menarik dari laptop ini adalah baterainya yang tahan lama dan desainnya yang solid. Jadi cocok buat kamu yang ingin bepergian. Ditambah, laptop ini juga punya keyboard yang nyaman, jadi cocok untuk pekerjaan yang cukup lama.


6. ASUS ROG Strix Scar

laptop untuk data analyst ASUS ROG Strix Scar

ASUS ROG Strix memang sudah terkenal sebagai laptop dengan spek yang tinggi, dengan prosesor Intel Core i7, RAM 8GB, dan GPU Nvidia GeForce RTX 2060. Jadi sudah pasti cocok buat kamu yang butuh mengerjakan analisis data yang cukup kompleks. Sebagai laptop gaming, kamu juga dapat menambahkan RAM untuk memperkuat performa laptop. Yang paling menarik dari laptop ini tentunya adalah kartu grafisnya yang sangat baik, jadi sangat cocok untuk visualisasi data.

Namun, laptop ini cukup berat sekitar 2.4 kg, dan dengan baterai yang sangat boros. Selain itu, harga dari laptop ini juga terbilang cukup mahal.

7. Acer Predator Triton 500 SE

laptop untuk data analyst Acer Predator Triton 500 SE


Ini merupakan pilihan lain untuk laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Sehingga kuat untuk mengerjakan tugas-tugas analisis data yang cukup kompleks. Selain itu, laptop ini memiliki baterai yang cukup awet dan desain dengan portabilitas yang baik. Meskipun begitu, build dari laptop ini bukan yang paling baik di kelasnya.

8. MSI GS65

MSI GS65


MSI GS65 juga merupakan pilihan lain untuk laptop dengan spesifikasi tinggi. Buat kamu yang ingin melakukan operasi machine learning, GS65 adalah pilihan paling tepat, dengan GPU RTX 2070, dan Cooler Boost Trinity untuk meningkatkan kualitas airflow.

9. Razer Blade Pro 17

Razer Blade Pro 17


Blade Pro 17 adalah pilihan lain buat kamu yang ingin melakukan analisis data yang kompleks. Dengan Intel Core i7-9750H dan NVidia GeForce RTX 2060, kamu bisa memenuhi kebutuhan terkait machine learning. Laptop ini juga punya layar 17.3”, yang cukup besar dan nyaman buat kamu yang ingin melakukan visualisasi data.

10. Apple MacBook Pro

Apple MacBook Pro


Untuk kebutuhan analisis data, MacBook Pro sudah pasti jadi pilihan paling baik. MacBook Pro punya 512 GB SSD, AMD Radeon Pro 5300M, dan layar yang sangat baik. Ditambah lagi MacBook Pro punya baterai yang awet hingga 11 jam penggunaan.

Sebagai produk dari Apple, MacBook Pro menggunakan sistem operasi yang unik dan user friendly. Kalau kamu punya budget yang cukup tinggi, Apple MacBook Pro adalah pilihan paling tepat buat analisis data kamu.

Belajar Analisis Data

Nah, Sobat MinDi sekarang mungkin sudah punya, nih, pilihan laptop yang diincar buat kebutuhan analisis data. Selanjutnya, waktunya buat kamu mengasah kemampuan kamu sebagai data analyst!

Dengan ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id, kamu bisa belajar data science sambil dapet kesempatan internship dan otomatis di-shortlist sama berbagai perusahaan!

Yuk, jadi data analyst bareng Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved