5 Bocoran Pertanyaan Interview Product Manager - dibimbing.id

Kezia Margaretha

19 October 2022

10853

Image Banner

Interview kerja seringkali menjadi tahapan yang paling mencekam bagi para pencari kerja. Seringkali tahapan yang satu ini membuat banyak orang merasa stress dikarenakan banyaknya pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya. Hal ini pun juga berlaku untuk orang yang ingin melamar sebagai product manager, dimana interview product manager seringkali menjadi batu penghambat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 


Namun, sulitnya pertanyaan interview product manager tersebut tentunya bukan karena keisengan HR semata. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibuat menjebak agar HR dapat melihat bagaimana jawaban dan kecocokan kamu terhadap perusahaan yang dilamar. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan jawaban yang kurang tepat, kamu pun dapat kehilangan peluang yang telah di depan mata. 


Gimana, takut nih dengernya? Tenang, jangan takut dulu! HR seringkali memberikan pertanyaan yang kurang lebih sama dalam setiap interview product manager. Berikut MinDi bakal kasih tau kamu beberapa pertanyaan interview product manager yang sering ditanyakan oleh HR. 


1. Apa yang kamu pahami dari Product Manager? 


 

Pertanyaan yang satu ini mungkin terlihat mudah dalam interview product manager, namun jawabanmu terhadap pertanyaan ini sangat penting, lho! Melalui pertanyaan ini, HR sedang melakukan tes mengenai pengetahuan kamu terhadap pekerjaan tersebut. 


Di dalam perusahaan, product manager seringkali memiliki pekerjaan dan pemahaman yang berbeda-beda. Dengan menanyakan pertanyaan tersebut, HR secara sengaja juga ingin melihat apakah definisi kamu mengenai product manager sama dengan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk itu, research terhadap perusahaan yang kamu lamar merupakan langkah penting sebelum melakukan interview product manager. 


Ketika menjawab pertanyaan ini, kamu dapat menjawabnya dengan jujur mengenai pemahaman yang kamu dapatkan setelah melakukan riset. Kamu dapat memberikan jawaban simple dan tidak bertele-tele mengenai product manager seperti di bawah ini: 


“Product manager merupakan orang yang memiliki keahlian dalam memahami produk serta mengambil keputusan mengenai produk tersebut berdasarkan inovasi, strategi, dan juga kondisi pasar yang ada. 


Seringkali product manager bekerja dalam pembuatan produk dari nol, dimana mereka bekerja dalam mencari ide sampai dengan finalisasi produk tersebut. 


Untuk itu, product manager harus mengetahui semua hal yang berkaitan dengan kebaikan produk serta bekerja sama dengan tim lain dalam mengembangkan produk tersebut.” 


2. Bagaimana cara kamu menentukan apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan? 


Sebagai product manager, melakukan riset pasar dan pelanggan merupakan salah satu tugas utama. Untuk itu, dalam memberikan pertanyaan interview product manager satu ini, HR ingin melihat secara langsung mengenai wawasan kamu terhadap pelanggan. 


Melalui pertanyaan ini, kamu juga dapat menunjukkan pengalaman kamu terhadap pelanggan seperti cara dalam mengumpulkan feedback, pendekatan terhadap pelanggan, dan lainnya. 


Dalam menjawab pertanyaan interview product manager satu ini dengan baik, kamu perlu menunjukkan berbagai metode dan cara yang telah kamu lakukan sebelumnya. Dengan memberi tahu bahwa kamu memahami banyak metode, kamu dapat memberikan kesan bahwa kamu telah berpengalaman dalam interview product manager kali ini.


3. Apakah kamu pernah mengalami kegagalan dimana produk yang kamu buat tidak sesuai dengan keinginan kamu? Bagaimana kamu menghadapi hal tersebut? 


Sebagai product manager, tentunya banyak lika-liku yang telah kamu hadapi dalam membuat sebuah produk. Untuk itu, dalam pertanyaan interview product manager satu ini, HR ingin melihat bagaimana rintangan yang telah kamu hadapi serta apa yang kamu lakukan dalam menghadapi hal tersebut. 


Pertanyaan interview product manager satu ini membutuhkan perhatian yang lebih dalam menjawabnya. Melalui pertanyaan ini, kamu dapat menunjukkan kapabilitas kamu dalam menghadapi kegagalan-kegagalan serta cara kamu memperbaikinya. 


HR juga ingin melihat bagaimana personality kamu di dalam sebuah tim dengan jawaban-jawaban  tersebut. Untuk itu, kamu perlu memanfaatkan pertanyaan ini untuk memperlihatkan bahwa ketika terjadi kegagalan, kamu bukan lah orang yang pasrah dan menyalahkan orang lain, melainkan merupakan pribadi yang tidak putus asa dan mau bekerja sama demi kepentingan bersama. 


Untuk jawaban yang lebih baik lagi, kamu dapat memberikan contoh nyata dari kegagalan yang pernah kamu alami. Dengan menjelaskan kasus nyata yang benar-benar terjadi, HR tidak melihat kamu hanya berbasa-basi, melainkan merupakan pribadi yang jujur. Untuk itu, jawaban kamu pun juga akan mendapatkan nilai tambah dari HR itu sendiri. 


4. Apakah kamu memiliki technical skills yang membedakanmu dengan kandidat lainnya?


Sebagai seorang product manager, menguasai berbagai technical skills tentunya merupakan persyaratan utama. Untuk itu, semua kandidat tentunya memiliki kemampuannya masing-masing. 


Nah, untuk kamu yang ingin terlihat menonjol, akan lebih baik apabila kamu memiliki technical skills yang berbeda dari kandidat lainnya. Meskipun demikian, ketika menjawab pertanyaan interview product manager satu ini, kamu membutuhkan beberapa pertimbangan sebelumnya. 


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, preferensi perusahaan merupakan kunci yang sangat penting dalam interview product manager. Setiap perusahaan membutuhkan technical skills yang berbeda-beda pula. Misalnya, Google memiliki preferensi product manager yang dapat menguasai skills coding.


Untuk itu, ketika kamu menjawab pertanyaan ini, kamu perlu menyesuaikannya dengan perusahaan tempat kamu melamar. 


Sebelumnya, kamu juga perlu mempersiapkan penjelasan terhadap technical skills yang kamu kuasai. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan perbedaan latar belakang yang kamu miliki dengan HR yang mewawancarai kamu. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan kata-kata terbaik yang dapat dimengerti semua orang. 


5. Apa yang akan kamu lakukan dalam 90 hari pertama jika kami mempekerjakanmu?


Pertanyaan ini mungkin akan ditanyakan ketika kamu akan menyelesaikan interview product manager. Setelah melihat bagaimana skills dan wawasan yang kamu miliki, HR ingin melihat bagaimana hal-hal yang akan kamu lakukan ke depannya dalam 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan pertama pekerjaanmu. 


Dengan memberikan jawabanmu, HR dapat melihat bagaimana pandanganmu ke depan terhadap perusahaan tersebut. Mereka juga dapat memahami apa hal-hal yang menjadi value dari dirimu.


Untuk itu, sebelum menjawab pertanyaan ini, kamu perlu menjawabnya dengan matang di interview product manager agar tidak kehilangan peluang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 


Good Luck interview product manager


Berikut beberapa pertanyaan yang seringkali dipertanyakan oleh HR di dalam interview product manager. Setelah mengetahui beberapa pertanyaan interview product manager, kamu tentunya bisa bernapas sedikit lega nih karena udah tau cara untuk menjawabnya. 


Nah, untuk kamu yang pengen jadi product manager tapi ga tau mau mulai darimana, tenang! Kamu juga dapat bernapas lega karena Dibimbing.id menyediakan layanan Bootcamp Product Management, lho! 


Bersama dengan Dibimbing.id, kamu akan diajak untuk mempelajari product management dari awal bersama mentor-mentor yang udah ahli nih dibidangnya. 


Bukan cuman itu, pengalaman-pengalaman kamu selama mengikuti bootcamp dari dibimbing.id nantinya juga akan membantu kamu dalam interview product manager, lho! 


Gimana nih sobat MinDi, pastinya pada tertarik kan? Yuk, segera daftarkan dirimu di sini!

Pelajari Agility Dalam Membangun Digital Product yang Sukses Menjawab Kebutuhan Customer!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Artikel Terkait

Jurusan yang Tepat untuk Menjadi Product Manager - Dibimbing.id

Product Management

Jurusan yang Tepat untuk Menjadi Product Manager - Dibimbin...

Product manager merupakan profesi yang banyak dicari di tahun 2022. Lalu, apa jurusan kuliah yang t...

Image Author

Kezia Margaretha

22 September 2022

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Update Terkini Gaji Product Management Tahun 2024

Product Management

Update Terkini Gaji Product Management Tahun 2024

Dari gaji di dalam dan luar negeri hingga gaji di Startup Company, semua Info range gaji Product Ma...

Image Author

Hudita A. R. Lubis

19 May 2023

3 Contoh Benchmarking untuk Tingkatkan Kinerja Bisnis

Product Management

3 Contoh Benchmarking untuk Tingkatkan Kinerja Bisnis

Sobat MinDi, yuk pelajari studi kasus dan contoh benchmarking untuk mengevaluasi dan meningkatkan k...

Image Author

Nadia L Kamila

27 January 2024

Eisenhower Matrix: Pengertian, Kegunaan & Cara Membuatnya

Product Management

Eisenhower Matrix: Pengertian, Kegunaan & Cara Membuatnya

Eisenhower matrix adalah kerangka kerja yang membantu mengatur dan memprioritaskan tugas. Yuk pelaj...

Image Author

Muthiatur Rohmah

10 May 2024

Apa itu Teknik Pomodoro? Pengertian, Langkah & Manfaatnya

Product Management

Apa itu Teknik Pomodoro? Pengertian, Langkah & Manfaatnya

Teknik pomodoro adalah metode pengelolaan waktu untuk membagi pekerjaan menjadi interval fokus yang...

Image Author

Muthiatur Rohmah

13 May 2024