Panduan Cara Belajar Data Analyst Pemula

Syaukha Ahmad Risyad

24 August 2023

2599

Image Banner

Kamu mau merintis karir jadi data analyst tapi bingung mulai dari mana? Yuk simak panduan cara belajar data analyst berikut ini. Cocok loh, buat kamu yang masih pemula, jadi baca sampai habis, ya!

Data analyst memang jadi salah satu profesi yang sedang populer dan punya prospek yang cukup bagus. Dengan bertambahnya jumlah data setiap waktunya, rasanya cukup sulit membayangkan peran data science menjadi hilang. Di artikel ini MinDi mau membahas, nih, apa saja yang perlu kamu ketahui kalau kamu mau jadi seorang data analyst profesional. Kamu bakal tahu apa saja yang harus dipelajari, dan bagaimana kamu bisa mempelajarinya.


Apa itu Data Analyst?

Data analyst adalah profesi yang menganalisis big data untuk menghasilkan informasi yang berharga. Seorang data analyst menggunakan teknik analisis data untuk mengumpulkan, menyusun, dan menafsirkan data sebagai rekomendasi untuk perusahaan mengambil keputusan yang tepat. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang data analytics dan menggunakan berbagai teknik dan tools untuk menganalisis data.


Apa Saja Tugas Data Analyst?

Seorang data analyst memiliki peran penting dalam mengolah data dan menghasilkan informasi yang penting. Berikut adalah beberapa tugas utama yang biasanya dilakukan oleh seorang data analyst.

  • Pengumpulan Data: Data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber. Ini dapat melibatkan pengambilan data dari database perusahaan, data pelanggan, data penjualan, data pemasaran, dan lain-lain.

  • Pembersihan Data (Data Cleaning): Data yang dikumpulkan tidak selalu bersih dan terstruktur. Seorang data analyst harus membersihkan data dari kesalahan, duplikasi, dan ketidaksesuaian agar data yang diolah akurat dan dapat diandalkan.

  • Analisis Data: Tentunya, tugas inti seorang data analyst adalah menganalisis data dengan mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang dapat memberikan informasi berharga bagi perusahaan.

Pembuatan Laporan (Reporting): Data analyst harus menghasilkan laporan yang merangkum temuan analisis dengan jelas dan komprehensif yang akan diberikan kepada stakeholder .


Prospek Kerja Sebagai Data Analyst

Peluang kerja sebagai data analyst sangat cerah dalam era digital ini. Dengan ledakan data yang terus meningkat, permintaan akan para profesional yang mampu menganalisis dan menginterpretasi informasi berharga dari data juga semakin tinggi. Bersama data scientist, peran data analyst dibutuhkan di berbagai sektor, termasuk bisnis, kesehatan, keuangan, teknologi, dan lainnya. Peran mereka dalam membantu perusahaan membuat keputusan yang didasarkan pada fakta dan wawasan membuatnya menjadi elemen penting dalam strategi bisnis.

Bahkan, kalau kamu mengikuti program dari Dibimbing.id untuk menjadi data analyst , kamu berkesempatan untuk bisa mendapatkan koneksi pekerjaan ke lebih dari 500 perusahaan!

Kemampuan Data Analyst

Seorang data analyst perlu memiliki berbagai kemampuan penting untuk menjalankan tugas-tugas analisis data dengan efektif. Berikut adalah beberapa kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang data analyst.

  • Kemampuan Analitis: Menganalisis data dengan cermat, mengidentifikasi pola dan wawasan yang relevan untuk pengambilan keputusan.

  • Kemampuan Statistik: Data analyst harus memiliki keterampilan menggunakan berbagai teknik statistika untuk mengambil informasi yang tersimpan pada data.

  • Kemampuan Data Wrangling: Data analyst juga harus mampu membersihkan, menggabungkan, dan mengubah format data dari berbagai sumber untuk analisis yang akurat, seperti menggunakan SQL.

  • Kemampuan Pemrograman: Kemampuan menguasai bahasa pemrograman seperti Python akan sangat membantu pekerjaan data analyst.

  • Data Visualization: Data analyst harus mampu membuat visualisasi data yang jelas dan informatif menggunakan alat seperti Microsoft Power BI atau Tableau.

  • Kemampuan Bisnis: Tergantung pada sektor industri yang kamu tekuni, namun umumnya data analyst juga perlu bisa memahami konteks bisnis dan mengarahkan analisis data menuju solusi yang relevan untuk kebutuhan bisnis.

Kemampuan Komunikasi: Supaya informasi dari data tersampaikan dengan baik, data analyst harus dapat mengartikulasikan temuan analisis secara efektif kepada pemangku kepentingan yang berbeda latar belakang.


Cara Belajar Data Analytics untuk Pemula

Cara Belajar Data Analytics untuk Pemula
Cara Belajar Data Analytics untuk Pemula/ Sumber: coursera.org

Nah, kalau kamu mau menjadi seorang data analyst profesional, MinDi punya beberapa tips dan trik buat kamu belajar skill yang dibutuhkan oleh data analyst.

Memahami Dasar-dasar Matematika dan Statistik

Pemahaman dasar-dasar matematika dan statistika adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan menjadi seorang data analyst yang sukses. Beberapa judul yang harus kamu dalami meliputi konsep probabilitas, distribusi, dan pengolahan data. Selain mendalami teknik-teknik statistika, hal ini juga dapat mengasah kemampuan kamu untuk menganalisis data.

Biasanya, topik-topik ini dapat kamu pelajari di mata kuliah matematika dasar maupun kelas statistika di perkuliahan kamu. Meskipun begitu, kamu dapat mempelajari lebih banyak melalui platform online, termasuk YouTube!

Mempelajari Bahasa Pemrograman

Selain Microsoft Excel, kamu juga perlu belajar kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti Python, R, atau Relational Database Management System (RDBMS) seperti PostgreSQL. Bahasa pemrograman akan sangat membantu kamu dalam proses analisis. Bahkan, semakin berkembangnya zaman, keterampilan ini akan semakin kamu butuhkan.

Selain bahasa pemrogramannya, pelajari juga bagaimana kamu menyusun dan membuat algoritma untuk program kamu. Kamu bisa belajar pemrograman secara otodidak, ataupun mengikuti kursus online. Banyak course yang tersedia, dari yang gratis, hingga bootcamp, masing-masing dengan kelebihannya sendiri.

Berlatih Membuat Proyek-proyek

Berlatih dengan membuat proyek data analisis nyata membantu kamu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah kamu pelajari. Dalam proyek-proyek ini, kamu akan belajar mengidentifikasi masalah yang sesuai untuk dipecahkan melalui analisis data, mengumpulkan data yang relevan, membersihkan data, menganalisisnya, dan menyajikan temuan secara visual. Proyek-proyek ini juga memberikan pengalaman berharga dalam merumuskan solusi yang mungkin berguna dalam konteks bisnis.

Banyak data yang tersedia di platform online buat kamu coba, seperti Kaggle hingga data.go.id. Kalau kamu tertarik masuk ke perusahaan bisnis, pastikan kamu memilih data yang berkaitan dengan riset pasar atau serupa.

Mempersiapkan Portfolio

Kalau kamu sudah memiliki pengalaman dengan proyek dan siap mencari lowongan pekerjaan, kamu perlu membuat portofolio. Mempersiapkan portfolio yang kuat adalah cara efektif untuk menunjukkan kepada calon pemberi kerja kemampuan dan kreativitasmu dalam analisis data. Portfolio ini harus mencakup pengalaman kerja atau proyek-proyek kamu yang relevan dengan berbagai aspek analisis data. Setiap proyek harus dijelaskan dengan detail, termasuk tujuan proyek, langkah-langkah analisis yang diambil, dan pastikan kamu menampilkan hasil analisis kamu. Portfolio yang baik akan memberikan gambaran yang jelas tentang keterampilan analisis data yang kamu miliki.

Pelajari bagaimana para data analyst profesional menyusun dan menunjukan portfolio. Jangan ragu juga untuk membangun relasi dan networking dengan data analyst lain. Kamu bisa coba menjadi komunitas data science yang tersedia di LinkedIn, GitHub, atau sosial media.

Memantapkan Kemampuan melalui Bootcamp

Mengikuti bootcamp atau kursus data analyst adalah cara yang paling efektif buat kamu memantapkan kemampuan kamu di bidang analisis data. Bootcamp yang baik akan membimbing kamu dari nol hingga sangat mahir, dan mempersiapkan kamu untuk dunia kerja.

Kalau kamu benar-benar ingin menjadi seorang data analyst, mengikuti Bootcamp Data Science dari Dibimbing.id adalah pilihan terbaik buat kamu. Selain mempelajari kemampuan-kemampuan penting buat data analyst, bootcamp ini ngasih kesempatan kamu buat otomatis dapet shortlist dari banyak perusahaan!

Nah, Sobat MinDi sekarang sudah siap untuk belajar jadi data analyst ? Yuk kejar cita-cita kamu bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!