PPC Specialist: Pengertian, Tanggung Jawab, Keahlian, & Gaji

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

02 April 2024

106

Image Banner

Pay-Per-Click (PPC) adalah salah satu strategi pemasaran yang merupakan kunci kesuksesan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, PPC specialist memegang peranan vital dalam mencapai target yang diinginkan sebuah bisnis.


Dengan keahlian mereka, PPC specialist membantu perusahaan dalam mengoptimalkan investasi iklan di internet. Mulai dari meningkatkan visibilitas dan traffic hingga jumlah konversi yang besar.


Untuk mempelajari lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!



Apa Itu PPC Specialist?



Secara umum, PPC specialist adalah profesional yang memiliki keahlian khusus dalam mengelola dan mengoptimalkan kampanye iklan berbayar di internet. Peran utama mereka adalah merancang strategi iklan yang efektif hingga mengatur anggarannya.


Dengan menggunakan platform iklan seperti Google Ads, PPC specialist bertanggung jawab untuk menargetkan audiens yang tepat hingga meningkatkan return on investment (ROI). 


Melalui pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip pemasaran online dan analisis data, mereka memastikan bahwa setiap iklan berbayar memberikan dampak maksimal terhadap pencapaian tujuan bisnis.


Tujuan tersebut bisa berupa peningkatan traffic website, generasi lead, atau penjualan produk. 


Dengan demikian, keberhasilan seorang PPC specialist sangat bergantung pada kemampuan analitis, kreativitas dalam penulisan iklan, dan keahlian mengoptimalkan kampanye iklan secara real-time.


Baca Juga: Memahami Cara Kerja PPC Sebagai Strategi Pemasaran Digital



Apa Saja Tanggung Jawab PPC Specialist?


Tanggung jawab seorang PPC specialist mencakup berbagai aspek penting dalam pengelolaan dan optimasi kampanye iklan berbayar di internet. Tujuan utamanya adalah meningkatkan efektivitas iklan dan memaksimalkan ROI perusahaan. 


Beberapa tanggung jawab utama dari seorang PPC specialist adalah:



Baca Juga: Contoh Pay Per Click, Solusi Efektif untuk Pemasaran Digital



Keahlian yang Dibutuhkan PPC Specialist


Untuk menjadi seorang PPC specialist yang sukses, beberapa keahlian khusus diperlukan untuk mengelola dan mengoptimalkan kampanye iklan berbayar dengan efektif. Beberapa keahlian utama yang dibutuhkan PPC specialist adalah:


  • Analisis dan Kemampuan Data: Menguasai alat analisis seperti Google Analytics. Ini dipakai untuk menginterpretasikan data kampanye, memahami perilaku pengguna, dan membuat keputusan berbasis data.

  • Pengetahuan SEO dan SEM: Memiliki pemahaman yang baik tentang optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran mesin pencari (SEM). Tujuannya untuk mengintegrasikan strategi PPC dengan upaya pemasaran online lainnya.

  • Keterampilan Penulisan Iklan: Kemampuan untuk menulis copy iklan yang menarik serta persuasif yang dapat meningkatkan CTR (Click-Through Rate) dan konversi.

  • Pemahaman Platform Iklan Digital: Keahlian dalam menggunakan platform iklan digital utama, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan LinkedIn Ads. Ini termasuk pemahaman tentang fitur dan alat optimasi yang mereka tawarkan.

  • Manajemen Anggaran: Kemampuan mengelola dan mengalokasikan anggaran kampanye dengan efisien untuk memaksimalkan ROI.

  • Kreativitas dan Inovasi: Kreativitas dalam mendesain kampanye dan kecakapan untuk berinovasi serta menyesuaikan strategi berdasarkan tren pasar dan feedback.

  • Kemampuan Penyelesaian Masalah: Keahlian dalam mengidentifikasi masalah dalam kampanye dan mengimplementasikan solusi yang tepat untuk memperbaiki kinerja.

  • Komunikasi dan Kerja Sama Tim: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan anggota tim lainnya serta berkolaborasi dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran terpadu.

  • Pemahaman Tentang UX/UI: Memiliki dasar pengetahuan tentang prinsip desain UX/UI untuk optimasi landing page yang efektif. Ini berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan konversi.



Berapa Gaji PPC Specialist?


Gaji seorang PPC specialist dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor. Misalnya, lokasi geografis, pengalaman, tingkat keahlian, dan industri tempat mereka bekerja. 


Dilansir dari Indeed, Gaji PPC specialist di Indonesia berkisar di Rp6.500.000 per bulannya. Namun, itu merupakan gaji pokok dan belum mencakup tunjangan lainnya.



Mulai Karir Sebagai PPC Specialist Bersama Dibimbing.id


Itulah pembahasan lengkap mengenai PPC specialist yang mencakup pengertian hingga gajinya. Setelah mempelajari role ini, apakah kamu mau memulai karirmu sebagai PPC specialist?


Jika iya, pastikan kamu telah memahami berbagai strategi pemasaran digital. Untuk mendapatkan pemahaman komprehensif, MinDi sarankan kamu untuk ikut Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id


Bukan hanya peran PPC specialist, di sini kamu juga bisa belajar lingkun kerja social media specialist, SEO specialist, hingga copywriter. Selain itu, pembelajarannya dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, ini cocok banget buat para pemula atau career-switcher.


Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu dan tingkatkan karirmu dengan belajar digital marketing di Dibimbing.id! 



bootcamp digital marketing

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024