Blog

/

Product Management

/

Skills dan Tugas Product Manager yang Harus Kamu Kuasai

Skills dan Tugas Product Manager yang Harus Kamu Kuasai

Hudita A. R. Lubis

04 June 2023

3102

Image Banner

Penting bagi suatu perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan zaman dengan memperhatikan keinginan konsumen sehingga produk yang dihasilkan pun akan lebih menghasilkan. Disinilah peran penting sebagai Product Manager untuk mendukung kemajuan produksi suatu perusahaan.


Nah, peran penting seorang Product Manager tersebut terbukti dari tanggung jawab dan tugas Product Manager. Di bawah ini, MinDi sudah siapin penjelasan tentang apa-apa saja yang penting sebagai Product Manager demi kelangsungan perkembangan sebuah perusahaan. 


Jadi, apa aja sih skill dan tugas utama Product Manager itu, MinDi?


Tanggung jawab dan Tugas Product Manager


Tugas utama seorang Product Manager secara umum bertanggung jawab untuk:

  1. memutuskan langkah strategis produk,

  2. melakukan riset pasar, 

  3. mengumpulkan syarat produk, 

  4. mengidentifikasi produk potensial, 

  5. menentukan spesifikasi produk, 

  6. menentukan jadwal produksi, 

  7. menentukan harga produk, dan 

  8. mengembangkan strategi pemasaran.


Tugas-tugas Product Manager ini akan berbeda lagi bergantung bagaimana perusahaan mengatur posisi tersebut dan jenjang karir yang diposisikan.


Baca juga: Update Terkini Gaji Product Management Tahun 2023 


Jenjang karir Product Manager


Jenjang karir Product Manager ini biasanya terbagi menjadi tiga tingkatan yang biasa disebut entry level, mid level, dan senior level.


Associate Product Manager dan Junior Product Manager disebut masih entry level di product management. Keduanya dibilang sebagai posisi paling aman sebagai langkah awal Sobat MinDi berkarir, apalagi jika kamu masih seorang fresh graduate


Perbedaannya adalah posisi Junior lebih mudah ditemui sebab hampir ada di seluruh perusahaan yang memerlukan product management. Sebaliknya, gak semua perusahaan mengadakan posisi Associate karena biasanya hanya perusahaan besar saja yang menggunakan posisi ini.


Product Manager dan Senior Product Manager bisa dikatakan sudah merupakan mid level di manajemen produk. Kamu biasanya ditugaskan untuk mengontrol, melakukan back-up pekerjaan, membuat rekap laporan ke atasan dan memimpin progress produksi. 


Sebagaimana seorang Leader, Product Leader juga memiliki bertanggung jawab untuk memimpin, mengkoordinir dan memantau tim produksi dengan baik. Product Leader bisa dibilang mid level tapi juga senior level.


Head of Product, Vice President of Product, dan Chief Product Officer merupakan senior level di product management. Beban tanggung jawab pun akan lebih berat, misalkan aja bertugas untuk menjadi pemutus terakhir segala rencana dan progress produksi, maka mereka perlu pemikiran ekstra strategis dan problem-solving yang kuat.


Dengan demikian, seseorang yang bekerja di manajemen produk harus memiliki berbagai skill berikut.


Soft skills dan Hard skills menjadi Product Manager

Dibimbing.id - Soft skills dan Hard skills menjadi Product Manager



Soft Skill menjadi Product Manager


1. Interpersonal skill


Seorang Product Manager perlu berinteraksi dengan banyak orang untuk memasarkan dan menjelaskan produknya, maka dari itu kemampuan kamu berinteraksi dengan orang lain sangat penting untuk dimiliki. Kamu harus menjadi orang yang good-listener, bisa berkomunikasi yang baik, kemampuan bekerjasama dalam tim, dan sebagainya.


2. Strategic thinking


Memiliki pemikiran yang strategis sangat diperlukan sebagai seorang Product Manager. Dengan kemampuan berpikir strategis ini mampu membantu untuk memperlancar perilisan produk seperti memetakan alur jalannya produksi, memposisikan produk dalam persaingan pasar, dan segala rancangan tahapan dalam siklus produksi agar lebih produktif dan efektif.


3. Time Management


Kemampuan untuk mengatur waktu dan disiplin diri juga sangat penting untuk mendukung produksi. Kamu harus tau kapan untuk mengambil keputusan akan waktu produksi dan perilisan produksi misalnya. Selain itu, prioritas Product Manager sering bergeser menyesuaikan apa-apa yang harus diperbaiki, dikontrol, didelegasikan atau bahkan ditunda pada saat produk di-progress.


4. Research & Analytical skill


Product Manager juga dituntut untuk memiliki keterampilan riset dan analisis. Dengan riset dan mengumpulkan data pelanggan, kemudian dianalisis, maka pemutusan langkah strategis pun bisa diwujudkan dengan lebih matang. 

Keterampilan riset dan analisis penting bagi seorang Product Manager untuk mendukung pemikiran strategis, pengembangan produk, dan prospek harga, dan pengambilan keputusan yang menguntungkan produk.


5. Leadership


Kemampuan kepemimpinan gak hanya untuk senior level, tapi untuk semua tingkatan. Kamu dituntut mampu memimpin proyek hingga perilisan produk yang mana mencakup tim-tim lain yang diperlukan untuk pengembangan produksi. Leadership ini termasuk sikap inisiatif, pengambilan keputusan, problem-solving, public-speaking, dan sebagainya. 


Baca juga: 5 Bocoran Pertanyaan Interview Product Manager


Hard Skill menjadi Product Manager


1. Marketing & Business skill


Product Manager perlu memahami teknik-teknik pemasaran dan bisnis, seperti cara promosi dan iklan penjualan produk, mempresentasikan produk, cara melayani pelanggan dengan baik. Seenggaknya, kamu perlu mengetahui ilmu bisnis yang mendasar seperti apa itu laba, bagaimana cara memperolehnya, membuat anggaran, arus kas, untung-rugi, negosiasi, dan sebagainya.


2. Technical Writing


Technical Writing adalah kemampuan untuk menulis permasalahan teknis yang spesifik guna memudahkan pemahaman pembaca. Keterampilan menginterpretasikan data ke dalam tulisan dan menginterpretasikan ide ke dalam produk. Product Manager harus mampu menjelaskan spesifikasi produk dan desain produk secara teknis dengan rinci dan lengkap beserta fitur dan persyaratan produk, contohnya saja menyusun PRD.


3. Management


Dari nama posisinya saja sudah jelas kemampuan manajemen yang baik merupakan salah satu pilar menjadi Product Manager yang baik. Kamu harus terbiasa dengan mengkoordinasikan sesuatu, sebab Product Manager harus melakukan berbagai langkah strategis untuk mengembangkan produk, yang diantaranya melakukan riset dan analisis data, membuat rencana pengembangan, menindaklanjuti permasalahan, semuanya membutuhkan kemampuan menyusun dan koordinasi yang kuat.


4. Basic User Experience


Memahami dasar User Experience memudahkan seorang Product Manager mengumpulkan data untuk memutuskan langkah strategis produk. Kebanyakan proses pengambilan keputusan bisnis juga bergantung pada hasil data-data yang diperoleh dari hasil riset pengalaman pengguna atau pelanggan dari produk kita. Kegiatan ini juga membantu riset pasar hingga target pemasaran lebih baik agar mendapatkan keuntungan. 


5. Basic Web Development


Jika kamu bisa paham hal mendasar dari Web Development, kamu bisa jadi calon Product Manager yang hebat, sebab komunikasi dengan tim teknik menjadi lebih efektif.


Gimana, banyak manfaatnya kan, Sobat MinDi? Dan akan lebih bermanfaat lagi kalau kamu   join Bootcamp Product Management agar kamu bisa   ikut kelas bersama expert Product Manager yang akan bantu kamu berkembang menjadi seorang   Product Manager yang lebih berkualitas   hanya dalam   4,5 bulan . Langsung aja klik   di sini untuk daftarkan diri kamu!
bootcamp product management

Share

Author Image

Hudita A. R. Lubis

an adaptable writer who loves to write about any topic with any writing style and always curious about anything.

Artikel Terkait