Cara Menambah Field pada MySQL dengan Alter Table dan PHPMyAdmin

Suci Wulandari

•

13 June 2023

•

8357

Image Banner

Bisnis atau organisasi yang membutuhkan pengelolaan data bisa memanfaatkan MySQL. Apa itu MySQL? MySQL adalah salah satu jenis DBMS dengan bahasa pemrograman SQL yang digunakan mengelola sistem basis data terstruktur. Sistem ini cocok jika database dan tabel yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi. Akan tetapi jika bisnis atau organisasi membutuhkan database besar, sebaiknya menggunakan database cloud atau Big Data. 


Sama seperti database pada umumnya, MySQL dapat menyajikan data dalam bentuk tabel. Pada tabel tersebut terdiri dari beberapa baris dan kolom/field. Kolom ini bisa ditambahkan atau dihapus jika diperlukan. Pada artikel ini, MinDi akan membahas tentang cara menambah field pada MySQL. Selain itu, apa saja sih keunggulan MySQL yang membuat banyak orang memilih menggunakannya sebagai pengelolaan sistem data? Simak artikel berikut ini sampai selesai, ya!


Fungsi dan Keunggulan MySQL


Cara Menambah Field pada MySQL

Dibimbing.id - Fungsi dan Keunggulan MySQL


Fungsi MySQL adalah membuat dan mengelola data pada komputer server. Dengan MySQL, pengguna akan lebih mudah saat akan mengakses database. Kebanyakan penyedia server web memiliki fasilitas MySQL untuk dikelola web developer. Antarmuka dari MySQL adalah PHPMyAdmin yang berfungsi menghubungkan antara MySQL dengan PHP sebagai proses pengelolaan database pada web. Menariknya, MySQL ini ternyata memiliki banyak keunggulan, yaitu: 

  • Sistem keamanan terjamin meski sistemnya bersifat open source. Terdapat fitur keamanan pada MySQL yaitu level nama pada host, hak akses user diatur dengan enkripsi yang tinggi, dan pembuatan subnet mask.

  • Terintegrasi dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP dan menggunakan PHPMyAdmin sebagai perantara. 

  • Sajian tipe data variatif sehingga pengelolaan database dalam server terbantu karena lebih kompleks dan terstruktur. Berbagai tipe data yang dapat digunakan seperti integer, float, double, date, timestamp, varchar, dan lain-lain. 

  • Performa baik sebab bisa menangani SQL per satuan waktu serta penanganan query sangat cepat. 

  • Tidak perlu kapasitas RAM yang besar. Hal ini membuat MySQL cocok untuk membantu mengembangkan aplikasi dengan konsumsi RAM rendah. 

  • Mendukung pemakaian multi user sehingga MySQL bisa dipakai bersamaan.

  • Software portable yang artinya database dapat diolah dari berbagai platform serta bisa running dengan baik pada Windows, Linux, maupun Mac OS. 

  • Compatible pada hardware berspesifikasi rendah. 

  • Struktur tabel cenderung fleksibel dan mudah. Apalagi jika dibandingkan dengan database lain seperti Postgre dan Oracle. MySQL bisa memakai Alter Table untuk proses eksekusi sehingga lebih cepat dan mudah.


Cara Menambah Field pada MySQL menggunakan Alter Table

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, struktur tabel MySQL cenderung fleksibel. Kamu bisa menambahkan field pada tabel yang sudah dibuat menggunakan Alter Table sebagai perintah untuk memodifikasi tabel yang sudah dibuat sebelumnya. Alter Table ini bisa tidak hanya bisa menambah kolom, tapi juga bisa menghapus field, serta melakukan modifikasi. Begini cara menambahkan field pada MySQL menggunakan Alter Table. Ikuti step by step, yuk!

  • Sebagai contoh, terdapat sebuah tabel data yang telah dibuat pada MySQL dan memiliki 3 kolom. Masing-masing field tersebut yaitu id, nama_depan, dan nama_belakang. 

  • Field yang akan ditambahkan adalah tanggal_lahir bertipe date dan akan diisi tanggal. 

  • Selanjutnya, gunakan kode berupa ALTER TABLE siswa ADD COLUMN IF NOT EXISTS tanggal_lahir date; untuk menambah field baru.

  • Jalankan perintah DECS siswa dan kolom tambahan akan muncul sesuai pengaturan yang sudah dibuat sebelumnya.


Cara Menambah Field pada MySQL dengan phpMyAdmin



Dibimbing.id - Menggunakan PHPMyAdmin


Meski penggunaan Alter Tabel cukup mudah, Sobat MinDi memiliki opsi lain untuk menambah field pada MySQL. Kamu bisa memakai PHPMyAdmin dengan mengikuti penjelasan di bawah ini. 

  • Login ke akun SQL dengan PHPMyAdmin lalu pilih database yang hendak dimodifikasi.

  • Pilih tabel tertentu yang ingin dimodifikasi, dalam hal ini kamu akan menambah field.

  • Pada bagian bawah isi tabel, ada bagian ‘add’ yang segaris lurus dengan kata ‘column(s)’.

  • Tulis angka di sebelah ‘add’ sesuai jumlah field yang ingin ditambahkan. 

  • Atur posisi field yang ditambahkan. Pilih ‘End of Table’ jika ingin diletakkan di bagian akhir. Pilih ‘At Beginning of Table jika ingin diletakkan di bagian awal ’. Pilih ‘After’ lalu pilih kolom yang kan disisipi jika ingin diletakkan menyisip di bagian tabel lain.

  • Selanjutnya, klik tombol ‘Go’. 

  • Kolom baru pada Mysql telah berhasil ditambahkan. 


Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sobat MinDi untuk semakin paham dengan MySQL. Jika tertarik untuk belajar lebih dalam tentang seluk beluk Mysql, kamu bisa ikut kelas online dibimbing.id bersama mentor terbaik. Tidak hanya itu, Sobat MinDi berkesempatan mengenal dunia web developer dengan lebih dalam dengan mendaftarkan diri pada Bootcamp Web Development by dibimbing.id. Dijamin seru dan materinya lengkap. Agar tidak kehabisan kuota, pastikan untuk segera mendaftarkan diri di sini, ya!

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!