Tableau: Definisi, Fungsi & Keunggulannya

Muthiatur Rohmah

25 January 2024

341

Image Banner

Sobat MinDi tertarik bekerja di bidang sistem pengolahan data perusahan? seperti business intelligence? Jika iya, tableau adalah tools yang wajib kamu gunakan.


Pada dasarnya, data perusahaan memiliki jumlah yang sangat banyak, oleh sebab itu, data perusahaan tidak mungkin dapat dibaca dengan jumlah yang banyak itu. Oleh karena itu, seorang pengolah data perusahaan wajib menggunakan software untuk membuat data lebih sederhana.


Tools yang dapat digunakan untuk menyederhanakan visual data tersebut adalah tableau. Software ini penting dipelajari untuk Sobat MinDi yang tertarik bekerja di bidang pengolahan data perusahaan.


Lalu apa itu tableau? Bagaimana fungsi dan keunggulannya? Mari simak penjelasan MinDi berikut ini.


Apa itu Tableau?


Tableau adalah software analisis data yang populer, tableau sebagai alat visualisasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memahami data dengan lebih baik. 


Dengan tampilan visual yang ramah pengguna dan drag-and-drop yang intuitif, Tableau membantu dalam menciptakan visualisasi data yang interaktif dan menarik, seperti grafik, peta, dan dasbor. 


Tableau dirancang untuk memanfaatkan kekuatan visual untuk menyederhanakan analisis data kompleks, memungkinkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk dengan cepat menganalisis, memvisualisasikan, dan membagikan informasi dalam format yang mudah dipahami. 


Salah satu keunggulan utama Tableau adalah kemampuannya untuk terhubung dengan berbagai sumber data, mulai dari spreadsheet sederhana hingga basis data besar dan cloud data, menyediakan fleksibilitas yang besar dalam mengelola data. 


Tableau digunakan oleh berbagai perusahaan, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar, untuk mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dari data mereka, mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data.


Selanjutnya, mari simak mengenai fungsi tableau dalam memproses data perusahaan


Fungsi Tableau dalam Analisis Data Perusahaan


Tableau adalah alat visualisasi data yang kuat dengan berbagai fungsi utama yang memungkinkannya menjadi salah satu alat analisis data terdepan. Berikut adalah fungsi tableau yang penting untuk dipahami.


1. Visualisasi Data


Kemampuan inti Tableau adalah menciptakan visualisasi data yang kompleks dan menarik dengan mudah. Pengguna dapat mengubah data mentah menjadi grafik, diagram, peta panas, dan dashboard interaktif. 


Fitur drag-and-drop memudahkan pembuatan visualisasi yang informatif dan menarik secara visual, bahkan untuk pengguna tanpa latar belakang teknis.


2. Penggabungan Data


Tableau dapat terhubung dengan berbagai sumber data, baik yang berada di cloud maupun on-premise. Pengguna dapat menggabungkan data dari berbagai sumber seperti SQL database, spreadsheet, dan data cloud untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif. 


Kemampuan ini berfungsi untuk menganalisis yang lebih mendalam dan membantu mengidentifikasi pola atau tren yang mungkin tidak terlihat jika data dianalisis secara terpisah.


3. Analisis Data Interaktif


Fungsi analisis interaktif Tableau adalah untuk mengeksplorasi data dengan lebih dalam. Pengguna dapat memfilter, mengurutkan, dan menguji data secara real-time. 


Ini memungkinkan pengguna untuk menjawab pertanyaan bisnis secara spontan dan menyesuaikan visualisasi mereka sesuai dengan kebutuhan analisis.


4. Pengguna Tableau dapat Berbagi Wawasan


Setelah analisis selesai, Tableau memudahkan berbagi wawasan dengan orang lain. Pengguna dapat berbagi dashboard dan laporan melalui Tableau Server atau Tableau Online, memungkinkan kolaborasi yang efektif dan komunikasi wawasan dengan tim atau stakeholder.


Fitur ini berguna untuk memastikan semua anggota tim memiliki akses ke informasi terbaru dan dapat membuat keputusan berdasarkan data yang sama.


Fungsi-fungsi tersebut dapat menjadikan Tableau alat yang bermanfaat bagi organisasi dalam memanfaatkan data untuk membuat keputusan yang lebih informasi dan strategis.


Selanjutnya, mari simak mengenai keunggulan tableau dalam mengelola data perusahaan.


Baca Juga: Cara Menambah Field pada MySQL dengan Alter Table dan PHPMyAdmin


Keunggulan Tableau dalam Mengelola Data Perusahaan


Tableau menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan bagi perusahaan, membuatnya menjadi pilihan populer dalam alat analisis dan visualisasi data. Berikut adalah keunggulan utama Tableau bagi perusahaan yang perlu diperhatikan.


1. Kemudahan Penggunaan


Salah satu keunggulan tableau adalah tampilan visualnya yang inovatif dan ramah pengguna. Pengguna dapat dengan mudah membuat visualisasi data yang kompleks melalui fitur drag-and-drop tanpa memerlukan keterampilan pemrograman yang mendalam. 


Hal ini memungkinkan pengguna dari berbagai latar belakang profesional, termasuk yang tidak memiliki keterampilan teknis, untuk menghasilkan laporan dan analisis data dengan cepat.


2. Kemampuan Visualisasi Data yang Kuat


Tableau dikenal dengan kemampuannya untuk mengubah data mentah menjadi visualisasi yang informatif dan menarik secara visual. Alat ini menyediakan berbagai pilihan grafik, peta, dan dashboard yang dapat disesuaikan, memungkinkan perusahaan untuk menyajikan data mereka dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.


3. Tableau Fleksibel dalam Pengolahan Data


Tableau mendukung koneksi dengan berbagai sumber data, mulai dari file Excel sederhana hingga basis data besar dan data real-time. 


Ini memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk bekerja dengan berbagai jenis data dan menggabungkannya untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas.


4. Kolaborasi dan Berbagi Data


Tableau memfasilitasi kolaborasi dan berbagi data dalam organisasi. 


Dengan Tableau Server atau Tableau Online, perusahaan dapat berbagi dashboard dan analisis dengan anggota tim lainnya, memastikan bahwa semua pihak berada pada halaman yang sama dan membuat keputusan berdasarkan informasi terbaru.


Keunggulan-keunggulan ini menjadikan Tableau alat yang penting bagi perusahaan untuk menganalisis, memvisualisasikan, dan berbagi data, membantu dalam membuat keputusan berbasis data yang lebih efektif dan strategis.


Gimana Sobat MinDi? Tableau ternyata memiliki peran yang penting dalam proses mengolah data dan visualisasi data perusahaan. 


Untuk Sobat MinDi yang ingin berkarir di bidang olah data perusahaan atau business intelligence, pastikan untuk menggunakan tableau dalam mengolah data.


Tertarik switch career sebagai seorang business intelligence? Sebagai tahapan awalnya, Yuk pelajari pembahasan dan proses business intelligence melalui bootcamp atau pelatihan khusus.


MinDi ada rekomendasi nih, Yuk ikuti bootcamp business intelligence dibimbing.id


Dengan pembelajaran yang inovatif disertai silabus menarik, disertai jaminan job connection ratusan perusahaan ternama, dibimbing.id siap membantu mewujudkan karirmu sebagai business intelligence sukses dan profesional.


Yuk segera daftarkan diri di sini! Nikmati potongan harga menarik, khusus hari ini! Jangan sampai kelewatan ya. Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi langkah karir impianmu.



Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!