dibimbing.id - 8 Rekomendasi Bootcamp UI/UX Gratis, Cocok untuk Pemula

8 Rekomendasi Bootcamp UI/UX Gratis, Cocok untuk Pemula

Muthiatur Rohmah

•

17 April 2024

•

954

Image Banner

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa profesi UI/UX setiap tahunnya meningkat 4% hingga tahun 2029 kelak. Hal ini menjadikan karir UI/UX memiliki prospek bagus dan makin diminati banyak orang.


Profesi UI/UX merupakan salah pekerjaan yang ideal untuk switch career, namun persaingan kerja juga akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.


Sebagai langkah awal switch career sebagai UI/UX designer, Sobat MinDi harus mengikuti bootcamp atau pelatihan khusus untuk meningkatkan skill dan kemampuan diri di bidang UI/UX.


Bootcamp UI/UX yang bersertifikat juga dapat dicantumkan pada CV untuk personal branding diri, ini memiliki nilai plus di mata recruiter saat melamar pekerjaan lho.


Ingin mengikuti kursus UI/UX tanpa biaya?

Yuk simak rekomendasi bootcamp UI/UX gratis cocok untuk pemula yang ingin switch career di bidang ini.



Rekomendasi Bootcamp UI/UX Gratis Bagi Pemula Tips Mengikuti Bootcamp UI/UX



Bootcamp UI/UX gratis merupakan program pelatihan intensif yang dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan esensial dalam desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX). 


Bootcamp UI/UX biasanya mencakup serangkaian modul yang intensif, mengajarkan prinsip-prinsip dasar desain, prototyping, penelitian pengguna, dan pengujian kegunaan.


Yuk simak rekomendasi bootcamp UI/UX Gratis berikut ini.


1. Digital Skill Fair Dibimbing.id


Source: Instagram.com/dibimbing.id/


Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang menyediakan pelatihan skill untuk menyiapkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan industri pada saat ini. 


Melalui program digital skill fair, dibimbing.id secara rutin memberikan kesempatan kalian untuk belajar digital skill secara gratis melalui zoom. Program ini memiliki banyak spesifikasi kursus, salah satunya adalah UI/ UX design yang mencakup berbagai keahlian.


Lalu apa saja yang dipelajari dalam bootcamp UI/UX gratis dibimbing.id?


Dalam program digital skill fair, dibimbing.id kembali membuka bootcamp UI/UX gratis yang dapat diikuti siapa saja, dengan berbagai materi sebagai berikut:


  • Career class and Introduction Relevant Career

  • UI/UX design Fundamental Material

  • Wireframing

  • Hands on with Figma

  • Alumni Sharing: The Journey of Portfolio Building

  • Assignment Study Case for Portfolio Building

  • Dive Deep into your CV + LinkedIn Profile and Portfolio Review


Tertarik mengikuti program digital skill fair dibimbing.id? Yuk segera daftarkan diri kamu di sini.



2. Google UX Design Professional Certificate (Coursera)


Source: https://www.coursera.org/professional-certificates/google-ux-design


  • Penyelenggara: Google

  • Platform: Coursera


Bootcamp UI/UX gratis ini merupakan bagian dari inisiatif Google untuk mendidik para calon desainer UX tentang fundamental dan proses desain yang terlibat dalam pembuatan produk yang intuitif dan mudah digunakan. 


Saat mengikuti bootcamp ini, peserta akan melalui serangkaian tujuh kursus yang menutupi semua aspek dari pengumpulan kebutuhan pengguna, mengembangkan wireframe dan prototipe, hingga melaksanakan pengujian pengguna dan iterasi desain. 


Pelatihan UI/UX ini juga melibatkan proyek hands-on untuk memastikan bahwa peserta dapat menerapkan teori dalam praktek nyata, dengan menggunakan alat desain populer seperti Figma dan Adobe XD. 


Setelah menyelesaikan bootcamp, peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat profesional yang diakui oleh industri.


Ayo segera daftarkan diri di sini



3. Gymnasium UX Fundamentals


Source: https://www.thegymnasium.com/courses/GYM/103/0/about


  • Penyelenggara: Gymnasium

  • Platform: Gymnasium


Bootcamp UX Fundamentals dari Gymnasium merupakan pilihan yang cocok bagi siapa saja yang ingin memulai karir di bidang desain UX.Kursus ini mengajarkan dasar-dasar penelitian pengguna, desain interaksi, dan strategi konten. 


Salah satu aspek unik dari bootcamp ini adalah penekanannya pada kasus nyata dan aplikasi praktis, sehingga peserta dapat mengaplikasikan pembelajaran dalam proyek pribadi atau profesional secara langsung. 


Selain itu, kursus ini juga mengajarkan tentang cara menggunakan alat-alat desain utama yang digunakan dalam industri.


Yuk daftar sekarang di sini



4. Springboard UX Design Bootcamp


Source: https://www.springboard.com/resources/learning-paths/user-experience-design/


  • Penyelenggara: Springboard

  • Platform: Springboard


Springboard UX Design Bootcamp menawarkan pendekatan yang lebih mentor-centred dalam pembelajaran desain UX. 


Peserta tidak hanya belajar tentang fundamental desain UX, tapi juga diberikan bimbingan personal oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. 


Kursus ini mencakup modul yang mendalam tentang wireframing, prototyping, penelitian pengguna, dan pengujian kegunaan, serta bagaimana mengintegrasikan umpan balik untuk memperbaiki desain. 


Bootcamp ini sangat cocok bagi mereka yang mencari pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendukung.


Yuk buruan daftar sekarang juga di sini!


Baca Juga: Intip Prospek Kerja UI/UX, Jenjang Karier hingga Gajinya!




5. Interaction Design Foundation (IDF)


Source: https://www.interaction-design.org/learn-ux-design/


  • Penyelenggara: Interaction Design Foundation

  • Platform: IDF


IDF adalah organisasi pendidikan yang terkemuka dalam menyediakan kursus dan materi pembelajaran tentang desain interaksi dan UX. 


Bootcamp UI/UX gratis yang ditawarkan oleh IDF mencakup spektrum luas dari topik desain UX/UI, dari fundamental hingga topik lanjutan seperti psikologi desain dan aksesibilitas.


Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan klik di sini



6. Adobe XD Ideas: UI/UX Design Fundamentals




Source: https://edex.adobe.com/teaching-resources/introduction-to-ux-and-ui-design


  • Penyelenggara: Adobe

  • Platform: Adobe XD Ideas

 

Bootcamp UI/UX ini fokus pada fundamental desain UI/UX menggunakan Adobe XD, sebuah alat desain yang populer di kalangan profesional. 


Kursus ini dirancang untuk membantu desainer pemula dan menengah dalam menguasai alat ini dan memahami konsep penting dalam desain antarmuka dan pengalaman pengguna. 


Materi kursus mencakup tutorial tentang wireframing, prototyping, desain responsif, dan kolaborasi desain, semuanya disajikan melalui pendekatan yang mudah diikuti.


Yuk segera daftar sekarang di sini



7. UX Design Institute’s Free UX Design Short Course


Source: https://www.uxdesigninstitute.com/courses/ux-design-fundamentals


Bootcamp UI/UX gratis ini menawarkan kursus pendek gratis yang dirancang untuk memberikan gambaran umum tentang desain UX. 


Kursus ini cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan pemahaman dasar tentang bidang ini sebelum memutuskan untuk berkomitmen pada program yang lebih panjang dan mendalam. 


Peserta akan belajar tentang proses desain UX, termasuk penelitian pengguna, desain wireframe, prototyping, dan pengujian kegunaan. Kursus ini dilengkapi dengan video pendidikan dan tugas yang membantu memperkuat konsep yang dipelajari.


Yuk segera daftarkan diri di sini



8. CareerFoundry’s Intro to UX Design Course 1. Materi Terstruktur dengan Baik


Source: https://careerfoundry.com/en/short-courses/become-a-ux-designer/


CareerFoundry menawarkan bootcamp UI/UX gratis ini sebagai jalan bagi para pemula untuk mempelajari apa itu UI/ UX design sebelum terjun ke dalam program pembelajaran yang lebih lengkap. 


Kursus ini mencakup dasar-dasar desain UX, termasuk pendekatan yang user-centric, dan pentingnya prototyping serta iterasi. 


Kursus ini unik karena menawarkan akses ke tutorial video, pembelajaran mandiri, serta beberapa interaksi dengan mentor yang memberikan masukan dan bimbingan pada tugas-tugas yang dilakukan.

 

Yuk segera ikuti kursusnya di sini 



Manfaat Mengikuti Bootcamp UI/UX



Ingin mengetahui berbagai manfaat dari mengikuti bootcamp UI/UX sebelum membuat keputusan? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Materi Terstruktur dengan Baik


Disusun oleh para profesional dalam bidang UI/UX, sehingga kamu dapat mempelajari konsep-konsep yang lebih praktis dan relevan dengan dunia kerja.



2. Memiliki Peluang Karier yang Lebih Besar


Setelah menyelesaikan bootcamp, kamu akan memiliki peluang karier yang lebih besar dengan sertifikat yang dapat menunjang CV kamu, membuat kamu lebih menarik bagi perusahaan.



3. Meningkatkan Akselerasi Karier


Bootcamp juga membantu meningkatkan akselerasi karier di tempat kerja, bahkan bagi mereka yang sudah berkarier di bidang IT, karena mereka akan memiliki skill yang lebih matang dan keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk naik ke jenjang karier yang lebih tinggi.



4. Membangun Portofolio


Mengikuti bootcamp ini juga bermanfaat untuk membangun portofolio dari proyek-proyek praktis yang bisa menjadi bukti kredibel bagi calon employer kamu.



5. Membangun Jaringan


Dengan mengikuti bootcamp UI/UX, Sobat MinDi dapat membangun jaringan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, yang dapat membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan dan memberikan saran berharga untuk karier kamu di masa depan.



6. Meningkatkan Kualitas Diri


Meningkatkan kualitas diri baik dari segi skill UI/UX, portofolio, maupun soft-skill yang penting untuk kesuksesan di tempat kerja.




Tips Mengikuti Bootcamp UI/UX



Selanjutnya adalah terdapat beberapa tips untuk memastikan pembelajaran kamu di bootcamp berjalan dengan efektif:


1. Tetapkan tujuan yang jelas untuk memotivasi diri kamu selama proses bootcamp.


2. Pahami konsep dasar UI/UX sebelumnya untuk mempersiapkan diri kamu dengan baik.


3. Hindari membandingkan diri kamu dengan orang lain dan fokuslah pada pengembangan diri sendiri.


4. Jangan ragu untuk bertanya ketika menghadapi kesulitan selama proses pembelajaran di bootcamp.




Beberapa rekomendasi bootcamp UI/UX gratis tersebut memberikan peluang besar bagi kamu yang ingin memulai atau meningkatkan keterampilan desain UI/UX.


Bootcamp UI/UX yang terpercaya pasti menawarkan materi yang mudah diakses dan pelajaran yang fundamental dalam desain yang berfokus pada pengguna.


Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah untuk Berkarier di Bidang UI/UX, Yuk Simak!



Jika Sobat MinDi ingin mengikuti bootcamp UI/UX yang lebih intensif dan profesional, kamu dapat memilih dibimbing.id sebagai bootcamp UI/UX design terbaik.


Yuk ikuti bootcamp UI/UX design dibimbing.id, dengan pembelajaran intensif dan inovatif, dibimbing.id siap bantu wujudkan mimpimu sebagai UI/UX designer yang sukses dan profesional.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi Anda.


Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!