Apa itu Power BI? Pengertian, Fitur & Manfaatnya

Muthiatur Rohmah

22 March 2024

1812

Image Banner

Power BI adalah alat business intelligence dari microsoft yang umum digunakan untuk analisis data secara profesional.


Memahami Microsoft Power BI akan memberikan kemudahan dalam proses analisis data, sehingga pekerjaan business intelligence menjadi lebih efektif dan efisien. 


Alat ini, yang telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, menyederhanakan analisis data dan mempercepat pengambilan keputusan,


Manfaat dan fitur Power BI menjadikannya solusi bagi perusahaan untuk mencapai level kinerja terbaik. 


Penasaran lebih lanjut mengenai Power BI? Yuk pelajari selengkapnya pada artikel ini!



Apa Itu Power BI?


Source: towardsdatascience.com


Microsoft Power BI adalah sebuah alat business intelligence yang komprehensif untuk visualisasi data dan berbagi wawasan di seluruh organisasi, atau menyematkannya dalam aplikasi atau situs web.


Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data dari berbagai sumber dengan cepat dan mudah, menggunakan antarmuka yang intuitif dan interaktif. 


Power BI menyediakan kemampuan untuk menghubungkan ke berbagai sumber data, menggabungkannya menjadi model data yang kohesif, dan membangun laporan atau dashboard yang dinamis. 


Power BI memiliki fitur yang canggih, seperti pengolahan bahasa alami dan integrasi AI, bermanfaat bagi pengguna dari berbagai latar belakang keahlian untuk menemukan wawasan penting dan membuat keputusan yang berdasarkan data. 


Power BI adalah aplikasi yang saling terintegrasi, termasuk Power BI Desktop, Pro, Premium, Mobile, Embedded, dan Report Server. 


Dalam beberapa versi, Power BI tersedia secara gratis, namun untuk versi Pro dan Premium menerapkan biaya layanan yang menawarkan fitur analitik yang lebih canggih. 


Power BI merupakan bagian dari Platform Microsoft yang mencakup Power Apps, Power Pages, Power Automate, dan Power Virtual Agents, dirancang untuk memfasilitasi analisis data, dan pembuatan chatbot dengan pendekatan "low-code" untuk memudahkan perusahaan mengelola dan memanfaatkan data secara efektif.



Manfaat Power BI



Microsoft Power BI memiliki manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan pengguna individu, yang berfokus pada pemahaman dan pemanfaatan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. 


Berikut adalah lima manfaat Power BI yang perlu diperhatikan.


1. Pengambilan Keputusan Berbasis Data


Power BI memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menganalisis data secara real-time, membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. 


Dengan memvisualisasikan data kompleks melalui laporan dan dashboard yang mudah dipahami, pengambil keputusan dapat mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang relevan dengan kebutuhan bisnis mereka.



2. Integrasi Data dari Berbagai Sumber


Salah satu keunggulan Power BI adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal. 


Sehingga perusahaan memiliki pandangan yang holistik terhadap operasional bisnisnya, memfasilitasi analisis yang lebih luas dan mendalam melalui satu platform terpadu.



3. Visualisasi Data yang Kuat dan Interaktif


Power BI menyediakan alat visualisasi yang luas dan dinamis, memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasi data yang menarik dan interaktif. 


Fitur ini meningkatkan pemahaman dan engagement dengan data, memudahkan identifikasi insight penting dan komunikasi temuan dengan cara yang efektif.



4. Kemudahan Akses dan Kolaborasi


Platform ini memudahkan berbagi laporan dan dashboard, memungkinkan kolaborasi yang efisien antar tim dan departemen. 


Dengan Power BI, data dan wawasan dapat diakses dari mana saja, kapan saja, melalui cloud, memperkuat kerja tim dan mempercepat proses pengambilan keputusan.



5. Scalability dan Kustomisasi


Power BI menyediakan solusi yang scalable, cocok untuk bisnis dari segala ukuran. Dari startup hingga perusahaan besar, pengguna dapat menyesuaikan dashboard dan laporan untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka, sehingga Power BI dapat tumbuh bersama dengan bisnis dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan analitis.



Siapa yang Dapat Menggunakan Power BI?



Power BI dirancang untuk dapat digunakan oleh berbagai kalangan, tidak hanya terbatas pada ahli data seperti ilmuwan data atau data scientist, tetapi juga oleh pengguna bisnis dari berbagai latar belakang. 


Aplikasi ini memudahkan pengguna non-teknis untuk membuat laporan, mengolah data, dan melakukan analisis data yang kompleks tanpa hambatan. 


Sebagai hasilnya, Power BI menjadi alat yang berharga bagi berbagai profesi dalam dunia bisnis. 


Beberapa profesi yang sering menggunakan Power BI dalam pekerjaan sehari-hari adalah:



Baca Juga: Pelatihan Power BI untuk Visualisasi Data Perusahaan





Apa saja Fitur yang Digunakan pada Power BI?


Source: microsoft.com


Power BI menawarkan beragam fitur yang membuatnya menjadi alat analisis data yang kuat dan fleksibel.


Berikut adalah beberapa fitur Power BI yang perlu diketahui:


1. Integrasi Data


Power BI memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber, termasuk cloud dan data lokal, aplikasi bisnis, database, dan layanan web. 


Fitur ini memberikan fleksibilitas dalam mengakses dan menggabungkan data dari berbagai sumber untuk analisis.



2. Query Editor


Melalui Query Editor, pengguna Power BI dapat melakukan transformasi data, seperti membersihkan, menyaring, dan menggabungkan dataset sebelum dijadikan laporan. 


Hal ini dapat membantu dalam menyiapkan data yang akurat dan relevan untuk analisis.



3. DAX (Data Analysis Expressions)


Bahasa formula khusus Power BI, DAX, memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan kompleks dan analisis data. 


DAX digunakan untuk membuat custom measures dan kolom yang diperhitungkan dalam model data.



4. Visualisasi Data


Power BI menyediakan berbagai pilihan visualisasi data, termasuk grafik, peta, dan tabel, yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. 


Pengguna dapat dengan mudah membuat dashboard dan laporan interaktif yang menarik secara visual.



5. Penerbitan dan Berbagi


Setelah laporan dibuat, pengguna dapat mempublikasikannya ke layanan Power BI di cloud, memungkinkan berbagi laporan dan dashboard dengan pengguna lain dalam organisasi. 


Fitur ini mendukung kolaborasi dan pengambilan keputusan yang berdasarkan data.



6. Power BI Mobile


Aplikasi mobile Power BI memungkinkan pengguna untuk mengakses laporan dan dashboard dari perangkat mobile mana pun, memberikan fleksibilitas untuk melihat dan berinteraksi dengan data kapan saja dan di mana saja.



7. Pengamanan Data


Power BI menawarkan fitur keamanan data yang komprehensif, termasuk kontrol akses berbasis peran dan enkripsi data, untuk memastikan bahwa informasi sensitif tetap aman.



8. Integrasi dengan Aplikasi Microsoft Lainnya


Power BI dapat dengan mudah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti Excel, SharePoint, dan Teams, memudahkan penggunaan dan analisis data dalam alur kerja yang sudah ada.



9. Custom Visuals


Pengguna dapat memperluas kemampuan visualisasi Power BI dengan mengunduh visual kustom dari AppSource atau membuat visual sendiri menggunakan Power BI Developer Tools.



10. AI Insights


Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan dan machine learning untuk memberikan wawasan dan prediksi otomatis, seperti analisis sentimen dan deteksi anomali dalam dataset.



Cara Menggunakan Power BI



Setelah memahami tentang power BI dengan lengkap, langkah selanjutnya yuk pahami cara menggunakan Power BI dengan benar melalui tips berikut ini!


1. Unduh Power BI


Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal Power BI, yang tersedia secara gratis dari situs web Microsoft Power BI. Power BI adalah alat yang kuat untuk mengolah dan visualisasi data.



2. Koneksikan ke Sumber Data


Buka Power BI  dan gunakan opsi "Get Data" untuk menghubungkan ke sumber data yang ingin Anda analisis. Power BI mendukung berbagai sumber data, termasuk file Excel, database SQL, layanan web, dan banyak lagi.



3. Muat dan Transformasikan Data


Setelah terhubung ke sumber data, transformasikan data tersebut agar lebih cocok untuk analisis. Gunakan Query Editor untuk melakukan tugas seperti menghilangkan duplikat, mengubah format data, atau merancang tabel.



4. Buat Model Data


Relasikan tabel-tabel yang telah diimport jika diperlukan untuk analisis. Menyusun model data yang baik adalah kunci untuk analisis yang efektif dan visualisasi data yang akurat.



5. Eksplorasi dengan Visualisasi Data


Pilih "Report View" untuk mulai membuat visualisasi data. Eksplorasi berbagai jenis grafik dan visualisasi yang ditawarkan Power BI, seperti grafik batang, pie chart, scatter plots, dan banyak lagi. Drag dan drop field data ke visualisasi yang telah dipilih untuk mulai melihat pola dan wawasan.



6. Atur Laporan


Setelah membuat beberapa visualisasi data, atur dan sesuaikan tampilan laporan. Kamu dapat menambahkan filter, slicer, dan elemen interaktif lainnya untuk membuat laporan lebih dinamis dan mudah digunakan.


Setelah Puas dengan laporan yang telah dibuat, publikasikan laporan tersebut ke layanan Power BI online dengan menggunakan akun Microsoft. 


Sobat MinDi, itulah beberapa penjelasan mengenai Power BI, yang dapat kamu pertimbangkan sebelum menganalisis data bisnis sebuah perusahaan.


Kesimpulannya, Power BI adalah salah satu aplikasi analisis data miliki microsoft yang dapat memudahkan penggunanya melalui penawaran berbagai fitur yang canggih.


Dalam memiliki aplikasi atau tools business intelligence, sesuaikan dengan kebutuhan data perusahaan dan tujuan yang hendak dicapai.


Baca Juga: Tableau: Definisi, Fungsi & Keunggulannya



Tertarik mempelajari Power BI untuk analisis data? Ingin switch career sebagai seorang business intelligence?


Jika iya, yuk ikuti bootcamp business intelligence dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran terbaik dan inovatif.


Pelatihan ini didampingi oleh mentor yang profesional dan berpengalaman yang siap mewujudkan karirmu sebagai business intelligence yang sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri Anda di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.
Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!