Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Syaukha Ahmad Risyad

04 September 2023

5024

Image Banner

Sobat MinDi mungkin penasaran, kan, terkait profesi business intelligence. Yuk intip bagaimana tugas business intelligence untuk berbagai profesi di bidangnya!

Saat ini business intelligence adalah salah satu elemen yang penting dalam bisnis. Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan peran dari business intelligence dalam mengolah data menjadi informasi. Di artikel ini, MinDi mau jelasin apa saja tugas business intelligence, termasuk bagaimana bisa bergabung menjadi profesional. Baca sampai akhir ya!



Apa itu Business Intelligence

Business intelligence (BI) atau intelijen bisnis merupakan sebuah konsep atau strategi pengambilan keputusan bisnis berbasis data. Proses tersebut melibatkan berbagai langkah-langkah pekerjaan, yang meliputi pengambilan data, pengolahan data, visualisasi data, dan implementasi data berskala besar.

Di era digital saat ini, peran data semakin penting. BI menjadi jembatan bagi pembuat kebijakan dengan data-data tersebut menggunakan teknologi-teknologi terkini.



Di Perusahaan Apa Business Intelligence Dipakai?


Strategi business intelligence sudah diimplementasikan di berbagai sektor industri. Hampir semua perusahaan bisnis sudah atau mulai menggunakan BI untuk kebutuhannya masing-masing.

Berikut adalah beberapa industri yang umumnya sudah memakai business intelligence.

  • Keuangan dan perbankan,

  • Retail dan e-commerce,

  • Kesehatan,

  • Manufaktur

  • Telekomunikasi,

  • Asuransi.

Nah, kalau kamu tertarik buat bekerja di bidang business intelligence. Dibimbing.id punya program yang menawarkan kamu koneksi pekerjaan ke lebih dari 500 perusahaan!


Tanggung Jawab dan Tugas Business Intelligence


Tanggung Jawab dan Tugas Business Intelligence

Business intelligence adalah sebuah bidang yang melibatkan beberapa profesi-profesi. Setiap profesi ini memiliki perannya dalam mengumpulkan dan mengolah data. Berikut adalah deskripsi tugas business intelligence untuk profesi-profesi yang umum.


Business Intelligence Analyst

Seorang business intelligence analyst (BI analyst) memiliki tanggung jawab untuk menganalisis data miliki perusahaan dan menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis. Tugas-tugas BI analyst meliputi hal berikut.

  • Mengidentifikasi kebutuhan bisnis: Berinteraksi dengan stakeholder bisnis untuk memahami kebutuhan analisis data dan memastikan solusi yang diberikan sesuai dengan tujuan bisnis.

  • Mengumpulkan dan mengolah data: Mengumpulkan data dari berbagai sumber, membersihkan data yang tidak konsisten, dan memastikan integritas data.

  • Melakukan analisis data: Menganalisis data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan peluang bisnis.

  • Menyusun laporan dan dashboard: BI analyst juga membuat laporan dan dashboard interaktif yang akan dipresentasikan kepada tim manajemen dan departemen terkait.

Business Intelligence Developer

Pengembang BI atau business intelligence developer (BI developer) adalah profesi yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan solusi BI. Tugas-tugasnya adalah seperti berikut.

  • Mengembangkan database: Membangun dan mengelola basis data yang mendukung analisis data. Ini melibatkan merancang struktur tabel, mengoptimalkan kinerja query, dan memastikan data tersedia untuk analisis.

  • Mengembangkan proses ETL: Membangun proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk mengambil, membersihkan, dan mentransformasi data dari berbagai sumber menjadi format yang cocok untuk analisis.

  • Mengembangkan tools analisis: Memilih atau membangun alat analisis sendiri, beserta dashboard dan laporan yang memenuhi kebutuhan bisnis.

Business Intelligence Engineer

Selanjutnya adalah business intelligence engineer (BI engineer) yang bertanggung jawab untuk memastika infrastruktur teknis tetap berjalan optimal. Tugas-tugas mereka meliputi hal berikut.

  • Mengelola infrastruktur: Merancang, mengimplementasikan, dan mengelola infrastruktur yang diperlukan untuk penyimpanan dan pengolahan data.

  • Memelihara sistem: Memantau dan memelihara sistem BI untuk memastikan ketersediaan dan kinerja yang optimal.

  • Menjaga keamanan data: Memastikan bahwa data dijaga dengan baik dan mematuhi regulasi keamanan data yang berlaku.

  • Memastikan skalabilitas: Mengelola pertumbuhan data dan memastikan infrastruktur dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Business Intelligence Manager

Terakhir adalah business intelligence manager (BI manager). Profesi ini adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengelola tim dan proyek BI serta memastikan bahwa seluruh proses BI memenuhi kebutuhan dari perusahaan. Tugas seorang BI manager adalah seperti berikut.

  • Merancang strategi: Mengembangkan rencana strategis untuk pengembangan BI yang sejalan dengan tujuan bisnis.

  • Manajemen tim: Mengelola dan memimpin tim analis, developer, dan engineer. Memberikan arahan, pelatihan, dan pengembangan karir.

  • Berkoordinasi dengan stakeholder: Berinteraksi dengan eksekutif, manajer, dan departemen fungsional untuk memahami kebutuhan bisnis dan memastikan solusi BI yang efektif.

  • Mengawasi proyek: Memastikan proyek BI berjalan sesuai jadwal dan anggaran. Mengidentifikasi risiko dan mengambil tindakan pencegahan.



Skill Penting Business Intelligence

Kalau Sobat MinDi tertarik buat menempuh karir di bidang ini, ada beberapa keterampilan yang perlu kamu persiapkan, nih. Berikut adalah skill tersebut.

Pemahaman Terkait Data

Dalam business intelligence yang profesional, pemahaman tentang data adalah fondasi utama. Hal ini mencakup pemahaman tentang database, bagaimana melakukan proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk memastikan data berkualitas, serta konsep data warehousing untuk penyimpanan data historis dan analitis.

Selain itu, keamanan data juga menjadi aspek penting. Seorang profesional harus memiliki pemahaman tentang praktik keamanan data dan privasi serta kemampuan untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah.

Kemampuan Analisis Data

Kemampuan analisis data juga menjadi elemen lain yang tidak kalah penting. Kemampuan ini mencakup keterampilan dalam menganalisis data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan informasi bisnis.

Keterampilan dalam menulis query SQL untuk mengambil data dari database dan kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti Python untuk analisis data dan pembuatan model juga menjadi penting dalam kemampuan analisis data.

Machine Learning

Pemahaman tentang machine learning juga menjadi pendukung yang baik bagi seorang profesional di BI. Artificial intelligence (AI) dan predictive analytics memungkinkan seorang profesional untuk mengidentifikasi tren dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Visualisasi Data

Kemampuan dalam visualisasi dan presentasi data juga tak kalah penting. Profesional BI harus memiliki kemampuan untuk mengubah data menjadi visualisasi yang mudah dimengerti. Keterampilan menggunakan Tableau akan sangat membantu tugas profesional BI.

Pemahaman Tentang Bisnis

Terakhir, pemahaman tentang bisnis adalah pondasi dari semua keterampilan ini. Seorang profesional BI harus dapat memahami kebutuhan bisnis, tujuan strategis, dan tantangan operasional yang dihadapi perusahaan. Pemahaman ini memungkinkan profesional BI untuk melakukan analisis data yang relevan dan memperoleh informasi penting dalam pengambilan keputusan bisnis.


Pelatihan Business Intelligence

Business intelligence adalah bidang profesi yang punya prospek sangat baik. Kamu juga bisa menguasai keterampilan-keterampilan penting dengan mempelajari konsep dan tools terkait.

Nah, bila kamu ingin belajar Business Intelligence secara gratis, kamu bisa mengikut program studi independen Business Intelegence Kampus Merdeka X Dibimbing. Jadi dengan mengikuti bootcamp ini, kamu dipastikan bakal mempelajari semua hal yang dibutukan untuk menjadi seorang Business Intelligence secara gratis selama 4 bulan! Kamu juga bisa mendapat konversi SKS sebanyak 20 dan akan mendapatkan sertifikat internasional.

Yuk, kuasai business intelligence bareng Dibimbing.id!



Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!