17 Teknik Optimasi SEO Terbaru yang Perlu Kamu Coba

Anisa Fitri Maulida

13 December 2023

652

Image Banner

Sobat MinDi! Siapa yang mau website-nya ada di halaman satu pencarian Google? Itu tandanya, kamu harus mencoba teknik optimasi SEO terbaru ini! Dengan menggunakan teknik tersebut, kemungkinan untuk bisa berkompetisi dengan website lain dan masuk ke halaman satu Google akan semakin besar. Yuk, belajar sama-sama!


Apa Itu SEO?


Sebelum kita belajar lebih lanjut tentang teknik optimasi, perlu kita ketahui bahwa ilmu yang membawa website untuk sampai ke halaman satu mesin pencarian Google adalah Search Engine Optimization atau yang akrab disebut SEO.


SEO sendiri termasuk ke dalam ranah Digital Marketing, Sobat MinDi! Maka, tidak heran jika pekerjaan ini juga banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Sebab, pada pasalnya suatu bisnis tidak akan lepas dari pemasaran. 


Jika kamu ingin belajar Digital Marketing lebih jauh, maka kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing yang diadakan oleh dibimbing.id. Di sana, kamu akan belajar bersama mentor yang sudah bekerja bersama perusahaan ternama. 


Kurikulumnya juga sudah disesuaikan dengan tren yang ada, sehingga kamu pasti akan belajar tentang Digital Marketing yang kekinian. Termasuk mempelajari cara kerja SEO dan teknik optimalisasi SEO terbaru lebih dalam lagi. Tapi, supaya kamu punya bekal saat belajar, kamu bisa mengenal sedikit tentang SEO lewat artikel ini. 


Cara Kerja SEO


SEO bekerja dengan memanfaatkan cara mesin pencari seperti Google menentukan peringkat website dalam hasil pencarian. Mesin pencari menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan website mana yang paling relevan dan berkualitas untuk query pencarian yang dilakukan oleh pengguna. Proses ini melibatkan beberapa langkah utama:


1. Crawling dan Indexing


Mesin pencari menggunakan program yang disebut 'crawlers' atau 'spiders' untuk menjelajahi internet. Program ini mengumpulkan informasi dari setiap halaman web yang mereka temui. Data yang dikumpulkan kemudian diindeks, atau disimpan, dalam database besar milik mesin pencari.


2. Pemrosesan Query


Ketika pengguna memasukkan query pencarian, mesin pencari memproses permintaan ini dan mencocokkannya dengan data yang telah diindeks.


3. Penentuan Relevansi dan Peringkat


Algoritma mesin pencari kemudian mengevaluasi situs yang diindeks berdasarkan berbagai faktor untuk menentukan relevansi mereka terhadap query yang dimasukkan. Beberapa faktor yang mempengaruhi ini termasuk kualitas konten, penggunaan kata kunci, kecepatan situs, pengalaman pengguna, dan backlink.


4. Menampilkan Hasil


Setelah menentukan situs mana yang paling relevan, mesin pencari kemudian menampilkan hasil dalam urutan yang menurutnya paling sesuai untuk query tersebut.


Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, kita perlu melakukan optimalisasi. Salah satu cara optimalisasi yang biasa digunakan adalah optimalisasi SEO On-Page. Pertanyaannya, apakah Sobat MinDi tahu apa itu SEO On-Page? Tenang! MinDi akan jelaskan sedikit.


Baca Juga: Gaji SEO Specialist Terbaru Tahun 2023, Tembus Dua Digit!


Apa Itu SEO On Page?


SEO On Page atau Optimasi SEO di Halaman, merujuk pada semua strategi optimasi yang dilakukan langsung di dalam website. Semua dilakukan, untuk meningkatkan peringkatnya dalam mesin pencari. Semua ini melibatkan penyesuaian elemen-elemen pada halaman website itu sendiri.


Tujuannya adalah untuk membuat halaman tersebut lebih relevan dan menarik bagi mesin pencari, serta pengguna yang mencari informasi tertentu. Nah, kali ini kita akan mengenal teknik optimalisasi SEO terbaru yang sudah disesuaikan dengan algoritma Google. Seperti apa?


Teknik Optimalisasi SEO Terbaru


Dalam dunia yang terus berkembang, teknik optimasi Search Engine Optimization (SEO) juga terus mengalami evolusi. Untuk memastikan website kamu berada di peringkat atas hasil pencarian, penting untuk mengikuti dan menerapkan teknik-teknik SEO terbaru. Berikut adalah 17 teknik optimasi SEO terbaru yang bisa kamu terapkan:


1. Penelitian Kata Kunci yang Mendalam


Melibatkan analisis untuk menemukan kata kunci atau frasa yang sering digunakan target audiens kamu saat mencari informasi di internet. Hal ini akan membantu kamu, dalam mengidentifikasi topik-topik yang relevan dan menarik bagi pembaca. Selain itu, kamu bisa memastikan konten yang kamu buat sesuai dengan apa yang dicari orang.


2. Optimasi untuk Mobile-First Indexing


Mengingat banyak pengguna mengakses internet melalui perangkat mobile, sangat penting untuk memiliki website yang responsif. Google kini mengutamakan versi mobile dari situs dalam menentukan peringkat, jadi pastikan situs kamu tampil dengan baik di perangkat seluler.


3. Penggunaan HTTPS


Mengamankan situs kamu dengan HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) memberikan keamanan tambahan bagi pengunjung, yang bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap situs kamu. Google juga menganggap HTTPS sebagai faktor peringkat.


4. Optimasi Kecepatan Halaman


Waktu muat halaman yang cepat sangat penting karena pengguna cenderung meninggalkan situs yang lambat. Gunakan alat seperti Google PageSpeed Insights untuk mengevaluasi dan meningkatkan kecepatan situs kamu.


5. Penggunaan Snippet yang Menarik


Snippet adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul halaman di hasil pencarian. Mereka harus menarik dan relevan, dengan kata kunci yang tepat untuk mendorong klik.


6. Backlink Berkualitas


Link dari situs lain ke situs kamu dapat meningkatkan otoritas situs di mata mesin pencari. Fokuslah pada pembuatan konten berkualitas yang akan secara alami menarik tautan dari situs terpercaya.


7. Konten Panjang dan Mendalam


Konten yang lebih panjang seringkali dianggap lebih informatif dan berharga bagi pembaca. Usahakan untuk membuat konten yang mendalam dan menyeluruh tentang topik tertentu.


8. Penggunaan Schema Markup


Schema markup adalah kode yang kamu tambahkan ke situs untuk membantu mesin pencari mengembalikan informasi yang lebih informatif untuk pengguna. Cara ini bisa meningkatkan bagaimana konten kamu ditampilkan di hasil pencarian.


9. Optimasi Gambar


Pastikan gambar di situs kamu dioptimalkan baik dari segi ukuran maupun alt text. Alt text membantu mesin pencari memahami apa yang digambarkan oleh gambar tersebut.


10. Meningkatkan User Experience (UX)


UX yang baik melibatkan desain situs yang mudah dinavigasi, konten yang mudah dibaca, dan tampilan yang menarik. Hal ini dapat memengaruhi seberapa lama pengunjung bertahan di situs kamu.


11. Fokus pada Local SEO


Jika bisnismu melayani area geografis tertentu, penting untuk mengoptimalkan situs kamu untuk pencarian lokal. Ini termasuk pengoptimalan untuk kata kunci lokal dan pendaftaran di Google My Business.


12. Pembuatan Konten Video


Video bisa meningkatkan keterlibatan dan memberikan cara baru bagi pengunjung untuk menyerap informasi. Konten video yang berkualitas dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di situs kamu.


13. Penggunaan Social Media


Media sosial tidak hanya meningkatkan kesadaran merek tapi juga dapat mengarahkan trafik ke situs kamu. Berbagi konten yang menarik di platform sosial dapat mendorong lebih banyak kunjungan ke situs kamu.


14. Voice Search Optimization


Optimalisasi pencarian suara melibatkan mengoptimalkan situs kamu, untuk pertanyaan yang diajukan melalui asisten suara. Termasuk menggunakan frasa alami dan pertanyaan dalam konten kamu.


15. Artificial Intelligence dalam SEO


AI dapat membantu dalam mengumpulkan data, menganalisis tren, dan membuat keputusan yang informasi tentang strategi SEO. Kehadiran AI ini menjadi semakin penting, seiring dengan berkembangnya teknologi.


16. Penerapan E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)


E-A-T adalah faktor penting dalam penilaian kualitas situs. Melibatkan pembuatan konten oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, membuat situs yang terpercaya dan memberikan informasi akurat.


17. Penggunaan Data dan Analitik dalam Strategi SEO


Menggunakan alat seperti Google Analytics untuk memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs kamu dan menggunakan informasi ini untuk menginformasikan keputusan SEO.


Dengan menerapkan teknik optimasi SEO terbaru ini, kamu dapat meningkatkan peringkat situs kamu dalam hasil pencarian dan memperluas jangkauan online. Ingat, Sobat MinDi! SEO adalah proses yang berkelanjutan dan selalu ada ruang untuk belajar dan berkembang.


Baca Juga: Apa Itu Title Tag? Fungsi dan Cara Menulisnya untuk SEO


Kamu pun nanti bisa saja menemukan banyak tantangan, pada saat mengoperasikan teknik optimasi SEO terbaru ini. Misalnya seperti yang akan MinDi jelaskan.


Namun, semua tantangan yang bisa kamu rasakan pada saat mengaplikasikan teknik optimalisasi SEO terbaru akan terbayarkan jika website bisa masuk ke halaman satu Google. Maka dari itu, kamu harus konsisten melaksanakan teknik tersebut. Jika merasa kesulitan, mentor dari Bootcamp Digital Marketing bisa membantu kamu. Sukses selalu!



bootcamp digital marketing

Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024