Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Syaukha Ahmad Risyad

•

04 September 2023

•

3563

Image Banner

Sobat MinDi mungkin penasaran, kan, terkait profesi business intelligence. Yuk intip bagaimana tugas business intelligence untuk berbagai profesi di bidangnya!

Saat ini business intelligence adalah salah satu elemen yang penting dalam bisnis. Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan peran dari business intelligence dalam mengolah data menjadi informasi. Di artikel ini, MinDi mau jelasin apa saja tugas business intelligence, termasuk bagaimana bisa bergabung menjadi profesional. Baca sampai akhir ya!



Apa itu Business Intelligence

Business intelligence (BI) atau intelijen bisnis merupakan sebuah konsep atau strategi pengambilan keputusan bisnis berbasis data. Proses tersebut melibatkan berbagai langkah-langkah pekerjaan, yang meliputi pengambilan data, pengolahan data, visualisasi data, dan implementasi data berskala besar.

Di era digital saat ini, peran data semakin penting. BI menjadi jembatan bagi pembuat kebijakan dengan data-data tersebut menggunakan teknologi-teknologi terkini.



Di Perusahaan Apa Business Intelligence Dipakai?


Strategi business intelligence sudah diimplementasikan di berbagai sektor industri. Hampir semua perusahaan bisnis sudah atau mulai menggunakan BI untuk kebutuhannya masing-masing.

Berikut adalah beberapa industri yang umumnya sudah memakai business intelligence.

Nah, kalau kamu tertarik buat bekerja di bidang business intelligence. Dibimbing.id punya program yang menawarkan kamu koneksi pekerjaan ke lebih dari 500 perusahaan!


Tanggung Jawab dan Tugas Business Intelligence


Tanggung Jawab dan Tugas Business Intelligence

Business intelligence adalah sebuah bidang yang melibatkan beberapa profesi-profesi. Setiap profesi ini memiliki perannya dalam mengumpulkan dan mengolah data. Berikut adalah deskripsi tugas business intelligence untuk profesi-profesi yang umum.


Business Intelligence Analyst

Seorang business intelligence analyst (BI analyst) memiliki tanggung jawab untuk menganalisis data miliki perusahaan dan menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis. Tugas-tugas BI analyst meliputi hal berikut.

Business Intelligence Developer

Pengembang BI atau business intelligence developer (BI developer) adalah profesi yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan solusi BI. Tugas-tugasnya adalah seperti berikut.

Business Intelligence Engineer

Selanjutnya adalah business intelligence engineer (BI engineer) yang bertanggung jawab untuk memastika infrastruktur teknis tetap berjalan optimal. Tugas-tugas mereka meliputi hal berikut.

Business Intelligence Manager

Terakhir adalah business intelligence manager (BI manager). Profesi ini adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengelola tim dan proyek BI serta memastikan bahwa seluruh proses BI memenuhi kebutuhan dari perusahaan. Tugas seorang BI manager adalah seperti berikut.



Skill Penting Business Intelligence

Kalau Sobat MinDi tertarik buat menempuh karir di bidang ini, ada beberapa keterampilan yang perlu kamu persiapkan, nih. Berikut adalah skill tersebut.

Pemahaman Terkait Data

Dalam business intelligence yang profesional, pemahaman tentang data adalah fondasi utama. Hal ini mencakup pemahaman tentang database, bagaimana melakukan proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk memastikan data berkualitas, serta konsep data warehousing untuk penyimpanan data historis dan analitis.

Selain itu, keamanan data juga menjadi aspek penting. Seorang profesional harus memiliki pemahaman tentang praktik keamanan data dan privasi serta kemampuan untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah.

Kemampuan Analisis Data

Kemampuan analisis data juga menjadi elemen lain yang tidak kalah penting. Kemampuan ini mencakup keterampilan dalam menganalisis data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan informasi bisnis.

Keterampilan dalam menulis query SQL untuk mengambil data dari database dan kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti Python untuk analisis data dan pembuatan model juga menjadi penting dalam kemampuan analisis data.

Machine Learning

Pemahaman tentang machine learning juga menjadi pendukung yang baik bagi seorang profesional di BI. Artificial intelligence (AI) dan predictive analytics memungkinkan seorang profesional untuk mengidentifikasi tren dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Visualisasi Data

Kemampuan dalam visualisasi dan presentasi data juga tak kalah penting. Profesional BI harus memiliki kemampuan untuk mengubah data menjadi visualisasi yang mudah dimengerti. Keterampilan menggunakan Tableau akan sangat membantu tugas profesional BI.

Pemahaman Tentang Bisnis

Terakhir, pemahaman tentang bisnis adalah pondasi dari semua keterampilan ini. Seorang profesional BI harus dapat memahami kebutuhan bisnis, tujuan strategis, dan tantangan operasional yang dihadapi perusahaan. Pemahaman ini memungkinkan profesional BI untuk melakukan analisis data yang relevan dan memperoleh informasi penting dalam pengambilan keputusan bisnis.


Pelatihan Business Intelligence

Business intelligence adalah bidang profesi yang punya prospek sangat baik. Kamu juga bisa menguasai keterampilan-keterampilan penting dengan mempelajari konsep dan tools terkait.

Business Intelligence Specialized Bootcamp yang diadakan Dibimbing.id menawarkan kamu pelatihan intensif dengan silabus yang relevan. Jadi dengan mengikuti bootcamp ini, kamu dipastikan bakal mempelajari semua konsep-konsep yang kamu butuhkan, biar kamu bisa jadi profesional business intelligence!

Yuk, kuasai business intelligence bareng Dibimbing.id!



bootcamp business intelligence

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Artikel Terkait

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Business Intelligence

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Yuk pelajari bagaimana implementasi dashboard BI interaktif untuk menunjang bisnis!

Image Author

Nadia L Kamila

•

10 November 2023

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Business Intelligence

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Berikut adalah contoh data warehouse di beberapa perusahaan, yang penting untuk dipahami!

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

30 January 2024

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Business Intelligence

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Simak contoh kasus yang menerapkan data warehouse berikut ini!

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

31 January 2024

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Business Intelligence

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Fungsi data warehouse sangat penting dalam mengelola data perusahaan. Mari simak penjelasan & manfa...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

31 January 2024

Apa itu Power BI? Pengertian, Fitur & Manfaatnya

Business Intelligence

Apa itu Power BI? Pengertian, Fitur & Manfaatnya

Power BI adalah tools atau aplikasi business intelligence yang digunakan untuk analisis data perusa...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

22 March 2024

6 Software Business Intelligence Gratis, Mempermudah Analisis Data!

Business Intelligence

6 Software Business Intelligence Gratis, Mempermudah Analis...

Sobat MinDi mencari aplikasi business intelligence gratis dan terbaik? Yuk simak rekomendasinya pad...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

23 March 2024