Pengertian PPC, Jenis dan Kelebihannya dalam Digital Marketing

Nadia L Kamila

13 October 2023

397

Image Banner

Saat ini memasarkan bisnis lewat internet bisa dengan berbagai cara. Salah satu cara populer dan sering digunakan adalah PPC.

Apakah Sobat MinDi pernah dengar tentang PPC? Jika belum, yuk kita bahas pengertian PPC, jenisnya, hingga apa saja kelebihan dan kekurangan dari cara ini.


Pengertian PPC


PPC adalah singkatan dari "Pay Per Click". Dalam bahasa yang sederhana, PPC adalah metode iklan di mana kamu membayar setiap kali seseorang mengklik iklan kamu. 

Misalnya kamu memasang iklan di Google atau di Facebook. Setiap kali seseorang tertarik dan mengklik iklan kamu, maka kamu membayar sejumlah uang kepada platform tempat kamu memasang iklan tersebut.

Jadi, kamu hanya membayar jika ada yang benar-benar mengklik iklanmu, bukan berdasarkan seberapa banyak orang yang melihat iklan tersebut.

Mudah dipahami, kan? Jadi, PPC adalah cara bagi kamu untuk mempromosikan produk atau layanan di internet dengan biaya yang efisien, karena kamu hanya bayar ketika ada yang benar-benar tertarik pada iklanmu!


Jenis PPC


Berikut ini adalah jenis dari iklan yang menggunakan format PPC untuk memasarkannya:


1. Iklan Mesin Pencari (Search Ads)


Search ads adalah iklan yang muncul saat kamu mengetikkan suatu kata kunci di mesin pencari seperti Google. Iklan ini biasanya berada di bagian atas hasil pencarian dan diberi label "Iklan". 

Contohnya, saat kamu mencari "sepatu olahraga", kamu mungkin akan melihat iklan toko sepatu di posisi teratas.


2. Iklan Display (Display Ads)


Ini adalah iklan berbentuk gambar atau video yang muncul di berbagai situs web. Kamu mungkin pernah melihat banner iklan di sisi atau bagian atas suatu website. Itulah contoh iklan display. 


3. Social Ads (Iklan Media Sosial)


Iklan media sosial adalah iklan yang ditampilkan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Kamu membayar berdasarkan jumlah klik, tayangan, atau interaksi lain yang diterima iklan kamu di platform ini.


4. Gmail Sponsored Promotion


Ini adalah iklan biasa kamu dapatkan di kotak masuk pengguna Gmail. Iklan ini muncul di bagian "Promosi" dan terlihat seperti email biasa tetapi diberi label "Iklan".

Ketika pengguna mengklik iklan tersebut, mereka mungkin diarahkan ke situs web atau penawaran khusus. Karena pemasang iklan membayar berdasarkan jumlah klik yang diterima iklan, Gmail Sponsored Promotion juga termasuk dalam kategori PPC.

Setiap jenis iklan diatas memiliki pendekatan dan tujuan yang unik, tetapi memiliki prinsip dasar yang sama, yaitu pemasang iklan membayar berdasarkan klik yang diterima iklannya.

Sebenarnya masih banyak jenis iklan PPC lainnya, kamu bisa mengetahuinya dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing. 

Gak hanya belajar jenis iklan PPC, kamu juga akan praktek langsung bagaimana membuat iklan atau pemasaran PPC sendiri. Cocok banget buat Sobat MinDi yang punya bisnis ataupun ingin berkarir di dunia digital ads nih!


Kelebihan PPC


Berikut ini adalah kelebihan PPC yang patut kamu pertimbangkan:


1. Kontrol Anggaran


Kamu bisa menetapkan batas harian atau bulanan untuk pengeluaran iklanmu. 

Misalnya, jika kamu hanya ingin menghabiskan Rp100.000 per hari, maka setelah mencapai batas tersebut, iklanmu tidak akan ditampilkan lagi pada hari itu. 

Batas Ini memberi kamu kendali penuh atas pengeluaran, sehingga kamu tidak perlu khawatir biaya melonjak tanpa perhitungan.


2. Targeting yang Efektif


Misalnya kamu memiliki toko sepatu dan ingin beriklan menargetkan pelanggan di Jakarta yang mencari sepatu olahraga di sore hari. Tenang saja, kamu bisa melakukannya dengan PPC.

Kamu bisa menampilkan iklan yang ditujukan hanya untuk orang-orang yang mencari dengan kata kunci "sepatu olahraga", di area Jakarta, dan pada waktu tertentu, misalnya pukul 16.00-18.00.


3. Hasil yang Cepat


Berbeda dengan metode lain seperti SEO yang mungkin memerlukan waktu beberapa bulan untuk mendapatkan hasil, PPC mampu memberikan hasil secara instan. 

Setelah iklanmu disetujui dan kampanye dimulai, iklanmu bisa langsung muncul di halaman pertama mesin pencari dan mendapatkan klik dari target pengunjung yang sudah kamu set sebelumnya di hari yang sama.


4. Analisa Data yang Lengkap


Salah satu keunggulan besar PPC adalah kemampuannya untuk melacak hampir semua aspek kampanye. 

Kamu bisa tahu berapa banyak orang yang melihat iklanmu, berapa banyak yang mengklik, berapa banyak yang melakukan pembelian, dan lainnya.

Semua data ini disajikan dalam laporan yang mudah dipahami, sehingga kamu bisa mengukur keberhasilan dan menyesuaikan strategi jika diperlukan.


5. Fleksibilitas


Merasa iklanmu kurang menarik? Atau ingin mengubah kata kunci? Tidak masalah! Dalam PPC, kamu bisa mengubah iklan atau penawaran kapan saja sesuai respons pasar. 

Fleksibilitas ini memberi kebebasan bagimu untuk terus menyesuaikan dan meningkatkan kampanye tanpa harus menunggu jangka waktu lama.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang kelebihan ini, kamu bisa memanfaatkan PPC dengan lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu.


Kekurangan PPC


Selain dari kelebihan yang telah disampaikan, ada pula beberapa kekurangan dari PPC berikut ini:


1. Biaya Bisa Mahal


PPC bekerja dengan sistem lelang. Jadi, kamu dan pesaing-pesaingmu akan menawar harga untuk kata kunci tertentu. Kata kunci yang populer dan sering dicari biasanya memiliki biaya per klik yang lebih tinggi. 

Jika kamu ingin iklanmu muncul di posisi teratas untuk kata kunci populer, kamu mungkin harus membayar lebih banyak. Jika tidak mampu mengelola dengan baik, anggaran bisa cepat habis tanpa hasil yang maksimal.


2. Kompleksitas Manajemen


Meskipun tampak sederhana, mengatur kampanye PPC memerlukan pemahaman yang cukup mendalam. 

Mulai dari memilih kata kunci yang tepat, menentukan target demografis, mengoptimalkan iklan, dan menilai data bisa memerlukan keahlian khusus.

Tanpa pengetahuan yang cukup, kamu mungkin akan menghabiskan banyak uang dengan sedikit hasil.


3. Ketidakstabilan


Karena PPC bekerja dengan sistem lelang, perubahan kecil dalam strategi pesaingmu, algoritma platform, atau fluktuasi dalam permintaan kata kunci dapat mengakibatkan perubahan besar dalam biaya dan visibilitas iklanmu. 


4. Sifat Sementara


Salah satu kelemahan besar PPC adalah sifatnya yang sementara. Jika kamu berhenti beriklan, maka iklanmu akan hilang dan orang-orang tidak lagi mendapatkan akses langsung menuju website. 

Tentunya hal ini berbeda dengan SEO yang mana jika kamu mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari, kamu akan terus mendapatkan trafik meskipun tidak membayar.


5. Potensi Klik yang Tidak Relevan


Tidak semua klik di iklanmu akan menghasilkan konversi. Ada kemungkinan orang-orang mengklik iklanmu tanpa niat membeli atau bahkan ada klik palsu dari pesaing. 

Adanya klik yang tidak relevan ini tentunya akan meningkatkan biaya tanpa memberikan keuntungan.

Untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam iklan PPC ini, kamu bisa belajar lebih jauh dalam Bootcamp Digital Marketing Dibimbing. 

Memangnya Bootcamp Digital Marketing ini seperti apa sih?

Bootcamp ini wadah pelatihan intensif yang berdurasi selama 6 bulan. Kamu akan mempelajari berbagai materi dan praktik yang terupdate sesuai kebutuhan industri saat ini, salah satunya adalah PPC yang termasuk dalam digital ads.

Nah, jangan sampai ketinggalan buat daftar dan join kelasnya sebelum kehabisan kuota ya!



digital marketing

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024