Business Analyst: Definisi, Tugas, Hingga Prospek Gaji 2024

Syaukha Ahmad Risyad

•

Konten ini telah ditinjau oleh Fadhil Ghifari - Head of Content

•

25 May 2023

•

5138

Image Banner

Di era sekarang, pengambilan keputusan bisnis bagi perusahaan tidaklah terlepas dari teknologi dan data. Maka dari itu, tentu dibutuhkan seorang profesional yang mahir mengimplementasikan teknologi untuk keperluan analisis bisnis. Professional ini kita kenal sebagai business analyst.

Baik dari segi bisnis maupun data science, pekerjaan sebagai seorang business analyst adalah profesi yang punya prospek cukup bagus untuk Sobat MinDi kejar. Bagaimana tidak, perusahaan perlu memanfaatkan data-data dalam menentukan keputusan bisnis, seperti peningkatan layanan, peningkatan kualitas produk, maupun perubahan harga. Makanya, penting, nih, buat Sobat MinDi tahu tentang profesi business analyst.

Di artikel ini, MinDi bakal bantu Sobat MinDi buat mengenal apa itu business analyst. Sobat MinDi juga bakal tahu bagaimana tanggung jawab seorang business analyst , beserta prospek dari pekerjaan ini! Di akhir, MinDi juga bakal kasih tahu bagaimana cara menjadi seorang business analyst .


Apa itu Business Analyst?

Business analyst adalah seorang profesional yang bertugas membantu perusahaan bisnis dalam mengambil keputusan-keputusan penting melalui analisis data. Dalam analisisnya, seorang business analyst akan banyak berinteraksi dengan tim data untuk memperoleh insight yang sekiranya berguna bagi pengambilan keputusan.

Secara profesional, business analyst harus bisa menjadi penghubung antara stakeholder dengan tim pengembangan teknologi lain.

Dalam beberapa perusahaan, business analyst mempunya beberapa sebutan lain yang peran dan tugasnya tidak banyak berbeda, seperti management analyst, financial analyst, atau market research analyst. Meskipun ranah pekerjaannya bisa berbeda, namun profesi-profesi tersebut sama-sama memberikan rekomendasi untuk pengambilan keputusan perusahaan berdasarkan analisis data.


Business Analyst Kerjanya Apa?

Pada dasarnya, pekerjaan business analyst adalah untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada stakeholder berdasarkan insight dari data yang diperoleh oleh perusahaan tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa tugas yang biasa dilakukan business analyst untuk mendorong kesuksesan perusahaan.


Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang umumnya diemban oleh seorang business analyst.

  • Menganalisis data: sekalipun perusahaan tempat kamu bekerja memiliki data analyst, tapi seorang business analyst biasanya ikut mengumpulkan dan menganalisis data bisnis untuk mengidentifikasi pola atau tren tertentu.

  • Menganalisis kebutuhan bisnis: dengan melakukan analisis yang mendalam, seorang business analyst akan mengidentifikasi syarat-syarat bisnis atau yang dibutuhkan, seperti anggaran, serta mengusulkan solusi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  • Menganalisis proses bisnis: business analyst juga akan mengevaluasi proses bisnis yang sudah dilakukan, serta menentukan kelemahan maupun kelebihan dari proses tersebut. Kemudian business analyst akan membuat proses baru yang lebih efisien.

  • Mengidentifikasi risiko dan peluang bisnis: ketika perusahaan ingin membuat kebijakan tertentu, stakeholder akan meminta business analyst untuk meninjau risiko-risiko serta peluang dari kebijakan tersebut. Business analyst juga mungkin akan dimintai rekomendasi terkait kebijakan yang akan dibuat.

  • Membuat laporan dan presentasi: business analyst harus merangkum temuan analisis dalam bentuk laporan, kemudian mempresentasikan hasil analisis tersebut kepada stakeholder.

Prospek Gaji Business Analyst

Business analyst adalah salah satu pekerjaan yang mempunyai prospek gaji sangat menarik, bahkan bisa mencapai dua digit.

Untuk seorang fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman, gaji pokok untuk business analyst berada di kisaran 5 juta hingga 7 juta rupiah per bulan.

Bagi business analyst yang sudah memiliki pengalaman kerja 2 - 5 tahun, gajinya bisa mencapai 10 juta hingga 15 juta rupiah per bulan.

Sedangkan untuk business analyst senior dengan pengalaman di atas 5 tahun, gajinya berada di kisaran 15 juta hingga 20 juta rupiah per bulan.

Selain dari pengalaman kerja, gaji business analyst juga bisa dipengaruhi oleh wilayah pekerjaan, sektor pekerjaan, dan perusahaan tempat bekerja. Jadi, Sobat MinDi perlu cek-cek lagi nih gaji yang sesuai dengan harapan Sobat MinDi.


Cara Menjadi Business Analyst

Untuk menjadi seorang business analyst, dibutuhkan kemampuan analisis serta pemahaman bisnis yang baik.

Adapun beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh business analyst adalah sebagai berikut.

  • Pemahaman bisnis yang kuat: seorang business analyst harus memahami ranah bisnisnya dengan baik.

  • Problem solving dan berpikir kritis: business analyst harus mampu membuat analisis masalah secara rapi, dengan membuat identifikasi masalah yang objektif serta menyarankan solusi yang akurat.

  • Komunikasi dan keterampilan interpersonal: business analyst akan banyak berinteraksi dengan stakeholder untuk menyampaikan rekomendasi-rekomendasi untuk bisnis, sehingga kemampuan penyampaian informasi menjadi sangat penting.

  • Penulisan laporan dan dashboard: penyampaian hasil temuan analisis harus disampaikan dengan baik, sehingga business analyst perlu bisa membuat laporan yang informatif dan efisien. Keterampilan dashboard seperti Tableau menjadi poin plus yang sangat membantu penyampaian informasi.

  • Pengolahan data menggunakan SQL dan Ms. Excel: seorang business analyst sangat mungkin beroperasi dengan jumlah data yang besar, sehingga pemahaman terkait database menjadi penting. Selanjutnya, business analyst harus mampu melakukan pengolahan data dengan tools yang terkait.

Jika Sobat MinDi ingin menjadi seorang business analyst, Sobat MinDi perlu mempelajari dan menguasai keterampilan-keterampilan tersebut.

Pemahaman bisnis, kemampuan problem solving, dan komunikasi bisa Sobat MinDi latih dengan mengikuti internship atau membangun relasi dengan orang-orang yang sesuai dengan ranah bisnis yang Sobat MinDi tuju.

Sedangkan hard skills untuk business analyst, seperti analisis data dan pembuatan dashboard, dapat kamu pelajari dengan mengambil kelas-kelas atau mengikuti bootcamp data science!

Kalau Sobat MinDi tertarik, kamu bisa mengikuti Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Di bootcamp ini, Sobat MinDi bakal belajar pengolahan data menggunakan Ms. Excel, SQL, hingga Python, serta pembuatan dashboard dengan Tableau! 

Selain itu, Sobat MinDi bakal dibimbing oleh profesional yang sudah berpengalaman di perusahaan-perusahaan ternama! Bisa banget, nih, kalau Sobat MinDi mau ngobrol-ngobrol atau memperluas relasi.

Bagaimana? Setelah membaca artikel ini, Sobat MinDi jadi tertarik atau makin mantap buat mengejar karir sebagai business analyst?

Yuk, bersama Dibimbing.id kita kejar karir kamu menjadi business analyst!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!