dibimbing.id - Mengenal Apa itu Artikel SEO, Komponen, & Fungsinya!

Mengenal Apa itu Artikel SEO, Komponen, & Fungsinya!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

14 January 2024

•

425

Image Banner

Hai Sobat MinDi! Kalau kita membahas pemasaran digital, mungkin kalian tidak asing lagi dengan artikel SEO. Well, artikel SEO adalah bentuk pemasaran konten lewat situs web.


Secara garis besar, artikel SEO adalah konten yang digunakan untuk meningkatkan trafik organik dari hasil pencarian search engine. Dengan membuat artikel SEO, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.


Salah satunya adalah menghemat biaya pemasaran. Tertarik untuk mempelajarinya? Yuk, pelajari penjelasan artikel SEO di bawah ini!


Apa yang Dimaksud dengan Artikel SEO?


Seperti yang dijelaskan di atas, artikel SEO adalah salah satu bentuk pemasaran konten dengan biaya yang relatif rendah. 


Secara garis besar, artikel SEO merupakan konten yang ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat sebuah halaman web di mesin pencari seperti Google. 


Tujuan utama dari artikel SEO adalah untuk menarik trafik organik dari hasil pencarian search engine.Secara keseluruhan, artikel SEO adalah konten dengan tujuan untuk menarik audiens yang juga dioptimalkan untuk mesin pencari.


Dengan artikel SEO, situs web bisa mencapai peringkat tinggi di search engine dan pada akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak trafik organik ke website.


Komponen Artikel SEO


Untuk mendapatkan peringkat tinggi di search engine, artikel SEO harus mengandung beberapa komponen sebagai berikut:


1. Pemilihan Kata Kunci


Pertama, komponen artikel SEO adalah pemilihan kata kunci yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terkait kata kunci yang relevan dengan kebutuhan target audiens.


Beberapa jenis kata kunci yang digunakan bisa meliputi long-tail keywords, informational keywords, atau bahkan transactional keywords.


2. Meta Title dan Description


Komponen artikel SEO berikutnya adalah meta title dan description. Judul yang dibuat untuk artikel SEO harus menarik dan mengandung kata kunci utama. Sementara untuk deskripsi, kamu harus membuatnya dengan singkat dan mencakup kata kunci relevan.


Kedua hal ini bisa mempengaruhi klik yang dibuat target audiens dan meningkatkan click-through rate.


Baca Juga: Fungsi SEO dalam Dunia Digital: Cara Jitu Tembus Halaman Pertama Google


3. Kualitas Konten


Selanjutnya, kualitas konten merupakan komponen artikel SEO yang harus diperhatikan. Konten yang dibuat harus informatif, berguna, dan menarik bagi audiens.

Untuk membuat konten berkualitas, pastikan untuk menulis artikel yang menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah target audiens.


4. Kepadatan Kata Kunci


Berikutnya, komponen artikel SEO adalah kepadatan kata kunci atau keyword density. Penggunaan kata kunci dalam artikel harus natural dan tidak boleh berlebihan. Hal ini membantu mesin pencari mengidentifikasi topik utama halaman.


5. Struktur Konten


Setelah itu, terdapat struktur konten sebagai komponen artikel SEO lainnya. Untuk membuat struktur konten yang baik, pastikan untuk menggunakan header 1, 2, dan lainnya. Hal ini berguna untuk memudahkan pembaca dan mesin pencari memahami struktur konten.


6. Internal and External Linking


Berikutnya adalah internal and external linking. Internal linking adalah upaya yang dilakukan untuk memasukkan link ke halaman lain di website yang sama. 


Hal ini berguna untuk membantu pembaca menemukan informasi terkait dan meningkatkan SEO di laman tersebut. 


Sementara itu, external linking adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan referensi ke sumber berkualitas tinggi dan relevan. External linking bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas artikel.


7. Optimalisasi Gambar


Selanjutnya, komponen artikel SEO adalah optimalisasi gambar. Dengan menggunakan gambar relevan dan teks alternatif yang mencakup kata kunci dapat berpengaruh pada performa SEO.


Baca Juga: 17 Teknik Optimasi SEO Terbaru yang Perlu Kamu Coba


8. SEO Teknikal


Berikutnya adalah SEO teknikal. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa halaman web dimuat dengan cepat, mobile-friendly, dan mudah di-crawl oleh mesin pencari.


9. Kepatuhan pada Search Engine Guideline


Terakhir, komponen artikel SEO adalah kepatuhan pada search engine guideline. Hal ini meliputi kepatuhan pada praktik terbaik SEO dan menghindari teknik yang dianggap manipulatif oleh search engine.


Fungsi Artikel SEO untuk Pemasaran Digital


Seperti yang sudah kita tahu, artikel SEO adalah kunci dalam strategi pemasaran digital. Beberapa fungsi utama dari pemasaran digital adalah:


1. Meningkatkan Visibilitas dan Peringkat di Mesin Pencari


Pertama, fungsi artikel SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat di mesin pencari. Artikel yang telah dioptimalkan dengan baik berpotensi untuk mendapatkan peringkat tinggi di search engine.


Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas website atau halaman kepada audiens yang mencari topik terkait.


2. Mendatangkan Trafik Organik


Fungsi artikel SEO berikutnya adalah untuk mendatangkan trafik organik. Dengan peringkat tinggi di search engine, artikel cenderung akan menarik lebih banyak pengunjung secara organik.

Hal ini bisa membuat banyak orang menemukan situs web tanpa perlu membayar iklan dan pada akhirnya bisa meningkatkan trafik.


3. Membangun Kredibilitas dan Otoritas


Berikutnya adalah untuk membangun kredibilitas dan otoritas. Artikel yang informatif dan berguna bagi audiens bisa meningkatkan kredibilitas dan otoritas merek atau perusahaan di mata audiens dan mesin pencari.


4. Pengenalan Merek


Selain itu, fungsi artikel SEO adalah untuk mengenalkan merek. Sebab, konten yang muncul di halaman pertama hasil pencarian cenderung akan meningkatkan kesadaran tentang sebuah merek, produk, atau layanan.


Baca Juga: Fungsi Search Engine Marketing dalam Pemasaran Digital


5. Mendukung Strategi Pemasaran Konten


Lalu, artikel SEO juga memiliki fungsi untuk mendukung strategi pemasaran konten. Sebab, artikel SEO merupakan bagian penting dari pemasaran konten. Ia memiliki peran untuk menyampaikan pesan dan nilai merek pada target audiens.


6. Menghasilkan Leads dan Penjualan


Dengan menarik pengunjung yang tertarik dengan produk atau jasa merek, artikel SEO bisa meningkatkan peluang untuk mengkonversi pengunjung menjadi leads atau penjualan.


7. Meningkatkan Pengalaman Pengguna


Berikutnya, artikel SEO bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Sebab, artikel SEO tidak hanya berfokus pada kata kunci, namun juga pada kualitas konten sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini tentu akan meningkatkan kepuasan pengunjung.


8. Mendukung Strategi Pemasaran Multichannel


Berikutnya, artikel SEO bisa menjadi titik sentral yang mendukung berbagai saluran pemasaran lainnya. Contohnya adalah pemasaran lewat media sosial, email marketing, atau pemasaran afiliasi.


9. Mengurangi Biaya Pemasaran


Terakhir, fungsi artikel SEO adalah untuk mengurangi biaya pemasaran. Sebab, artikel SEO bisa menarik audiens secara organik tanpa harus membayar iklan.


Yuk, Belajar Strategi Pemasaran Digital Bersama Dibimbing.id!


Demikian penjelasan artikel SEO yang mencakup pengertian, komponen, dan fungsinya. Dapat disimpulkan bahwa, artikel SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital dengan keuntungan maksimal dan biaya yang relatif rendah.


Selain bisa meningkatkan trafik secara organik, artikel SEO juga bisa meningkatkan pengalaman pengguna yang mengunjungi situs web.


Eitts, tapi selain artikel SEO ada banyak lagi strategi pemasaran digital yang bisa diterapkan guna mencapai kesuksesan bisnis, lho! Tertarik untuk mempelajarinya?


MinDi merekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id. Lewat program ini kamu bisa belajar strategi terbaik di pemasaran digital bareng mentor ahli dan materi terupdate di industri.


Sobat MinDi juga bisa kembangkan portofolio lewat real-case project yang akan diberikan semasa pembelajaran. Terlebih lagi, kamu bisa dapat pekerjaan lewat layanan job-connection ke 500+ companies.


Segera bergabung di program ini dan kembangkan keahlian serta karirmu bersama Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!