Belajar UI/UX: Rekomendasi 5 Tools Terbaik Bagi Pemula

Dibimbing.id

08 June 2022

12763

Image Banner

Gimana Cara Memilih Tools UI/UX Design Yang Cocok Buat Pemula?

 

Sebelum kita membahas tentang rekomendasi tools UI/UX Design-nya, MinDi mau ajakin Sobat MinDi buat cari tau dulu gimana sih cara memilih tools yang cocok buat pemula yang baru belajar UI/UX Design. Kira-kira apa aja sih yang perlu dipertimbangkan? Apa aja yang perlu kita perhatikan?

 

Nah, buat membantu dalam menemukan tools yang cocok buatmu, kamu bisa mulai lebih dulu dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait tools yang kamu gunakan nantinya. Beberapa pertanyaan tersebut contohnya seperti:

 

 

Nah, dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, nantinya kamu bisa membuat short-listed tools terbaik dari segi kualitas, aksesibilitas maipun harganya. Dan semuanya tentu bisa disesuaikan juga dengan preferensi kamu sendiri.

 

 

 

Rekomendasi Tools UI/UX Design Terbaik

Setelah tau hal-hal apa yang bisa kita pertimbangkan dan perhatikan dalam memilih tools UI/UX Design, sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan utama nih, Sobat MinDi!

 

Buat kamu yang masih kesusahan buat mempertimbangkan tools yang terbaik buatmu, MinDi bakalan kasih kamu 5 rekomendasi tools UI/UX Design terbaik. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung aja kita kupas tuntas 5 tools UI/UX Design tersebut!

 

 

 

1. Figma

Figma merupakan tools yang paling sering digunakan oleh orang banyak

Cr. desainae

 

Buat Sobat MinDi yang mungkin sebelumnya udah banyak membaca atau belajar UI/UX Design, mungkin kamu udah gak asing lagi sama yang namanya Figma. Figma ini emang salah satu tools yang terkenal di kalangan UI Designer karena aksesibilitasnya yang oke banget. Tools yang satu ini bisa kamu gunakan aja secara langsung lewat browser seperti Chrome. Alias, kamu gak perlu repot-repot menginstal tools satu ini buat menggunakannya, lho!

 

Figma bisa digunakan dalam membuat wireframes ataupun mood boards. Layout dari Figma ini cukup besar, jadi memungkinkan kamu buat meletakkan beberapa iterasi dalam proyek yang sama. Sehingga nantinya kamu juga bisa dengan mudah membandingkan desain yang satu dengan yang lainnya.

 

Selain itu, sebenarnya alasan utama kenapa Figma ini populer adalah karena Figma memiliki fitur kolaboratif. Tools yang satu ini memungkinkan banyak pengguna untuk bisa membuat perubahan pada suatu desain secara bersamaan tanpa perlu mengunduh dulu file-nya. Selain itu, Figma juga terintegrasi dengan tools keren lainnya seperti Maze, Zeplin dan Confluence.

 

Dengan segala fitur dan kelebihan yang dimiliki Figma ini, rasanya wajar banget kalau tools yang satu ini jadi salah satu tools terpopuler dan terbaik dalam UI/UX Design. Buat kamu yang masih dalam tahap belajar UI/UX Design pun tool ini pasti bakalan memudahkanmu banget dalam belajar.

 

 

2. InVision

Salah satu tools terbaik untuk belajar UI UX

Cr. leanshelf.com

 

Meski terbilang tools yang masih baru, nyatanya InVision adalah salah satu tools yang dianggap terbaik dan juga terkenal di kalangan UI/UX Designer. Tools yang satu ini punya fokus yang kuat banget dalam memungkinkan website atau aplikasi kita memiliki user experience yang terbaik.

 

InVision ini bisa dianggap sebagai tools yang lengkap dan penuh manfaat, karena bisa digunakan dalam banyak tahapan UI/UX Design. Mulai dari membuat outline dari user journey, kolaborasi untuk desain awalnya, pembuatan wireframe dan prototype, hingga akhirnya ke fitur handoff desainnya. Karenanya, tentu tool yang satu ini bakalan oke banget buat kamu yang belajar UI/UX Design.

 

Meski begitu, dari fitur-fitur tersebut, sebenarnya tool prototyping dari InVision lah yang paling oke. Kamu bisa membuat prototype interaktif, yang secara otomatis juga bakal disesuaikan dengan perangkatmu. Selain InVision ini, ada juga yang namanya InVision Studio, sebuah tool UX Design dan desain digital mandiri yang baru. InVision Studio menawarkan serangkaian fitur yang mengesankan banget bagi penggunanya. Seperti contohnya, alat menggambar vektor, desain interaktif dan animasi bawaan.

 

 

 

3. Adobe XD

Cr. creativebloq.com

 

Sobat MinDi pasti udah gak asing lagi sama “Adobe”, tapi kalau Adobe XD kira-kira gimana? Buat kamu yang masih belum paham, MinDi bakalan kasih penjelasan singkat tentang tool yang satu ini juga, ya!

 

Adobe XD adalah software UI Design yang berfokus pada pembuatan prototype produk, mobile apps dan website. Software ini menyediakan berbagai tools yang dibutuhkan seorang UI Designer dalam membuat prototype yang lengkap, termasuk di antaranya workflows, pembuatan elemen, transisi animasi, dan masih banyak lagi.

 

Sebuah keuntungan yang pasti bakal kamu rasakan ketika menggunakan tool dari suite yang mengesankan seperti Adobe adalah fakta kalau tiap tools-nya bisa terintegrasi dengan sempurna satu dan lainnya. Jadi, tentu hal ini bakalan memudahkan dan memanjakan kamu banget dalam menggunakan tool yang satu ini.

 

 

4. Maze

Maze dapat dengan mudah dimengerti untuk pemula yang ingin belajar UI UX

Cr. maze.co

 

Kalau sebelum-sebelumnya tools yang direkomendasikan adalah tools yang berfokus di proses prototyping dan wireframing, kali ini MinDi mau merekomendasikan tools yang oke untuk tahap testing, yaitu Maze. Maze ini bisa digunakan untuk menguji dan memvalidasi ide, konsep ataupun copy yang kamu punya. Kerennya nih, Maze memungkinkan kamu buat menjalankan pengujian yang mendalam meski tanpa adanya prototype, lho!

 

Maze juga menawarkan opsi integrasi yang luas, dengan kemampuan buat menggabungkan prototyping pihak ketiga dan tools wireframing seperti Figma, Adobe XD, InVision, Marvel, dan Sketch. Memasang fitur testing dari Maze pada tools UI Design bisa membantu kamu dalam membuat berbagai keputusan, seperti misalnya menghapus ide yang buruk dari desainmu sejak awal. Jadi, tentu tool yang satu ini cocok banget buat kamu yang lagi belajar UI/UX Design.

 

 

 

5. Webflow

Webflow untuk belajar UI UX

Cr. bubble.io

 

Tool terakhir yang MinDi akan rekomendasikan buat Sobat MinDi adalah Webflow. Nah, Webflow ini bakalan cocok banget buat pemula atau orang yang pengen belajar UI/UX Design karena kamu bisa mendesain tanpa harus coding atau paham HTML dan CSS, lho!

 

Webflow menyediakan beberapa template yang bisa kamu gunakan sesukamu. Karenanya, hal ini bisa memudahkan kamu dalam melakukan proses Mockup sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan kamu sukai. Dengan semua kemudahan dan kepraktisan yang disediakan, Sobat MinDi bisa banget nih cobain tool yang satu ini buat mengasah kemampuanmu selama proses belajar UI/UX Design.

 

Nah, itulah 5 rekomendasi tools terbaik bagi UI/UX Designer pemula atau orang yang baru belajar UI/UX Design. Semoga aja rekomendasi tools-nya bisa berguna bagi Sobat MinDi, ya!

 

Oh iya, sebelum artikelnya ditutup, MinDi mau kasih tau kamu satu hal lagi, nih. Buat kamu yang pengen belajar UI/UX Design lebih dalam, kamu bisa banget cobain belajar dengan dibimbing.id lewat program Bootcamp UI/UX Design, lho!

Lewat program bootcamp ini, kamu bakalan diajak buat belajar intensif selama 4,5 bulan dengan pemberian materi yang lengkap dan mudah dipahami. Eits, tapi gak cuma dikasih materi aja, ya! Nantinya kamu juga bakalan diajak buat melakukan latihan praktek secara rutin dan ada juga tugas proyek, lho!

 

Dan buat kamu yang punya rasa ingin tahu yang tinggi atau perlu bantuan lebih buat memahami materi tertentu, kamu gak perlu khawatir. Karena nantinya, kamu juga bisa berkonsultasi secara pribadi dengan mentor yang ahli dan berpengalaman di bidang UI/UX Design ini terkait berbagai kendala atau hal yang pengen kamu pelajari lebih dalam.

 

Gak ketinggalan, nantinya bakalan ada juga program penyaluran kerja setelah bootcamp ini berakhir, lho! Jadi, buat kamu yang merasa takut dan khawatir bakal susah cari kerja, tentu benefit yang satu ini bakalan membantumu buat jadi lebih tenang. Kamu bakalan lebih mudah buat segera memulai karier sebagai UI/UX Designer dan bekerja di perusahaan yang terbaik buatmu.

 

Karenanya, buat kamu yang pengen kepoin program Bootcamp UI/UX Design ini lebih dalam, kamu bisa langsung KLIK DI SINI, ya!

 

Dibimbing.id yakin banget kalau pada dasarnya semua orang pasti bisa dibimbing jadi lebih hebat dan sukses lagi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan yang satu ini dan we hope to see you around, Sobat MinDi!

Pelajari Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly dan Interaktif!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Wajib Tau Website Gratis Untuk Membuat CV Lamaran Kerja!

Career Development

Wajib Tau Website Gratis Untuk Membuat CV Lamaran Kerja!

CV lamaran kerja termasuk salah satu dokumen yang penting saat melamar pekerjaan. Dokumen inilah ya...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Tugas Dan Gaji Front End Developer Di Tahun 2024

Web Development

Tugas Dan Gaji Front End Developer Di Tahun 2024

Tugas dan gaji Front End Developer cukup sebanding dan berimbang. Berikut ini akan dijelaskan lebih...

Image Author

Suci Wulandari

25 February 2022

5 Website Buat Kamu yang Sedang Belajar UI

UI/UX Design

5 Website Buat Kamu yang Sedang Belajar UI

Masih bingung cari-cari referensi UI design yang baik? Yuk kenalan sama 5 website ini, cocok banget...

Image Author

Dibimbing.id

08 June 2022

Fresh Graduate Wajib Tau! Ini 7 Hal yang Bikin CV Menarik

Career Development

Fresh Graduate Wajib Tau! Ini 7 Hal yang Bikin CV Menarik

Pusing mikirin gimana caranya biar CV kamu bisa menarik dan dilirik HRD? Yuk bahas bareng sama MinD...

Image Author

Dibimbing.id

09 June 2022

Prospek Kerja Data Scientist, The Sexiest Job of the 21st Century

Data Science

Career Development

Prospek Kerja Data Scientist, The Sexiest Job of the 21st C...

Mulai banyak bertebaran lowongan pekerjaan untuk data scientist, Sobat MinDi penasaran gak sih gima...

Image Author

Dibimbing.id

10 June 2022

3 Prinsip Dasar yang Harus Kamu Ingat Saat Belajar UI/UX Design

UI/UX Design

3 Prinsip Dasar yang Harus Kamu Ingat Saat Belajar UI/UX De...

Masih aja bengong seharian mikirin gimana caranya UI/UX Design yang menarik? Ini 5 Hal penting ya...

Image Author

Dibimbing.id

13 June 2022