Blog

/

Product Management

/

Jurusan yang Tepat untuk Menjadi Product Manager - Dibimbing.id

Jurusan yang Tepat untuk Menjadi Product Manager - Dibimbing.id

Kezia Margaretha

Konten ini telah ditinjau oleh Fadhil Ghifari Mangundisastra - Head of Content at Dibimbing.id

22 September 2022

9625

Image Banner

Di dalam sebuah bisnis, produk merupakan salah satu elemen utama yang menjadi pilar sebuah perusahaan. Untuk itu, dalam menjaga keberlangsungan produk suatu bisnis, maka dibutuhkan pengembangan dan pengawasan terus menerus. 


Nah kira-kira tugas dari siapa sih hal tersebut? Yup, jawabannya merupakan tugas dari Product Manager (PM). 


Melihat dari perkembangannya dalam beberapa tahun terakhir, product manager sendiri merupakan salah satu pekerjaan yang banyak digandrungi. Sayangnya, saat ini belum ada jurusan spesifik untuk mempelajari product management ini. Untuk itu, di artikel kali ini MinDi mau ngejelasin jurusan-jurusan apa aja sih yang bakal cocok untuk jadi product manager. Yuk, simak sampai akhir untuk tahu apa aja! 


Apa itu Product Manager?


Product Manager merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab dalam mengawasi, merencanakan, dan mengembangkan sebuah produk dimulai dari perencanaan desain awal, pengembangannya, perilisan nya, dan bahkan pemeliharaan dari produk itu sendiri. 


Peran dan tanggung jawab Product Manager


Dalam membuat sebuah produk yang menarik, product manager harus mengeluarkan ide-ide dan kreativitas agar produk yang dihasilkan pun memiliki daya tarik yang tinggi bagi para pelanggan. Dengan demikian, seorang PM memiliki peran dan tanggung jawab yang besar di sebuah perusahaan. Terus, apa aja sih peran dan tanggung jawabnya? 


  1. Melakukan riset terhadap pengguna dan pasar 

Dalam menciptakan sebuah produk, selera dari pelanggan merupakan hal yang utama. Meskipun demikian, trend pelanggan di pasar seringkali mengalami perubahan. Untuk itu, product manager bertugas untuk menganalisis dan melakukan riset terhadap tren pasar tersebut.   


Hasil riset yang telah dikumpulkan nantinya digunakan untuk menciptakan dan mengembangkan suatu produk agar dapat tetap kompatibel di persaingan pasar. 


Riset Pengguna dan Pasar Product Management/ Sumber: Marketing Donut 


  1. Bekerja sama dengan departemen lainnya

Sebagai seseorang yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan sebuah produk, memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan departemen lainnya merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh product manager. 


Kerjasama dengan departemen teknik dibutuhkan dalam membuat perubahan-perubahan yang telah ada di dalam sebuah produk. Dengan departemen marketing , PM harus bekerja sama dalam memastikan penjualan dari produk tersebut dapat memenuhi goals. Bersama departemen marketing, PM juga perlu untuk memastikan cara yang tepat dan efektif dalam memasarkan produknya. 


  1. Mengelola keseluruhan siklus produk 

Untuk memastikan sebuah produk tetap relevan dengan pasar saat ini, product manager harus memastikan produk tersebut terus up-to-date sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan demikian, strategi-strategi baru perlu disiapkan untuk menghindari adanya kejenuhan yang dirasakan oleh para pelanggan. 


Selain itu, PM juga harus mengatur sistem distribusi dari produk tersebut. Distribusi yang efektif juga memainkan peranan penting dalam kelangsungan sebuah produk. 


Skill-skill apa saja yang perlu dikuasai?


Melihat dari peran dan tanggung jawab product manager yang cukup besar di sebuah perusahaan, kalian yang tertarik terhadap profesi tersebut tentunya harus menguasai beberapa skill nih. Apa aja sih skill yang perlu dikuasai? 


  1. Kemampuan untuk berkomunikasi 

Bekerja sama dengan hampir keseluruhan departemen di sebuah perusahaan, memiliki kemampuan berkomunikasi merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang PM. 


Bukan hanya berkomunikasi dengan rekan-rekan departemen lainnya, PM bahkan akan berkomunikasi dengan para konsumen. Dalam melakukan riset, PM harus mencoba memahami kebutuhan konsumen dengan berkomunikasi secara langsung.   


PM juga harus siap dalam menghadapi para petinggi perusahaan untuk mempresentasikan produk yang sedang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu, bagi kalian yang ingin menjadi PM, skill yang satu ini ga bisa di skip deh. 


  1. Problem-solving 

Dalam mengurus sebuah produk, tentunya akan ada banyak masalah yang mungkin datang. Seorang PM juga harus sangat peka terhadap perubahan-perubahan yang ada dalam kebutuhan pasar. 


Untuk itu, problem solving merupakan skill yang perlu dimiliki. PM harus bisa menyelesaikan dan menghadapi masalah serta perubahan yang ada secara kreatif. 


  1. Kemampuan dalam berbisnis

Bukan hanya peka terhadap pasar dan memiliki kemampuan berkomunikasi, seorang PM juga harus memiliki kemampuan untuk berbisnis. Dengan kemampuan untuk melihat adanya perhitungan untung dan rugi dalam penerapan strateginya, PM dapat membuat produk yang akan menguntungkan berbagai pihak.  



Jurusan apa aja sih yang cocok untuk jadi Product Manager?


  1. Manajemen Bisnis 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akan lebih baik bagi seorang product manager untuk memiliki kemampuan berbisnis. Untuk itu, jurusan satu ini merupakan jurusan yang paling tepat buat kalian yang bercita-cita untuk memiliki profesi tersebut.  


Di jurusan bisnis, kalian akan diajarkan secara lengkap dimulai dari pemasaran produk sampai dengan keberlanjutan sebuah usaha. Pembelajaran tersebut tentunya akan sangat berguna kalian yang ingin menjadi PM. 


  1. Komunikasi 

Skill komunikasi merupakan skill utama yang dibutuhkan oleh seorang product manager. Untuk itu, berkuliah di jurusan komunikasi akan menjadi opsi yang bagus bagi kalian yang tertarik untuk mengemban profesi tersebut. 


Di jurusan ini, kalian akan diajarkan kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif yang dapat kalian terapkan kepada pelanggan, rekan, dan bahkan atasan kalian. 


  1. Administrasi Niaga 

Di dalam ketatnya persaingan produk yang ada di dalam pasari, jurusan satu ini dapat membantu kalian untuk mempelajari bagaimana cara menghadapinya. 


Jurusan yang satu ini akan berfokus dalam mempelajari bagaimana operasional suatu bisnis, seperti cara pemasaran, pengelolaan keuangan, dan juga produksi. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari bagaimana cara membuat sebuah produk. Pembelajaran yang satu ini akan sangat berguna bagi kalian yang ingin menjadi product manager. 


Selain dari jurusan-jurusan tersebut, seorang product manager biasanya juga berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Teknik Industri, Agroindustri, Rekayasa Hayati, Produksi Ternak, Agrobisnis, dan lain-lain.  


Namun, untuk kalian yang ingin jadi product manager, tapi bukan berasal dari jurusan-jurusan di atas. Jangan khawatir dulu! Kalian bisa mengikuti Bootcamp mengenai Product Management di dibimbing.id. 

`

Karena di bootcamp dibimbing.id, kalian akan diajarkan untuk membangun digital product secara detail dari awal sampai dengan akhir.


Kalian pun nantinya akan dibimbing secara langsung oleh mentor-mentor yang sudah berkecimpung di product management selama beberapa tahun belakangan ini, lho! 


Gimana nih sobat MinDi, udah semakin tertarik belum? Jangan mikir berlama-lama lagi! Yuk, segera daftarkan diri kalian di dibimbing.id!
Pelajari Agility Dalam Membangun Digital Product yang Sukses Menjawab Kebutuhan Customer!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Artikel Terkait